Friday, March 27, 2015

Sheraton Surabaya, Tawarkan Inovasi untuk Dukung Green Movement

Kalau kamu berkesempatan menginap di Sheraton Surabaya Hotel & Towers pasti bakalan senang sekaligus bangga dong. Bangga kenapa? Karena Sheraton Surabaya Hotel & Towers kan sudah gak asing di telinga banyak orang sebagai hotel bintang lima ternama. Bahkan bintang limanya berwarna hijau! Eits, kok hijau? Iya, soalnya Sheraton Surabaya ini merupakan eco hotel yang turut berpartisipasi dalam upaya pelestarian lingkungan dan hemat energi. Mau tau?


Meet Sheraton Surabaya Hotel & Towers
Sheraton merupakan jaringan dari Starwood US Hotel & Resorts. Sedangkan Sheraton Surabaya sendiri didirikan pada tahun 1995 dan hingga kini memiliki 348 kamar serta 10 meeting room dalam bangunan berlantai 28. Sejak 2009, Sheraton Surabaya resmi bergabung dengan kampanye Earth Hour.

Apa itu Earth Hour?
Mungkin sebagian di antara kalian sudah familiar dengan program yang sering dikampanyekan ini sejak beberapa tahun silam. Ya, Earth Hour adalah salah satu kampanye WWF, organisasi konservasi terbesar di dunia yang berupa inisiatif global untuk mengajak individu, komunitas, praktisi bisnis dan pemerintah di seluruh dunia untuk turut serta mematikan lampu dan peralatan elektronik yang sedang tidak terpakai selama 1 jam di hari Sabtu malam minggu ketiga pada bulan Maret setiap tahunnya. Earth Hour sendiri baru menyemarakkan Indonesia pada tahun 2009.

Inti dari kegiatan ini adalah untuk mengajak kepedulian masyarakat dalam upaya penghematan energi. Karena sejatinya kebutuhan energi semakin meningkat dari waktu ke waktu, sedangkan hal tersebut juga mempunyai dampak besar dalam memicu pemanasan global. Untuk itu dengan adanya kampanye ini, diharapkan mampu mengubah gaya hidup masyarakat menjadi lebih ramah lingkungan.

Arti dari logo Earth Hour sendiri melambangkan durasi 60 menit pemadaman listrik dan simbol + yang mempunyai maksud bahwa kampanye ini memiliki aksi lebih, tidak hanya terpaku pada kegiatan pemadaman. Untuk berpartisipasi, kita bisa melakukan hal lain yang berdampak positif terhadap lingkungan seperti menanam tumbuhan dan berkendara menggunakan sepeda untuk mengurangi emisi.


Komitmen Keberlanjutan Lingkungan
Ada beberapa faktor eksternal yang menjadikan Sheraton Surabaya menggiatkan inovasi ramah lingkungan. Dan inilah yang perlu kita ketahui:


Untuk itu manajemen Sheraton Surabaya mengupayakan pendekatan lingkungan dari:

Mengurangi dampak lingkungan dari bisnis hotel
Mencoba untuk menciptakan produk/jasa yang ramah lingkungan dan sesuai dengan customer
Membuat perusahaan berkomitmen terhadap kebijakan ramah lingkungan

Kemudian dibuatlah sertifikat sebagai bentuk komitmen yang ditunaikan secara nyata dengan misi sebagai berikut:

✿ Melestarikan sumber daya alam
✿ Meminimalkan limbah dan polusi
✿ Meningkatkan kualitas lingkungan ruangan
✿ Menetapkan dan melaporkan indikator-indikator utama kinerja lingkungan
✿ Meningkatkan kesadaran lingkungan hidup

Progress Kinerja Sejak 2009
Sheraton Surabaya menetapkan target jangka panjang sebagai acuan pencapaian. Adapun targetnya adalah

“30/20 by 20”

Yang artinya 30% pengurangan energi + 20% pengurangan air per jumlah kamar di tahun 2020. Maka setiap tahun Sheraton Surabaya membuat laporan kinerja yang meringkas penggunaan sumber daya di berbagai aspek sehingga dapat dibandingkan progressnya dari tahun ke tahun.


