#PercayaNggakPercaya : Anak Indigo

#PercayaNggakPercaya : Anak Indigo

Belakangan ini, film horor Indonesia yang berjudul "Danur" sedang ramai diperbincangkan publik. Bukan.. bukan karena adegan syur. Justru film Danur ini sedang berupaya mengembalikan citra positif industri perfilman horor di Indonesia. Hmm, terus apa dong yang bikin heboh?

Karena... film ini dibuat berdasarkan kisah nyata seorang gadis indigo yang berteman dengan 5 makhluk astral sejak masa kanak-kanak. Apalagi jauh sebelum film ini diproduksi, gadis indigo yang bernama Risa Saraswati ini udah duluan menerbitkan buku yang berjudul sama.


Buat kamu yang belum mengerti, istilah indigo ini digunakan untuk menyebut seseorang yang terlahir dengan bakat 'spesial'. Spesial ini maksudnya nggak lazim dimiliki oleh manusia pada umumnya. Bakat ini bisa berupa kemampuan berkomunikasi dengan makhluk halus, melihat masa depan, mengetahui sifat/latar belakang seseorang tanpa pernah bertemu sebelumnya, dan lain-lain.

Kalo dulu sih istilah populernya indera keenam. Jadi inget pernah dibikin sinetronnya dan yang berperan adalah Joshua. *duh ketauan tuwirnya wkwk* Lalu mengapa kini lebih dikenal dengan sebutan indigo? Rupanya mengacu dengan aura tubuh si anak yang berwarna nila (indigo).


Jujur aku tuh skeptis dan apatis sebenernya dengan hal-hal beginian. Nggak pernah mau tau ato pun ambil pusing. Mungkin selamanya akan terus begitu kalo aku nggak bertemu dengan Lolita (bukan nama sebenarnya) di tempat magang ADi TV Jogja.

Yap, Lolita ini rupanya anak indigo. Berkat Lolita ini aku jadi paham definisi 'anak indigo' seperti yang udah aku urai di atas. Nah, bakat yang dimiliki oleh Lolita ini bisa mengetahui latar belakang/kehidupan seseorang dengan melihat garis tangan.

Pas pertama kenalan, aku dan Lolita emang belum ngobrol banyak. Palingan cuma ngomongin seputar kegiatan magang, nggak sampe masuk ke ranah personal. Gatau kenapa, dia tiba-tiba membeberkan 'kemampuannya'. Trus dia nawarin buat 'membaca' kehidupanku. Hmm, leh uga. Jelas aku mau lah, sekalian ngetes ini dia beneran apa ngibul doang. LOL

Selang beberapa detik kemudian, 'gambaran' yang ia dapat tentang aku kurang lebih begini:

- Ika ini orangnya pinter, ya pinter lah pokoknya di suatu bidang.
- Imajinasinya luas.
- Punya banyak hal yang ingin dicapai, ini-itu banyak sekali sampai bingung.
- Suka nyobain hal baru.
- Lebih dewasa dari usiaku (Lolita).
- Cowoknya pendiam, Ika yang lebih banyak ngomongnya.
- Sering tengkar sewaktu pacaran.
- Lebih nyaman saat sepi.
- Di keluarga paling nurut/takut sama ayah.
- Suka menyendiri, gak berani membantah.
- Kalo klop sama orang langsung nyaman. Trus bisa cerita-cerita personal sendiri.
- Tapi sekalinya nggak sreg ama seseorang, pilih menghindar atau diem aja.
- Di kampus nggak punya banyak temen, karena merasa nggak cocok.

(Yes, hasil 'unjuk kemampuan' Lolita ini langsung kucatat di buku waktu itu, sebagai kenang-kenangan LOL)

Serius, detik aku beneran terperangah. Kok bisa ya dia tau kehidupan personalku kayak soal keluarga, kampus, bahkan pacar yang semuanya nggak aku ceritain ke Lolita. Yahhh 80% akurat lah, karena sisanya terkesan general. Berarti gak ngibul lah dia.


Lolita bilang, bakat yang dimiliki anak indigo itu bisa berangsur-angsur hilang kalau nggak dilatih. Dulunya dia juga punya kemampuan lain, bisa melihat kejadian beberapa menit ke depan. Cuma dia nggak berminat karena sering dapet 'penglihatan' yang nggak enak. Yaudah akhirnya kemampuan itu hilang begitu aja.

Selanjutnya, ganti Lolita yang bercerita tentang kehidupannya. Dia mengaku susah menjalin hubungan dengan lawan jenis gara-gara kemampuan 'melihat'-nya. Jadi sekalinya dia tau ada hal nggak sreg, langsung mundur. Etapi kalo Lolita punya perasaan dengan orang itu, baru deh 'kemampuan'-nya nggak berfungsi. Hiyaaa, ada-ada aja.

