Wednesday, April 6, 2016

Belajar dari Kasus #SalahBeli – Laurentius Rando

Belajar dari Kasus #SalahBeli – Laurentius Rando

I knew I knew… Harusnya Rabu adalah waktu untuk publish Prewed Story, right?

Oke oke… maafkan yhaaaaa aku udah panic at the disco ini, kurang sebulan lagi. XD Udah mulai sibuk ini-itu dan pake sok nyempet-nyempetin ngelomba pula. Jadi aku mau pamitan kalo Prewed Story libur dulu dan disambung kembali usai wedding. Dan ketika aku resmi menyandang status sebagai istri, jangan lupa teriakin kangen ama aku Prewed Story ya, biar lekas aku terusin lagi. *fakir loyal reader* :v :v

Nah, kali ini aku tuh lagi pengen ngebahas kasus jagat online yang udah memanas kira-kira hampir seminggu lalu. *woy basi banget tau nggak? XD Yah namanya juga baru sempet nulis sekarang. Lagian sebelum ngedraft postingan ini pun aku kudu kepoin banyak source biar nggak salah omong. Emang nggak semua sih, jadi maklumin yak kalo aku rada-rada gak lengkap jelasinnya.

Jadi gini, ada yang kenal youtuber lokal Indonesia Laurentius Rando? Ato yang juga dikenal dengan Gazelle Cross? Aku sendiri gatau sih mana namanya yang asli LOL. Dese ini lagi hot dibicarain banyak orang gara-gara disinyalir ngejual barang pemberian fans-nya ke forum jual beli (FJB) Kaskus! Lhaiya kalo barang pemberian itu cuma sebatas kolor ato gulungan kabel. Lha ini keyboard men! Bukan keyboard biasa yang udah couple ama PC itu, tapi keyboard buat gaming gitu lah ya. Pokoknya semacam alat yang harganya JETI-JETIAN.

Gileeeee, itu fans-nya emang seorang tuan muda ato habis dapet uang kaget sih? *mikir*

Parahnya lagi, pas ngejual di FJB Kaskus tuh doi bilangnya salah beli. Lucunya, doi bilang salah beli tapi di sono juga tercantum bahwa kondisinya BNIB alias masih segelan. :3 Biasanya kita ngerasa salah beli setelah nyobain barangnya kan?

Dan yang lebih memalukan, keyboard Razer Black Widow Ultimate ini pernah ia tunjukkin di sesi Mailtime. Semacam program di channel youtube-nya yang merupakan sesi buka kado kiriman dari para fans-nya.

Gua gak kenal lo, lo gak kenal gua.tapi kita sama-sama merintis didunia YouTube Indonesia.gua salute sama semua...
Dikirim oleh Cakra Adi Negara pada 29 Maret 2016


Pengaruhnya, doi sampe batal main film Koala Kumal punya Raditya Dika. :O

Well…

Jujur aku sendiri belum lama tau ama youtuber satu ini. Ya cuma sebatas ngerti kalo doi tuh orang Jakarta Beatbox yang pernah collab bareng Kurt Schneider + Sam Tsui OHMAYGOWD! Gitu doang. Trus lama-lama rada ngeh kalo dia punya channel youtube sendiri gara-gara sering nongol di tab recommended-nya Youtube. Ternyata dia punya pengaruh gede sampe dapet sekian ribu subscribers dalam waktu 3 bulan aja.

Apa aku pernah nonton salah satu videonya dia?

Pernah. Tapi cuma beberapa detik kemudian close tab. Soalnya aku nggak nemuin apa-apa yang ‘sangar’ gitu. Biasa aja sih vlognya, cuma keliling sambil cerita dia ngapain aja. Makanya aku heran kok bisa maha dahsyat gini. Hmm yasudahlah biarkan saja ia menjadi misteri ilahi. XD

Next, aku cuma mau mengambil hikmah dan pelajaran dari kasus ini. Bukan untuk meluruskan atau mengkritik si Rando, karena aku bukan Gazellion atopun hater-nya. Di sini aku pengen kita semua sama-sama belajar dari kasus ini, agar nggak mengalaminya di kemudian hari. Ya? Ya?

Oya, ide nulis postingan ini terinspirasi oleh status FB-nya Mpok Pina, founder komunitas blogger Kancut Keblenger. Boleh disimak dulu.

Salut sama Rando, meski masalah belom selese tapi tetep ngevlog tanpa ada rasa bersalah. Lets see, penonton Youtube...


Lalu hikmah dan pelajaran dari peristiwa ini adalah… JENG JENG JENG JENG!

