Wednesday, March 30, 2016

Review Aplikasi: Cookpad, Sukses Bikin Ketagihan Masak!

Review Aplikasi: Cookpad, Sukses Bikin Ketagihan Masak

Holaholahola~

Finally… setelah nge-post sekian hasil eksperimen untuk label Ayo Masak, sekarang bisa ngenalin biang keroknya ke kalian. Eh, apa maksudnya?

Iya, akhir-akhir ini aku makin bersemangat acak-acak dapur, ngabisin gas elpiji, dan belanja ke tukang sayur/minimarket. Apalagi kalo bukan untuk masak! Dan makin kecanduan sejak install aplikasi Cookpad! Uwoooo~

Awal aku kenal ama Cookpad tuh gara-gara googling resep—entah apa aku lupa. Trus nemunya di web Cookpad. Nah dari situ aku ngerasa kalo Cookpad itu tempat kumpulnya para pengacak dapur amateur. Dan yang menyenangkan, they shared any recipes in simplest way! Mulai dari bahasa yang sederhana hingga menampilkan beberapa gambar step by step.

Bacanya dari kiri ke kanan ya. ^^
Kalo di aplikasi sih bacanya jelas dari atas ke bawah. :D

Di web tercantum bahwa Cookpad tersedia dalam bentuk aplikasi yang bisa diunduh di App Store/Google Play. Okey, I’m interested! So anytime anywhere kalo aku butuh resep tinggal buka aplikasi. :D

Untuk menggunakan aplikasi ini, kita diharuskan sign up terlebih dahulu. Boleh pake Facebook, bisa juga email. Aku sih pilih email, karena apa-apa yang aku punya terintegrasi jadi satu di situ.

Kalo kamu masih newbie di Cookpad, isi timeline-mu masih kosong. Tapi Cookpad selalu ngasih rekomendasi resep tiap harinya. Lagipula kamu pun bisa langsung cari resep yang kamu butuhkan di kolom search.



Biar sering dapet update-an, kita musti follow akun yang aktif main Cookpad. Tenang aja, di beranda Cookpad ada suggestion beberapa akun yang bisa kamu follow. Kalo mau rekomendasiku, aku saranin buat follow Saltytongue, Akari Papa, Susi Agung, Andini Putri Pribadini, dan Nibras Alfian. Yang terakhir itu kakak kelasku jaman sekolah asrama. :D Sekarang dese tinggal di Jepang ama keluarga kecilnya. ^^

Di timeline kita nggak cuma nongkrongin resep baru dari akun yang kita follow. Lebih dari itu, tiap kali mereka recook bahkan cookmark pun ikut mucul di linimasa.

RECOOK: memasak ulang alias mempraktekkan resep yang dipublikasikan orang lain. Caranya tinggal cari button recook di bagian bawah resep yang kita maksud, lalu setor foto hasil eksperimen sambil kasih ucapan terima kasih + basa basi gitu. :D


COOKMARK: ini semacam button bookmark gitu lah ya. Jadi kita bisa menyimpan resep-resep khusus yang kita sukai dalam satu tab. Untuk meng-cookmark resep, tinggal pencet button berbentuk pita. Seperti yang aku lingkari pada gambar di bawah ini.


Oyah, di bagian kiri atas beranda Cookpad terlihat 2 tombol navigasi. Yang pertama bentuknya chat balloon, yang merupakan tombol notifikasi. Yang kedua berupa tiga garis bertumpuk, merupakan tombol navigasi profile dan aktivitas kita (kumpulan resep, cookmark, dan recook).



Buat nulis resep di Cookpad pun simpel banget. Kita tinggal ngisi-ngisi kolom tanpa perlu menyesuaikan ini itu. Seperti ini penampakannya.




Bahkan setiap resep yang kita publish ada statistiknya lho. Button statistik ini bisa kamu temukan pada tombol navigasi. Hmm.. rasa-rasanya udah kayak ngeblog tapi khusus resep masakan aja ya, pake statistik. XD


Well, cooking seems to be fun by using Cookpad, right? Gak heran dong kalo aku keranjingan bereksperimen di dapur. :p Bahkan temenku yang newlywed gak ketinggalan download juga hihihi.

Met masak-masak,
-Hilda Ikka-

21 comments :

  1. widiiih anak gaul cookpad hehehehe :D

    ReplyDelete
  2. mau coba download ah.. taunya cm di web aja gatau ada aplikasinya hehe

    ReplyDelete
  3. Aku gak bisa masak jadi bisa masak ga ya abis download ini? Hihihi

    ReplyDelete
  4. Aku sering nyontek resep dari cookpad lho...heheh. belum daftar terjun langsung didalamnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walah, terjun langsung piye iku Mbak? XD

      Delete
  5. sudah 4 ini termasuk diriku, aku amat2i orang2 ini menjelang menikah dan awal menikah makin rajin di dapur utek2.

    Nah bedanya kalo aku ini setaun doang rajin, abis itu hmmmm wkwkwkwkwkkwk masak pas off day doang, itupun kalo gk keluar2 hahaha *crucol*

    Gk tau lagi ya kalo ada aplikasi ini, smoga tetep konsisten *winkwink*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ya ituuuu, takutnya setelah menikah akhirnya udah bosen masak XD

      Delete
  6. Aaakk ini aplikasi kesukaan aku. Buku saku tiap mau masak yang belum pernah pasti buka ini dulu. Pokoknya komplit deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbam, udah gak perlu repot-repot googling :D

      Delete
  7. Kayaknya cookpad perlu dicentang dalam list app yang layak coba....deh
    Takut bawa gadget ke dapur..nanti nyemplung di sop wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha biar aman ya pake holder Mbak. Kalo ogah beli, bikin sendiri aja gapapa hihi

      Delete
  8. Wah bener banget ini aplikasi helpful banget plus bikin laper. Aku juga punya akun cookpad mbak ntar follow-followan ya hehe ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh banget Mbakk. Ntar komen di resepku yak ^^

      Delete
  9. Andalan banget neh mak buat cari resep, lengkap dg foto juga jd jelas stepnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah, semoga bisa meracuni para pembaca XD

      Delete
  10. kalo lagi buntu dan pengen bikin masakan yang gak biasa, aku langsung search di Cookpad.. aplikasi jempolan deh!

    ReplyDelete
  11. kalo aku ampir setahun mba mainan cookpad tapi koleksi resep masih dikit hihi.. tiap kali nyari resep baru yang mau di eksekusi selain youtubean pasti larinya ke cookpad :D

    ReplyDelete
  12. Waah baru tau ada aplikasi ini. Keren mbak. Akupun sedang kerajingan berekperimen di dapur ini. Jadi gak perlu googling lagi ya.. gak ribet.

    ReplyDelete
  13. Jaman sekarang ya, namanya aplikasi paling cepet ngehits. Apalagi yg model begini, manfaat banget buat bu ibu...

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah mau berkunjung dan membaca, terlebih turut meninggalkan komentar. ^o^ Mohon berkomentar secara sopan dan plisss jangan tinggalkan link hidup dan pasti langsung aku hapus. Okey? ;)

Sekali lagi terima kasih pembaca-pembaca setiaku. Tanpa kalian, apalah arti aku dan tulisanku ini. Semoga menginspirasi. :))