Friday, February 5, 2016

Ayo Masak: Siomay Tofu

Ayo Masak: Siomay Tofu

Akhirnya Gresik mulai sering diguyur hujan. Otomatis hawanya ikut dingin dan bikin baper *eh, laper. :p Oh well, demi menghindari godaan nafsu birahi untuk menyantap semangkok mie instan kuah atopun nyetop abang bakso yang micinnya seabrek (baksonya ya, bukan abangnya), aku pun nyoba bikin kudapan sendiri. Yang jenisnya jelas enak dinikmati selagi hangat. Dan untuk percobaan pertama, aku praktek masak siomay!

Siomay tofu alias siomay isi tahu lebih tepatnya.

Kenapa? Soalnya gak pake ribet giling ayam/udang segala macem. :D Tinggal nyet-nyetin tahu dan campur semua adonan. Biar gak hambar, dagingnya pake kornet. #solusipraktis Eniwei seperti biasa, aku dapet resepnya dari Cookpad. Sumpah aplikasi ini bikin aku keranjingan masak. xD Lain kali bakal aku bahas deh yaa, biar Chocoreaders semua pada keracunan virus memasak. :v

Jadi buat yang udah nggak sabar, cuss pantengin resepnya!

Bahan:
½ bungkus silken tofu
½ papan tahu putih
½ kaleng kornet sapi
1 butir telur
2 sdm tepung terigu
1 sdm tepung maizena
2 siung bawang putih
½ sdt lada bubuk
½ sdt KALDU bubuk
3 batang daun bawang, rajang
½ buah wortel, parut kasar
Garam secukupnya
Keju quickmelt secukupnya, potong dadu
Min. 25 lembar kulit pangsit

Cara memasak:
1. Hancurkan tahu sampai lembut, lalu campurkan dengan semua bahan kecuali keju dan kulit pangsit. Sisihkan.

2. Ambil selembar kulit pangsit, isi dengan adonan secukupnya dan selipkan keju di tengah. Selanjutnya lipat/bentuk kulit pangsit. Ulangi sampai adonan habis.

3. Kukus siomay dengan api kecil selama 20 menit atau hingga kulit pangsit basah layu. Sajikan dengan saos sambal dan mayones. Santap selagi hangat.


CATATAN:
1. Aku nggak pake silken tofu, soalnya di Giant Gresik nemunya cuma Inofu alias semacam tahu telor. -____- Jadi nggak bisa nyampur-pur ama tahu biasa. Lagian menurut pendapat sotoyku, mau pake tahu apa aja bisaaaa. Selama tekstur tahunya masih lembut. *lah emangnya ada tahu mrongkol? :v


2. Buat yang nggak suka makan bawang putih mentah-mentah, aku saranin bawang putihnya dihalusin aja lah. Soalnya aku nyesel banget ngiris tipis-tipis, pas makan siomay jadi keganggu banget. T____T

3. Siomay yang bentuknya kayak gini buatku harus terjaga kehangatannya *cailah. Soalnya kalo udah dingin kulitnya kering dan alot. Kurang enak gitu lah. Kalo udah dingin dan males manasin lagi, bisa banget langsung digoreng! Alhasil krispi dan kriuk-kriuk. :9

Siomay goreng

Trus, hasil jadi siomay tofu buatanku gimana? Hmm.. not bad. Enak sih, tapi masih belom bisa bikin nagih. :v Kayaknya harus bereksperimen lagi deh. Soalnya tekstur adonan tahuku kurang nge-blend dan bentuk siomayku amburadul. -____-

Amburadul, kok bisa?

Gara-gara aku ngukus siomaynya umpel-umpelan. Maksudku biar sekali ngukus lah, gak bolak balik. Ealah lha kok aku ngukusnya kebablasan dan siomaynya pada kelet semua. ._. Kasih tips dong, barangkali ada taktiknya biar nggak kelet meski siomaynya umpel-umpelan. :3

Btw I love quickmelt cheese! Pas maem siomay dan ketauan lumernya, berasa keren aja. LOL.

Yuk buruan berburu bahan, keburu hujan! :D

Mending laper daripada baper,
-Hilda Ikka-

14 comments :

  1. silken tofu itu yang gimana mbak??tahu cina bukan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walah, aku gak tau tahu cina malah. XD Yah kalo di supermarket gede macam Giant/Superindo biasanya ada gitu.. Tahunya putih mulusss gitu warnanya.

      Delete
    2. tahu cina bukannya tahu yg dijual dipasar2 ya?? silken tofu kalo ngga salah yg bentuknya kaya gudir, biasanya warna putih tulang. di supermarket harusnya banyak. biasanya dibungkus silinder plastik gitu

      Delete
  2. Bentuknya cantik kok Ka. Pasti enak deh :D

    ReplyDelete
  3. pertanyaan saya, terus tepung terigu sama maizenanya buat apa ya kakak? heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentu aja buat perekat/penyatu sis, kalo nggak ada tepungnya adonan bakal ambyar byar :3

      Delete
  4. Cuma mau komentar, aku ngeces seember bacanya, Ka 😂😂

    ReplyDelete
  5. biar siomay ngga lengket ya cara yg paling gampang emang harus dikasih jarak :D

    ReplyDelete
  6. Klo jenis somay kek ini mmg lbh enak digoreng..kecuali kulit lumpianya yg lbh tipis kyk dimsum2 gt dikukus aja msh lembut meski sdh dingin

    ReplyDelete
  7. Bisa nih dicoba pas weekend bersama keluarga :). Makasih resep praktisnya, mba :)

    ReplyDelete
  8. Duh jadi ingat pas jualan pentol celup kemarin. Gak lepas dari siomay dan goreng :(

    ReplyDelete
  9. jadi pengen siomay :D terimakasih resepnya

    ReplyDelete
  10. jd laper mbak. aku klo bikin siomay andalannya juga pake tahu

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah mau berkunjung dan membaca, terlebih turut meninggalkan komentar. ^o^ Mohon berkomentar secara sopan dan plisss jangan tinggalkan link hidup dan pasti langsung aku hapus. Okey? ;)

Sekali lagi terima kasih pembaca-pembaca setiaku. Tanpa kalian, apalah arti aku dan tulisanku ini. Semoga menginspirasi. :))