1. Gara-gara baca twitnya youtuber Nessie Judge, aku jadi ikutan mikir dong. Kalo kita dikasih barang yang gak kita butuh/inginkan dan gak kepake, bakal diapain?



I know, some of us sell it. Tapi untuk kasusnya Rando, menjual barang pemberian fans itu bukan solusi cemerlang. Toh udah dipublikasikan di Mailtime pula hadiahnya. :/

Kalo aku sih ya, disimpen dulu lah, barangkali butuh. Kalo kebetulan ada acara tuker kado/ulang tahun, boleh lah dikasih. Trus bisa banget buat hadiah giveaway (tapi kalo yang ngasih sesama penggiat dunia maya ya jangan dong). Ngejual? Opsi terakhir sih. Kecuali dari awal udah ada yang niat beli pake harga tinggi LOL.

Kalo diinget-inget juga, aku nggak pernah sampe jual barang pemberian orang. *yaiyalah dikasih aja jarang :v :v

Untuk Rando, sebenernya ada pilihan yang lebih baik selain dijual lewat FJB + pake nama akun yang mudah dikenali orang LOL. Doi kan leader komunitas beatbox se-Indonesia, coba kalo dijadiin hadiah buat giveaway ato challenge sesama anggota. Keknya lebih bagus.

2. Hidup ini tak lekang dari yang namanya ‘saling sikut’.

Seriously, aku kaget pas nemu banyak twit-twit sindiran dari beragam seleb dunia maya. Bahkan beberapa di antaranya pernah collab juga ama Rando. :/


Aku pun nemu komen di statusnya Mpok Pina isinya begini:
“Seperti kata Poconggg (kurang lebih kayak gini) Mereka pada pelukan di acara gathering. Tapi pulang dari sana pada ngegosip bareng kubu masing-masing.”

Dih, serem ya.

Etapi nggak juga sih. Soalnya aku udah sering nemu fenomena kayak gitu, gak cuma di ranah youtuber. Blogger pun iya. So, keknya udah jadi semacam rahasia umum gitu lah.

Trus, budaya kayak gini emangnya bagus untuk dilestarikan?
It’s definitely NO for me.

Yang namanya temen ato sesama penggiat, ketika salah satu kawannya terjatuh harusnya ya nyoba bantu mengangkat. Bukannya malah dijatohin. Di kasusnya Rando ini aku kok ngerasa sedih ya liat mereka saling sindir. Coba kalo saling support, diingetin baek-baek secara pribadi, dan gak usah ikutan koar-koar panas di medsos. Pas aku lihat sih ada beberapa kok yang diem. Syukurlah.

Lagipula kalo dipikir-pikir, namanya juga manusia biasa yang nggak luput dari kesalahan. Nggak perlu lebay juga sih nanggepin kesalahan orang lain karena ya… kita manusia juga kan? Kita bisa ngelakuin kesalahan juga kan? Sekali? Dua kali? Many times!

Saat ini hidup kita baik-baik aja? Bersyukurlah karena Tuhan masih menutup aib dan kesalahan kita. Giliran ntar kita yang kena, mungkin baru tau rasa.

3. Because life must go on.

Salut deh ama si Rando, selang beberapa hari setelah insiden #SalahBeli jadi trending topic, doi tetep update vlog di channelnya. Biasa aja kek nggak ada ribut apa-apa. Doi kagak mau berlarut-larut dalam masalahnya.

Cuma kalo dipikir kembali keknya udah nggak cocok kalo si Rando ini ngupload video dengan format seperti biasanya. Soalnya fans + viewers udah terlanjur sakit hati kali ngeliat gaya doi yang begituan. Brandingnya udah ancur. Parah.

Memang ya, ketika kita terjatuh pada suatu titik, kita musti memulai kembali dari nol. Untuk awal yang baru dan pribadi yang lebih baik lagi. :)

Yep, kira-kira segitu aja. Namun semoga pesan moralnya bisa ngerembes di hati orang yang baca. *duile bahasanya*

Terkait dengan poin yang kedua, aku ngerasa pernah ambil bagian yang sama. Alias sikut-sikutan. Di blogosphere. :( Oleh sebab itu aku mau minta maaf yang sebesar-besarnya ya pada kalian yang barangkali ngerasa udah aku sakitin lewat kata-kata yang kulontarkan. Entah itu di postingan blog, status FB, Twitter, bla bla bla… Maafkan segala kekhilafanku yah. :’) Sekarang aku ngerti gimana rasanya jadi orang yang ‘kena sikut’. So, aku janji bakal berusaha buat gak ngulangi lagi. :’)

