Thursday, July 31, 2014

Memo-Labilia Marshanda


Beberapa waktu lalu santer diberitakan bahwa Marshanda tak lagi mengenakan hijabnya di foto profil akun berbagai social medianya. Beragam reaksi pengguna dunia maya pun ramai menghiasi fanpage Marshanda di Facebook. Banyak yang menghujat, ada pula yang mendukung bahkan tak sedikit yang malah berkomentar tidak penting. Aku sendiri yang mendapatkan kabarnya langsung fresh from the oven (karena hanya berselang 3 jam setelah diuploadnya foto-foto tak berhijab) pun ikut tercengang. Marshanda yang di mataku telah melalui perubahan dengan baik… betapa cepatnya terjungkir 180 derajat.

Ah.. wanita yang belum genap berusia 25 tahun itu, membuat perubahan kontroversial di tengah semaraknya bulan suci Ramadhan. Bulan yang harusnya membuat umat lebih dekat pada Rabb-nya.

Sejujurnya, aku bukanlah pengagum asli Marshanda. Aku hanya menikmati perannya sebagai Lala gadis kecil di sinetron lawas Bidadari. Begitu menginjak remaja dan kariernya makin menanjak, aku tak pernah mengidolakannya seperti kawan-kawan sepermainanku yang selalu update berita tentangnya. Kemudian tak lama berhembus kabar tak sedap berkat video yang diunggah Marshanda ke dunia maya. Video yang isinya curhatan pribadi Marshanda dengan dandanan seronok dan tingkah laku yang dianggap ‘sinting’ oleh banyak orang.



Lalu Ben Kasyafani yang sudah menjadi kekasih Marshanda waktu itu sungguh membuat banyak orang berdecak kagum. Bagaimana tidak? Di tengah prahara tergoncangnya jiwa Marshanda ia bahkan tetap setia di sisinya. Ben tidak merasa malu mengakui Marshanda yang dicap orang gila sebagai kekasihnya. Malahan setelah kondisi psikis-nya telah pulih, Ben mempersunting Marshanda sebagai istri. Menjelang pernikahan di ulang tahunnya yang ke 21, Marshanda mantap untuk terus berhijab. Lantas, siapa yang tidak gembira dengan keputusan tersebut?

Awal Marshanda mantap berhijab, di hari ulang tahunnya 
Aku pun turut berbahagia. Menyaksikan acara pernikahannya di layar kaca, Ben yang meletakkan telapak tangannya di ubun-ubun Marshanda sembari merapal doa selepas ijab kabul kemudian dikecupnya kening perempuan yang telah halal baginya itu. Marshanda yang baru, menjalani kehidupan sebagai istri. Marshanda yang merasa luar biasa saat dikarunia jabang bayi hingga lahirnya buah hati permata mereka, Sienna Ameerah Kasyafani. Marshanda yang ingin menginspirasi banyak orang dengan mendirikan MotivArtist. Aku sungguh salut dengan kehidupan Marshanda yang melangkah jauh lebih baik.


Namun kebahagiaan itu mulai memudar sejak Marshanda menggugat cerai Ben, yang tak kumengerti jelas perkaranya apa. Jujur sih, aku amat menyayangkan keputusan tersebut namun apa daya, kita tak pernah benar-benar tahu apa yang tengah mereka alami, kan. Lalu selanjutnya yang terjadi, Marshanda yang mantap untuk melepas hijab merupakan keputusannya yang paling kusesalkan.

Dari apa yang ia tulis di blog tumblr maupun yang ia ekspresikan melalui video youtube berjudul “Letter to God”, aku mampu menangkap apa yang ia utarakan pada dunia bahwa ia ingin kebebasan. Ia mau bahagia dengan caranya sendiri, tanpa perlu dikekang ini-itu. Ia tak mempedulikan kata orang yang dianggapnya tak ikut merasakan hidupnya.

Marshanda… aku tau kamu berhak atas kebahagiaanmu sendiri. Tapi bagaimana kamu nyaman dengan dirimu namun sebenarnya kamu menyakiti orang lain dengan keputusan ini? Secara tidak langsung kamu telah memupus kepercayaan kaum muslimah yang kau motivasi dengan brand MotivArtist-mu. Bahkan kamu hancurkan sendiri brand yang kau bangun dari puing-puing hikmah keterpurukanmu sebelumnya. Kamu melukai hati umat muslim lainnya yang sempat berbahagia atas kehidupanmu…

