Friday, January 23, 2015

Book, for a Special Present


I’m a bookworm. Sangat kutu buku. Sedari kecil aku sudah gemar membaca. Majalah, komik, novel… (kecuali buku pelajaran :v ) bahkan kertas koran yang seringkali jadi bungkus gorengan, selalu kulahap habis. Ibuku sendiri sampai geleng-geleng kepala, karena kalau secara keturunan sih, keluargaku gak ada yang hobi membaca. :p Yah… seingatku sih, karena aku anak pertama, tanpa sadar ibu masih sering meluangkan waktu untuk membacakan cerita untukku.

Lucunya, sewaktu SD aku gak boleh punya koleksi buku cerita sama sekali. Entah komik, novel anak-anak, bahkan majalah! Sedih sekali, apalagi saat aku tahu orang tuaku berpikiran bahwa koleksi buku seperti itu akan membuat prestasiku menurun di sekolah. Beruntung perpustakaan SD-ku mempunyai banyak sekali koleksi yang gak ada habis-habisnya untuk aku lahap hingga lulus.

Nah, semenjak bersekolah SMP di pesantren, aku mulai mengoleksi buku sendiri. Modalnya berupa uang tunai 50 ribu yang aku dapat tiap kali mendapat peringkat satu. Syukurlah, 3 semester berturut-turut aku mendapatkannya. Bahkan aku rela menyisihkan uang bulananku demi buku-buku baru. Misal aku mendapat jatah 70 ribu, aku bisa menabungnya 30 ribu. Ckckck. *tirakat menn~


Yah, di jaman ABG seperti itu bacaan favoritku ya novel-novel teenlit, roman, bla bla bla. Meski sebatas genre fiksi, aku sudah mulai selektif dalam membeli. Aku harus benar-benar membeli buku yang berkualitas. Ternyata gak semua buku bisa aku baca, karena buku yang isi ceritanya ecek-ecek amat tidak menarik untuk diselesaikan hingga tamat. Bayangkan, semua koleksiku jaman SMP adalah novel teenlit terbitan GPU! Wkwkwk, ABG abiss.

Baru pas SMA, bacaanku mulai bervariasi. Doyan bacaan non-fiksi juga. Modal buat nambah koleksi berasal dari keuntungan jualan bross rajutan. Haha, jaman aku kelas 2 SMA laku keras bo! Jadilah aku masih bisa beli 4 buku per tahun. Namun sejak lulus SMA, aku udah gak punya pendapatan sama sekali. Selalu disibukkan kuliah. Bahkan aku pun susah menabung, karena harus hidup prihatin. Semenjak tempat ayahku bekerja ditutup, orang tuaku selalu memberi uang saku yang amat pas dan aku tak tega untuk meminta lebih. :(

Oya, bulan ini aku baru saja berjalan-jalan di sebuah mall. Aku memberanikan diri untuk memasuki toko buku, hal yang sudah jarang sekali kulakukan. Kenapa? Karena tiap kali aku mendapati buku yang terpajang, aku selalu ngiler dan nyesek banget kalo gak bisa membawanya pulang. #hiks


Hati kecilku lah yang mendesak. Mungkin disebabkan usai tamat membaca buku Yes, You Can!-nya Mbak Ollie (yang merupakan hadiah giveaway-nya Kak Aul :D) aku jadi ketagihan buku motivasi atau self-help gitu. Yaudah, meluncurlah aku ke rak bagian motivasi. Ada banyaaak sekali yang memikat hati di sana. Aku sampai menghabiskan waktu berjam-jam untuk membongkar seisi rak sementara teman-teman kupersilakan ngeloyor entah ke mana.

Selain membaca isi bukunya dengan teknik skipping, aku juga mencatati judul bukunya dan terciptalah wishlist sebanyak 20-an buku! Deng dong! Gila banyak banget, aku harus nabung berapa lama untuk duitnya. :(( Yah, aku cuma bisa berharap moga aja sampe aku punya uang bukunya gak menghilang dari peredaran. ┌("˘o˘)┐

Aku jadi berharap deh, ada yang mau kasih aku kado buku-buku tersebut. Apalagi barang ini bermanfaat banget dan aku pasti suka! :D Emang buku apaan sih, kok ngebet sampe segitunya? Nih, aku kasih tau sebagian ya:

1. Power in You by Ollie. Yaiya lah, kece bingits nih buku and this is a must have book for you all. Kamu tau nggak, kenapa Mbak Ollie nulis buku ini? Karena dia ingin orang-orang yang membaca jadi tahu bahwa mereka punya power dalam diri masing-masing dan tahu harus bagaimana untuk mengembangkannya secara tepat. Jadi aku berharap setelah punya dan baca buku ini, aku jadi lebih aware ama potensi sendiri.