Udahlah, apa sih enaknya hidup saling sikut? Terlalu sempit kah? Well, kalo gitu mending cari tempat lain untuk bergerak lebih leluasa. ;)

Yuk ah, jangan jadi orang yang suka nyikut! :D
-Hilda Ikka-

52 comments :

  1. Nggak ada manfaatnya sih, sikut-sikutan, ngirim hate dll. Tapi ya menyadarkan dia juga perlu, aksinya udah kelewatan, karena masalahnya bukan cuma ini saja sih. Huahahaha.
    Yasudah, kita mah remah internet, berusaha yang terbaik aja lah buat diri sendiri, tanpa ngerendahin orang lain. ;3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha bener. Makanya aku persempit di kasus #SalahBeli aja. Kalo ngomongin yang lain malah beleber ke mana-mana gak berujung. XD

      Yups! Setujuuu

      Delete
  2. Uhukkk akhirnya sadar juga dengan hestek #salahbeli ini...

    ReplyDelete
  3. Seharusnya jangan bohong salah beli. Bilang aja pengen jual, butuh duit, ato apa. Sebenarnya sih meski bukan pemberian fans, kalau kita dikasih orang misal kado nikah, kado lahiran kurang etis ya pemberiannya dijual2in. Meski barang mahal, misal daper rice cooker, breastpump dll...

    Di sisi lain itu barang udah jadi hak kita terserah sih mau diapain aja. Mending ngasih uang yah biar ga baper

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha emang deh ya kalo ngasih barang tapi gak cocok ama si penerima jadi repot.

      Delete
  4. baru tau,gak apdet medsos banget sih soalnya, hmm tapi emang sih attitude is number one, mau sehebat atau sepintar apapun seseorang kalo attitudenya nol mah ya kesian, jd ga dihargai org.. sok sok bijak gini ni komen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pun kudet. Berhubung pake aplikasi Line dan beritanya tembus ke situ, jadi tau deh. XD

      Delete
  5. Ramenya dunia medsos. Aku sendiri ga kenal dengan semua nama yg disebutin di atas hehe. Belum menjadi duniaku. Kenalnya baru seputar penulis dan blogger.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi iya Mbaak. Kebanyakan sih anak muda yang nongkrong di sana. Masih pada piyik-piyik.

      Delete
  6. ya ampun itu keyboard razer mahal lho :')

    aku kalo dikasi itu gaming keyboard bakalan kuoper ke mas pacar biar dimanfaatin sebaik mungkin :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha keyboard gaming yah, salah paham eyke :v

      Makasih buat koreksi nya ^^

      Delete
  7. Gileee tuh fans anak konglomerat kali yeee anyway aku malah baru denger tuh namanya si youtubed itu biasa liat yg orang asing jarang indonesia hehhehe

    ReplyDelete
  8. Aku malah baru tau nih nama orangnya. Cuma tau kasusnya aja. Hehehehe

    ReplyDelete
  9. Jangan sikut aku ya, Ikka :)
    Jangan ada "bom waktu" di antara kita...

    ReplyDelete
  10. dannn...saya tiba2 merasa tua dan gak gaul
    gak pernah dengar nama orangnya dan gak pernah dengar kasusnya hahaha

    ReplyDelete
  11. Kemaren baca tentang hestek salah beli ini dan baca-baca perintilannya sampai puyeng, ga paham.

    tapi baca penjelasannya disini jadi lumayan tercerahkan..

    Well, yaa gitu deh.

    *apasih*
    :v

    ReplyDelete
  12. Wah, saya nggak update, baru tahu sm cerita ini, juga nggak kenal youtuber yg dimaksud. Tp ambil hikmahnya aja. Makasih udah berbagi cerita, mbak..

    ReplyDelete
  13. Oohh ini toh youtuber yang lagi dibicarakan itu :D
    Saya gak pernah lihat videonya juga sih hehhehe..

    Biasanya cuma nonton vlognya aulion sama si edho, eh iya sama videonya Azka Corbuzier :D

    ReplyDelete
  14. oooh, aku juga baru tahu walau selentingan bersliweran tapi aku acuh tak acuh

    ReplyDelete
  15. Hahahha kalau aku tau gara2 comment di video youtubenya raditya dika yg minta si cowo ini buat diganti. Trs langsung deh 2 jam kepo cari infonya *ga ada kerjaan* eh ga lama malemnya gantian d twitter ada kasus riaricis? Ini kayaknya nama mbaknya. Trs another kepo time deh selama 2 jam lol kupas juga dong mbak kasus riaricis eheheh

    ReplyDelete
  16. baru dengar dan baru tau kasusnya (aduh kemana ajah bu?)..
    selama ini jarang pantengin youtube sih, kuotanya masih suka dipakai untuk ngeblog ajah :D

    ReplyDelete
  17. Aku syok pada bagian, gagal main di Koala Kumal. Imbasnya gilaaa.

