Friday, July 1, 2016

Ayo Masak: Silky Pudding, Dessert Manis untuk Lebaran

Ayo Masak: Silky Pudding, Dessert Manis untuk Lebaran

Silky pudding, anyone? Siapa yang suka silky pudding, ayo ngacung semuanya!

Aku baru-baru ini sih ngicipin silky pudding, sekitar sebulan sebelum menikah *telat banget sist. Itu pun beli di Moru Milk gara-gara iseng. Habis tiap kali seliweran di foodcourt mall, selalu ada booth Moru Milk yang seolah awe-awe (baca: melambai-lambai) padaku. Dan setelah sekian lama aku cuekin, akhirnya aku nyoba beli sewaktu meet up ama seorang temen SMA di Grand City Surabaya.

Begitu liat daftar harganya, etdah mehong beneeeer. Satu cup harganya 12 ribu. Trus aku beli yang pake dikasih es krim, kena 20 ribu. Emang yah segala sesuatu yang enak di muka bumi ini terkadang harus dibayar mahal hiksss. Tapi enak loooh beneran enak. Bagaikan surga~ Ndeso banget sik aku ini baru tau kelezatan silky pudding di era 2016. :v :v

Okelah gak heran kenapa banyak orang yang suka ama dessert satu ini. Trus aku jadi kepikiran buat nyuguhin silky pudding untuk keluarga di hari raya. Kan pas banget tuh setelah perut kenyang dihajar aneka makanan berat seperti opor dan rendang, penutupnya pake silky pudding yang manisnya manjain mulut.

Kali ini aku coba bikin sendiri deh, itung-itung buat latihan. Btw aku dapet resep ini dari Mbak Famela yang di-share di Cookpad dan aku modifikasi sedikit. Yok cuss eksekusi!

Bahan:
1 bungkus agar-agar plain
1 bungkus nutrijell plain
1 liter susu UHT plain
3 - 4 gelas air
6 sdm gula (atau lebih kalau memang suka manis)
Drink powder aneka rasa (apukat, cotton candy, coklat, dll)


Cara membuat:
1. Campur agar-agar bubuk dan nutrijell, lalu ambil sebanyak 1 sendok teh.

2. Campur air, susu UHT dan campuran agar-agar + nutrijell bubuk dalam sebuah panci. Aduk rata lalu masak di atas api. Beri gula dan didihkan sambil sesekali diaduk.

3. Usai mendidih, matikan api. Tunggu hingga uap panas menghilang.

4. Bagi pudding ke dalam beberapa bagian sesuai varian rasa yang diinginkan. Kalo aku sih jadi 3 bagian untuk varian rasa coklat, cotton candy dan apukat.

5. Setelah masing-masing bagian diberi perasa, tuang ke cetakan. Tunggu beberapa saat sampai agak dingin, kemudian masukkan kulkas.

6. Santap selagi dingin, wenakss.


CATATAN:
1. Karena aku kali pertama nyoba, takut banget ngasih banyak air. Takut keenceran, makanya aku kasih 4/5 gelas. Lhadalah hasilnya terlalu padat. :v So di resep yang ini aku tulis airnya sebanyak 3 - 4 gelas ya.

2. Hasil campuran agar-agar bubuk + nutrijell emang bikin menggumpal, tapi gak masalah kok. Adonan (?) bakal tetep jadi.

3. Kalo sukanya silky pudding yang lembek-lembek gimana gitu, agar-agar bisa coba diganti dengan nutrijel plain.

4. Tambahan dari Mbak Lia di kolom komentar, susu cair bisa diganti dengan SKM (susu kental manis). Tapi otomatis airnya juga kudu ditambahin banyak ya... sekitar 3 - 4 gelas lagi.

Oya, sebenernya kita bisa juga kok bikin silky pudding dengan cara yang lebih praktis dan dijamin enak hasilnya. Aku kasih tau rahasianya ya…

… Pake aja MOIAA Premix Silky Pudding.


Kalo pake MOIAA, kita tinggal masak bahannya sesuai petunjuk yang tertera pada kemasan dan JENG JENG! Jadilah silky pudding yang lembut, praktis dan 99,9% anti gagal buibuuu. XD Enaknya lagi, MOIAA punya banyak varian rasa ngehits yang bikin aku pengen nyobain satu-satu HAHAHA. Yep, MOIAA ini favorit Muffin dan ibu mertua, makanya aku tau. Bahkan pernah ngicipin hasilnya yang super yummy dan mirip ama yang dijual Moru Milk.