Selain Lolita, aku belum kenal anak indigo lainnya. Tapi, Muffin cerita kalo dia dulunya anak indigo berdasar pengakuan gurunya yang punya kemampuan spiritual. Gurunya bilang kalo Muffin sebenernya punya kemampuan 'memindahkan energi' (?). Entah apa maksudnya aku ya nggak paham wkwk. Lha wong Muffin sendiri aslinya ya nggak tau! Selain itu, Muffin dulunya juga lumayan sensitif dengan kehadiran lelembut.

Sekarang gimana? Nggak gimana-gimana karena Muffin minta gurunya buat nutup kemampuannya. :v

Trus aku jadi kepikiran, gimana nanti kalo anakku indigo? Takut nggak bisa mengasuh dengan benar karena anak indigo punya kebutuhan khusus.

Kalo kamu pengen kepo lebih lanjut, bisa main-main ke channel Youtube-nya Filo Sebastian. Dia sering cerita pengalamannya sebagai anak indigo. Sewaktu SMA, dia nggak bisa tidur di malam hari karena selalu diganggu oleh lelembut. Jadinya pas sekolah dia ngantuk berat dan dicap pemalas oleh guru-guru. Masa SMA-nya terkesan suram akibat 'kemampuan'-nya itu.



Kebutuhan khusus itu ya yang semacam itu maksudnya, beda dengan kebutuhan anak-anak difabel ya.

Well, kalo mendengar kisah mereka (para anak indigo) aku jadi bersyukur terlahir dalam keadaan 'normal'. Gila aja kalo bayangin posisinya Risa Saraswati yang sering didatengin makhluk halus dengan beragam wujud yang gak karuan. Ato dapet penglihatan masa depan yang bisa jadi menyakitkan untuk aku tau lebih dulu.

Kalo kamu, percaya nggak sih dengan eksistensi dan keistimewaan 'anak indigo'? Ato malah kamu punya pengalaman menarik dengan anak indigo? Ceritain di kolom komentar yuk, aku pengen tau!

Salam horor.
-Hilda Ikka-

22 comments

  1. Percaya sih ada indera ke-6 ini, tapi baiknya dicuekkin aja. Daripada malah "dipiara" sampe gede kan berabe, karna mereka kan udah beda alam, yang secara agama itu semua hanyalah perwujudan dari syaitan dan jin.
    Ditambah lagi, menurutku sesuatu yg gaib itu mutlak milikNya, apalagi sampai bisa tau kejadian ke depan. Wallahu'alam #imho

    ReplyDelete
  2. Pembahasane mbak ika iki mesti mantep kok.
    Aku sih percaya banget. Keluargaku banyak yang indigo. Salah satu pakdheku sering diminta orang ngusir lelembut. Mamaku pun indigo, tapi lama2 ilang gara2 ga dilatih kaya kata temenmu tadi mbak.
    Eh tapi kalo kamu sering gumbul sama anak indigo, kalo km aslinya punya indera keenam isok aktif pelan-pelan lo. Klo ga punya sih fine-fine ae XD

    gadzotica.com

    ReplyDelete
  3. anaknya temenku, bisa lihat hantu dan emaknya malah ketakutan
    suka bicara sendiri... hehe
    tapi kalau anaknya temennya temenku yang katanya juga indigo, habis lihat hantu terus panas, yaudah ke orang pinter minta ditutup kemampuannya

    ReplyDelete
  4. Aduh aku paling ngeri nih kalau ada yang bisa lihat, takut diceritain macem2. Karena aku takut lihat makhluk halus wkwkkwkw

    Aku sih percaya ada yg punya bakat indigo ini dan bagiku mereka keren

    ReplyDelete
  5. Adikku dl juga sensitif. Aq lebih cuek tp pernah liat yg samar. Dan pengalaman paling ga asik adalah diikutin. Ga ngerti nempel dari mana

    ReplyDelete
  6. Menarik nih bahasannya tentang anak indigo. Aku selalu tertarik dengan hal-hal yang seperti ini meskipun Alhamdulillahnya aku terlahir juga 'normal'
    Katanya indigo ini menurun ya?

    ReplyDelete
  7. Keluarganya suamiku pada bisa liat gituan. Pernah kdg klo ngumpul gitu, pada ngomongin 'penghuni' sini sono.

    ReplyDelete
  8. aku antara percaya dan nggak mbak,tapi aku pernah punya teman yang suka cerita sendiri. Dia cerita asik banget seolah-olah sedang cerita sama 'teman'nya yang lain. Alhamdulillah aku juga terlahir 'normal'.