    Nggak bisa bayangin, gimana jadi Rando. Bangun personal branding susahnya minta ampun, terus anjlok, bangun lagi susaaahhh....

    ReplyDelete
  18. Penasaran banget awalnya sama 'keramaian" ini. Akhirnya ada yg bahas juga, jadi paham hehe thanks mbak Hilda! :D Sayang bgt ya attitude ga berbanding lurus sm kepopulerannya. Semoga doi jd banyak belajar dr kasus ini...

    ReplyDelete
  19. baru tanih aku ikka, mestinya seleb maya seperti dia jangan jual online tuh barang, jual aja mouth to mouth di kompleksnya, ngga bakal masup berita ya..turut prihatin sih gara2 itu dibully...

    ReplyDelete
  20. Hm, iya, ya, ini bakal jadi bahan pembelajaran buat kita juga. :')

    ReplyDelete
  21. Fansnnya anak horang kayah mungkin yah, ckckckck gila kadonya keyboard, hihihi yess ini jadi pembelajaran buat kita semua, thanks ya ikka

    ReplyDelete
  22. Nindya PrayastikaApril 7, 2016 at 2:14 PM

    Aku subscriber lama dia kak. wowowow. Tapi udah lama pula aku unsub, karena nggak tertarik aja. Jujur sih, kalo aku jadi dia, aku juga bakal jual barang barang itu ke mana kek. Olx, tokopedia, fjb. Tapi yah nggak pake akun yang gampang dikenal juga. Hahahah.*kan mayan jadi duit, lol* #miskin
    .
    Lebih tepatnya aku kurang suka dia karena pembawaannya yang kayak kaga tau filter itu loh.'f*ck', 'anj*ng', dan kawan2nya udah jadi sajian rutin tiap video die. Oh ya. Dia bahkan pernah bawa-bawa (maaf) sex toy di salah satu videonya. Oh ayo lah, ada berapa ratus ribu anak SD + SMP yang belajar kata2 begitu dari dia. Iya. Karena nyatanya mayoritas sub dia itu anak2 seumuran segitu dan dengan konten yang 'begitu semua' aku juga gak yakin ada orang dewasa yang loyal sama video-video dia.

    Dah ah, mending lanjut nonton tipi :P

    ReplyDelete
  23. Baru tahu beritanya... wkwkwkw... *kudet yaaaa

    ReplyDelete
  24. Sekarang ini pokoknya segala sesuatu kalo udah masuk ke medsos ya udah kelar deh idup lo, apalagi kalo yang negatif. Si Rando ini salah satunya. Sekarang udah kelupaan mungkin soalnya udah ada bahan bully-an yang baru yaitu si Sonya Depari. Tapi ya itu dia, masyarakat kita cepat lupa dan pemaaf jadi yang kayak begini kadang cuma selintas lalu aja jadinya.

    ReplyDelete
  25. Pernah sih liat Vlognya si Rando itu, gegara liat YTna edho zell eh doi ada colab brg si rando itu n dari vlognya tersebut doi suka ngarep" yang namanya kado" dari fansnya gitu,dah gitu gelagatnya kayak kasih kode" morse buat para fansnya biar fansnya ngirim macem" buat dia, mungkin ini modus baru yang tipu" pengemis modern hehehehe, macam" sahja orang bikin ulah ya ... Jadi No respect at all
    Dah Tenar bukanya merunduk malah memanfaatkan Oh No !!!
    Kurang duit apa ya tuh orang huufftttt

    ReplyDelete
  26. Ihh keren pembahasannya mak, dewasa deh:) emg udah waktunya naik pelaminan nih #loh ;p

    ReplyDelete
  27. ada ya yang seperti ini.....
    cuma kalau public figure memang jadi sorotan...
    semoga lancar wed nya mak..

    ReplyDelete
  28. Aku ngikuti juga yg soal Rando itu, beberapa kali lihat vlognya. Dari cara bicara trlihat kalau ya personality-nya agak eheuuuum. Tapi banyak hikmah (namamu) yg bisa diambil dr kjadian ini. Penghargaan ke yg ngsh dan yg dikasih, klopun memang BU (butuh uit) banget dan mau jual brg pemberian, ya paling gak jangan sampek ketahuan lah haha

    Semoga lancar semuanya Ikka.

