Tuesday, September 6, 2016

Mahasiswi Baru Officially

Mahasiswi Baru Officially

“Kenapa harus benci hari Senin? Faktanya di hari itu jadwal kuliahnya singkat jadi bisa pulang cepat.” –Ika, mahasiswi baru tapi seumuran dengan mahasiswa semester tua.
*

Duh, kalimat pembukanya curcol abis yak LOL. Yep, taun ini aku balik ke kampus. Balik dalam artian kuliah lagi DARI NOL. Iya, bukan ngelanjutin studi broadcasting. Melainkan kuliah S1 mulai dari awal.

KENAPA?

Karena… Satu, studi broadcasting-ku sebenernya gak bisa dilanjutin ke jenjang pendidikan formal. Karena studi-ku itu sifatnya non-akademik dan kurikulumnya nggak terdaftar di sistem pendidikan universitas se-Indonesia.

Dua, sebenernya bisa sih lanjut kuliah formal selama 2 tahun karena (untungnya) taun ini kampus broadcastingku bekerja sama dengan salah satu PTS di Surabaya. Kuliahnya kelas karyawan, cuma hari Sabtu dan Minggu. Tapi setelah aku pikir-pikir, nggak deh. Soalnya Sabtu-Minggu sering ada event blogger #heaak. Trus kualitas PTS-nya juga gak bagus-bagus amat. Lah aku kan gak cuma nyari gelar sarjana, tapi juga ilmu dan pengalamannya.

Finally aku memutuskan untuk kuliah di sebuah PTS di Surabaya, sebut aja “Kampus Merdeka”.
Yang menyenangkan, keputusanku untuk kuliah lagi ini didukung penuh oleh Muffin. Makanya aku setuju nikah sama dia pada bulan Mei lalu. Muffin bilang, kuliah ini gak cuma untuk kebaikanku, melainkan juga untuknya (dan calon anak-anakku). Dia bahkan gak keberatan untuk membiayai kuliahku. That’s why banyak orang bilang aku beruntung banget berjodoh ama Muffin. Dia emang sosok yang pengertian dan berpikiran terbuka. :’)

Aku ngambil jurusan Ilmu Komunikasi. Jurusan yang aku idam-idamkan dari dulu, yang aku pilih dari Universitas Airlangga namun nggak kesampaian karena aku nggak lolos SBMPTN. Trus malah sekolah broadcasting soalnya PTS yang bagus biaya kuliahnya mahal. Apalagi Kampus Merdeka dulu reputasinya masih jelek.

Jaman ospek di broadcasting

Sekarang Kampus Merdeka udah berkembang. Selain membangun berbagai fasilitas, tiap jurusan juga sedang diupayakan untuk mendapatkan akreditasi A. Imbasnya, biaya SPP naik 200 ribu dibandingkan taun kemaren. :v Mana SPP-nya dibayar per bulan pula. Duh Gusti, paringi kula rejeki ingkang katah lan ilmune barokah.. aamiin.

Sementara itu, hal paling malesin soal jadi mahasiswi baru tuh OSPEK. Dan aku pun terkecoh karena Kampus Merdeka menggunakan istilah PMB (Pembekalan Mahasiswa Baru) untuk mengganti sebutan OSPEK. Jadi sewaktu aku dapet edaran untuk menghadiri PMB, aku pikir ya pembekalan biasa untuk mempersiapkan OSPEK, bla bla bla. Keterangannya pun ditulis mulai pukul 7 sampe selesei. Aku pun sotoy ngira acaranya cuma sampe siang.

Nyatanya, NJEKETEK.

Hari itu merupakan OSPEK Universitas, pulangnya maghrib. Besoknya pun langsung OSPEK selama 3 hari berturut-berturut dengan jam yang sama. Bahkan di hari terakhir sampe larut malam. Syit~

Ambruk maaak ambruuuuk.

