Bikin Yuk: Homemade Ice Cream (Super Mudah dan Simple)

Resep Homemade Ice Cream Super Mudah dan Simple

Es krim! Siapa sih yang gak suka es krim? Ternyata kita bisa banget loh bikin es krim sendiri di rumah. Cuma pake 2 bahan utama dan caranya gampang pula. Yummy deh, hasilnya gak kalah ama es krim yang biasa kita beli di luaran sana. 😍

Mungkin aku gak bakal pernah tau cara bikin es krim segampang ini andaikan gak punya sisa whipped cream. Yep, di postingan sebelumnya aku cerita tentang bikin birthday party di rumah kan? Aku bilang kalo aku bikin kue sendiri, yaitu No Bake Oreo Cheese Cake yang mana bahan dasar utamanya ya whipped cream.

Eh pas belanja bahan, aku malah beli whipped cream 1 liter. Padahal cheese cake butuhnya cuma setengah liter. Habis harga whipped cream seliter ama 1/2 liter gak jauh beda sih. Yaudah aku beli seliter aja huaha.

Di rumah baru baca kemasannya (TOLONG!) dan ternyata whipped cream cuma bertahan 3 hari di kulkas sejak kemasannya dibuka. Hiyaaa, kelar party langsung bingung cari resep buat ngemanfaatin sisa whipped cream ini.

Ubek-ubek Youtube, nyangsang deh ke video-nya Gemma Stafford. Dia punya resep es krim dengan 2 bahan dasar aja! WHATTT?

Thanks to Gemma Stafford yang sudah menciptakan resep ini di www.BiggerBolderBaking.com . Yes I'm re-writing this recipe in Bahasa, dengan bahasaku sendiri tentunya. Habis, ada temenku yang pengen nyoba bikin tapi gak paham baca resepnya Gemma dalam bahasa Inggris. 😐 Yasudahlah aku bikin postingan ini. Toh nggak ada ruginya. 😃

*

HOMEMADE ICE CREAM (Es Krim Rumahan Praktis dan Enak)

Bahan++
500 ml Whipped Cream, dalam keadaan dingin (suhu kulkas)
400 ml SKM (susu kental manis), dalam keadaan dingin (suhu kulkas)
1 sdm vanilla extract

Varian rasa:
Biskuit Oreo yang sudah ditumbuk kasar
Drink powder aneka rasa (aku pakai cotton candy dan apukat)

Cara Membuat:
1. Simpan mangkok/baskom/wadah untuk whipped cream beserta alat pengocoknya di kulkas. Ini berdasarkan penuturan para baker, whipped cream baiknya dikocok dalam keadaan serba dingin. Atau akan lebih bagus kalo siapkan wadah berisi es batu di bawah wadah/mangkok untuk mengocok whipped cream. Intinya sebisa mungkin whipped cream selama diolah dalam keadaan dingin.

2. Untuk menyimpan susu kental manis di kulkas, usahakan sudah dalam kondisi terbuka sehingga ketika dituangin ke whipped cream jadi gampang. Apalagi kemasan kaleng, kalo dibuka dulu keburu gak dingin nanti.

3. Sekarang, siapkan wadah lalu tuang whipped cream dan mixer dengan kecepatan rendah. Bertahap ke kecepatan medium. Mixer sampai adonan yang tadinya encer berubah jadi mengental seperti krim. Proses ini memakan waktu kira-kira 3 sampai 5 menit.

4. Pastikan kekentalan krim sebagai berikut: ketika alat pengocok diangkat, krim tidak menetes-netes seperti air. Konsistensinya cukup padat ketika melekat di alat pengocok. Dalam hal ini istilahnya, "Stiff Peaks".

Kira-kira Stiff Peaks itu seperti ini.
Gambar pinjam dari bestrecipebox.com

5. Masukkan susu kental manis dan vanilla extract. Mixer kembali dengan kecepatan rendah ke medium, sebentar saja sampai adonan rata seluruhnya. Jangan terlampau lama karena takutnya over-whipped.

