Sunday, November 29, 2015

Tutorial: Follow Blog Berplatform Non-Blogspot

Tutorial: Follow Blog Berplatform Non-Blogspot

Hola Chocoreaders semua! Kali ini aku mau sharing tutorial mini aja yah. Kenapa? Ya soalnya emang isi step by stepnya pendek aja. Hehe.

Pernah nggak sih kamu (pengguna blogspot) bertanya-tanya gimana ya caranya follow blog yang platformnya non-blogspot? Secara mereka nggak punya GFC (Google Friend Connect) kan. Aku juga penasaran gitu sih, apalagi beberapa seleblog/yang isi blognya cethar itu demennya pake wordpress. Biasanya mereka menyarankan pembaca untuk follow dengan cara subscribe via email. Kalo aku sih ogah, enakan kalo update-nya langsung muncul via dashbor. Plus gak menuh-menuhin inbox yang seringkali kuharapkan datangnya dari job agency. #heaa #kamuketahuan xD

Nah terus gimana dong? Padahal eyke nggak mau ketinggalan update post terbaru dari blogger favorit nih. Beruntung aku nggak terjebak lama dalam kegundahan ini. Salah seorang temen blogger nyeletuk, “Loh, di dasbor kan ada tools buat nambah URL blog lain. Jadi update-annya bisa masuk.

LHOIYATA? Buru-buru deh aku buka dasbor untuk membuktikan ucapan temen itu. dan ternyata… BENERAN BISA. Helloooow, kemane aje gueeee. Rasanya pengen toyor jidat sendiri. xD

Yah mungkin sebagian Chocoreaders ada yang sudah tahu. Tapi tujuanku menulis ini ya memang untuk blogger yang memiliki kenaifan sama denganku. xD Syukur-syukur bisa menyelamatkan mereka dari kegundahan berkepanjangan. :D

Okey, jadi begini ya langkah-langkahnya:

1. Buka dasbor blog. Cari tombol bertuliskan ‘Tambahkan’ di bagian kiri dasbor.”


2. Selanjutnya akan muncul kotak dialog Daftar Bacaan – Tambah blog yang akan diikuti. Nah di kolom itu deh kita tulis URL blog favorit kita. Mau nambah banyak sekalian juga bisa. tinggal klik ‘+ Tambahkan’ aja. Sebagai contoh di sini aku follow blognya Mbak Leija dan Mak Istiana Sutanti.


3. Kalau sudah, refresh dasbor maka blog yang kita follow akhirnya muncul juga di dasbor. Yeey! Tuh keliatan kan. ^^


Jadi yaudah tutorialnya segini aja. Sepele? Emang iya buat yang udah ngerti. Tapi buat yang pernah terperangkap dalam kegundahan kayak eyke, bakal terbantu beets! Hihihi.

Stay curious!
-Hilda Ikka-

Header pic using LINE sticker from Sarunthorn Twettipong

6 comments :

  1. nahh..iyak...aku bahkan buat semua blog apapun platfornmya pake cara ini. kalau misal doi berplatform blogspot, otomatis akan masuk ke followers list si blogger yang kita follow

    ReplyDelete
  2. aku kapn har nyoba g bisa2.....coba lagi ah,makasih ya mbak^^

    ReplyDelete
  3. hehe..saya juga udah mempraktikkan tips di atas.. salam :)

    ReplyDelete
  4. aku baru tau lo mbak.hahaah..kudet ya. makasih infonya :)

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah mau berkunjung dan membaca, terlebih turut meninggalkan komentar. ^o^ Mohon berkomentar secara sopan dan plisss jangan tinggalkan link hidup dan pasti langsung aku hapus. Okey? ;)

Sekali lagi terima kasih pembaca-pembaca setiaku. Tanpa kalian, apalah arti aku dan tulisanku ini. Semoga menginspirasi. :))