Thursday, November 20, 2014

Dijahyellow, Mendadak Tenar dan Bikin Gempar


Ada gak sih di antara kalian yang belum mengetahui sosok ini? Ngaku aja deh, aku sendiri juga baru ngeh beberapa hari ini. Itu pun berkat aku iseng utak-atik akun Path milik temenku, eh, ada yang share gambarnya Dijahyellow. Yang membuatku tertarik dengan gambarnya adalah berkat adanya tulisan #NoAgnezMo, #NoRaisa, #NoAyuTingTing, ato apalah. Aku pun penasaran, emang ngapain sih sensi banget ama artis papan atas macam mereka.

Setelah kutelusuri lebih lanjut, ternyata udah banyak orang yang ngomongin dia belakangan ini. Trending topic mengenai dirinya sudah menjamur di berbagai sosial media rupanya.

Emang siapa sih Dijahyellow ini? Kok bisa mendadak tenar dan bikin gempar begitu?


Kuputuskan untuk Googling. Hmm… ternyata Dijahyellow yang bernama asli Hodijah ini perempuan biasa penduduk Menteng Atas Selatan, Jakarta. Setidaknya itulah yang tercantum pada bio Instagramnya. Lantas apa yang membuatnya terkenal? Bahkan followernya mencapai angka 70ribu loh. Gila.

Dijahyellow ini ternyata berhasil bikin sensasi melalui akun Instagramnya. Ia mengunggah banyak sekali foto selfie dirinya, bahkan video-video yang menampilkan aksinya bernyanyi ataupun berlenggak-lenggok bak peragawati di atas catwalk. Oya, ia juga menciptakan lagunya sendiri yang berjudul Hodijah That is My Name.

Mungkin seseorang bertingkah narsis, wajar lah ya. Namun apa yang dilakukan Dijahyellow ini nampaknya keterlaluan. Ia mengaku secara terang-terang membenci aliran musik dangdut, Agnez Mo, Raisa, dan Ayu Ting-Ting dan menjadikannya caption di setiap foto yang diunggahnya di Instagram. Salah satu alasan yang menjadikannya hater, ia menganggap bahwa Raisa telah menjiplak gayanya yang kemudian menjadi tenar.

Gaya yang apaan sih? Itu loh… yang Raisa pake handuk dililit di kepala. Sampe muncul lelucon,
“Eh, jangan upload foto pake handuk di kepala. Ntar dibilang jiplak gayanya Dijahyellow, lagi!”
Dijahyellow pun jadi objek pembully-an di sosial media. Tengok saja komentar-komentar yang nangkring di Instagramnya, berkonotasi negatif seluruhnya. Belum lagi status-status berbahasa Inggrisnya amat kacau balau. Makin dihajar deh dia. Belum lagi meme-meme yang memasang gambarnya pula.

Video-video yang ada pada akun Instagramnya, juga Dijah unggah ke akun Youtube miliknya. Selain itu, ia juga aktif di berkicau di Twitter. Intinya, dia benar-benar gencar mempromosikan dirinya di dunia maya.
Virgin? Virgin coconut oil?
Ngakunya I'm Not Artist tapi gak pengen jadi artis
Yah, namanya juga Indonesia. Apapun yang menggemparkan, bisa dibikin tenar. Ingat kasus Norman Kamaru yang dikenal lewat goyang Chaiya-Chaiya? Begitu pula yang terjadi pada Dijahyellow, akibatnya ia diundang ke berbagai acara TV dan siaran radio. Jelas akhirnya ia merasa pintu popularitas mulai terbuka lebar untuknya.

Menurutku, mungkin publik tidak menyukai sikap Dijah yang over self-confident itu. Ia terlalu menganggap dirinya lebih dari orang lain, bahkan artis-artis yang dibencinya. Terlebih ia merasa sok penting, dan… ah, tidak bisa memilah apa yang layak dan tidak untuk dijadikan sebuah status.


FYI, Dijah tidak pernah bosan berkicau di seluruh akun sosmed-nya menggunakan hashtag #NoDangdut #NoRaisa #NoAgnezMo #NoAyuTingTing dan no no lainnya. Sebenarnya apa sih manfaatnya mengumbar-umbar kebencian seperti itu? Hal-hal buruk seperti itu harusnya disimpan sajalah, bukan untuk dikonsumsi oleh umum. Padahal sikapnya yang begitu menunjukkan dirinya adalah seorang pengecut, hanya bisa menggonggong. Coba kalau dia dihadapkan dengan orang-orang tersebut di depan publik? Berani apa dia?