6. Kalau sudah, tinggal berkreasi menciptakan rasa yang diinginkan! Bagi adonan ke wadah berbeda dan ciptakan varian rasa. Dicampur remah-remah oreo aja udah enak kok! Kebetulan aku punya drink powder rasa cotton candy dan apukat, jadi bisa bikin 3 varian rasa. Hihi.

7. Terakhir simpan di wadah cup lalu taruh di freezer. Tunggu sampai beku. Lalu selamat menikmati! Tekstur es krimnya mirip es krim yang biasa dijual loh!


Gimana, gampang banget kan?

Walau harus aku akui, bahan-bahan ini mungkin sulit didapat di beberapa kota. Buat yang tinggal di Gresik atau Surabaya, kamu bisa beli bahannya di TOBAKU. Itu toko bahan kue yang modern, cukup lengkap dan terjangkau buatku. Untuk kota lain, coba aja cari toko bahan kue yang dirasa paling gede dan lengkap ya.

Aniwei buat kamu yang juga pengguna aplikasi Cookpad, kamu bisa cookmark resep ini di profilku lho. Search aja di Cookpad: Ice Cream 2 Bahan Aja.

Belum tau apa itu Cookpad? Baca: Review Aplikasi Cookpad, Aplikasi Resep Andalan Sejuta Umat

Untuk resep inspirasi lainnya, kamu bisa cek di label postingan AYO MASAK.

Jadi... kira-kira kamu bakal praktikin resep Homemade Ice Cream ini gak? Kalo iya, share dong di Instagram dan mention aku di @newHildaIkka ! Kutunggu foto-foto es krimnya yaak~

Nom nom,
-Hilda Ikka-

14 comments

  1. Waaah pakai whipped cream ya? Punya resep yg pakai susu murni nggak. Bingung euy, supply dr mertua jalan terus sementara kami sdg diet banget. Kalau nggak diolah mudah basi. Malah curhat. Sorry ya :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi curhat ya sah-sah aja to Mak Lusiii 😁 Coba dibikin silky pudding pake resepnya Yuda Bustara di Youtube. Dijamin enak banget 😍😍

      Delete
  2. aku suka buat juga..lebih mirip mousse tapi sama enaknya ehehehe

    ReplyDelete
  3. ingin bikin yang beginian, tapi anak kosan gak punya kulkas :(

    ReplyDelete
  4. Wah wah kalau Salfa dibuatkan begini bakalan minta setiap hari deh, Tante.
    Kapan-kapan dibikinin tante Ika ya, hehe

    ReplyDelete
  5. Aku mau cobaaaaa :D. Anakku nih yg seneng bgt kalo udh eskrim2an. Trnyata gampang bgt yaak hihihi, baru tau... Lumayan hemat banyak drpd beli walls yang gede tiap bulan mba :p

    ReplyDelete
  6. Langsung ku share di fb biar ntar kalo praktek cuss gampang nyari link nya. Thank you ya ikaaaa

    ReplyDelete
  7. wahhh boleh deh coba bikinn ini mungkin pas anak2 bobo kali ya biar ga ada gangguin huheehe, nanti pas udah jadi baru kasih ke mereka pasti happy banget

    ReplyDelete
  8. Aku pertama kali bikin esgrim juga resepnya gini,cuma aku g pake vanila. Gampang dan lembut ya,pasti jadi xixixi....
    jadi pingin bikin lagi

    ReplyDelete
  9. Ternyata bikinnya gak sesusah yang aku bayangkan ya mbaak

    ReplyDelete
  10. Ikaaaa ya ampyuuunnn kamu hebring banget dek!:
    Thanks for sharing yak.
    Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
  11. Duhhhhh makasih Kak Ika udah dibikinin resepnyaaaaa dari kemaren mupeng pas kamu share di ig :3

    ReplyDelete
  12. ada matakuliahnya nih dulu, tapi malah belum pernah nyoba sendiri

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Tinggalkan komentar yang baik dan sopan ya. Maaf untuk link hidup akan otomatis terhapus. :)

I love to read all comments from you all, but sorry if I can't answer all. :)

Sexy Red Lips