Selain itu, 70,1% produk food & beverages menggunakan bahan lokal dan sisanya baru impor karena tidak semua bahan tersedia di Indonesia. Hal ini dibenarkan oleh Chef Renaud Mahe asal Perancis, yang merupakan Direktur Food & Beverages Sheraton Surabaya Hotel & Towers. Bahkan Sheraton Surabaya tidak lagi menyediakan menu sirip ikan hiu yang biasanya ramai dipesan oleh kalangan ras Chinese untuk perayaan tradisi mereka.

Untuk manajemen limbah pun Sheraton Surabaya mengimplementasikan 3R (Reuse, Reduce, Recycle). Pihak manajemen menyediakan 5 jenis tempat sampah berdasarkan masing-masing sifatnya untuk pengolahan lanjutan. Oya, ada satu jenis dari sampah tersebut yang memuat bahan beracun dan berbahaya yang lebih dikenal dengan sebutan limbah B3. Nah, dalam penanganan limbah B3 ini pihak Sheraton Surabaya pun telah menangani sesuai prosedur sebagai berikut:

- Sheraton telah memiliki TPS limbah B3 yang berizin dari BLH Surabaya
- Semua limbah B3 yang masuk dan keluar dicatat di log book dan neraca limbah
- Limbah B3 setiap bulannya diangkut oleh perusahaan pengolahan limbah yang telah memiliki izin untuk itu yaitu PPLI
- Semua proses ini dilaporkan secara rutin kepada kementerian lingkungan hidup, BLH Kota Surabaya dan BLH Jawa Timur

Target 30/20 memang bukanlah suatu hal yang mudah untuk dicapai, terlebih angka hasil dari laporan tahun lalu masih belum mendekati target. Untuk itu, Sheraton Surabaya butuh partisipasi kamu semua lewat layanan Make a Green Choice dan Sustainable Meeting Package.

Inovasi Ramah Lingkungan
Sheraton Surabaya mengajak para tamu untuk berpartisipasi dalam menyukseskan program ramah lingkungan. Bagaimana caranya? Mudah saja. Cukup dengan menggunakan layanan Make a Green Choice.

Apa itu Make a Green Choice?

Jika biasanya tamu yang akan menginap di Sheraton Surabaya mendapat pelayanan kamar standard ABC, yakni servis lengkap seperti biasa, maka layanan Make a Green Choice meminimalisir layanan housekeeping tersebut. Jadi kalau kamu memilih layanan ini, maka beberapa servis yang akan dieliminasi terdiri dari:

Pengosongan tempat sampah
Penggantian air minum
Penggantian refreshment kamar (kopi/teh)
Penggantian tisu toilet & wajah serta perlengkapan kamar mandi lainnya
Pembersihan tempat tidur

Untuk berpartisipasi, kamu bisa memilih layanan ini sewaktu check in. Kalau kamu berpikir dengan ikutan layanan ini bakal bikin kamu rugi, itu salah besar!! Sebagai reward-nya, tamu yang memilih layanan Make a Green Choice akan mendapatkan 250 SPG starpoints. Semakin banyak poin yang terkumpul, bisa ditukarkan dengan free night stay di jaringan Starwood Hotel & Resorts di seluruh dunia!

Yang lebih penting lagi, kamu dapat membantu konservasi energi, air, dan sumberdaya lainnya melalui layanan ini:


Namun untuk memilih layanan ini, minimal kamu harus menginap dua malam di Sheraton Surabaya Hotel & Towers dan dapatkan poin untuk tiap malamnya!

Penanda partisipasi Make a Green Choice yang digantung di pintu kamar


Selain mengajak para tamu, Sheraton Surabaya Hotel & Towers juga mengajak para penyelenggara meeting untuk menggunakan konsep ramah lingkungan melalui Sustainable Meeting Package.

