Pilih Produk Lokal Asli ato High-End KW? Hayoloooh

Mending dukung produk Indonesia. Ini dia review sepatu lokal berkualitas dengan harga terjangkau: Arcadia Treasure
[Sponsored Post]

Kalo beberapa waktu lalu publik diramaikan oleh kisah cinta Haqy - Selma, sebelumnya juga ada drama yang nggak kalah seru lho. Yaitu kisah cinta instan berbuah pernikahan kilat yang diperagakan (( DIPERAGAKAN )) oleh pasangan Pablo Putera Benua - Rey Utami.

Gimana gak bikin heboh, Pablo dan Rey yang saling kenal lewat aplikasi Tinder langsung menikah seminggu kemudian (gatau lagi sih kalo settingan *upss). Apalagi di hari ketiga setelah perkenalan keduanya, Rey dihadiahi mobil dan jam tangan Rolex yang harganya berjut-jut ituh. Eh gataunya...

... Rolex-nya KW alias palsu. LOL

Berbarengan dengan terungkapnya perusahaan Pablo yang rupanya bodong, pasangan ini akhirnya jadi objek bully netizen. Trus di Instagram rame hestek #BangBenuaChallenge. Isinya sih kayak nunjukin barang ori ke Pablo - Rey sambil ceramah gitu. Gak cuma Rolex, barang apa pun deh yang di-upload entah itu barang biasa ato high-end, pokoknya ori wkwk.

Nah terus, aku jadi menyoroti kelakuan Pablo yang juga mainstream se-kalangan endonesa raya: suka (ato bahkan bangga) pake produk high-end KW. Hayooo siapa yang juga suka begini? 😂

Masih mending kalo orangnya ngakuin KW, lah kalo songong belagak itu asli? Laut mana laut, tenggelamin aja lah. 😂

Kenapa mesti pilih KW sih?

Aku gak mau sok suci dan kalian penuh dosya sih, mengingat jaman dulu ya pernah khilaf pake barang KW. Kenapa?

Ya karena yang dijual di pasar kebanyakan emang barang KW loh! Mulai dari tas, pakaian olah raga, sepatu, tas sekolah, bahkan make up! Kalo pun bukan barang KW, pasti ada cap/label tertentu yang mirip dengan label ternama. Sebut saja Bi****o*g, N**e, A***as, H*r**s, dan lain sebagainya.
Yang namanya pasar kan maunya jual barang yang cepat laku yah, jadi mereka jual sesuai minat konsumen. Secara nggak langsung pasar itu mencerminkan kalo (sebagian) orang Indonesia demen barang high-end--tapi gak mampu bayar mahal--sehingga beredarlah produk KW.

Sedih ya, karena kalo dipikir-pikir proses produksi barang KW itu kan cuma meniru yang asli. Menjiplak. Menduplikat dengan kualitas bahan lebih rendah biar harganya terjangkau. Trus kalo seisi pasar cuma dipenuhi barang KW/tiruan, lama-lama bisa lumpuh nih daya kreativitas dan inovasi kita. :(

Makanya, pemerintah Indonesia gencar mengkampanyekan "Bangga Produk Indonesia" demi menumbuhkan industri kreatif yang mandiri. Yang mampu membangun branding dan desain produknya sendiri gitu loh. Agar misi ini dapat tercapai, tentunya perlu dukungan dari berbagai pihak. Salah satunya ya kita ini para konsumen, dengan berbelanja produk-produk asli karya anak bangsa. 👍

Lebih baik produk asli karya anak bangsa daripada high-end tapi KW!

Jelas lah, karena produk asli bermutu tinggi. Daripada produk KW yang nggak jelas quality control-nya. Contohnya aku nih, pernah beli sepatu Vans KW. Gara-gara nggak tau sneakers lokal yang bagus apa, malah pilih KW *duh. Mana harganya 100 ribuan pula. Trus yaaa, ternyata jelek banget kualitasnya oh-em-jii... Baru sebulan dipake pada peyot IH! Kapok. :(

Tapiiii..... kok kebanyakan masyarakat masih ragu pake produk lokal yah? Yang mikirnya nggak awet lah, desainnya jelek lah, dan apa lah apa lah lainnya.

Walah kudet banget yaw, padahal sekarang banyak local brand yang beranjak mendunia, berevolusi menjadi produk yang berkelas dan berkualitas. Contohnya nih, Arcadia Treasure.

Eh, kamu belom tau Arcadia Treasure?



Wah, ini salah satu local brand favoritku yang bisa kamu masukin ke wishlist belanja fashion loh. Brand ini merupakan produsen alas kaki (macam sandal, flatshoes, wedges, boots, dll) hingga tas dengan sentuhan etnik. Desainnya cantik-cantik, bikin stigma 'etnik itu kuno' lenyap ke pucuk Antartika!

Aku sendiri udah punya dua koleksinya dan recommended buat kamu coba. Yang pertama itu Seruni Makassar Red, sandal teplek dengan aksen sepatu ballet yang udah aku review di postingan Berani Tampil Colorful ala Hilda Ikka.



Yang kedua, aku jatuh hati ama Asoka Canvas Creme. Flatshoes berwarna krem-cokelat susu beraksen tenun ini terkesan sederhana dengan pita sebagai pemanisnya. Cocok dipadukan dengan outfit kalem untuk tampil bergaya feminim. Contohnya di OOTD satu ini.


