Tuesday, November 24, 2015

How to be a Good Youtuber on Youtube Creator’s Day

How to be a Good Youtuber on Youtube Creator’s Day

Pernah gak sih kamu nemuin pertanyaan klise kayak,

“Gimana sih caranya jadi Youtuber?”

Yaelah, itu mah sama aja kayak nanya, “Gimana sih caranya jadi blogger?” yang jawaban simpelnya adalah buatlah sesuatu entah tulisan, gambar, dan lain sebagainya lalu post di blog.

Nah kalo jadi Youtuber ya jelas bikin aja video lalu upload di Youtube.

Udah gitu aja. Ya kan?

Coba kalo pertanyaannya diubah menjadi lebih spesifik seperti,

“Gimana sih caranya jadi Youtuber yang bener?”

Kalo itu sih jawabannya ada di workshop event Youtube Creator’s Day Minggu lalu di The Alana Surabaya Hotel. Acara ini diselenggarakan oleh Partner Manager Youtube Indonesia yang bekerja sama dengan Loop.

Sekarang ini aku lagi excited banget mempelajari segala hal yang berhubungan dengan creativepreneur termasuk Youtube. Niatnya sih pengen melebarkan sayap ke arah sana, itung-itung punya background broadcasting kan, sapa tau bermanfaat. Toh banyak juga investor yang mulai melirik aktivitas Youtube sebagai salah satu media promosi yang sukses. Terlebih effort bikin video ini gede, fee yang diberikan pun besarannya mak mbedunduk gitu. xD

Karena materi yang bisa kita dapat lewat workshop ini worth it banget (dan belum tentu ada lagi yang mau nyelenggarain gratis), gak heran kalo partisipannya membludak. Satu ruangan penuh kursi audience yang berjajar berhimpitan. Saking sesaknya, aku jadi males ngeluarin catetan. Ditambah Mbak Niken sang pemateri ini bawainnya udah kayak pelari marathon. Cepet gak pake jeda.

Lhadalah setelah khusyuk mendengarkan selama lebih dari 45 menit, aku jadi paham untuk menjadi Youtuber polanya tidak jauh berbeda dengan blogger. Maka dari itu aku sengaja membaginya di sini, buat memotivasi Chocoreaders yang pengen jadi professional Youtuber bahwasanya itu nggak susah kok! Yang penting butuh ketelatenan dan kesabaran aja untuk menuai hasilnya.

Oya karena setelah 45 menit itu aku mulai ndelewer, nggak semua materi berhasil aku tangkap. So, aku bikinin rangkuman sendiri ala kadarnya ya. Yang penting isinya tetep bisa dimengerti. :D
Secara garis besar, poin-poin yang harus dimiliki oleh seseorang yang ingin berkarier di Youtube adalah konten, appearance, SEO friendly, dan monetizing.

1. Konten
Content is king, hal ini ternyata nggak cuma berlaku untuk blogpost melainkan juga video Youtube. Sebelum memproduksi, tentukan topik atau gambaran mau dibuat seperti apakah videonya? Contohnya Edhozell yang berfokus pada genre komedi dan Kok Bisa? yang berupa video animasi presentasi. Boleh juga dari hal yang kamu suka, dandan misalnya. Mungkin kamu bisa bikin video “Tutorial Menggunakan Lip Tatto” atau semacamnya.

2. Appearance
Kalo blogger mumet utak-atik template, kode html, widget… Youtuber juga loh. Tampilan channel harus diatur sedemikian rupa untuk menampakkan kesan serius/professional. Apa saja yang perlu dibenahi?

a. Pasang header yang eye catchy. Minimal editan photoshop ato apalah, pokoknya jangan standar. Header yang menarik akan memberikan kesan yang baik bagi viewers. Oya, header Youtube ini nggak hanya sekadar header. Kamu bisa mencantumkan hal yang penting diingat viewers, misalnya “Video baru tayang tiap Sabtu”.

Tampilan channel sang beauty guru

b. Cantumkan link blog (kalo ada) dan berbagai sosial media yang kamu punya. Hal ini berguna untuk menjalin engagement dengan viewers.

c. Buat playlist untuk mengelompokkan video berdasarkan kategori. Contohnya untuk video make up tutorial kamu jadiin satu dalam sebuah playlist.


d. Upload custom thumbnail. Tau kan thumbnail video? *susah jelasinnya juga wkwkwkw* Nah ketimbang Youtube milihin secara random buat kamu, mending bikin sendiri. Selain unik, bisa jadi ciri khas juga loh. Penampilan channelmu makin rapi kalo menggunakan gambar thumbnail yang senada.


e. Manfaatkan fitur Youtube lainnya. Seperti annotation yang berupa pop up tulisan atau link, pasang logo channel, sampai merekomendasikan videomu selanjutnya.

3. SEO Friendly
Siapa bilang kerjaan caper ke Mbah Google lewat SEO cuma buat blogger? Youtuber juga keleeus, biar mudah ditemukan dalam pencarian Google. Caranya? Jurusnya nggak serumit blog sih kata Mbak Niken, tinggal edit metadata/deskripsi video. Jadi ya isinya jangan cuma “Tonton videonya ya…”

Zonk.

Ya sekalian laaah deskripsikan mengenai apa videomu, siapa saja orang-orang yang terlibat selama proses pembuatan, dan lain sebagainya. Pokoknya tulis aja hal-hal yang bikin Mbah Google notice videomu dengan keyword yang related.

