Monday, May 25, 2015

[Olanatics.com 1st Giveaway: Steal The Look] – Muslimah Style on My Way

Aku dan Dian Pelangi
[Olanatics.com 1st Giveaway: Steal The Look] – Muslimah Style on My Way

Siapa sih yang nggak mengenal Dian Pelangi? Meski dia bukan seleb yang hobi wara-wiri di televisi, nama desainer cantik ini sudah nggak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia hingga mancanegara. Kemunculannya sebagai trendsetter membuat style busana muslimah semakin diminati. Dian Pelangi sukses memberikan warna baru bagi dunia fashion perempuan berhijab. Hal tersebut pun membuat populasi perempuan berhijab meningkat dari tahun ke tahun.

Namun nggak semua orang suka dengan apa yang dilakukan Dian Pelangi. Banyak lho pihak-pihak yang menghujat, mencibir, bahkan sampai mengolok-olok. Karena mereka menganggap style yang Dian Pelangi ciptakan sama sekali tidak syar’i. Mereka bilang pakaian muslimah haruslah syar’i sesuai tuntunan Islam. Duh, sedih ya. Mungkin pandangan mereka tentang esensi pakaian muslimah berbeda dengan milik Dian Pelangi. Namanya juga pandangan, tentunya berbeda pada setiap individu. Termasuk aku.

Menurutku…
Berpakaian bagi seorang muslimah, gak cukup untuk menutup aurat saja. Kalau cuma begitu adanya, ya gampang dong tinggal pakai mukena ke mana-mana. LOL Nggak bisa dipungkiri, meski dibalut hijab, perempuan tetap ingin tampil cantik dengan busananya. Mereka adalah makhluk ciptaan Tuhan penyuka keindahan. Jadi, aku punya beberapa pendapat mengenai esensi pakaian muslimah berdasarkan pengamatanku selama ini:

Untuk memberikan good impression
Pas kali pertama kamu ketemu orang, seneng dong melihat penampilannya yang cerah dan menyenangkan. Tanpa sadar kamu pun kena aura positif yang dia bawa melalui pakaiannya. Coba kali dia pake pakaian yang style-nya kuno, ndeso, atau warna pakaiannya kelewat suram. Boro-boro mau ngajakin ngobrol, yang ada kamu bakal sibuk sendiri ngomentarin orang ini dalam hati.

Bukti nyata keindahan
Allah itu indah dan menyukai keindahan. Berpakaian itu sejatinya ya yang indah dipandang mata. Masa iya kamu mau keluar rumah dengan pakaian yang warnanya telah memudar? Atau pake baju tabrak warna, dikira jemuran berjalan dong. Bikin yang liat sakit mata. -___-

Sarana ekspresi diri
You are what you fashioned about. Perempuan yang kalem mungkin akan condong memilih busana berwarna pastel. Perempuan yang ceria bisa jadi suka berpakaian yang colorful. Dan perempuan gaul akan selalu mengikuti trend fashion terbaru. *bukan aku*

Pilihan gayaku yang colorful

Upaya dalam berdakwah
Banyak banget seruan dakwah sana-sini yang mewajibkan para muslimah untuk berhijab. Kebanyakan embel-embelnya dosa dan siksa neraka. Tapi cara seperti itu nggak selalu efektif. Mungkin karena banyak orang mikir, “Ah, pake hijab pun gak luput dari api neraka. Ya keles sama aja.” -___- Nah coba stereotip kayak gitu diubah. Kita bisa kan membuat pemakaian busana muslimah jadi lebih menarik? Sehingga para muslimah yang belum berhijab dengan sendirinya akan tertarik untuk mengikutinya.

Poin terakhir itulah yang sebenarnya diusung oleh Dian Pelangi. Ia ingin Islam lebih dikenal saat ia keliling dunia memperkenalkan desainnya. Ia ingin dunia tau bahwa para muslimah bukan cuma mereka yang berjubah hitam. Dian Pelangi juga ingin pemeluk agama lain tahu bahwa Islam nggak mengekang pengikutnya dalam berpakaian. Mau berpakaian syar’i kek, bercadar kek, berpenampilan menarik kek, dll. Semua itu adalah pilihan masing-masing individu.

Perlu diingat
Banyak orang yang lupa bahwa berpenampilan menarik bukan berarti melanggar syari’at agama yang telah ditentukan. Banyak yang lupa bahwa esensi utama dari pakaian muslimah adalah menutup aurat. Mereka lebih condong pada esensi yang kusebutkan tadi dan malah berpakaian seenaknya tanpa mempedulikan batas-batasnya. Jilboobs, contohnya. Aku nggak tau para oknum jilboobs itu melakukannya dengan sengaja atau memang nggak tau rambu-rambu syari’atnya. -_-

Emang apa aja sih etika berpakaian bagi muslimah?

Kerudung menutupi dada
Ini kan maksudnya jelas, untuk menutupi bentuk ‘gunung kembar’. Kalau pun ingin berhijab dengan gaya turban, pastikan busanamu longgar di bagian dada.

Longgar di dada

Tidak ketat/menyerupai bentuk tubuh
Sumpah deh, selain jilboobs, ini juga merupakan pemandangan yang paling gak enak dilihat. Sampai saat ini aku sering menjumpai para wanita (terlebih ibu-ibu) yang bajunya kaos ketat, kerudung pendek, celana nyapret sampe bokongnya terbentuk jelas. Duuuh risih liatnya. -____-

Tidak terawang/tembus pandang
Ya keles, kamu pake hijab tapi pakaianmu transparan. Lhah terus apa gunanya hijab. -___- Sekalian aja nari-nari di tiang. *dikira striptease xD

Tidak bermewah-mewahan/sesuai situasi dan kondisi
Ini seringkali terjadi pada anak kuliahan. Dikata mau kondangan, ke kampus pake baju mengilap terus kerudungnya diubet-ubet. Nah kalo pakaiannya heboh tapi buat fashion show, itu baru gak papa.