Lagi, sementara ia sibuk mencaci maki orang-orang yang dibencinya, ia sama sekali tidak sadar bahwa sesungguhnya ia tidak ada apa-apanya dibandingkan mereka semua. Astaga.

Dijahyellow pun dikenal dengan omongannya yang serba hoax. Ia sering mengaku-ngaku akun Twitter-nya di-follow oleh akun seleb-seleb mancanegara. Ia sering juga menggembar-gemborkan bahwa ia mendapat tawaran modelling di luar negeri namun ia tolak.

Jujur, publik sesungguhnya muak dengan wujud Dijahyellow. Terlebih bila mendapatinya di layar kaca dan ngomong ‘sampah’, tanpa tahu etika dan sopan santun saat tampil di media massa. Saat diundang di sebuah acara televisi, ia tetap saja berkata melecehkan orang lain dan melebih-lebihkan pembicaraan tentang dirinya.




Lalu bagaimana kita seharusnya bersikap mengenai Dijahyellow?

Pertama. Jangan pernah tanggapi secara langsung. Aku menemukan banyak sekali komentar-komentar haters di akun Instagram ataupun Facebook Fanpage. Isinya memang sih, menjelek-jelekkan Dijahyellow semua. Tapi sadar gak sih haters, kalian telah melakukan hal yang salah. Dengan begitu, ia merasa bahwa publik memperhatikannya. Semakin ia mendapat perhatian, semakin menjadi-jadilah ia. Lihat akibatnya, ia jadi sering dapat tawaran di mana-mana dan dapet duit kan. Untung di dia, rugi di elu.

Kedua. Biarkan saja. Ingat, Dijahyellow pun makhluk ciptaan produk gagal Tuhan. Jadi ia pun bebas hidup dan menghirup oksigen di muka bumi ini. Dia bertingkah alay, ya biarin aja. Semakin kita terus-terusan membicarakannya, semakin besar perhatian publik kepadanya. *kembali ke pasal pertama. Lagipula masih banyak kok orang alay yang bertebaran di dunia ini tapi tak seterkenal Dijahyellow. Ya, karena gak ada yang gosipin mereka sama sekali kan.

Ingatlah sosok Farhat Abbas yang suka bikin sensasi. Pas dia lagi heboh dibicarakan, ia jadi sering tampil di berbagai media. Ketika sepi kembali, ia menciptakan sensasi lagi. Diundang di media lagi. Ya mungkin begitulah cara ia mencari sesuap berlian, yang bisa jadi dipraktikkan oleh Dijahyellow ini.

Tenanglah, popularitas yang diraih seseorang dengan cara instant tidak akan bertahan lama. Semuanya sudah terbukti. Dunia entertainment memang kejam, bro.

Kalo aku nanggepin perkara Dijahyellow ini secara sederhana, maka sudah pasti aku bertanya-tanya soal bapak-ibunya. Kenapa anaknya dibiarin begini? Wara-wiri di layar kaca melontarkan kalimat-kalimat tak berguna. Orang-orang Menteng Atas, apakah tidak ada seorang pun yang menegurnya?

Namun aku menciptakan hipotesis. Ah, barangkali Dijahyellow memang gelap mata dengan popularitas hingga tak menggubris omongan orang. Tapi bisa jadi orang-orang terdekatnya merupakan SDM berkualitas rendah, kemudian beranggapan dengan menjadi terkenal ‘seperti itu’ merupakan hal hebat. Yang penting terkenal, pikir mereka pendek (mungkin).

Banyak jalan menuju Roma, banyak pula jalan meraih popularitas. Kalau ditanya apakah aku mau menjadi orang terkenal, jawabku “Ya! Tentu saja.” Dengan menjadi terkenal, mungkin akan lebih banyak orang yang memperhatikan atau mendengarku saat kusampaikan hal-hal baik dan bermanfaat. Jujur, aku sama sekali tak berminat mengambil jalan pintas untuk meraihnya seperti halnya Dijahyellow yang mendadak tenar dan bikin gempar. Kalau kalian bagaimana, Chocoreaders? (‾‾"٥)

terima kasih sudah berkunjung cyiiin
sumber gambar: Instagram.com/dijahyellow

78 comments :

  1. Saya malah baru tahu ada manusia "unik" semacam ini berkat tulisanmu ini mbak... hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hoho, berarti tulisan ini membuat yang tak tahu menjadi tahu :p

      Delete
    2. aq udah komen ini tgl 16 tapi terbitnya kok tgl 20?

