Wednesday, September 7, 2016

Sunshine Blogger Awards 2016: Sukses Bikin Mikir!

Sunshine Blogger Awards 2016: Sukses Bikin Mikir!

Nggak kerasa udah seminggu lebih kayaknya aku nggak ngeblog. Huaaaa! Apalagi minggu pertama ngampus masih kagok untuk tetap produktif di waktu jeda perkuliahan. Kebanyakan ngumpul ama ciwi-ciwi ngobrol ngalor-ngidul sih. And when I tried to get alone, they said, “Kok kamu sendirian?” Seolah-olah nggak punya temen itu nggak gaul dan jadi nightmare terdahsyat tahun ini. *sigh*

Daaaaan long weekend kemaren aku kecanduan main The Sims 4! Okay, semingguan ini amat sangat nggak produktif. Plus, sukses mengurangi gairahku untuk kembali ngeblog hiks. Padahal hati ini selalu cekit-cekit tiap kali liat timeline FB penuh share blogpost, kok ya masih belum dapet hidayah. #ngek

Sebenernya masih punya banyak stok ide postingan sih, tapi ya gitu tentang lifestyle. Sedangkan untuk postingan personal aku lagi kehabisan ide. Ada sih stok tema untuk postingan Prewed Story, tapi lagi males riset. Heuuu. Yaudalah untuk pemanasan aku mau ngepost tantangan Sunshine Blogger Awards 2016 dari Mbak Prima aja deh yaaa.

*intro aja segini panjang yak* *LOL*

Jadi Sunshine Blogger Award ini semacam award-award yang pernah marak di jamannya. Sistem challenge-nya, kita musti ngejawab daftar pertanyaan dari penantang (( PENANTANG )) lalu kita juga buat daftar pertanyaan sendiri untuk para blogger selanjutnya yang kita tantang.

So, here we go!

1. Apa media sosial yang masih kamu pertahankan, dan kamu rasa you can’t live without?
Apa ya… hmm, banyak. Anaknya sosmed junkie sih HAHA. Facebook tetep aku pertahankan karena banyak peluang dan networking kan di sana. Namun sosmed yang sukses bikin hidupku hampa kalo seharian nggak dibuka tuh Path ama Instagram. Harap maklum, aku anaknya emang eksis abis. :p

Foto kiriman Hilda Ikka • Ika Hikmah M. (@newhildaikka) pada


Kenapa Path? Karena aku bisa ‘agak’ bebas ngupdate daily activities dalam circle orang-orang yang aku kenal. Aku emang sangat membatasi pertemanan di Path. Jadi kalo ada orang yang nggak aku kenal invite pertemanan, gak bakal aku terima. Path itu sifatnya lebih privat brooo.

Kalo Instagram sih nggak usah ditanya ya, banyak konten kreatif audio visual di sana. Sekaligus jadi sarana ikhtiar sapa tau bisa jadi seleb endorse-an. xD Apalagi Instagram sekarang udah dilengkapi fitur snapgram, jadi tetep bisa eksis tanpa harus mengacaukan feed. Aseeeek.

2. Apa buku favoritmu sepanjang masa (bukan Al-Qur’an/Alkitab ya pastinya, itu sih engga usah disebut, hehe)?
My current (and forever maybe?) favorite is 88 Love Life by Diana Rikasari & Dinda PS! Bukunya colorful, isinya singkat padat dan menginspirasi karena berupa thoughtful quote gitu. Alias quote yang bikin kita mikir dan nanya ke diri sendiri, bahkan memotivasi untuk tergerak melakukan hal yang sama.

Foto kiriman #88LOVELIFE 〰 VOL. 01 & 02 (@88lovelife) pada


Aku baru baca yang volume 2 sih, itu aja udah bagus banget. Mayoritas menggambarkan sisi kehidupan Diana yang mulai berdamai dengan kehidupan sehingga lebih banyak bersyukur. Apalagi diselipin juga sisi motherhood-nya. It really makes sense. Pokoknya laff deh~

Plusnya lagi, penuh ilustrasi yang memanjakan mata uwooo~ Bikin mata dan otak ter-refresh!