Selain itu, faktor kenyamanan juga jadi alasanku buat memfavoritkan produk ini. Selain desainnya yang ergonomis sehingga gak bikin kaki cepet ngerasa pegel, sepatu ini sama sekali gak bikin kaki lecet meski gak pake kaos kaki. Ini penting banget sih dalam hidupku mengingat aku nggak melulu rajin pake kaos kaki. :3




Betewe, Arcadia Treasure menyediakan ukuran sepatu sampai nomer 42 lho. Kabar gembira untuk cewek-cewek berkaki segede gaban nih, yang seringkali kesusahan nyari sepatu idaman.

Hmmm, kalo ada produk lokal bermutu kayak gini, masih demen berpaling ke barang KW lagi? *lirik Mbak Rey dan Babang Pablo*

Oiya, kalo mau lihat koleksi Arcadia Treasure yang lebih lengkap sekaligus ngecek stok yang tersedia ato bahkan belanja produknya, cuss ke www.facebook.com/arcadiatreasure . Sekalian go follow IG @arcadiatreasure untuk jadi yang pertama tau update koleksi terbaru dan info diskonan atau giveaway dadakan buat dapetin sepatu gratis.

*kalo mauuuu 😜

Udah ya, aku mau lanjut ngeksis bareng Arcadia Treasure nih. Babayyy~

Cekrik,
-Hilda Ikka-

16 comments

  1. Aku suka sandal yang tepleknya,merah menyala,warna kedua favorit.

    ReplyDelete
  2. Sepatunya lucuuuuu.... btw... tentang pablo putera benoa itu saya dengar sekilas kemarin dan saya kira itu salah satu objek wisata karena yg ngomongin itu baru pulang liburan. Kudet banget saya :D

    ReplyDelete
  3. iya Mba Ikaa, di pasar-pasar emang banyak banget barang KW. selain pakaian, yang paling banyak KW-nya itu dompet, tas dan sepatu :(

    ReplyDelete
  4. Aku produk lokal aja deh, gk kalah tsakep koq, tuh buktinya sepatu2 yg dikau pakai mbk cakep2

    ReplyDelete
  5. Aku lebih suka pake barang buatan lokal aja lah, hehe

    ReplyDelete
  6. Suka barang buatan lokal..sepatunya cantik

    ReplyDelete
  7. Aku pernah 'terperangkap' di suatu pameran barang branded. Semua yang ada disitu pakai barang branded dan kalo pake KWnya pasti langsung ketahuan. Beruntung aku pakai tas dan sepatu merk lokal, yang walaupun harganya cuma ratusan ribu tapi bukan KW. Kebayang kan kalo pas kesitu pakai yang KW.

    ReplyDelete
  8. Saya sih yesss ya produk lokal asli, unbranded juga ngga apa-apa. Nggak deh kalo pake barang KW, malu aja gitu, hehehe.

    ReplyDelete
  9. Aku selalu yes sama produk indonesia!
    Warnanya cantik dan simple ya, unyu unyu kek yang make. :*

    ReplyDelete
  10. Pernah juga khilaf pakai produk KW waktu dulu. Sekarang gak lagi. Malu atuhlah. Hehehe. Mending pakai produk aslinya aja :D :D
    Sekarang banyak produk lokal yang bagus-bagus, termasuk Arcadia ini. Akupun pakai sepatu wedges merek ini.

    ReplyDelete
  11. Jaman dulu pernah sih pake barang kw. Soalnya ga ngerti kalo itu sbnrnya ada merek aslinya hahaha.

    Sekarang mending pake unbranded atau cari yang harganya terjangkau aja.

    ReplyDelete
  12. Dlu gk paham jd smpy beli brg KW. Tp kok lama2 malu sendiri pake brg KW, wakaka. Mending beli merk lokal, bnyk kok yg keren n berkualitas

    ReplyDelete
  13. sepakat sama Lia, mending unbranded. soalnya malu kan, kalau pake KW...secara sekarang orang2 udah pada ngeh mana KW mana engga. lagian, kalau aku pakai Nike ori pun mungkin dikira KW wkkwkw...blm pantes

    ReplyDelete
  14. Haiyaaa sapa lagi itu rey pablo wkwkwkw.. Aku kudet bgt yak -_-..

    Kalo soal barang, aku jelas bakal memilih lokal drpd KW. Duuh kalo ketangkap pake KW malunya itu ga tau deh sampe mana :p amit amit jgn sampe. Mendingan beli lokal, tapi ori , drpd palsu yeee kaaan :D.

    ReplyDelete
  15. Pernah beli sepatu conpers KW, saking putus asa'nya krn yg nomor 35 udah gk diproduksi apa gmn gt.
    Ubek2 olshop, kata penjualnya bener uk35. Eeeh begitu barang dtg...yaaa tetep aja gk cukup. Bokis lah pasti tu uk'nya 36 tp dibilang 35, mana kualitasnya juauuuuh dr ori.

    Alhasil gk prnh kepake, hibahin ke yg lbh butuhin aja drpd kesel ngeliat ditumpukan sepatu gk kepake *sigh* balada kaki liliput :))))

    ReplyDelete
  16. Setuju banget.. pakai produk branded tapi KW mah maksa banget jadi social climber. Seharusnya masyarakat sadar ya dengan membeli produk original itu sama halnya kita mendukung karya pemilik brand, bentuk apresiasi dari jerih payah dan keringat mereka. Buat gw dengan membeli barang KW sama aja kita mendukung sesuatu yang curang dan ga benar, dosa! Mau kasi duid ke pencuri ? Kalau ga sanggup beli sebaiknya beli produk brand yang sesuai kemampuan finansial aja :) Nice posting btw.

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Tinggalkan komentar yang baik dan sopan ya. Maaf untuk link hidup akan otomatis terhapus. :)

I love to read all comments from you all, but sorry if I can't answer all. :)

Sexy Red Lips