Apa itu Sustainable Meeting Package?

Sustainable Meeting Package adalah konsep meeting yang bertujuan untuk mengurangi dampak dari penyelenggaraan meeting terhadap lingkungan.

Desain interior yang mengacu pada konsep Sustainable Meeting Package bersifat minimalis namun tetap elegan. Tanaman penghias yang digunakan tidak membutuhkan banyak pengairan dan lahan yang luas. Meja-meja tertata rapi dan tetap bersih tanpa taplak. Peralatan meeting disediakan secara supplies on demand; tertata rapi di bagian belakang dan digunakan sesuai keperluan. Hal tersebut dapat meminimalisir limbah yang dihasilkan. Agar makin meyakinkan penyelenggara meeting atas efisiensi yang mampu diraih melalui layanan ini, maka oleh pihak Sheraton Surabaya dibuatkan meeting report impact.


Sustainable Meeting Package is good for business and the planet. From paperless planning to eco-friendly events, Sheraton Surabaya will help you plan a sustainable meeting without impacting guest budget. ;)

Kekurangan dari layanan ini adalah tidak dapat dipergunakan untuk meeting yang bersifat tematik (karena pastinya membutuhkan banyak barang kebutuhan untuk dekorasi).

Penghargaan untuk Sheraton Surabaya
Atas konsistensi dan kesungguhan dalam menerapkan konsep eco hotel, Sheraton Surabaya Hotel & Towers mendapatkan beberapa penghargaan di kategori ramah lingkungan.

- Dari Kementerian Lingkungan Hidup, mendapatkan penghargaan Proper peringkat biru. Biru ini artinya taat akan prosedur penanganan lingkungan. Urutannya dari peringkat bawah ke atas adalah hitam – merah – biru – hijau – gold. Peringkat hijau dapat diraih setelah mendapatkan 3 kali peringkat biru. Nah, Sheraton Surabaya telah mendapatkan peringkat biru sebanyak dua kali! Kurang satu lagi!!

- Sertifikasi Eco Hotel 2013-2015 (berlaku 3 tahun)

- Penghargaan utama (Green Building Awareness) dari pemkot Surabaya sebagai bangunan hijau kategori hotel. Wow!!

Penghargaan Green Building Awareness
Penghargaan lainnya yang diterima Sheraton Surabaya Hotel & Towers

Come and Join Us!
Atas partisipasi dalam kampanye Earth Hour, Sheraton Surabaya juga menyelenggarakan acara ceremonial di lobby pada tanggal 28 Maret 2015 mulai pukul 20:30 sampai 21:30 WIB. Tak hanya itu, acara ini juga dimeriahkan oleh special performance dari Sanggar Alang-Alang. Plus dapatkan diskon 50% dalam special candle light dinner selama Earth Hour ceremony. Lumayan kan sambil menyelam minum es degan. :D

Terakhir, terus sebarkan semangat ramah lingkungan ya! Because green is better when shared. ;)

Ini aksiku, mana aksimu?

Sheraton Surabaya Hotel & Towers
Jl. Embong Malang 25 – 31
Surabaya, Indonesia
Call: +62 31 546 8000
Ilustrasi oleh Radik Setagalih

43 comments :

  1. wah seru pasti acaranya ya, aku nggak bisa datang ke acara ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo aku mah deket kosan Mbak Dwi X))

      Delete
  2. wiiih keren.. semoga banyak hotel yg ikut menggalakkan kampanye green movement ini,..
    dulu pernah nginep di Sheraton waktu masih kecil, emang tempatnya menarik hehehehe, semoga dapat kesempatan nginep disana lagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beruntungnyq dikau yg pernah nginep di Sheraton X))

      Delete
  3. manteb banget ika, aku jadi pengen nyobain hotelnyahhh

    ReplyDelete
  4. Hotelnya unik juga. Jarang jarang di indonesia lhoo huahahaha... Pingin deh kesana semalem dua malem...