Niatku pengen skip dan bikin alesan bla bla bla eh, bagi mahasiswa baru yang nggak mengikuti PMB dikenakan syarat lebih berat. Yang kudu ngumpulin pohon lah, nyari literatur berbahasa asing lah, bikin makalah lah, oh meeeeen. Aku pilih ikutan PMB deh. -_____-


Trus keesokan harinya masuk angin, demam, mual-mual dst sampe aku parno ngirain aku ini hamil NYAHAHAHAHA. Ternyata cuma maag, dan awalnya berat banget buat pergi ke dokter. Soalnya aku sok-sokan mensugesti diri bakal sembuh sendiri. Ndilalah di hari keempat aku udah gak kuat dan langsung dibawa ke dokter. Ajaib, sepulangnya dari dokter aku langsung bisa boker padahal obatnya belum aku minum. :v :v

Soal temen baru, aku cuma akrab sama dua orang sih. Anak Sidoarjo dan anak Papua Barat. Tapi kami gak pernah selfie bertiga sih LOL.

Senin kemarin aku udah memulai kuliah pertama and it was good. Masih perkenalan aja gitu, namun benakku udah dibayangi tugas, tugas, dan tugas. Duh orangnya parnoan sis. XD Menyebalkannya lagi, kuliahku masuk pukul 7 pagi setiap hari ebuset. -____- Ini pasti konspirasi yahudi! #eh

Satu hal yang aku suka dari kuliah adalah aku bisa make up-an tiap kali ke kampus. Yeyyy. Make up itu semacam terapi buat aku, bisa bikin hepi dan semangat. Sampe ada temen yang udah berumah tangga dan punya anak bilang padaku kalo dia ngiri berat. Karena yah, dia suka make up-an sedangkan kesehariannya ya mengurus rumah. Tenang aja Mbak, engkau tak sendiri. Mungkin aku juga bakal gitu 4 taun kemudian LOL.


Gaes, doakan aku bisa melaluinya dengan baik ya. Semoga ilmu yang aku dapatkan bermanfaaat bagi diri sendiri dan masyarakat. Amin ya rabbal ‘alamin.

Kalo kamu, ada gak sih yang telat kuliah S1 kayak aku? Boleh share di kolom komentar dong. X))

Babay,
-Hilda Ikka-

31 comments :

  1. Hy Ikka...wah seneng ya bisa hepi2 kuliah. Aku ambil support komunikasi juga dulu, kuliahnya nyantaaii hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Matkul kah itu? Iyah, kuliah anak Fisip rata2 nyantai haha

      Delete
  2. semangat kuliah ikaaa... semoga lancar semua-muanyaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin Mbak Rosa, sehat-sehat ya sama dekbay :*

      Delete
  3. Yeay aku juga ngiri berat nih Mbak, ngirinya pengen sekolah lagi. Sensasi ngerjain tugasnya itu lho yg ngangenin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kangen sensasi ngerjain tugas? 😱😂😂

      Delete
  4. Syantiiiikk selaluuuu... Happy ngampus, ya Ka *kiskis*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya gini kalo udah kenal make uo 😂 makasih bu guru syantieek :*

      Delete
  5. semoga lancar hingga lulus... dan ilmunya barkah..mba hilda..

    ReplyDelete
  6. asiknya jadi mahasiswi, perasaan jadi orang intelek teh kerasa pisan...saat orang berdemo kita bisa ikutan jadi pendemo...kerenlah pokokna mah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enaknya punya KTM, sering dapet diskon 😂😂

      Delete
  7. kuliah nggak ada kata telat ciinn...
    jaga kesehatan, gunakan waktu sebaik mungkin, sinau gas pol, ikutan projek, magang, atau apapun yang sesuai jurusan, pepeeet semua yang punya skill besar untuk dicuri ilmunya. a lot of things you can do there, just do it

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener bener Mbaaak, makasih buat motivasinya yhaa 😁 semoga dikasih kekuatan + kesehatan untuk menggapai itu semua 💪💪

