Friday, March 11, 2016

Ayo Masak: Homemade Chicken Nugget

Ayo Masak: Homemade Chicken Nugget

Yey, it’s Fri-YAY! Hari Jumat kali ini alhamdulillah untukku lumayan santai. Karena kebetulan rumahku nggak terlalu hingar-bingar ataupun kedatangan orang resek. :3 Oyeah, I just wanna live my life now~

Maka dari itu aku mau posting yang ringan aja lah. Dan baru keinget kalo aku belom sempet bagiin resep andalanku satu ini. Yup, Homemade Chicken Nugget alias nugget ayam rumahan yang gampang banget bikinnya. Serius.

Aku sampe udah bikin dua kali. Dan insya Allah resep ini anti gagal. *banyak-banyakin berdoa sebelum masak* LOL

Aku dapet resep ini dari Mbak Dhiah Oddie di Cookpad. Kali pertama baca step-stepnya, subhanallah… keknya gampang sekali ya. Prakteknya pun beneran gampang woy. Dan kalo diitung-itung, modal buat bikin nugget sendiri dengan beli jadi tuh nggak jauh beda. Weleeeeh, kalo gitu mah jelas enak bikin sendiri lah ya. Lebih sehat dan bebas pengawet, plus ayamnya lebih kerasa lho! Bahkan Homemade Chicken Nugget bikinanku ini jadi favoritnya bapak mertua! Kikikikikk jadi maluuuu. :”

Bahan:
500 gr daging ayam, giling kasar
3 sdm tepung tapioka/kanji
2 sdm tepung beras
4 sdm tepung panir/breadcumbs
½ buah bawang bombai, haluskan
3 siung bawang putih, haluskan
2 butir telur
1 sdt merica bubuk

Bahan pelapis:
Putih telur/tepung maizena diberi sedikit air
Tepung panir/breadcumbs

Cara memasak:
1. Campur seluruh bahan dalam satu wadah, uleni sampai rata.

2. Siapkan loyang/wadah kukusan yang diolesi minyak dan lapisi dengan plastik. Masukkan adonan ke loyang dan kukus selama 30 menit menggunakan api sedang/agak kecil.

3. Setelah agak dingin, angkat. Potong-potong adonan nugget sesuai selera.

4. Celupkan nugget pada kocokan putih telur/adonan tepung maizena lalu gulingkan pada tepung panir/breadcrumbs hingga lapisan nugget tertutup rata.

5. Simpan dalam freezer. Minimal 30 menit sebelum digoreng.

6. Goreng secara deep-fried. Angkat, sajikan dengan saus kesukaan. Yummy!


CATATAN:
1. Aku giling ayamnya pake blender kering. Dan capek banget soalnya kan harus dikit-dikit. :v Masak nugget ini emang gampang. tapi kudu ekstra sabar karena butuh waktu lumayan lama~

2. Bisa banget dicampurin parutan wortel. Tapi ya memengaruhi rasa ayamnya, jadi nggak terlalu kuat. But it’s okay, tetep enak!

3. Kalo mau bikin nugget dengan jumlah yang lebih banyak, takaran tepungnya boleh ditambah sesendok atau 2 sendok. Palingan ya cuma memengaruhi aroma ayamnya jadi nggak begitu terasa.

4. Untuk bahan pelapis nugget aku lebih pilih tepung maizena karena ya.. lebih ngirit dibanding harus ambil putih telur dari sekian telur. :v Kalo mau beli putih telur doang ya bisa banget cari ke tukang pembuat roti/jamu. *tapi akunya males LOL

5. Di percobaan pertama aku lupa nggak belanja bawang bombai. :v Setelah bongkar lemari es, syukurlah nemu daun bawang/bawang pre. Eh ternyata cocok juga buat pengganti si bawang bombai. :D

6. Kalo nggak punya loyang, boleh pake plastik aja kayak bikin lontong. Tapi kalo mau lebih sehat ya pake daun pisang ajah. :3

7. Bagian tengah nugget mau dikasih keju? Boleh bangeeeet. Tusuk aja bagian tengah nugget yang belum dilapisi, trus isi ama potongan keju quickmelt. Tapi aku belum coba sih. xD

Aku sendiri habis selesai bikin langsung tepar. :v Jadi baru digoreng keesokan harinya. And yeah, zuper duper yummy! Soalnya daging ayamnya kerasa, nggak sekadar gurih. Trus lebih padat gitu kalo dibandingin ama yang dijual di pasaran hehe.

Oya, chicken nugget ini bisa bertahan berapa lama di freezer?

Kalo berdasarkan pengalaman pribadi sih, bisa sampe 3 mingguan loh. Lumayan kan? Soalnya tiap minggu pasti adaaa aja momen para buibu yang nggak sempat bikin sarapan pagi. :D

Yok bikin!

Nom nom,
-Hilda Ikka-

16 comments :

  1. Kalau saya seringnya daging ayamnya diganti jadi tahu or tempe. Hehehe, ngirit mak soalnya, maklum yes :D

    ReplyDelete
  2. Pernah bikin nugget kyk gini, tapi cuma dua kali dan belum sukses. Nggak tau knp tiap bikin kok lembek gak sekeras nugget yg beli2 ya, mungkin ada takaran yg gak pas di resepku hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hah kok gitu :O

      Kalo punyaku ini malah lebih keras/padat dari yang ada di pasaran xD

      Delete
  3. Nuggetnya mengundang rasa penasaranku untuk mencobanya.

    ReplyDelete
  4. Pernah bikin inii, tapi lebih seneng bikin katsu aj hehe. Kalo DIY enak yaa, bisa sesuai selera, sehat dan ketauan bersihnya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga lebih suka katsu, tapi kalo beli kiloan di pasar susah atuh bikin fillet yang cantik. :'(

      Delete
  5. Hahah, mantep banget nuggetnya. Jadi mupeng kan ya masak-masaknya. Duh.. :D

    ReplyDelete
  6. NUGGET! Resep yang harus dicoba ini soalnya semua orang doyan nugget.

    Baru tau kalo tepung maizena bisa gantiin posisi putih telur. bisa dicoba buat ngirit :')

    ReplyDelete
  7. mbak ika, enak bngt tuh kegnya nugget, boleh nyicip ndak, hehe.

    ReplyDelete
  8. Karena aku lagi gampang jerawatan jadi ayamnya musti kupilih ayam tanpa suntikan. Trus jadinya mahal. Trus gajadi bikin ajah..hahah

    ReplyDelete
  9. yang kurang enak kalau sudah dingin ini, jadi gimanaa gitu :)

    ReplyDelete
  10. nuget yg beli aja enak yaa, apalagi yg bikin sendiri, pasti lebih khidmat makan nya..

    ReplyDelete
  11. maknyus banget ini kalao kata pak bondan

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah mau berkunjung dan membaca, terlebih turut meninggalkan komentar. ^o^ Mohon berkomentar secara sopan dan plisss jangan tinggalkan link hidup dan pasti langsung aku hapus. Okey? ;)

Sekali lagi terima kasih pembaca-pembaca setiaku. Tanpa kalian, apalah arti aku dan tulisanku ini. Semoga menginspirasi. :))