Oya jangan lupa tambahkan tags yang berhubungan dengan topik video ya! Lalu untuk progressnya bisa kamu cek di Youtube analytic. ;)

Edit tags dan metadata
Youtube analytic

4. Monetize
Kalo bahasannya merembet ke masalah duit, pasti Chocoreaders tambah semangat kan ya. :p Sama seperti blog, Youtube juga punya adsense. Itu loh, iklan yang biasanya muncul saat kita hendak nonton. Nah jenisnya ini beda-beda. Kalau iklan yang bisa di-skip itu fee-nya sedikit dan sistemnya berupa CPC (per click) ataupun CPA (per action). Makanya kalo nonton Youtube yang ada iklannya, klik aja iklannya. Itung-itung sedekah buat Youtubernya. :D


Ada juga iklan yang nggak bisa di-skip, itu bayarannya per 1.000 views. Bayarannya kalo yang ini sih lumayan. Bayu Skak aja per video bisa 500 ribu views lebih. Hayoloh udah keliatan kan betapa ijonya dompet si Bayu. xD

Namun untuk memonetize video di Youtube syaratnya harus bener-bener original. Mulai dari konten, musik latar hingga sound effect. Pokoknya ati-ati deh, jangan sampe melanggar copyright. Tapi kamu nggak perlu kuatir bingung cari stok di mana, Youtube menyediakan juga loh. Bahkan ada daftar lagu-lagu papan atas yang boleh digunakan dengan batasan tertentu. ;)



Jangan lupa klik 'enable' untuk memonetize video ya! Nanti kamu bisa memilih video mana saja yang ingin kamu monetize. ;)


Oke deh, kira-kira segitu yang bisa aku sampein. Pokoknya kalo kamu pengen jadi youtuber, just do it! Jangan kelamaan nunggu punya kamera bagus dulu, toh itu bisa dicicil nanti. Pake kamera lain yang sekiranya bisa menghasilkan gambar bagus udah lumayan kok. Intinya learning by doing. Bahkan aku jadi fans Bayu Skak sejak jaman dia masih pake kamera hape yang hasilnya kayak 3gp! Suer deh, itu video gila-gilaan dia bareng temen SMK. Sekarang kualitas videonya udah jauh membaik bahkan punya tim sendiri. Tapi itu bertahun-tahun kemudian, kan? It takes time Baby, longer or sooner it depends on you. ;)

Jadi, kira-kira siapa yang mau jadi youtuber?

Aku ya mau sih, tapi emboh lah xD
-Hilda Ikka-

Eh, ketemu Mbak Riska Ngilan nih! :D

17 comments :

  1. trimakasih untuk penjelasannya...sementara kayaknya belum ingin "berkarir" di youtube... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Idem. Tapi kayaknya bukan ke arah monetize Youtube sih, tapi bikin konten audio visual untuk memperindah blog :D

      Delete
  2. Aku mau jadi youtuber, kira-kira bikin video apa tapi ya hahhaa...
    Cuma mau-mau doang ini mah actionnya NOL banget aku wkwkwk...
    Thankyou cantik informasinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha gapapa Mbak, namanya juga masih dipikir-pikir dulu ye

      Delete
  3. kenapa youtube masih kerasa berat adalah karena perlu kualitas video yang Ok mbak. kalau aku ngerekam pake hape..kurang puas..udah mana kan perlu belajar edit video juga. kalaupun udah ready, uploadnya kudu cari wifi yang kenceng hahaha.
    udah punya sih channel yutub, tapi masih sekedar buat dokumentasi aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Logis. Emang syarat terpenting lainnya adalah bakat dan kemampuan yang kuat eheheh

      Delete
    2. mungkin yang paling kuat itu kemauan koq mbak
      soal kualitas belakangan aja dulu mbak
      kemauan itu yang mesti kuat

      Delete
  4. Menarik, jd pingin nyoba hehehehe

    ReplyDelete
  5. Menarik, jd pingin nyoba hehehehe

    ReplyDelete
  6. Sedih nih kemaren ga dapet infonya. Pas ada lagi pas hari kuliah hiks. Makasih infonya ya, bermanfaat banget nih reviewnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah, semoga bisa nyampe ke kamu ya materinya meski gak ikutan.. :))

      Delete
  7. Saya sempet pengen jadi youtuber, tapi ternyata susah. Jadinya, blogger aja... hehehe. Semangaaat.

    ReplyDelete
  8. terima kasih idenya sebelumnya salam kenal ya saya blogger dari medan
    dan tulisa mengenai fitur aapa aja yang ada di blog membuat saya terbuka. saya kira youtube itu upload tampilkan selesai. ternyata tidak seperti itu juga

    ada fitru analissinya juga keren dah

    salam hanya dari FajarSiagian dot com

    dari medan

    ReplyDelete
  9. Aku udah dari kapan tau, tapi engga di izinin suami, huhuhu tapi msh usaha bujuk rayu sikit sikit biar suami ngizinin :D

    ReplyDelete
  10. Aku juga datang loh ke Youtube Creator's Day di Makassar. Saking banyak ilmunya, saya bagi jadi 3 postingan. Sayang banget kalo gak manfaatin YouTube.

    ReplyDelete
  11. Ikaaa... tfs. Aku juga berencana maenan yutub nih. Nah. Tulisan ini pas bangeeeeeet.

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah mau berkunjung dan membaca, terlebih turut meninggalkan komentar. ^o^ Mohon berkomentar secara sopan dan plisss jangan tinggalkan link hidup dan pasti langsung aku hapus. Okey? ;)

Sekali lagi terima kasih pembaca-pembaca setiaku. Tanpa kalian, apalah arti aku dan tulisanku ini. Semoga menginspirasi. :))