      Delete
  8. Semoga lancar ya Ikka :) aduh ngiri aseli. Pengen sekolah lagi T_T baik banget suaminya. Mau satu yang kayak gitu biar besok alih jenjang dibiayain muehehe. Aku malah belum lanjut S1, masih mentok di D3. Eh tapi soal pendidikan mah kan nggak ada kata terlambat hihi *biasaya jadi silent reader

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah makasih ya udah komen ^^

      Wkwk banyak-banyak berdoa biar dikasih Allah yang kek gitu. Kalo nggak, ya semoga ada rezeki untuk alih jenjang :))

      Delete
  9. Aku pengen kuliah broadcast urung nih mbak. bagi2 ilmu doongg :D
    Emang ya, Ospek itu nyebelin. Suruh ini suruh itu. Aku sampe dikenal 1 kampus gara2 marahin senior pas ospek wkwk.
    Sukses kuliahnya ya mbak Ika ^^

    gadzotica.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beres, aku sering bagi-bagi ilmu broadcast kok di sini :D

      Wiih nyalinya gede. Aku mah males nantangin haha

      Delete
  10. Aku telat setahun Ka :D tapi cuma D3 hehe. Itu pun pas mau sidang, eh malah dilamar :v alhasil foto wisudaku ya ada foto suami hihi

    ReplyDelete
  11. lancar kuliahnyaaa yaa...enjoyy :*

    ReplyDelete
  12. S1 nya ga telat tetep boleh komen dong ya, hahaha. Aku kuliah tapi kayak gabisa pake make up malah (bukan gabisa sih, bakal aneh aja). Karena oh karena anak-anak kampus teknik pegangannya pulpen, bukan lipen.

    Btw, semangat kuliah ya mbaknyaaaaa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha curhat khas anak teknik. Temennya juga gitu, males macak soalnya kalo macak ke kampus malah aneh hahahahha

      Delete
  13. semangat kuliah ya mbk, dikau pasti bissak, yakin mah saya :)

    ReplyDelete
  14. wah asik bgt kuliah lagi didukung suami ya

    ReplyDelete
  15. Aih keren maaaaah asyik lanjut kuliah kalo capek kebanyakan nugas bisa ndusel2 ke suami, khan udah halal yha. YHA. YHA. YHA. Ciye maba, selamat kuliaaaah :D

    ReplyDelete
  16. Selamat melanjutkan kuliah lagi ya Ikka. Semoga lancar dan ilmunya bisa diterapkan dalam blog nih hehehe.

    Aku paling suka masa-masa kuliah. Kalo suruh ulang lagi mau, tapi yang masa-masa nongkrong di kantin aja deh. Belajarnya udah males hahahaha.

    ReplyDelete
  17. Hahaha, nasibnya sama mbak ikka. AKu juga kuliah lagi S1 gegara wingi kuliahe salah jurusan. Dari filsafat ke Jurnalistik sekarang. hehehe.
    Ayo mbaaak, kita sama-sama semangaaaaat kuliahnyaaaa ;)
    *ngiri pengen segera bersuami biar ada yg ngedampingin dan mensupport dalam hal kebaikan* kapan ya? eaaaa XD

    ReplyDelete
  18. Btw aku setuju sih emang makeup itu bisa bikin lebih hepi dan percaya diri xD
    Tapiiiii kulitku rewel abis. Kalau mau makeupan tiap hari, bersiinnya juga kudu pol tiap hari. Di scrub lah dll lah :')

    Semangat kak Ikaaaaa! Kuliah seru kok xD

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah mau berkunjung dan membaca, terlebih turut meninggalkan komentar. ^o^ Mohon berkomentar secara sopan dan plisss jangan tinggalkan link hidup dan pasti langsung aku hapus. Okey? ;)

Sekali lagi terima kasih pembaca-pembaca setiaku. Tanpa kalian, apalah arti aku dan tulisanku ini. Semoga menginspirasi. :))