MOIAA tersedia dalam kemasan 100 gr dan 200 gr. Rata-rata dijual dengan harga Rp 10.000 (100 gr) dan Rp 18.000 – 20.000 (200 gr). Trus kalo diitung-itung lebih irit pake MOIAA loh, soalnya harga susu UHT dan drink powder itu selangit cyin. :3

Beli MOIAA di mana? Paling cihuy sih ya di Bukalapak! Soalnya varian rasa yang dijual di sana tuh lengkap dan pelapaknya ada segambreng! So, kalo ada stok yang habis, tinggal pindah ke lapak satunya. Apalagi menjelang lebaran gini, Bukalapak punya kejutan Bedug Berkah BL. Hadiahnya mulai dari free ongkir, voucher belanja ratusan ribu rupiah, sampai berkesempatan memenangkan grand prize paket umroh dan Honda HR – V! Subhanallah ya~

Etapi buat dapetin kejutan Bedug Berkah BL ini, belanjanya kudu lewat aplikasi belanja Bukalapak ya, terserah mau via android ato iOS. Buat yang udah punya aplikasinya, jangan lupa diupdate dulu. Lalu setelah nemu detil barang yang ingin kita beli, gerakin smartphone kita dengan gaya seolah-olah lagi nabuh bedug sebanyak 3 kali. Pas kita gerakin, keluar suara kayak nabuh bedug beneran loh. Dug dug dug, tekterektek.. dugdug. Loh ya, bawaannya jadi pengen cepet buka puasa nih. XD


Gimana? Asik, kan? Aku aja sampe ketagihan mainin bedugnya #looooh. Ketagihan belanja maksudnya. :p Trus aku dapet kejutan gratis ongkir coba. Haseeeeek. XD

Sekarang aku tinggal duduk manis nungguin paketan MOIAA Premix Silky Pudding-ku dateng. Ahh.. belanja online menyambut lebaran belum ada yang se-asoy ini. Bahkan aku sampe beli Xiaomi Redmi buat adekku ya di Bukalapak juga. XD Trus dapet kejutan potongan 100 ribu, senengnya syalalaaaa~


Buat yang tertarik ama program Bedug Berkah BL ini, buruan ya belanjanya. Cuma sampe tanggal 10 Juli aja! Ditunggu yak cyiiin. :*

NB: buat yang dapetin kesempatan menangin paket umroh dan Hoda HR – V pas belanja di Bukalapak, jangan lupa cek nama kamu di sini --> Cek Kejutan Bedug Berkah BL

Belanja sambil main bedug emang asoy,
-Hilda Ikka-

29 comments :

  1. Kalo aku biasanya pakai susu kental manis atau carnation. Maunya yang warna putih aja.

    Duuuh jadi laperrr... hihihi

    ReplyDelete
  2. Warnanya lucu ya, eman mo dimaem *halah
    Eh Ikka, wajahmu lama2 kek orang Jepang deh...eaaa OOT ^^v

    ReplyDelete
  3. Silky pudingnya enak, apalagi cara buatnya jg gampang 😁😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, paling enak pake Moiaa, gak ribet XD

      Delete
  4. Belom nyobain pukul bedug bukalapak hahaha :')

    ReplyDelete
  5. Ya ampun ke sini pas batere tubuh udah 50% itu sesuatu huhhu kan jadi pengin.. Tapi, emang mihil mbak silky pudding gini :( makasih resepnya, bisa dicoba di rumah nih!
    Belanja di BL di bulan ramadan ini asik yaa, jadi pengin belanja lagii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gapapa Mbam, belanja aja di BL gak dosa :p

      Delete
  6. Aku mau ah kapan2 bikin silky puding daripada beli mulu hihi

    ReplyDelete
  7. Belum pernah nyoba yang namanya silky pudding, atau jangan-jangan sudah cuma nggak tahu kalau itu silky pudding. :') :D Nanti bikin aja deh.

    ReplyDelete
  8. Aku suka pake susu kental manis. UHT kegurih an hehe

    ReplyDelete
  9. Emang enak banget silky puding ya, Ka. Aku pun suka. Tapi lebih suka lagi kalo dibikinin wkwkwkkw. Bikinin dong :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa aku harus kembali ke Jogja untuk membuatkanmu silky pudding? :v

      Delete
  10. Wah murah ya silky puding MOIAA itu. Jadi pengen nyobain..

    ReplyDelete
  11. Keknya enak
    Kirim Malanglah kaaaa wkwk

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. Lebaran Idul Fitrinya masih lama. Tapi boleh deh lebaran Idul Adha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Fan, pokoknya buat kumpul-kumpul keluarga asik

      Delete
  14. Kayaknya enak ya Ka, tapi lebih enak yang bikinin trus tinggal makan hahaha...

    ReplyDelete
  15. Akhirnya yaa nemu resep silky puding. Kalo beli terus lama" ya bokek ��

    ReplyDelete
  16. ini senengane Raffi pudingnya...dan bikin kebelakang aman plus lancarrr
    :v

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah mau berkunjung dan membaca, terlebih turut meninggalkan komentar. ^o^ Mohon berkomentar secara sopan dan plisss jangan tinggalkan link hidup dan pasti langsung aku hapus. Okey? ;)

Sekali lagi terima kasih pembaca-pembaca setiaku. Tanpa kalian, apalah arti aku dan tulisanku ini. Semoga menginspirasi. :))