Monday, April 6, 2015

Ada Jendela Dunia di Balai Pemuda

Sumber: http://www.custom-vinyl-decals.com/ebay/wallart/images_large/S33_large.jpg
Hola! Ketemu lagi di sini setelah kemaren berkutat dengan long weekend. Iyap, kalo aku berkutat dengan tugas di saat kebanyakan orang mengisi hari liburnya dengan kegiatan refreshing. *ngenes di pojokan* Ya emang sih tetep ada jatah break buatku. Tapi dengan kepala yang sudah kepenuhan isi aku jadi males mikir aneh-aneh mau refreshing ke mana. Yaudalah, ke Balai Pemuda aja. Kan ada jendela dunia.

Tau kan kalo jendela dunia itu identik dengan buku? Jadi tempat yang aku maksud di sini adalah.. tentu saja perpustakaan! Huahaha, kayak anak pinter aja kalo weekend tongkrongannya di perpus. *cih, aku emang pinter kan? :p*

Jangan selalu termakan oleh stigma yang menyatakan kalau perpustakaan itu nerd, nggak gaul, dan membosankan. Well, kamu bakal mendapati dirimu salah besar kalau kamu mengunjungi perpustakaan kota Surabaya satu ini. Memangnya kenapa?


Menurutku, di antara seluruh perpustakaan yang ada di Surabaya, perpus inilah yang paling sering dan ramai dikunjungi orang. Selain karena lokasinya yang cukup strategis di tengah kota (di Balai Pemuda pula!) dan bersisian dengan SMAN 6 Surabaya, perpustakaan ini jauh dari image suram dan berdebu. Tempatnya itu loh, wow banget! Dengan konsep tata ruang yang bikin space perpustakaan gak sumpek, tempatnya adem dan tersedia arena baca yang bener-bener cozy. Ada beberapa karpet bergelar beserta meja, ada pula sofa super empuk lengkap dengan bantal! Ups, jangan sampe kebablasan tidur di sana ya! Hehehe.

Dulu waktu awal-awal kunjunganku ke sini, suasananya belum seramai sekarang. Ya maklum, pada saat itu perpustakaan ini tergolong baru, belum ada setahun sejak peresmiannya. Bahkan aku saat kali pertama mengunjungi sempat ragu-ragu, ada beneran gak ya perpustakaan di Balai Pemuda? Secara aku berbekal info keberadaan perpustakaan ini dari koran lama bekas bungkus gorengan wkwkwk. Eh ternyata beneran ada. Malahan aku berasa jadi penemu dalam sebuah ekspekdisi ala-ala Colombus *halah!


Pada waktu awal-awal itu pula, aku masih rajin-rajinnya ke perpustakaan selepas ngampus. Maklum masih semester pertama, tugasnya belom sepadat sekarang. Kalau nongkrong di perpus sih aku seringnya wifi-an sampai malam (yeah, sampe perpusnya hampir tutup) dan sering banget minjem buku. Pegawai perpusnya aja sampe hafal sama aku saking seringnya ke situ. Malahan aku jadi akrab sama salah satu pegawai bernama Mas Boy. Orangnya cakep sih, dan sempet ngegebet dulunya wkwkwk. Pegawai perpusnya emang ramah-ramah anyway. Sekarang ini aku cuma ke perpus kalo ada yang nganter. :D Yaiyalah lama-lama capek juga euy jalan kaki dari perpus ke kosan. Belum lagi aku kudu dua kali lewat jembatan penyeberangan. Jadi seringnya sih kalo aku ke perpus ya sama Muffin.

Okey, jadi kalo kamu ke sini, enaknya ngapain aja?

Baca buku lah tentunya! Hohoho. Nope. Gak cuma itu lah. Buatku sih, kalau buku enakan dibaca di rumah. Kalau nongkrong di sini aku lebih suka menghabiskan waktu membaca koleksi tabloid kayak Femina, Kartini, dan Bobo sesekali (eits, jangan nyinyir ya. Justru Bobo termasuk bacaan berkualitas :p). Selain itu, baca komik. Koleksinya cukup banyak sih, tapi yang nyebelin itu kebanyakan komik berseri dan bergenre shonen (komik cowok). Yah… aku kan suka serial cantik hihi. Tapi kalo Muffin sih girang, soalnya itu genre bacaannya dia.

