Tuesday, July 28, 2015

Lembah Rolak – Ketintang Barat

Lembah Rolak – Ketintang Barat

Salah satu masakan favoritku adalah ikan bakar. Masa kejayaanku menikmati kuliner satu ini ya sewaktu SMA, karena salah seorang temanku ada yang merupakan putri juragan bandeng. Jadi kalo dia lagi dijenguk keluarganya, sering deh ngebawain olahan bandeng buat temen-temen mulai dari bandeng crispy, otak-otak bandeng, sampe bandeng bakar. YOIKI wes yang jadi bahan rebutan favorit nomer satu. Wenaaak.

Sejak lulus SMA udah gak pernah nyantap ikan bakar (secara gratis) lagi. Sampai suatu hari aku sama Muffin lagi random cari tempat makan siang. Kebetulan posisi kita waktu itu ada di daerah Ketintang dan sedang panas-panasnya pula. Aku—yang selalu bingung menentukan pilihan—sedikit terpancing saat melihat baliho nama resto Lembah Rolak. Apalagi Muffin bilang di situ menu andalannya ikan bakar. Bbeuh, siang-siang gini emang enak kali ya makan ikan bakar. Yaudalah aku minta ngetem di situ.

Pas masuk, suasana gerahnya Surabaya masih ikut kebawa. Tempat duduk terdekat dari pintu masuk terdiri atas meja kursi. Namun aku dan Muffin lebih tertarik untuk lesehan, yah biar sambil leyeh-leyeh gitu. Kejutannya, tempat makan Lembah Rolak ini bersisian tepat dengan Sungai Rolak yang memungkinkan angin semilir menerpa mesra. Ahiiiiy.

Oya, Lembah Rolak ini orientasinya resto dan kafe. Jadi selain menyajikan menu masakan berat, mereka juga menyediakan menu camilan. Selanjutnya bisa ditebak apa yang terjadi, eyke bingung pilih menu pemirsa! Akhirnya daripada ribet dan nungguin keputusanku untuk memesan apa *yang berasa nungguin Bang Toyib pulang*, so kita pesen paket hemat aja. Tiap paket macam-macam jenis, porsi, dan harganya. Untuk berdua, cocoknya sih ya paket LR 1 seharga Rp 69.000,- seperti yang kita pilih. Menu yang termasuk dalam LR 1 ini ada gurami bakar, nasi 2 porsi, es teh 2 gelas, sambal lalapan, dan tahu crez/cah kangkung/cah tauge ikan asin. Untuk pilihan terakhir ini kita pilih cah tauge ikan asin.

Karena juga lagi laper mata, pesen deh jamur crispy sekalian.

Sembari nungguin pesanan datang, kita bisa menikmati pemandangan sungai Rolak… yang gak ada apa-apanya. Yaiyalah emangnya kamu mau ngarepin apa dari sungai di kota besar? Duit yang bisa dipancingin? xD Toh setidaknya sungai Rolak ini bersih tanpa gangguan bau amis. Angin sepoi-sepoi bisa menentramkan jiwa yang kepanasan akibat terik matahari di ibukota. *jjiah


Ternyata menanti ikan bakar siap saji itu tidak secepat ikan goreng siap santap. Untung deh jamur crispy udah diantarkan duluan barengan ama es teh. Tapi begitu pesanan lengkap, es tehnya hampir tinggal separoh deh jadinya huhuhu. Coba kalo disajikan dalam pitcher juga. Yaudalah markimak—mari kita makan!

Gurami Bakar

Cah Tauge Ikan Asin

Jamur crispy

Summary
Rasa & kualitas: hmm.. biasa aja ding. Standar tempat makan gitu. Enak ya enak, tapi ya gak enak-enak banget. Guraminya kurang gede. #heaaaak xD Sambelnya lumayan. Cah tauge juga sip. Es teh biasa aja. Jamur crispy-nya zzzz… gak ada istimewanya. Ternyata Lembah Rolak sajian makanan beratnya lebih bermutu dibanding menu camilannya. So kalo pesen menu ringan, jangan berharap lebih ya. Ntar kamu kena PHP. :p

Harga: standar rumah makan juga. Gak underprice ataupun over. Enaknya harga sudah termasuk pajak. Jadi gak usah ribut ngitung-ngitung lagi.