      Delete
    3. Iya Mas, sebenernya ini postingan untuk terjadwal. Belom waktunya publish kemaren. Yaudah aku draft lagi :D

      Delete
    4. secara gak langsung hilda jg bikin si yellow makin eksis :v

      Delete
  2. ya ampun mahkluk apa lagi ini... ya mungkin dia emang suka jadi tenar dng cara2 yg gak jelas macam gitu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya... mungkin itu sarana katarsis juga baginya :D

      Delete
  3. Oh gitu... Aku baru tahu orang ini setelah baca post ini XD xixix...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baiklah, ambil yang bermanfaat, buang yang tidak perlu :)

      Delete
  4. Walah... Ini toh yang namanya Dijahyellow :D

    ReplyDelete
  5. Tau nggak sih... Aku jadi spontan nyanyi, "Hodijah itu namaku, Hodijah ya cuma satu" dalam hati begitu baca postingan ini. Hahahaha. Kok bisa kepikiran nulis ttg dia sih? Kamu kreatif sekali ^_^ Btw ternyata mak Hilda Ikka ini masih imut banget yaaaaa *abis ngepoin profilnya*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huaa... Mak Gesi aja sampe hapal lagunya XD
      Ya begitu Mak, tapi susah lho buat nulis sesuatu secara objektif. Kaya begini, aku berusaha agar tulisanku tidak mengolok dia.
      Waduww, jadi malu *_*

      Delete
  6. awalnya gak tahu, jadi tahu nih he he makasih informasinya mbak

    ReplyDelete
  7. Wah... astaghfirullah... ada2 aja yak mak.
    salam kenal mak keceh :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ihihihi iya yah. Worldwidesss

      Salam kenal kembali ^^

      Delete
  8. Kalo saya, taunya dari akun FB seorang teman, Mak, kira2 tiga hari lalu. Langsung Googling to know more dan haha, sungguh, saya langsung ngakak lihat foto2nya dan aksinya di youtube. Ampyuuun, nih orang yeeee, PDnya ngeri, melampaui porsi yang Tuhan pernah berikan pada makhluk-Nya yang lain deh kayaknya. Hehe.

    Saya sepakat banget dengan point pertama Mak Ika itu lho, bhw para haters yang komen langsung di statusnya itu, scr tdk langsung telah membantu mendongkrak Klout Scorenya DijahYellow kan? Dan Dijah menuai popularitas dan Duit berkat aksi para haters-nya. Hehe.

    Pernah kepikir ingin nulis ttg dia, udah setengah di draft tuh, tp kegilas sama artikel lain yang kudu segera tayang. Hehe.

    Eh, salam kenal ya, Mak Keceh!
    Alaika
    http://alaikaabdullah.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, saya juga ngikik-ngikik sendiri Mak. Nahan diri buat gak ikut-ikutan ngolok di sosial media. Apa baiknya berbuat seperti untuk merendahkan orang lain, padahal diri kita juga tidak lebih baik. :)

      Betul Mak. Etapi saya bikin postingan ini bukan bermaksud untuk merespon langsung kepadanya, tapi lebih pada sikap publik bagaimana seharusnya. :))

      Salam kenal juga Mak Alaika. Seneng banget akhirnya bisa berkunjung ke sini. ^^

      Delete
  9. Karena, orang Indonesia kalo ada yang ngeselin enaknya dibully abis-abisan, eh jatohnya orang yang ngeselin itu malah jadi terkenal.
    Ya, ngga cuma Indonesia sih. Internet aja semua, sampe pada bilang,
    'Internet, please stop making stupid people famous.'

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeh, orang yang dibully kebanyakan bakal bersinar. Kecuali yang emang orangnya buruk, bersinarnya gak bakal lama.