Untung sekarang ada Korea Corner, yang artinya ada koleksi bacaan baru. Awalnya aku kira koleksi buku Korean Corner itu berkisar pada sejarah, kebudayaan, dan literature tentang Korea. Ternyata kebanyakan koleksinya adalah buku pengetahuan berbentuk komik yang lagi ngehits itu. Kayak serial WHY? dan komik edukasi lainnya. Adanya Korea Corner ini juga dimaksudkan ada perlakuan khusus untuk bukunya, yakni gak boleh dipinjem untuk dibawa pulang. Oya, pojok arena baca ini juga dilengkapi peralatan audio visual. Tapi aku kurang paham kapan sih dipergunakannya.





Di perpus ini, ada bilik khusus bacaan anak lho. Bahkan disediakan pula mainan-mainan edukasi. Jadi pas banget bawa si kecil ke sini untuk memperkenalkan pada dunia literasi. Bonusnya, ada pojok mainan game komputer berbasis edukasi juga tentunya.



Kalo komputer untuk dipergunakan orang dewasa? Ada kok. Tersedia beberapa unit komputer dengan fasilitas koneksi internet. Tapi ingat ya untuk mempergunakannya dengan bijak, baik durasi maupun tujuan penggunaannya. Jangan malah dipake mainan game online (dan kasus ini dulunya sering terjadi pada anak-anak seusia SD). :3 Untuk koneksi internet di perpus, aku sama sekali gak prefer yah. Sangat-sangat tidak bisa diandalkan. Hufft. Kalo emang bisa konek, itu untung-untungan. Yeah segalanya tergantung amalan perbuatan, Dear. :D


Bawa laptop sendiri? Kamu juga bisa ngerjain tugas di spot ini :)
Perpustakaan ini buka setiap hari kecuali hari libur nasional dari jam 07:00 sampai 21:00 WIB. Puas kan? Kalau mau seharian di sana ya monggo. Toh kalau mau salat tinggal ke musala yang berada tepat di depan perpus. Tapi sayangnya di kompleks Balai Pemuda gak ada orang jual makanan dan di perpustakaan kamu tidak diperbolehkan membawa makanan atau pun minuman. ;)

Kalau mau minjem buku? Ya berarti kamu harus jadi anggota terlebih dulu dong. Syaratnya mudah, cukup bawa fotokopi KTP/kartu pelajar kamu. Pembuatan KTA (Kartu Tanda Anggota) akan diproses tempat. Pelayanan ini free, untuk yang ber-KTP Surabaya aja. Nah, buat yang ber-KTP non-Surabaya, dikenakan biaya sebesar 100 ribu rupiah sebagai uang penjamin. Jadi kalau kamu mau mencabut keanggotaan, uang tersebut bisa kamu ambil kembali. :)

Tempat mengurus administrasi dan peminjaman buku
Menurutku, waktu terbaik untuk mengunjungi perpustakaan adalah sewaktu pagi (jam sekolah). Soalnya kalo udah jam pulang sekolah, bakal rame oleh anak-anak SD dan siswa-siswi SMAN 6 Surabaya yang bikin sumpeknya masya Allah. Perpustakaan kembali agak sepi pada saat sore hingga menjelang tutupnya jam operasional. Kalau hari Minggu, random sih ya. Tapi tetep, sore sampai malam adalah best time ever.

Kira-kira, tertarik berkunjung ke sana?

Kompleks Balai Budaya (eks Bioskop Mitra)
Jl Gubernur Suryo 15 Surabaya
Jam buka: Senin – Minggu pukul 07:00 – 21:00 WIB
Tutup pada Hari Libur Nasional

29 comments :

  1. iya nih tempat favorit kalo bingung mau kemana hahahahaha.. tempatnya asyik buat berlama2. cocok buat AGP (anak gaul perpus) wkwkwkwkw :p

    ReplyDelete
  2. wah,unik ya ada korea corner,bakal jingkrak2 nih yang suka k-drama hehehe. waktu kuliah n kerja di malang juga suka ke perpus,asik aja gitu baca2

