[Street Food Surabaya] Nasi Goreng Jowo Papi Kancil

Tuesday, May 19, 2015


Hayooo siapa yang suka mencuri timun di ladang Pak Tani? Semua pasti tau dong kalau si Kancil pelakunya. Lah kalau Papi Kancil? Ya beda lagi, ini nama sebuah food truck di area Jl. Srikana Surabaya. Kenapa namanya unik begitu? Apa hubungannya dengan tokoh paling hits di jagat fabel itu? Wah aku ndak tau ya, lupa nanya. :D

Awal mula aku dan Muffin bisa makan di tempat ini cuma karena iseng sih. Jadi ya pas makan malem bingung mau makan malam di mana (especially, me). Cari-cari di foursquare, ada food truck terdekat dengan review pengunjung yang lumayan. Hmm.. why not? Akhirnya kita berdua pun sepakat untuk menjajal kuliner di sana.

Aku baru tau bila jalan Srikaya ini dekat dengan kompleks Universitas Airlangga Kampus B. Aku jadi curiga, jangan-jangan pelanggannya kebanyakan anak kampus situ juga hehe *sotoy.

Tidak sulit untuk menemukan rombong satu ini. Karena di sepanjang jalan Srikana yang minim penerangan, hanya tenda hijau milik Nasi Goreng Papi Kancil ini yang berdiri mentereng. Usai memarkir kendaraan, aku dan Muffin segera mengambil tempat. Ternyata gak cukup banyak kursi yang disediakan di dalam, namun ada alternatif lainnya yakni tikar yang tergelar di samping tenda.

Mataku kemudian aktif menyusuri barisan kata pada daftar menu yang terpampang jelas. Aku pilih menu Nasi Goreng Iblis soalnya emang lagi kepingin yang pedes gitu. Aslinya mau Nasi Goreng BatSis (Babat Sosis) tapi sayang babatnya lagi unavailable. Sedangkan Muffin, kali ini pilihannya cukup simpel: Nasi Goreng Sosis.


Sewaktu memesan, rasanya gatel banget buat nanya ke orangnya, “Papi Kancilnya mana?” Tapi urung kulakukan soalnya lagi banyak orang. Well, aku sedang gak mood untuk malu-maluin diri sendiri.

Nasi goreng jowo identik dengan citarasa lebih manis dan berwarna coklat karena banyaknya kecap yang digunakan. Selain sawi hijau, nasi goreng ini juga dicampuri kecambah dan mie meski tidak banyak. Telur yang biasanya ikut diorak-arik bersama nasi, kali ini dalam bentuk dadar. Tak lupa ada suwiran ayamnya juga.

Nasi Goreng Sosis: Rp 9.000,-

Untuk Nasi Goreng Sosis, rasanya tidak terlalu gurih. Cukup asin-manis yang berpadu. Buatku kurang sip soalnya nggak pedes tapi kan Muffin emang gak suka pedes. Sosisnya lumayan banyak soalnya dipotong kecil-kecil haha.

Nasi Goreng Iblis: Rp 10.000,-

Kalau Nasi Goreng Iblis ini unsur penyajiannya sama dengan Nasi Goreng Sosis. Yang membedakan adalah suwiran ayamnya Nasi Goreng Iblis yang bercampur sambal ini disematkan terakhir. Jadinya nggak ikut bercampur sewaktu digoreng. Pedesnya udah sip, bikin aku ndower-ndower malem itu. Cuma ya asin-gurihnya buatku yang kurang, namanya juga nasi goreng jowo. Mau diapa-apain masih kalah asin-gurih sama nasi goreng cino.. *eh lha kok malah rasis begini sih? :D

Tapi sudahlah, apapun makanannya, selagi ada kerupuk tetap aja nikmat… *kerupuk lover* Toh buatku nasi goreng ini memang cocoknya untuk penyuka nasi goreng bercitarasa manis. :)


Well, porsinya pas sesuai ukuran perut dan harga. Bikin kenyang dan gak kemahalan. Tempatnya sendiri cukup bersih lho untuk ukuran kaki lama, jadi gak perlu ngerasa risih sewaktu makan. Kalau perut lagi konser keroncong malam-malam, Nasi Goreng Jowo Papi Kancil ini bisa jadi pemadam kelaparan yang cocok buatmu. Tapi untuk yang berdomisili jauh dari kompleks Unair Kampus B, aku nggak menyarankan. Sekali lagi, aku nggak menyarankan. :p

Oke, apa aku bakalan ke sini lagi? Umm… probably no. Kecuali kalo aku tengah lewat di depan tendanya dan mendadak lapar! Hahahaha.