      Quote-nya mantapp abisss! :D

      Delete
  10. Pernah liat ini org jd bintang tamu disalah satu acara tv swasta. Rasa-rasanya ga penting2 bgt org ingin dikenal khalayak dg cara sensasi yg ga bermutu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya.. kalo TV swasta kan emang ngejar rating mbak. Ya ini dia salah satunya :3

      Delete
  11. Bahaya alay, ya mak... *ngucap*

    btw, sy juga baru tau kemarin dari suami, pengen nulis tentang ini tapi pikir-pikir malah tambah ngetop dianya mak. jd cukup baca2 aja deh. makasih infonya ya mak. rasa penasaran saya cukup terpuaskan dari artikel ini karena cukup lengkap... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya beginilah Mak kalo ada anak alay dibiarin aja :3

      Iya Mak, tujuan saya nulis ini biar pembaca tau, dan bisamengambil hikmah nya aja. :))

      Delete
  12. over pede yaaa...hihi. terserah dia lah, suka2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih mbak suka-suka... tapi tetep harus dikontrol. Jangan sampai bablas dan merusak moral orang lain yang melihatnya ><

      Delete
  13. sering banget liat fotonya di meme meme instagram. tapi baru tau kalo dia ternyata bener bener ada. makasii infonya mak. nambah pengetahuan banget ini :D
    salam kenal ya mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huahaha dikirain makhluk rekaan ya :D
      Iya.. ambil hikmahnya ya.
      Salam kenal kembali, makasih udah main-main ke sini ^^

      Delete
  14. Udah tau DijahYellow ini dari NetTV. Beberapa bulan lalu (kalo gak salah) tampil profilenya. Dan menurutku ni orang 'gak banget' deh. Saya sampai mengernyitkan dahi pas liat dia tampil di tv ini dengan lenggak lenggok gayanya itu. Lalu mencap haters beberapa artis. Dan ngaku di kontrak beberapa label musik. Adoooh, kayaknya gak mungkin ya.
    Tapi cukup diakui dengan seperti ini bisa langsung famous deh. Cuma ya itu caranya agak sedikit ekstrem dan berani malu.
    Saya juga gak mau ikutan membahasnya di media sosmed. Malah jadi bikin dia happening and terkenal aja ^^
    Salam kenal ya mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama deh, reaksi saya pertama kali juga begitu. :) Tapi saya gak mau umbar ekspresi lain deh ke sosmed. Cuku disimpan aja.

      Iya, saya bahas di sini buat nambah pengetahuan dan informasi buat pembaca.

      Salam kenal kembali ^^ makasih ya udah baca dan ninggalin komentar ^^

      Delete
  15. saya malah baru tau sekarang *ga update bgt nih* :D

    ReplyDelete
  16. hahahahaha,,unik banget nih orang ya,,aku baru tau loh,,dan aku langsung googling juga,,ngakak aku,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, kalo kemana-mana udah tambah gak karuan :3

      Delete
  17. ah saya mah biarin aja mba...entah apa maksudnya dia bertingkah seperti itu yang jelas seseorang melakukan sesuatu akan menerima kosekuensinya baik dan buruk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbak. Dibiarkan saja. Tapi kita tetep punya kontrol sosial kalau yang seperti itu tidak patut ditiru.

      Delete
  18. ya ampun aku kok baru tahu sih , ketinggalan jaman banget, smenjak anak bungsuku kuliah aku suak ketinggalan berita sensasi akayk begini. Itu anak kayaknya kurang perhatian dari ortunya , jelas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, aku juga Mak. Sejak kuliah malah jadi kudet #aneh.
      Hmm.. bener juga, tanda-tanda kurang perhatian dan kasih sayang dari ortunya nih :(

      Delete
  19. Gak kenal, dan baru tahu setelah baca postinganmu ini Mak,,,^^

    ReplyDelete
  20. kalau ga ada yg respons kan ga jadi heuboh ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, dia terkenal kan banyak yang nge-blow up di sosmed

      Delete
  21. banyak pelajaran dari fenomena dijah ini :)

    ReplyDelete
  22. pernah lihat beritanya di tv beberapa waktu lalu
    narsis abis, maunya apa ya si dijahyellow

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya maunya eksis. Namun entah caranya sama sekali tidak profesional.