    ReplyDelete
  29. Oh gitu to ceritanya tentang kasus #salahbeli... baru ngeh setelah baca postingan ini...ketahuan nih kalo nggak update...

    ReplyDelete
  30. sukak banget sama quote >>> Seperti kata Poconggg (kurang lebih kayak gini) Mereka pada pelukan di acara gathering. Tapi pulang dari sana pada ngegosip bareng kubu masing-masing.” <<<

    semoga kita dijauhkan dari ghibab gitu ya :)

    ReplyDelete
  31. Hildaaaaa...gara-gara kamu, aku jadi penasaran sama Rando. hahaha
    Dan aku tercengang sama berita-beritanya. Aslinya gak kenal tuh sama Rando, jadi terkenal deh hestek salah beli

    ReplyDelete
  32. Sempet denger masalah si rando tp ga gitu ngikutin, ternyata yaah begitu dunia

    ReplyDelete
  33. Aku punya bolpen mahal dari doorprize sebuah acara. Bingung gimana mau pake karena merasa biasa aja. Dijual di medsos juga berasa ga etis. Akhirnya masih aku keep. Entah nanti mau aku apain. Lebih suka dpt voucher belanja, sih hehehe. Iya nih kalau dapat sesuatu dari medsos mending jual secara offline aja. Atau kalau dikasih temen di dunia nyata better dikeep aja, menghargai perasaan. Dijual itu opsi terakhir banget dan kalau kepepet mending bilang baik-baik. Dilematis sih ini.

    ReplyDelete
  34. Kalo aku mending disimpan aja, nunggu lamaaaa...kira2 kepake nggak, ato kasihkan ke saudaraku pas ultahnya...hem...beginilah kalo byak fans spt si rando

    ReplyDelete
  35. Setujuuu... saling sikutkan sakit ya mba ?? :))

    ReplyDelete
  36. Warbuyasak yaaaa.... XD. Tapi sebenarnya kalau aku boleh bela terserah randonya seh mau dijual dikeep atau apa...kan udah jadi hak milik ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya loh kan itu uda jadi hak miliknya dia ya, yg ngebully kelewat jg sih kuliat belakangan. Kek uda sempurnaaaa aja *dikeplakmassa iki komenku isok2*

      Delete
  37. Belum pernah dikasih sama fans jadi bingung jawabnya tapi lebih baik disimpan kalopun udah ada jangan dijual belikan. Kasih aja ke saudara gitu

    ReplyDelete
  38. selalu ada beberapa sisi dari sebuah kejadian, ambil pelajarannya, trims udah share yah kak :)

    ReplyDelete
  39. dulu nih pernah kejadian sama temenku.. sebenarnya dia gak suka sama isi kadonya, gak dijual lagi sih tapi dijadiin kado buat temennya yang lain.. wkwkw

    ReplyDelete
  40. Sedihnya, Aku salah satu penonton setia
    Nonton videonya udah lamaa dari jaman-jaman draw my life

    Ehhh taunya denger voice note beracun itu tuh
    Sama kasus salah beli
    Sama kasus antar komunitas beatbox
    Sama kasus kick-out member sama berbagai screenshoot chat

    JEDEEERRR!!!

    Gak deh, kalau youtube-an aku kembali fokus nyimak Kpop aja lagi wkwkwk

    ReplyDelete
  41. Aku pertama tahu kasus berita ini di blognya Ferbi asal Jogja itu, baca dari awal sampe akhir eh ternyata ngebahas masalahnya si Rando itu. Aku juga udah beberapa kali liat video-videonya dia yang paling banyak di upload itu ya sesi Mail Time gitu banyak amat yang ngirim ke dia hadiah duh :))

    ReplyDelete
  42. jujur emang sekarang mahal. integritas dan harga diri dipertaruhkan untuk masalah seperti ini :)

    ReplyDelete
  43. Posisi si Rando serba salah sebenarnya. Kalau gak butuh dan tetap disimpan kan makan tempat juga. Kecuali punya ruang khusus utk menyimpan barang seperti ini.

    ReplyDelete
  44. Biar Rando ambil pelajaran dari apa yang terjadiii... kasian juga sih sebenr e

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah mau berkunjung dan membaca, terlebih turut meninggalkan komentar. ^o^ Mohon berkomentar secara sopan dan plisss jangan tinggalkan link hidup dan pasti langsung aku hapus. Okey? ;)

Sekali lagi terima kasih pembaca-pembaca setiaku. Tanpa kalian, apalah arti aku dan tulisanku ini. Semoga menginspirasi. :))