Pelayanan: agak kurang baik ya menurutku. Soalnya berasa lamaaaa gitu kita ngetem di situ. Pas buku menu udah di tangan dan mau pesan, waitress kayak pada ilang semua ih kenapa. Trus nungguin menu mateng juga lama *mungkin penyajian ikan bakar butuh lama ya? :3

Tempat: highly recommended untuk yang ingin berlama-lama. Tempat luas dan banyak meja kursi tersedia. Apalagi kalo pilih yang menghadap ke sungai, kerasa asiknya. Cocok nih buat makan bareng keluarga ato temen-temen sambil ngobrol cas-cis-cus sampe gak kerasa udah tiga jam lebih. :P Saranku sih kalo ke sini mending pagi/siang/sore. Soalnya kalo malem banyak nyamuk. *kan deket sungai :3




Fasilitas: toilet, tempat cuci tangan sudah oke. Colokan nggak di semua meja ada. Yang lesehan menghadap kali gak kebagian. Kalo wifi aku lupa ada gak ya. :D Yang plus, tempat parkirnya luas!

Overall: 7/10

Yah lumayanlah Lembah Rolak bisa jadi pelipur hatiku, melepas rinduku untuk menyantap ikan bakar meski harus separohan sama Muffin wekekekek. Kalo siang-siang laper pas lewat daerah Ketintang, cobain mampir sini yah!


Stay hungry,
-Hilda Ikka-

18 comments :

  1. aku juga pernah kesini..enak banget tempatnya apalagi pas malam hari :)

    ReplyDelete
  2. tempatnya nyaman banget mba
    jamur crispynya menggoda :G

    ReplyDelete
  3. Berarti kalo ke sini pesen yang goreng2 aja deh biar gak lama :D

    ReplyDelete
  4. Gurami Bakarnya duh menggoda, bikin cacing di perutku bunyi :D

    ReplyDelete
  5. disekitar situ juga ada tempat cangkruk'an yg cukup ngehitz, Rolagz kalo ngga salah... deket pintu air gunungsari, tempatynya ruamee Puoool hehehehe :)

    ReplyDelete
  6. Di deket rmh jg ada tempat makan model begini mba ada sungainya, gubug bambu, dan mahal. Harus antre klo musim libur

    ReplyDelete
  7. Ka klo senyum kliatan giginy gitu manis mirip bgt adekku
    oyaaa kupikir jamur crispinya itu cumi loh hehe

    ReplyDelete
  8. Jadi penasaran pengen coba kesana juga :D

    ReplyDelete
  9. cocok banget nih buat makan bareng keluarga

    ReplyDelete
  10. sepertinya sangat sedap itu jamur crispynya.
    ugh senyumnya mba hihihi

    ReplyDelete
  11. gurami bakarnya uh ah mantap hehe

    ReplyDelete
  12. Gurameh bakarnya menggoda seleraaaaaa....Laper jadi nih...

    ReplyDelete
  13. tempatnya cocok tuh buat makan bareng keluarga

    ReplyDelete
  14. Kurg suka ikan ikan sih klo aku, hihi... Dan kurg suka nunggu jg utk urusan mkn. Klo traveling cari yg cpt aja. Kecuali acara mkn skalian diset utk mitong atau haha hihi sm kolega atau tmn. Tmp2 ky gini biasanya jd pilihan ;)

    ReplyDelete
  15. pasti semriwing adem tuh tempatnya, boleh dicoba ni :D

    ReplyDelete
  16. Pernah kesini menjelang magrib pas ditraktir jg..alamakjaaaan nyamuknyooooo x_x

    ReplyDelete
  17. Pertama saya kesana, mengecewakan dan apa yaa . . saya sampai ndak bisa berkata apa apa mengingat kejadian itu . pelayanannya buruk sekali . . dan makanan sama minumnya biasa'ae
    Kalo tempat saya mengakui memang enak, adem suasananya . .

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah mau berkunjung dan membaca, terlebih turut meninggalkan komentar. ^o^ Mohon berkomentar secara sopan dan plisss jangan tinggalkan link hidup dan pasti langsung aku hapus. Okey? ;)

Sekali lagi terima kasih pembaca-pembaca setiaku. Tanpa kalian, apalah arti aku dan tulisanku ini. Semoga menginspirasi. :))