Berikut sebagian komentar orang-orang yang menempel di fanpage Marshanda:
1.orang kya begini nih yg bakalan susah dengerin nasehat orang lain, mrasa dirinya paling bener, merasa hanya dirinya yg d beri ujin hidup terberat, padahal banyak sekali orang yg mndapat cobaan hidup paling berat tpi mreka masih berprinsip,
2.Its the month of ramadan, you should be doing things that includes Islamic teachings and other good set of a good muslim. I hope you Allah show you back the better way to a happy life. I was truly inspired by your hijab coz you're one of the beautiful hijaber!
3.Ben lepaskan marshanda yg sudah tidak mau di pimpin... Suami menegur istri yg salh itu adlh wajib hukumnya seorng istri yg sudah tidak mau mndengarkan teguran sang suami pdhl itu baik tujuannya untuk mjga martabat sang istri dosa hukumnya..
Istri itu harus taat sama suami krna suami adlh imam dlm keluarga..
Marshanda mentang2 udh jd inspirator dikira pling bner aja klo ngomong.. Giliran di omongin sama suaminya mlh minta cerai dasar liar luuu... Udh dikasih suami baik pengertian syang n perhatian ma keluarga mlh di sia2kan marshanda marshanda marshanda mles bgt jadinya klo liat kta2 inspirasinya kasian ben.... Marshanda pinter ngomong jd klo suaminya yg ngomong gk didenger karena dia merasa pinter pdhl mnurut marshanda baik blm tentu ben setuju...bgitula klo liat di youtube ben kasian bgt...sabar ya ben semoga ben selalu diberi kmudahan dlm mngusahakan hak asuh anak...kasian siena jd korban...
4.Marshanda mencari "kebebasan". Tuhan pun disuratin pake video. Lepas jilbab. Padahal tinggal do'a pas sholat aja sih ya..
Untuk poin terakhir, saya temukan di timeline twitter. Ah, menohok sekali. Memang benar begitu. Pertolongan Allah akan lebih mudah terulur manakala kita mau menghadap pada-Nya dengan segala kerendahan hati dan melalui cara-cara yang dibenarkan, termasuk salat istikharah dan doa-doa di sepertiga malam. Sedangkan apa yang kini dilakukan Marshanda lebih menjauhkannya dari jangkauan ilahi.

Yah, semoga Marshanda cepat mendapat hidayah kembali dan sifat labilnya tak akan kambuh lagi. Untuk pasangan selebritis lainnya yang bahkan sang istri telah memutuskan berhijab, semoga bisa lebih istiqomah dan mampu membangun keluarga sakinah, mawaddah warahmah. ^^

Yang langgeng ya Dude-Alyssa sampe akhir hayat ^o^

8 comments :

  1. Semoga Marshanda cpt dpt hidayah lg kelak.. dan Allah msh memberi kesempatan pada dia :)
    Gmnpun juga dulu aq termasuk fans'nya pas d sinetron bidadari :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin... aku juga masih berharap dia bisa jadi berubah lebih baik lagi. Dia masih muda, dan harusnya tak ada kata terlamabat untuk memperbaiki. :))

      Delete
  2. Salah satu sikap seseorang yg masih labil dalam bersikap yg justru mengambil langkah yg keliru,,sangat di sayangkan bukan progress yg baik yg harusnya dijalani

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin seseorang yang labil bisa selamat dari 'kecelakaan' bila ia punya pedoman atau pendamping kuat. Sedang sejauh ini yang saya kethaui ia malah menjauh dari agama dan kebaikan, dan malah mendekat pada hal-hal duniawi.
      Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya Mbak. :))

      Delete
  3. Bagus dek ini membuat kita belajar kalo mempertimbangkan sesuatu untuk menentukan sebuah keputusan harusnya diliat dari dua sisi, bukan hanya satu sisi aja. Dan jangan lupa untuk mencari sebab akibat dari alasan keputusan yang akan kita ambil itu. Good luck dek :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, kita bisa belajar untuk berhati-hati dalam membuat keputusan. Dan ada baiknya bila kita beristikharah meminta petunjuk, karena jaminannya langsung dari Allah. :))
      Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya Mbak. :))

      Delete
  4. Saya juga sangat menyayangkan keputusan Marshanda yg melepas hijabnya, mudah-mudahan hidayah Allah kembali menghampirinya, dan bisa istiqamah, aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin... Iya Mbak, istiqamah itu memang sulit. :)

      Delete

Terima kasih banyak sudah mau berkunjung dan membaca, terlebih turut meninggalkan komentar. ^o^ Mohon berkomentar secara sopan dan plisss jangan tinggalkan link hidup dan pasti langsung aku hapus. Okey? ;)

Sekali lagi terima kasih pembaca-pembaca setiaku. Tanpa kalian, apalah arti aku dan tulisanku ini. Semoga menginspirasi. :))