Much love♥
-Hilda Ikka-

Nasi Goreng Jowo Papi Kancil
Jalan Srikana, Karang Menur Surabaya

28 comments

  1. segitu murah loh mba, duuh menggoda banget nasgirnya :)

    ReplyDelete
  2. Uwaaa maknyus tenan....wah ada temannya nih,kerupuk loversss hahaha

    ReplyDelete
  3. Uwaaa maknyus tenan....wah ada temannya nih,kerupuk loversss hahaha

    ReplyDelete
  4. lumayan enak koq, cuma emang sih, agak terlalu manis dilidah hehehehehe :D

    ReplyDelete
  5. Bikin ngiler aja mba :G
    jadi laper nih :D

    ReplyDelete
  6. he? kecambah? baru kali ini aku tahu ada nasi goreng dicampur kecambah. Mungkin karena papi Kancil selaku kancil doyannya kcambah? hehehe

    ReplyDelete
  7. Papi Kancil menag pinter yah, udah nyiapin juga nasi goreng tanpa sosis bagi pelanggannya yang tidak suka makan sosis

    ReplyDelete
  8. namanya unik banget "papi kancil" kenapa iya di sebut papi kancil mba hehehe

    ReplyDelete
  9. Nasi gorengnya kecap banget ya mbak. Gasuka aku kalo yang manis2 :D

    ReplyDelete
  10. wohhh lucu banget namanya nasi goreng iblis
    tapi emang rada2 serem gitu ya bentuk nya wkwkwk

    ReplyDelete
  11. nasi goreng itu makanan favorit banyak orang :D

    ReplyDelete
  12. nasi goreng makanan yang di gemari semua org , hehe

    ReplyDelete
  13. Muurah mba nasi goreng sosis cuma 9000
    klo disini nasi goreng biasa harganya 10000

    ReplyDelete
  14. nasi goreng iblis. kebayang pedesnya mbak

    ReplyDelete
  15. Wah murah juga seporsinya ya. Hehehee. Sama donk. Saya juga kalau makan Nasi Goreng kalau nda pake KERUPUK rasanya kurang lengkap gt Wahahahahaha

    ReplyDelete
  16. Aduh-aduh...aku kepengen banget nyobain nasi goreng iblis tapi takut masuk neraka jahanam gimana dong Ikkaaaa...bhuahahaha...
    *mulai aneh komen-nya*

    ReplyDelete
  17. Telur dadarnya serem ya, kok gitu warnanya. Terus sosisnya merah banget, sosis apa ya?

    ReplyDelete
  18. haduh... ngingetin nasi goreng di deket rumah jadinya.
    namanya lucu ya, papi kancil. semoga rasanya selucu namanya...

    ReplyDelete
  19. Namanya lucu juga...
    Papi kancil :))
    Hmm...

    Enak banget itu, disini biasanya kerupuknya disajiin terpisah di piring khusus gitu. Langsung dicampur di nasi gorengnya.

    ReplyDelete
  20. Pengen coba nasi goreng iblisnya,. kira" level berapa pedasnya :D

    ReplyDelete
  21. Aku bukan penggemar makanan jawa si, soalnya manis-manis hehehe. Namanya unik ya

    ReplyDelete
  22. pengen nyoba nasi goreng iblis nih, kaya yang enak

    ReplyDelete
  23. rame juga ya ka isinya tu nasgor. taruhan deh, pasti kwenyang 1 piring

    ReplyDelete
  24. Nasi Goreng Sosis Memang bikin nyammi... baru tahu... bikin laper nih kayaknya....

    ReplyDelete
  25. Lucu banget namanya Papi Kancil, hihihi. Nanti kalau aku ke sana coba aku tanyain :D

    ReplyDelete
  26. kak, follow blog aku dong yunita-hutabarat.blogspot.com :) makasih

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Tinggalkan komentar yang baik dan sopan ya. Untuk saat ini, komentar saya moderasi dulu ya. Saya suka baca komentar kalian namun mohon maaf saya tidak selalu dapat membalasnya. Untuk berinteraksi atau butuh jawaban cepat, sapa saya di Twitter @hildaikka_ saja!