      Delete
  23. Inilah dia.... fenomena dunia ke 3 hehehe. Mau tidak mau... suka tidak suka.... dialah bintang baru setelah duo keong racun :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahah iya bener. Tapi yang gitu tu sebaiknya jangan ditiru ya

      Delete
    2. Bintang tenar dalam sekejap, tak akan lama akan tenggelam jua. :3

      Delete
  24. saya udah lumayan lama tau Dijah Yellow. Pernah beberapa kali lihat IGnya. Tp, belum berasa nge'klik' aja. Jadi, gak ikutan ngebully *eh :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yasudah, bersyukurlah Chi kalau begitu :p

      Delete
  25. Suka postingan ini meskipun judulnya sempat bikin pesimis hihhihiii. Tau si yellow ini tapi nggak ngikutin sama sekali karena pas tau pertama kali itu dia lagi ngata2in artis2. Nggak simpatik banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin pesimis napa mbak Lusi? :D
      Yah... dengan susah payah pula saya bikin ini agar kontennya gak negatif mulu. :3

      Delete
  26. Betul banget mak, saya termasuk yg baru tahu tentang orang ini... ada ya yg begitu :D

    ReplyDelete
  27. Gak tau. tapi postingan ini mencerahkan . #halagh ^_^

    ReplyDelete
  28. hahaha udah diundang ke TV ya mbak? di acara apa ya? gak tahu saya, saya baru tahu akhir akhir ini dari instagram aja. KAsihan lihatnya jiwanya keganggu sepertinya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya udah pernah diundang media tuh. Iya yah... miris juga ngeliatnya :(

      Delete
  29. Hallo saya suka tulisan kamu :)
    Bukan bermaksud ngehina tapi kayaknya dijah itu ada gangguan jiwanya
    Ini serius loh, saya pikir dia harus ditplong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Hanna :)
      Haha, yah masalah kejiwaan, mau gimana lagi? Yang berhak membawanya untuk periksa psikologi kan pasti orang terdekatnya. Lah kita ini siapa? ;)

      Delete
  30. wwkwkkw dijah yellow
    dan dia juga seolah-olah marah sama hanung di film Hijab karena dianggap numpang tenar, make Dijah di Youtube. Sementara di filmnya, ga ada scene dijah :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk, miris banget sih sama Dijahyellow itu.
      Dia cuma syuting di bagian trailer, tapi sudah koar-koar duluan kalo diajak main film. :'3

      Delete
  31. One does not simply "Melihat wajah dijahyellow selama 1 menit."

    ReplyDelete
  32. Kalau saya sih menanggapinya 'no comment'. Daripada ngomong yang gak baik mending diem aja deh :) Ini bagian dari kecanggihan media sosial mbak..

    ReplyDelete
  33. hhahahahahaha... ya ampuuuun jd ini toh dijayellow hihihihi..Hari ini aku 2x dgr nama ini mba... awalnya ga aku peduliin..aku kira sapa sih itu... Eh, lg ubek2 blogmu, kok kebaca lg nama yg sama ;p Jadi penasaran, dan cuma bisa ketawaa ;p..ngelus dada aja lah.... beda tipis emg PD dan ga tau diri ;p

    ReplyDelete
  34. apaan itu??
    Makhluk jadi-jadia bukan hahaha :D

    ReplyDelete
  35. kalau ada channel yang ngeblow up sosok2 kayak gini, udah pasti channel2nya MNC Group (maaf ga saya sensor, ga ada gunanya juga), ironisnya yg punya grup pernah nyawapres hehe

    ReplyDelete
  36. wah saya kuper super duper ....
    baru tahu ada yang seperti ini di dunia kita ... he he

    biarin aja ... ngapain ikut "ngeramein"

    ReplyDelete
  37. wah emang tenar tuh di twitter dia

    ReplyDelete
  38. Orang ini emang ajaib banget wakakakaakkaak.... gapapalah mbak biar dunia makin ramai ^^

    ReplyDelete
  39. berkat dijah yellow, gw jadi berkunjung dan membaca uraian di blog ini dengan seksama, so, berterima kasihlah kepada beliau sang fenomena maha dahsyat, the one and only, dijah yellow.

    ReplyDelete
  40. Wehh, aku malah baru tahu ada perempuan secantik, Hilda Ikka.
    heheheee..
    Di tunggu kunjungan baliknya ya!!!

    ReplyDelete
  41. Gara2 tulisan anda. Si dia jd tambh terkenal. Wkwk

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah mau berkunjung dan membaca, terlebih turut meninggalkan komentar. ^o^ Mohon berkomentar secara sopan dan plisss jangan tinggalkan link hidup dan pasti langsung aku hapus. Okey? ;)

Sekali lagi terima kasih pembaca-pembaca setiaku. Tanpa kalian, apalah arti aku dan tulisanku ini. Semoga menginspirasi. :))