Saturday, January 24, 2015

Sienna dan Tradisi Turun Tanah

Hola chocoreaders, ketemu lagi nih sama baby Sienna. Siapa sih yang bakal tahan ngeliat wajah innocent balita kecil satu ini? Pokoknya bener-bener ngangenin, deh.

Pernah suatu ketika di bulan November, aku ngerasa kangen dengan Sienna. Lagipula sudah lama aku tidak main ke rumah Mbak Betha. Jadilah aku meminta lelakiku menghubunginya untuk mengabari bahwa minggu ini kita akan berkunjung ke sana. Eh gak taunya, ternyata hari itu bertepatan dengan acara Sienna, yakni Turun Tanah. Kebetulan Mbak Betha hendak mengundang kita, lha kok kita yang udah ngontak duluan, hihi.

Sebenarnya apa sih tradisi turun tanah itu? Yang pernah aku dengar dari mulut ke mulut, tradisi ini diadakan untuk selametan (syukuran) balita berusia 7 bulan. Yang menjadi ciri khas tradisi ini adalah nantinya si balita akan memilih benda-benda yang disediakan dan hal itu bisa merupakan pertanda bakal jadi apa ia di masa depan. Contoh, bila ia mengambil sisir, bisa jadi ia bakal jadi gadis centil atau siapa tau terampil kerja di salon. :D

Hari itu Sienna tampil cantik dengan busana bernuansa batik. Ia bahkan sibuk memainkan mic sebelum acara dimulai. Keluarga Mbak Betha mengundang anak-anak kecil tetangganya untuk turut meramaikan acara. Berasa kayak pesta ulang tahun deh. ╮(^▽^)╭

Sibuk mainan mic :D

Tahapan pertama, Sienna harus berjalan di atas jadah (makanan yang terbuat dari beras ketan) 7 warna dituntun oleh kedua orang tuanya. Seluruh anak kecil di ruangan tersebut antusias memperhatikan sambil menyanyikan lagu anak yang dipandu oleh pembawa acara. Tak disangka, pada jadah ketiga Sienna mulai mewek. Selanjutnya malah menangis keras. Mbak Betha pun buru-buru menuntun Sienna hingga jadah terakhir.



Tahapan berikutnya adalah menaiki anak tangga yang terbuat dari bambu harusnya. Namun karena Sienna bad mood begitu, prosesi masuk kurungan didahulukan karena letaknya berdekatan dengan jadah. Di dalam kurungan telah disediakan banyak benda seperti cermin, hape, buku, mainan dokter-dokteran, dan lain sebagainya. Awalnya tangis Sienna sedikit reda berkat melihat kurungan yang dihias warna-warni tersebut. Namun begitu hendak dimasukkan ke kurungan, ia meraung-raung lagi.

Tuh wajahnya keliatan happy :3
Para tamu undangan pun jadi bingung. Terus gimana nih kalo dedeknya nangis mulu. Kata kakek Sienna, jarang loh Sienna rewel begini. Mungkin ia gak nyaman dengan banyaknya orang dan suasana yang begitu ramai. Akhirnya tamu-tamu cilik ini dilarang bersuara keras. Bahkan saat bernyanyi pun suara dipelankan.

Akhirnya nenek Sienna yang menggarap tahapan selanjutnya. Ia tuntun Sienna menaiki anak tangga. Sienna yang masih terisak, mulai nangis banter lagi. Hadehh.

Begitu tangis Sienna reda, kedua orang tua Sienna mencoba peruntungan lagi untuk memasukkan Sienna ke kurungan. Lagi-lagi gagal. Sienna nangiiis mulu. Mungkin dia gak nyaman ya dimasukin ke kurungan. Emang dia ayam apa? :D Namun meski kurungannya dilenyapkan, ia tetap tidak mau memilih benda-benda yang sudah disiapkan. Hadew, yasudahlah. Pihak keluarga merelakan Sienna tidak memilih apa-apa. *masa depanmu sungguh misterius Nak. :’D

Itu udah meronta-ronta ke neneknya
Nyoba lagi, gagal lagi
Acara masih berlanjut. Sekarang tiba giliran untuk membagikan uang recehan. Sienna pun terlihat enjoy. Ia memainkan baskom logam yang berisi recehan dicampur beras yang telah diwarnai. Begitu recehan tersebut dilempar, para tamu undangan pun berebutan. Seru ye.

'Yaudah ganti nebar duit, Dek..'
Kayaknya nyenengin banget buat Sienna
Kerumunan anak kecil yang berebut uang koin
Terakhir, Sienna pun dimandikan sebentar dan akan mengenakan baju baru. Beberapa baju sudah disiapkan untuk dipilih para tamu undangan. Karena Sienna masih angin-anginan, prosesi ini dipercepat deh. Yang penting selesai. Hehehe.
Sehabis mandi :))
Prosesi pemakaian baju
Huaaah, akhirnya kelar juga acara turun tanah Sienna. Anak-anak kecil ini pulang dengan hati riang sambil menenteng bingkisan berisi tas kecil, tepak makan, nasi ayam kentaki, dan aneka snack. Sebelum pulang, aku pun menghabiskan waktu sebentar untuk bermain-main dengan Sienna di tempat tidur. Kita nonton Barney acara kesukaan Sienna kemudian selfie! :D

Semoga jadi anak solehah ya Nak… Jadilah generasi penerus bangsa dan agama yang berguna bagi sesama di masa depan kelak. (ɔ ˘⌣˘)~♡

14 comments :

  1. suka deh aku ngelihat bayi 7 bulan turun tanah, soalnya penasaran apa yg akan dia ambil kalo ambil uang jangan2 ntar jadi orang kaya..kaya iman amiien

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya Mbak Dwi.. lha kok Sienna nya gak mau :3

      Delete
  2. Siena emang lucu n ngegemesiiin, keponakannya siapa dulu duung 😜

    ReplyDelete
  3. aamiin...
    aku belum pernah lihat tradisi turun tanah lansung,penasaran hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, iya mbak Hanna. Aku juga kali pertama ini lihat secara langsung :))
      Emang di Siak gak ada tradisi kayak gini ya? :D

      Delete
  4. meng aminkan doanya...lucu Sienna pake baju batik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mbak Kania.. ^^ Iya lucu banget. Masa bandonya juga bisa dipake ama mama nya :D

      Delete
  5. kira-kira aku dah pernah liat belum yaa???
    hehe :-)

    kayaknya sering dech mbak kalo acara 7 bulanan, cuman gatau namanya.

    ohh, itu namanya turun tanah to mbak?
    malah baru denger aku, mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya.. dikira-kira aja, pernah liat belom? :D

      Iya.. kalo 7 bulanan ya biasanya syukuran doang sih setahuku. Mau ngerayain tradisi ini ato enggak, suka-suka aja. :)

      Delete
  6. Eh kayak kebudayaan Korea yak ^^ tapi kalau anak Korea pas ultah yang ke 1

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oya? Aku malah gatau loh. hohoho Sepertinya menarik. Semoga aku gak malas mencari tau :D:D

      Delete

Terima kasih banyak sudah mau berkunjung dan membaca, terlebih turut meninggalkan komentar. ^o^ Mohon berkomentar secara sopan dan plisss jangan tinggalkan link hidup dan pasti langsung aku hapus. Okey? ;)

Sekali lagi terima kasih pembaca-pembaca setiaku. Tanpa kalian, apalah arti aku dan tulisanku ini. Semoga menginspirasi. :))