2. Do by Handoko Hendriyono. Buku ini gak memuat banyak tulisan, bahkan terkesan seperti sketch book. Tapi yang aku suka, di dalamnya banyak banget ide-ide fantastis dan fakta-fakta bombastis. Lumayan kan buat menstimulasi otak kalo kehabisan ide.

3. 101 Creative Notes dan Oh My Goodness by Yoris Sebastian. Waduw, udah pada tahu Yoris kan? General Manager Hard Rock Café Indonesia ini penuh dengan pemikiran yang out of the box. Aku tahu gak semua orang dilahirkan menjadi kreatif. Namun kreatif adalah way of thinking yang mana bisa dipelajari. Dan aku percaya buku ini menwarkan hal yang kubutuhkan untuk berlatih menjadi kreatif.

4. Sabtu Bersama Bapak by Adhitya Mulya. Who doesn’t love him? Karyanya yang inspiratif dan nyenengin, bikin bukunya tetep asik meski dibaca berulang kali. Huaa… ijinkan aku memiliki buku ini. T.T

5. Nikah Asyik gak pake Ribet. EHEM! Kode keras :D Yeah… buku ini semacam buku AKU, KAU, dan KUA yang menjelaskan pernikahan dari sudut pandang sederhana yang mengena. Tapi buku ini penjabarannya lebih kompleks seperti hal-hal yang perlu diperhatikan setelah menikah, hubungan dengan mertua, mempertahankan pernikahan, dan lainnya. pokoknya sip deh!

Selain itu masih ada tiga buku lainnya yang berada di TOP wishlist, yakni Young on Top by Billy Boen, Time is Money by Yoris Sebastian, dan Menikah untuk Bahagia by Indra Noveldy yang gak harus aku jabarkan juga di sini. Pokoknya sama-sama manteb deh bukunya! :D

Aku sih ngarep banget dikasih kado yang aku mau ini oleh lelakiku. Masa sih dia gak mau calonnya jadi lebih berkualitas berkat nyerap ilmu dari buku-buku ini? :D Lagipula kalo gak mau ribet kan bisa pesen online, tinggal pilih jasa pengiriman yang terpercaya contohnya via JNE. Beres, kan?

Kalo kamu sendiri, pengen banget dapet dikado apaan?

http://www.gracemelia.com/2015/01/giveaway-kado-yang-aku-mau.html#more

19 comments :

  1. sepertinya bukunya bagus bagus ya
    semoga segera kesampaian penginnya hehe
    ini ikutan GA ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaah bagusss bangeeetttss *lebay :D
      Hahaha iya, biar sekalian. hehe kamu juga bisa ikutan loh! ;)

      Delete
  2. wak,keren kali tirakat demi buku xixixixixi. aku belum punya sabtu bersama bapak,pingin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwk, iya loo. Tapi kalo sekarang susah banget tirakat, aku makin hobi jajan sih. :3
      Iya mbak, aku juga pingiiiin.

      Delete
  3. buku2 yg diinginkannya keren2 ya... semoga bisa cepat memilikinya :)

    ReplyDelete
  4. hm... ada bau2 #kode nih *kabuuur :p

    ReplyDelete
  5. Wah... Aku juga suka buku ^_^. No. 4 & 5 mau juga... Hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. A bookworm too? Yeayy.. Haha iyaah. :))

      Delete
  6. yang nomer 5 itu aku penasaran dgan isinya..mau juga donk baca yg no 5 ntar :)

    ReplyDelete
  7. No 5 menandakan kalau penulis ingin cepat nikah

    :D

    salam kenal ya bru mampir ke sini ni

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk emang bener kok :p ;)

      Wah iya.. seneng sekali sudah berkunjung dan berkomentar di sini. Salam kenal kembali ya. :))

      Delete
  8. mention lelakimu biar dia mau baca! mentiooon:D

    ReplyDelete
  9. buku point 3 kayaknya bagus mbak dari judulnyapun udah menarik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aha! Iya bener banget... Buku ini ngasih pencerahan tanpa terlihat membosankan. Mas Yoris gitu loh... ;)

      Delete
  10. Terima kasih atas partisipasinya, darlink dadar gulink. Dari semua wishlist kamu, aku cuman punya satu. Yang karya Indra Noveldy. Aahahahaa. Katrok sayah -_-

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah mau berkunjung dan membaca, terlebih turut meninggalkan komentar. ^o^ Mohon berkomentar secara sopan dan plisss jangan tinggalkan link hidup dan pasti langsung aku hapus. Okey? ;)

Sekali lagi terima kasih pembaca-pembaca setiaku. Tanpa kalian, apalah arti aku dan tulisanku ini. Semoga menginspirasi. :))