3. Apa momen paling membahagiakan dalam hidupmu hingga saat ini?
Masih perlu disebutin nih? Yaudah sebutin aja lah soalnya nggak punya jawaban lain ngiahahaha.

Yaitu… bisa nikah ama Muffin taun ini! Alhamdulillah, alhamdulillah sekali, keinginan kami untuk segera menjadi pasangan halal secepatnya diridhai oleh Allah. Terwujudlah acara pernikahan sederhana tapi sangat berkesan di hati kami berdua. *yaiyalaaaah xD Makasih banyak yaaa untuk kamu-kamu yang telah mendoakan dan mendukung kami, semoga dibalas dengan jutaan kebaikan oleh Allah. Amin amin yarabbal ‘alamin.



Lucunya, di tahun ini pun banyak selebgram/selebyoutube yang juga melangsungkan pernikahan lho! Mulai dari Edhozell, Dori + Gama, Bena + Vendry, dan yang masih anget nih Arief + Tipang. Pertanda apakah iniiii? XD

4. Apa film paling jelek yang pernah kamu tonton setahun terakhir?
Dumb and Dumber! Asliiii aku nggak paham apa sih faedahnya film ini LOL. Bercerita tentang 2 orang idiot (?) yang sepanjang film diputer bikin aku gregetan masa. Alasan aku nonton film ini pun cuma gara-gara ada Jim Carrey, komedian antik favoritku. Lhadalah isine kok koyok ngene, mbelll…. *niruin gaya Mbak Una XD


Satu lagi, Love Heaw Feaw Tott. Ini film drama komedi Thailand yang menurutku gagal abis. Jokes-nya jayus banget, bahkan aku masih nggak ngerti inti ceritanya apa. T___T

5. Kalau kamu boleh mengulang masa kuliah, adakah hal yang ingin kamu ubah?
Enggaaaaak!

Enough said. XD XD

6. Siapa blogger favoritmu (selain saya tentunya :p)?
Pertama, Annisa Steviani (www.annisast.com). Jujur aku kagum banget gimana dia ngeblog dalam jangka waktu yang belom lama tapi berhasil dapetin perhatian publik + loyal reader. Love her personal thought + branding, and her concistency! Suka banget bacain postingannya yang berbau parenting dan personal thought yang menurutku modern dan open minded. Lumayan buat bekal ngasuh anak di kemudian hari hihi.

Yang kedua, Leija, blogger dari letthebeastin.blogspot.com. Dia tuh tipikal orang yang suka ‘break the stereotype’. Jadi saat aku mulai bosan dengan segala hiruk-pikuk kontroversial di berbagai timeline, lari deh ke blognya Leija. Dijamin langsung terinspirasi. Bahkan Leija ini menginspirasiku untuk nekunin dance ato dunia tari, buat… ngelangsingin body! JIAHAHAHAHA.


Eh serius lho, aku mau daftar kelas tari Salsa (soalnya ini kelas tari yang paling murce, LOL). Doakan istiqomah ya gaes. Aku mah anaknya gitu, suka semangat di awal lalu molor kemudian huhu.

Ketiga, Diana Rikasari for sure! She’s always be my favorite HWAAAA. I love her positive vibes, thoughtful post, and her confidential! Couldn’t say no more!

7. Apa arti menulis/blogging buatmu?
Arti menulis/blogging buatku yang utama adalah untuk BERBAGI. Terdengar klise yah, tapi itulah kenyataannya.

Seringkali semangat berkaryaku kendor yang disebabkan oleh beragam hal: job sepi, kalah lomba mulu, personal branding belum sukses, ngeliat orang lain progressnya cepet seolah-olah aku nggak bisa nyusul mereka, ngelirik seleb yang udah di puncak dan rasanya mustahil bisa seperti mereka, dan sejuta pikiran negatif lainnya.