    ReplyDelete
  3. Wah bagus ini, kota Surabaya punya perpustakaan yang menarik minat tua-muda untuk singgah ke sana. Semoga klo besok2 aku perlu nyari arsip tentang kebun binatang Surabaya bisa ditemukan di sini (sekalian ngadem) hahaha :D

    ReplyDelete
  4. Keren nie perpustakaan, pasilitasnya komplit

    ReplyDelete
  5. Pepusnya asyik banget tempatnya, kereeenn :|

    ReplyDelete
  6. Perpusnya nyaman banget, betah deh berlama2 di sanaa

    ReplyDelete
  7. Wih enak banget ya di kotanya ada perpus yang keren dan nyaman banget kayak gitu. Kalo di kota gue mah mana ada :(

    ReplyDelete
  8. Wih keren ada beginian
    btw kemarin sabtu juga aku lembur kok :)) #senasib #galeyehleyeh

    ReplyDelete
  9. Huaaaa.. Keren amat nih perpustakaan. Andai aja perpus Medan kayak gini.. :(

    ReplyDelete
  10. tengss polll,,, dapet refrensi baruu niih slain di perpusda :D #sebelahstesia

    ReplyDelete
  11. wawooow ada korean corner segala, kalau Japan corner ada ngga?

    ReplyDelete
  12. Manteps sekali nih tempat tongkrongannya, salut sekali dengan anak pemuda sekarang. Tongkrongannya udah pindah ke perpustakaan, “alhamdulillah” (sambil ngelus dada dan mata berbinar-binar) hehehe...

    Pemudi seperti Hilda ini yang perlu dicontoh oleh kawan-kawan yang lain..

    ReplyDelete
  13. asik ya perpustakaannya..anakku bisa betah disana :)

    ReplyDelete
  14. wah kalo aku ada disana,mungkin bawa kasur sekalian,hahaha *plak lebay

    ReplyDelete
  15. enak banget ya di kotanya ada perpus yang keren dan nyaman banget kayak gitu.

    ReplyDelete
  16. Wah, tempat favorit banget nih Perpustakaan Ex Bioskop Mitra. Sering banget kesana hehe, apalagi kalo lagi butuh referensi bacaan buat artikel pasti jujukannya kesana. Sayang untuk koneksi internet tidak stabil ya, jadi kita2 yang kerjannya nebeng wifi ga begitu leluasa hehehehe......

    ReplyDelete
  17. Ini tempat mangkalku, Mbak. Hahhhaaaha

    ReplyDelete
  18. wwo wwwwwwwwwwwww Ada Google Maps nya

    ReplyDelete
  19. Wah keren, kota Surabaya punya perpustakaan yang menarik minat tua-muda untuk singgah ke sana.

    ReplyDelete
  20. Yang gw inget kalo balai pemuda itu yaa cuman 2 yaitu bioskop mitra sama ice cream zangrandi hahaha

    ReplyDelete
  21. ini mah surga namanyaa, dibanjirin buku gini, hihii

    ReplyDelete
  22. yaampun ini perpustakaannya kece banget! terus terus.. yang paling menarik adalah korea cornernya. eaahh secara aku korean addict. jadi penasaran pengen kesana. terakhir ke perpustakaan disini waktu kuliah dulu. dan perpustakaannya yah.. seperti perpustakaan pada umumnya. ga bikin betah. jadinya gak pernah dateng kesana kalo gak penting banget cari bahan tugas :D

    ReplyDelete
  23. aku kapan hari juga ke sini dek. Kereeeen emang :)

    ReplyDelete
  24. waaaa one of boy fans club...
    makasih ya kak udah kasih treat yang bagus buat tempat kerja kami. oh iya tambahan sekarang kita buka tiap hari lohh meskipun tanggalnya merah kita tetep buka tapi cuma sampek jam 3 sore..
    sering sering maen dan belajar kesini yaaa ajakin semmuuwwwaaa temennya

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah mau berkunjung dan membaca, terlebih turut meninggalkan komentar. ^o^ Mohon berkomentar secara sopan dan plisss jangan tinggalkan link hidup dan pasti langsung aku hapus. Okey? ;)

Sekali lagi terima kasih pembaca-pembaca setiaku. Tanpa kalian, apalah arti aku dan tulisanku ini. Semoga menginspirasi. :))