    Btw, ini blog kemaren kemaren nggak bisa gue buka. Kenapa yaa mbak? Disetting pribadikah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Àku malah baru tau klo eco hotel udah diterapin di Indonesia :D

      Hahay kemaren sempet salah setting aja :)

      Delete
  5. go green living ya sekarang konsepya,aku belum pernah nginep disitu mbak^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kalo ke Surabaya nginep di sini mbak Hanna ^°^

      Delete
  6. Penjelasannya lengkap bangad. Jadinya kaya berada di hotelnya langsung, hehehe... maklum ya, arsitek suka mengkhayal. Moga aja bisa berlibur ke Surabaya lagi sama jenguk keluarga di sana biar bisa sekalian rasa in hotelnya juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, amin Mas. Semoga kesampaian ya ^^

      Delete
  7. Sangat di manjakan sekali iya oleh hotel tersebut (y)

    ReplyDelete
  8. Hotel peduli lingkungan y mak..
    Sip dah..
    Smoga mnjdininspirasi hotel yg lain
    Sukses ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ini bukti nyata adanya hotel peduli lingkungan ;)
      Amin, makasih Mbak. Sukses selalu untuk Mbak Inda juga ^^

      Delete
  9. Replies
    1. Kalo di Jepang ada hotel kayak gini gak Mbak Indah? :D

      Delete
  10. Mbakkkk Ikaaaa, postinganmu selalu kereeennnn >,<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Aya pasti bisa bikin yg lebih keren juga ^^

      Delete
  11. ah kereen ya mbak hotelnya. harus diikutin oleh hotel lain nih ya konsepnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, biar turut berpartisipasi menjaga lingkungan :)

      Delete
  12. sheraton emmang keren hotelnya :)

    ReplyDelete
  13. Gaul

    hehehe

    Di Padang belum ada nih yang begini
    Masih eksploitasi genre nya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga segera menyusul di Padang ya ^^g

      Delete
  14. Replies
    1. Iya Mbak Nurul, bersyukur banget bisa ke sana :)

      Delete
  15. Hey you, aku juga member earth hour surabaya, dulu ..
    ^.^
    keren mbakyu postinganmu (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aih.. Kece ya member Earth Hour. Aku juga diajakin tapi belum mau. Soalnya takut gak bisa bagi waktu :D

      Delete
  16. Keren bener nih hotel, semoga aja banyak pengunjung :)

    ReplyDelete
  17. mantap tuh ga akan nyesel nginep di hotel itu :)

    ReplyDelete
  18. yang keren itu nginap di hotel tapi mberesin apa2 sendiri dan dapat reward hahaha keren2 konsepnya

    ReplyDelete
  19. keren ya, pdhl hotel2 tuh kaya gini.. bukannya malah ngerusak lingkungan sekitarnya.. airnya pd disedot abis ke hotel dan warga jadi kekeringan.. heuheu

    ReplyDelete
  20. terus kapan nih?, saya bisa nyobain nginap di Sheraton Surabaya :)

    ReplyDelete
  21. Keren banget Hotel Sheraton dengan layanan Make a Green Choice.. Mudah-mudahan diikuti sama hotel lainnya di Indonesia ya..

    ReplyDelete
  22. keren banget sheraton ini...
    waktu terakhir ke sana, settingannya blum begini :D

    ReplyDelete
  23. kalo semua hotel konsep'a kya gni bagus nie kya'a

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah mau berkunjung dan membaca, terlebih turut meninggalkan komentar. ^o^ Mohon berkomentar secara sopan dan plisss jangan tinggalkan link hidup dan pasti langsung aku hapus. Okey? ;)

Sekali lagi terima kasih pembaca-pembaca setiaku. Tanpa kalian, apalah arti aku dan tulisanku ini. Semoga menginspirasi. :))