Kalo udah begitu biasanya aku lanjutkan dengan merenung, mengingat konten-konten yang aku bagikan bisa bermanfaat bagi orang lain. Ngebayangin gimana aku bisa mengubah dunia jadi lebih baik melalui tulisan. Senyum-senyum sendiri sewaktu tau topik broadcasting punya trafik tinggi di blogku, yang artinya banyak sekali orang yang membutuhkan info tersebut rupanya.

So when it gets hard, always remember why I started. :))


8. Kalau suatu hari memoir hidupmu dibuat film, siapa yang kamu pilih untuk memerankan dirimu?
Boleh gak milih diriku sendiri buat meranin? X)) Karena nggak ada yang lebih mengerti diriku selain diriku sendiri, yha kaaan.

*padahal mah emang ngarep bisa main film XD

9. Apa lagunya Adele yang menurutmu paling galau dan bisa bikin depresi?
HUAHAHAHA, kenapa Adele? XD

Semua lagu Adele emang bisa bikin depresi kalo direlasikan ama ‘orang spesial’. Namun satu judul lagu Adele yang paling bisa bikin aku galau sambil menerawang masa lalu (cailah) adalah…. *jreng jreeeng* Don’t You Remember.


Lagu ini ngewakilin perasaan sedihku sewaktu pisah ama gebetan jaman SMA. Just so you know, kami pisahnya nggak secara baik-baik. Mendadak terjadi begitu saja dan dia nggak kasih aku kesempatan lagi buat masuk ke kehidupannya. Trus beberapa bulan lalu baru terungkap pengakuan setelah iseng diinterogasi temen-temen SMA-ku.

Katanya, dia nyesel sih kenapa berakhir seperti ini.

Aku nggak tau ya maksud dia apa, mungkin nyesel karena pertemenan kita renggang tanpa ada kesempatan memperbaikinya lagi. And then time flies, aku udah jadi istri orang. Yang terakhir sih aku gak tau ikut dia sesalin apa gak HAHAHAHA.

*lah kok jadi curcol begini, ayo fokus fokuuuuus

10. Seandainya kamu menjadi atlet, apa olahraga yang akan kamu pilih?
Atlet lari Kak, biar bisa lari dari kenyataan. :((

Guyon ih.

Ya soalnya dulu aku pas SD suka banget olahraga lari. Sampe ikut klub lari di GOR Petrokimia yang pelatihnya adalah guru olahraga SD-ku sendiri. Bahkan sempat berandai-andai kalo udah gede nanti bakal ikut kontes marathon.

Sekarang? Njekethek. Bawa badan sendiri aja sering ngos-ngosan. :v

11. Bagaimana pendapatmu tentang ‘perempuan harus bisa masak’?
Menurutku lho ya, antara harus dan tidak harus.

Harus bisa masak karena minimal bisa lah caranya ngerebus mie, nanak nasi (even pake rice cooker), bikin telor ceplok, angetin sayur/lauk berkuah, endebrei endebrei.

Nggak harus karena yah… memasak itu termasuk skill, bukan suatu pekerjaan mutlak bagi seorang perempuan. Makanya ada perempuan yang pinter masak, ada yang sekadar bisa, sampe ada yang bener-bener gak berani nyentuh area dapur.


Kesimpulannya, mau bisa masak ato nggak, itu pilihan setiap perempuan. Kalo aku sih memilih untuk harus bisa masak karena dengan masak sendiri aku bisa berhemat. Makanan yang aku konsumsi pun terjamin gizi dan cara pengolahannya.

Kamu perempuan yang nggak bisa masak tapi sanggup beli makan di luar terus? Gak masalah. Gak mau masak tapi punya suami yang gak keberatan buat masakin? Ato mampu bayarin ART untuk nyiapin menu masakan sehari-hari? Yaudah, nggak ada yang perlu dipermasalahkan to.