    ReplyDelete
  9. Aku percaya hahaa... Soalnya dulu aku pernah baca pikiran orang. Wkwk. Pas smp-sma. Skrg masih sih kadang2. Tp gak tajam. Dan sering salah juga. Jadi kalo ada pikiran yg kebaca aku gak berani pastiin itu pikiran yg sedang kubaca.
    Tapi kalo liat hantu enggak. Ngerasain iya dikit. Pernah liat sekali. :3

    ReplyDelete
  10. Jadi ingat muridku pas TK Mbak. Ada yg bisa lihat gituan. Pas di kelas teriak ada sesuatu di atap sekolah. Ngeriiii.

    ReplyDelete
  11. percaya-percaya aja sih kalo aku hehe, oiya itu menurutku si mba Risa saraswati keren loh sekarang kemampuan uniknya malah jadi penghasilan yg menggiurkan :D

    ReplyDelete
  12. aku percaya, sepupuku gitu soalnya. sekarang dia maish 3 atau 4 tahun gt. tapi bisa lihat makhluk macem-macem termausk ngobrol. kadang dia asik sama dunianya, lalu benci sama orang2 di rumah. kemampuan bicaranya jg terlalu cepat menurutku

    ReplyDelete
  13. Temenku dulu juga punya kemampuan mirip2 gini mb..bisa komunikasi, bisa liat, bhkan bisa tau msa depan. Tapi jadinya malah kayak orang kepribadian ganda gitu..kadang jd tiba2 aneh. Katanya kemampuan itu turunan dr kakeknya

    ReplyDelete
  14. Ga pengen pubya kemampuan begitu.. Serem.. Tp kdg kalo aku lg ke tempat2 yg punya sejarah kelam ya mba, kayak waktu ke killing field di kamboja, trs museum forensik yg penuh mayat2 yang diawetkan, ato di museum bom atom hiroshima, aku penasaran tuh, apa di situ ada banyak makhluk2 gentayangan ga yaaa.. Dan kenapa... Tp cm sekedar penasaran gitu. Ga pengen samasrkali ngeliat :p. Bisa pingsan aku...

    ReplyDelete
  15. Hmmm maaf baca komen di atas pada menyimpulkan anak indigo itu bisa melihat makhluk halus. Okay memang benar, tapi mengatakan satu anak itu indigo bukan hanya dari satu faktor itu saja :D
    Jadi, kalau ada tetangga anaknya bisa melihat lelembut bukan berarti indigo..

    Anak indigo itu kepintarannya di atas rata-rata, ini sejak kecil loh. Kemampuan indigo itu memang mesti dilatih. Kayak temanku dilatih, dia bisa lihat aura, bisa baca tarot. Dari obrolan dengan teman memang benar kalau nggak dilatih ya bakal hilang.

    Saya percaya dengan adanya anak Indigo. O ya sekarang ada lagi namanya anak kristal. Anak indigo itu 'sudah habis' kelahirannya.

    ReplyDelete
  16. yg saya tau memiliki kemampuan ini keturunan
    dan kadang suka bertanya2..apa bener ketika bs melihat masa depan dan ada pandangan masa depan yg tdk mengenakan bisa dicegah

    ReplyDelete
  17. Percaya. Percayanya ya kan jin memang sama2 makhluk ciptaan Allah. Tapi gak mau ah bisa lihat yang begitu. Serem. Dulu, alm. Bapak bisa lihat makhluk halus. Kalo ke mana2, selalu bisa ngerasain kehadiran mereka. Malah dia punya temen. Semacam jin ular. Katanya dulu temennya itu jahil banget. Sering muncul dan nakut2in. Tp belakang jadi baik. Taat dan soleh. Bapak juga bisa lihat masa lalu dan masa depan. Tapi alm. Bapak gak suka dgn itu. PMungkin kalo skrg, alm. Bapak termasuk indigo kali ya.

    ReplyDelete
  18. aku jd inget cerita kaka ipar klo teman baiknya punya anak yg bisa liat akhirnya sbg ibu yg ga siap dg anak yg bisa liat mahluk halus stress sendiri sampe 3 bln minta pisah dulu sama anaknya. dy nguatin mental n skrg uda terbiasa deh

    ReplyDelete
  19. Percaya mb soalnya keponakan aku sendiri sering ngeliat yang begituan sampe pas dirumah ku pernah teriak nangis kejer cuma minta di tutup pintu nya, jd merinding disko pas dia nangis teriak kejer gitu. Pembahasannya selalu menarik ih sukaaaaaa.

    ReplyDelete
  20. Temen sebangkuku juga indigo, dan yaaaaa banyak cerita lah mulai dari melihat atau gambaran gitu hihi

    ReplyDelete
  21. Anakku indigo mbak, dia istimewa banget pokoknya hihi

    ReplyDelete
  22. Teman saya juga indigo, bila diajak lewat jalanan yang dekat dengan hutan sering teriak teriak sendiri. Jadi ikut takut

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Tinggalkan komentar yang baik dan sopan ya. Maaf untuk link hidup akan otomatis terhapus. :)

I love to read all comments from you all, but sorry if I can't answer all. :)

Sexy Red Lips