Berhijab tidak menyerupai punuk unta
Dulu aku pernah terlibat jadi oknum di sini. xD Gatau ya, semakin munjung tuh gelungan, rasanya udah kayak jadi yang paling gaul pada jamannya. Eh setelah ustadzku sendiri menegur, akhirnya perlahan mulai dikurangi ketinggian punuknya. Sekarang sih insya Allah sudah enggak punya punuk. Lagian, hal kayak gitu bikin sakit kepala tauk. :v

Berpakaian semata-mata bukan untuk dipuji
Nah, bagian ini yang paling susah. Karena menyangkut urusan hati dan ilahi. Kalau aku sih ketika muncul rasa ingin dipuji, langsung ganti. Pakai baju lain yang nggak menimbulkan sifat takabbur. Bahkan mulai membiasakan berpakaian karena menomorsatukan kenyamanan dan ekspresi diri. Hmm.. kayaknya semboyan ‘I don’t dress up for anyone but me’ memang perlu digalakkan. :D

So, buatku pakaian muslimah itu sebenarnya simpel aja: tergantung pemakainya nyaman berbusana seperti apa. Nggak usah meributkan jilbabnya sepanjang apa. Yang penting kita tau kan syari’at berpakaian yang telah diatur dalam Islam. Yang cara berpakaian muslimahnya belom bener, kasih tahu secara halus. Atau biar lebih jleb, beri hadiah kepada yang bersangkutan. xD Nggak usah lah saling menghujat karena perhujatan itu nggak seenak bakso langgananku. *lho? Ya gitu deh. :D

Artikel ini diikutsertakan dalam Olanatics.com 1st Giveaway: Steal The Look

28 comments :

  1. Suka banget baju yang captionnya 'longgar di dada' :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huahaha tau banget sih kamu ini kalo baju bagus. Itu beli di Giordano pas diskonan. Coba kalo gak gara2 diskon, ya gak bakal beli. xD

      Delete
  2. Pokoknya aku selalu sukaaaa sama semua style mu deh Ikka :)

    Tjantiiiik :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uwaaa jadi malu Mbak Erry..
      Daku malah ngefans sama wajah Mbak Erry yg kyk belom umur thirty something. :D

      Delete
  3. Iya.. Setuju bgt. Selain syar'i tetap perlu memperhatikan penampilan, yg penting ngga berlebihan.. Tulisan yg menarik, Semoga semakin menginspirasi wanita muslimah untuk makin mantap berhijab

    ReplyDelete
  4. Foto yang sama Dian Pelangi itu di acara Hijab and Dream bukan?

    ReplyDelete
  5. Blogwalking http://www.zafarsitinjak.blogspot.com Salam Kenal :)

    ReplyDelete
  6. Saya juga senang lihat muslimah berhijab cantik-cantik, tapi saya sendiri susah stylist, kudu kursus dulu deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aak.. latihan sendiri juga bisa kok Mbak Ela :D

      Delete
  7. iya saya suka banget berhijab yang bermodel-model , hehe

    ReplyDelete
  8. perempuan berhijab kecantikannya selalu mengalami peningkatan..

    ReplyDelete
  9. muslimah yang berhijab terlihat cantik, untuk memilih style hijab yang sesuai bagi kita bagaimana ya ? terkadang kan sulit untuk memilih hijab dan pakaian kita ketika hendak akan keluar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah sebelumnya emang kudu sering coba-coba Mbak ^^

      Delete
  10. Good luck giveawaynya. Aku suka gaya colorful :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih banyak Kak Indi ^O^ Whoaaa, iyah. Kan Kak Indi orangnya cheerful ^^

      Delete
  11. Waaa suka sama foto paling trakhir terutama, bajunya oke, gayanya keren, propertinya juga sip

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih banyak Mbak Rahmi.. jadi malu :"3

      Delete
  12. Aku setuju kalo berhijab ga harus bikin org mati gaya. Klo nyaman warna warni ato stylish, asal sesuai aturan knp nggak kan. Kecuali modif yg nggak2, baru deh dipandang aneh, maksudnya apa sbnrnya, gt kan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip Mbak, pandanganku juga seperti itu. :))

      Delete
  13. Suka sama gayanya....ceria..colorfull.

    ReplyDelete
  14. Suka sama baju yg terakhir, colorfull :)

    ReplyDelete
  15. mbak hilda memang super colorfull ya.. udah mirip deh sama DP yang colorful juga. hehe

    ReplyDelete
  16. Hai dear, makasih yaa udah ikutan giveawaynya.. Tulisannya sincere banget. Maaf baru sempat berkunjung.. good job! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aah makasih buat penilaiannya Kak Ola ^^ Moga tembus jadi pemenang utama yah hehe

      Delete

Terima kasih banyak sudah mau berkunjung dan membaca, terlebih turut meninggalkan komentar. ^o^ Mohon berkomentar secara sopan dan plisss jangan tinggalkan link hidup dan pasti langsung aku hapus. Okey? ;)

Sekali lagi terima kasih pembaca-pembaca setiaku. Tanpa kalian, apalah arti aku dan tulisanku ini. Semoga menginspirasi. :))