Thursday, August 25, 2016

Yoga in the Air bareng Kiranti: Tetap Sehat Saat Datang Bulan

Yoga in the Air bareng Kiranti: Tetap Sehat Saat Datang Bulan

Manteman perempuan ada nggak yang tiap dateng bulan selalu kedapatan nyeri haid? Kayak aku nih, tiap kali menjelang atau pas awal-awal menstruasi mesti deh ngerasain nyeri nggak terkontrol di bagian rahim. :( Kalo udah gitu yang aku lakuin cuma pasrah, gelindingan di kasur, sambil nangis-nangis nahan sakit. :’((

Ndilalah, ternyata nyeri haid yang mengganggu ini bisa berkurang dengan melakukan aktivitas yoga lho. Baru tau? Sama! Aku jadi tau setelah ikutan event Yoga in the Air bareng Kiranti pada hari Sabtu lalu.

“Banyak wanita memilih cara instan untuk menghilangkan rasa nyerinya. Mereka tidak lagi memperhatikan efek samping dari apa yang diasup tubuhnya. Dan, ketika rasa nyeri dan tidak nyaman karena menstruasi menyerang, mereka cenderung malas bergerak. Apalagi berolahraga. Padahal olahraga mampu memperlancar aliran darah yang dapat mengurangi rasa nyeri itu sendiri,” kata Harianus Zebua, Head of Corporate and Marketing Communication OT saat membuka acara.


“Oleh karenanya, kampanye Stay Fresh and Healthy with Kiranti mengajak perempuan Indonesia untuk memilih cara yang sehat dan terbaik, yaitu melalui bahan-bahan alami dan berolahraga,” tambah beliau.

Bertempat di rooftop Central Point Mall Surabaya, acara yoga dimulai pada pukul 6 pagi. Aku yang biasanya masih ngebo pas weekend pun bersusah payah buat nggak tidur lagi usai salat subuh. XD Untung bawa yoga mat sendiri (berbekal pinjeman dari temen), jadi kalo nyampe sana telat dikit dan kehabisan mat, nggak perlu bingung. Hihi.


Sebelum berlatih yoga, kami dihibur oleh penampilan dance dari Beyond. Plus sesi perkenalan dengan sang instruktur yoga, Caroline Ang. Betewe beliau ini udah berpengalaman menjadi pelatih yoga selama 9 tahun lebih lho. Dududu, gak heran kalo nanti gerakan tubuhnya udah lentur bak permen karet.

Mulanya kami dipandu untuk melakukan gerakan dasar yoga. Aku lupa urutannya sih, intinya stretching seluruh anggota badan gitu. Masih di fase ini aja aku udah ngos-ngosan bok. Ampuuuuun, jarang olahraga nih. :’D


Selanjutnya, Caroline pun mengajarkan berbagai pose yoga. Salah satunya Bhujangasana / Cobra Pose. Gerakan ini cukup mudah untuk dipraktekkan. Caranya, mulai dengan posisi tidur tengkurap, kaki dibuka selebar pinggul, dan punggung kaki paralel lurus ke belakang. Sementara itu, tangan di samping dada dan siku ditekuk ke atas.

Tarik nafas, putar bahu ke belakang, dan angkat dada ke atas. Siku tangan ditekuk rileks di samping rusuk, tekan bahu ke bawah jauh dari telinga. Kencangkan bokong, angkat dada ke atas. Rasakan pada bagian pinggang. Buang nafas, kembali berbaring. Ulangi gerakan ini sebanyak 4 -5 kali.

credit: eyogaguru.com

“Melalui beberapa gerakan yoga sederhana, rasa nyeri ketika menstruasi dapat mereda karena yoga membuat otot-otot menjadi lebih rileks,” tutur Caroline. “Selain fokus pada postur tubuh, yoga juga mampu menenangkan pikiran dan membuat kita masuk kepada fresh moment. Which is emosi dapat kembali teratur,” tambahnya.

Selain Bhujangasana, aku juga tertantang melakukan pose Dhanurasana. Yang seru dari pose ini tuh kita harus menggerakkan tubuh berayun-ayun kaya mainan kuda-kudaan bocah TK wkwkwk.

Puncaknya, kita melakukan gerakan yoga secara berpasangan dan bergantian. Duh nggak ikutan deh yang ini, kasian nanti yang pasangan ama aku harus menarik beban seberat 70 kilo. Beratnya ngalah-ngalahin beras 1 sak LOL.


Oya, acara Yoga in the Air ini sekaligus memperkenalkan produk terbaru Kiranti. Yakni, Kiranti Sehat Datang Bulan Plus Juice. Komposisinya tidak jauh berbeda dengan produk Kiranti Sehat Datang Bulan, hanya saja yang ini ditambahi sari jus jeruk. Jadi cocok sekali untuk konsumen yang nggak begitu menyukai aroma/rasa jamu. Diminum dingin-dingin, segeeeer.


Trus kami juga seru-seruan dengan Official Kiranti dance yang diperagakan oleh Beyond. Lalu peserta pun ditantang untuk memeragakan di depan panggung. Salah seorang temen blogger, Mbak Niar, turut beraksi dan memutus urat malunya. Gayanya yang dinilai paling centil beserta 2 orang peserta lain, sehingga berhak membawa pulang yoga mat sebagai hadiah. Asiiik.


Acara ditutup dengan pelepasan balon ke udara. Semuanya bergembira karena badan jadi lebih bugar berkat yoga dan minum Kiranti dingin. Terima kasih Kiranti. ^^

Stay fresh and healthy,
-Hilda Ikka-

A video posted by Diarysivika (@diarysivika) on

5 comments :

  1. mbak ika sudah hamil atau lagi endutan? #upssss sori mbaaak :D

    ReplyDelete
  2. Aku suka minum kiranti karena seger...temen temen yang cowo juga wkwkkw

    ReplyDelete
  3. Aku ngakak asli Ik hahahaha...duh kalian yooo pancen ngangenin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak Ning, sering-sering ke Surabaya doongs :*

      Delete

Terima kasih banyak sudah mau berkunjung dan membaca, terlebih turut meninggalkan komentar. ^o^ Mohon berkomentar secara sopan dan plisss jangan tinggalkan link hidup dan pasti langsung aku hapus. Okey? ;)

Sekali lagi terima kasih pembaca-pembaca setiaku. Tanpa kalian, apalah arti aku dan tulisanku ini. Semoga menginspirasi. :))