Akhirnya KELAR!!! Uwooo panjang juga ya ternyata. Gak heran deh kalo ternyata kamu bacanya dikit-dikit skip. XD

Aku nggak bakal nerusin challenge ini ke blogger mana pun. Karena aku tau yah blogger nowadays itu udah punya kesibukan bejibun hehe. Tapi aku tetap punya 11 daftar pertanyaan dong yang bisa kamu jawab di kolom komentar. Mau dijawab satu poin aja atau semuanya, terseraaaah. Ato ada yang mau jawab di blog masing-masing, boleeeeh.

Siap-siap yhaaaa.

1. Apa kesan kamu tentang blog Hilda Ikka?
2. Apa saran/masukan kamu agar blog Hilda Ikka bisa improve jauh lebih kece? *baik secara konten maupun desain, endebrei endebrei*
3. Apa pendapatmu tentang tren vlogging dan youtubing saat ini?
4. Siapa youtuber lokal favoritmu saat ini? (a)
5. Apa alasan kamu memfavoritkannya? (b)
6. Kalo lagi nangkring di Youtube, sukanya nonton video apaan sih?


7. Menurut kamu (yang Muslim), penting nggak sih berhati-hati saat makan di luar? Kan nggak menutup kemungkinan meski makanan yang disajikan itu no pork, tapi bumbunya mengandung zat-zat yang diharamkan (misal: wine).
8. Ganteng tapi perokok, atau bukan perokok tapi tampang biasa aja?
9. Gimana kalo seandainya idola yang sangat kamu gilai ternyata merupakan penyuka sesama jenis? Apa yang akan kamu lakukan?
10. Apa guilty pleasure yang kamu punya? *kepo haha
11. Alat ajaib Doraemon apakah yang pengen banget kamu miliki?

Random abis HUAHAHAHA biarin wek. Aku tunggu jawaban seru kamu di kolom komentar yhaaa.

Pipis lopek en gahoooool,
-Hilda Ikka-

All GIFs from giphy.com

9 comments :

  1. Ikaaaaa, niat amat ngejawabnya panjang, ada GIF lucu-lucu pula :)))
    Aku malah jadi pingin nge-blog salah satu pertanyaanmu.
    Tunggu deh ya! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah, kalo curhat gini emang paling jago! Muahahaha

      Aaak gak sabarrr. Poin nomer 7 doong, kepo aku hihi

      Delete
  2. waaa....makin cantikk mbak satu ini hehe. apa kabar mbk ikaa??semoga makin seht ya^^
    masak sendiri bisa lebih hemat,setuju xixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huwaaa Mbak Hanna 😍 baik alhamdulillaaah. Duuh udah lama gak main ke blog Mbak Hanna jugaa. Ntar deh yaa 😚

      Delete
  3. 8. ga perokok tapi biasa aja...yang penting itu sehat bukan gantengnya #eaa
    11. Pintu kemana saja ,biar tau2 bisa ada di korea..tau2 ada di turkey ada di Finlandia daan mana aja dr sebuah pintu..

    The last...gaya bahasa blog mu asik ikaa..bikin yg baca ngalir aje tau2 bacaanya uda abis..dan nagihin...semangaattsss ����

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip deh, lebih mentingin kesehatan dibanding tampang 😂

      Hahaha aku juga mau banget pintu ke mana saja. Bisa traveling tanpa biaya transport wkwk

      Hwaaa makasiih makasih banget, bikin termotivasi :* Semoga abis ini ngeblognya makin rajin amin

      Delete
  4. Jawab no.9 ya
    Langsung keinget aktor favoritku yg ganteng tapi belum nikah. Terserah dia pilih jalan hidup yang gimana. I love his films, not his personal life.

    ReplyDelete
  5. aku jadi inget belum ngerjain nih PR.. ahahaha

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah mau berkunjung dan membaca, terlebih turut meninggalkan komentar. ^o^ Mohon berkomentar secara sopan dan plisss jangan tinggalkan link hidup dan pasti langsung aku hapus. Okey? ;)

Sekali lagi terima kasih pembaca-pembaca setiaku. Tanpa kalian, apalah arti aku dan tulisanku ini. Semoga menginspirasi. :))