Ulasan Interactive Talkshow Prenagen Pregnancy Educational Journey 2017

Ulasan Interactive Talkshow Prenagen Pregnancy Educational Journey 2017

Post ini merupakan sambungan dari event report PPEJ 2017 pada postingan sebelumnya.
Klik 'Cara Asyik Belajar Mempersiapkan dan Merawat Buah Hati di PPEJ 2017' untuk membaca.
*

Dampak Penting Kesehatan Plasenta untuk Perjalanan Hidup si Kecil oleh dr. Boy Abidin, SpOG

Siapa yang masih inget di post sebelumnya ada pertanyaan yang belum terjawab?
Pertanyaan: Apa benar minum air es dapat menyebabkan janin berukuran besar?

Jawaban dari dr. Boy adalah,
"Bukan air es yang memengaruhi besarnya bayi. Melainkan zat gula yang terdapat dalam minuman itu. Jadi kalo minum air putih dingin/es ya nggak masalah.

Lanjut ngomongin plasenta nih.

Apa itu plasenta?

Plasenta selama ini kita kenal dengan sebutan ari-ari. Plasenta menghubungkan nutrisi, oksigen, perasaan, dan apaaa saja antara ibu dan janin. Secara tidak langsung, plasenta merupakan media komunikasi antara ibu dan si kecil.

Plasenta terbentuk pada usia kehamilan 8 - 12 minggu. Perannya sangat penting untuk membawa zat nutrisi dan oksigen ke janin serta membuang zat beracun.

Mengapa kesehatan plasenta perlu diperhatikan? Karena bila plasenta terganggu, dampaknya berupa pre-eclampsia, diabetes, bayi lahir prematur, hingga berakibat pada kematian janin.

Salah satu cara menjaga kesehatan plasenta adalah dengan memperhatikan asupan gizi yang dikonsumsi ibu hamil.

"You are what your mother eats."

Penuhi kebutuhan nutrisi lengkap dari makro sampai mikro nutrisi.
Makro nutrisi: karbohidrat, protein, lemak, dst.
Mikro nutrisi: asam folat, kalsium, magnesium, dst.

Lalu untuk kenaikan BB ibu hamil, idealnya 10 -15 kg.
Lah kalo udah terlanjur overweight gimana?
Ya harus pilah-pilah dalam mengonsumsi. Jangan banyak makan/minum mengandung gula, hindari makan gorengan, dll.

Terakhir, sekali lagi terus penuhi tingkat kecukupan energi dan protein, ya.
Ibu hamil perlu susu khusus untuk ibu hamil ya, tidak bisa digantikan dengan susu suplemen biasa.
Kenapa?

Karena susu khusus ibu hamil memiliki kandungan asam folat, kalsium, magnesium, dan mikro nutrisi lain yang lebih banyak.


Pengaruh Nutrisi terhadap Pembentukan Sistem Saraf & Redflag si Kecil bersama dr. Herbowo AF, SpA (K)

Nutrisi ibu sesungguhnya berdampak pada 1000 hari pertama kehidupan si kecil.
Terlebih 6 bulan pertama, bayi dianjurkan untuk minum ASI saja. Tentu apa yang dikonsumsi oleh ibu mempengaruhi kualitas ASI.

Ngomong-ngomong soal redflag, ada yang tau itu apa?

Ya, redflag adalah batas yang harus dicapai anak tiap stage.

Misal pada usia 6 bulan bayi harus sudah bisa membalas senyum. Bila redflag tersebut belum dicapai, tentu ada yang tidak beres dan harus segera dikonsultasikan dengan dokter.

Nah untuk mengetahui ada tidaknya gangguan pada sistem saraf, biasanya tercermin pada penampakan fisiknya. Namun ada beberapa penampakan fisik bayi baru lahir yang seringkali dikira tidak normal. Padahal sebenarnya normal. Kondisi ini biasa disebut dengan istilah 'Kelainan Normal'.

Contoh kasus kelainan normal:

Vernix Caseosa (adanya lemak yang yang menempel di tubuh bayi)
Mongolian Spot (tampak lebam)
Baby acne
Kaput
Sefialhematoma

Sementara itu, kondisi fisik yang harus dipantau ketika bayi lahir:

Berat badan
Tinggi badan
Ini juga penting, LINGKAR KEPALA.

Ada apa dengan lingkar kepala?
Karena kepala kan tempat bersemayamnya otak. Secara tidak langsung dengan mengetahui lingkar kepala, kita bisa mengira-ngira ukuran otak anak. Terlalu besar/kecil tentu tidak bagus. Istilahnya, makrosefali atau mikrosefali.

"Jika lingkar kepala lebih besar disebut makrosefali. Biasanya disebabkan karena adanya cairan dalam otak yang berlebihan atau hydrocephalus," jelas dr Meta Hanindita, SpA dari RSUD Dr Soetomo Surabaya (health.detik.com)

"Mikrosefali adalah kondisi medis di mana lingkar kepala lebih kecil dari kondisi normal karena otak tidak berkembang dengan baik di dalam rahim atau berhenti tumbuh ketika lahir. Kondisi ini bisa disebabkan faktor genetis atau lingkungan. Kebanyakan anak yang menderita penyakit ini akan mengalami masalah pertumbuhan." (id.theasianparent.com)

Ada audiens yang bertanya, apakah kondisi psikis bayi bisa dipantau sejak dalam kandungan?

Sayangnya tidak. Yang bisa dipantau hanya kondisi fisik. Namun ya itu tadi, kondisi psikis kadangkala diwakili oleh kondisi fisik. Contohnya pengidap cerebral palsy, jari jemarinya amat kaku.

Terakhir, jangan lupa untuk memberi nutrisi stimulasi juga. Jangan malas/capek mengajak si kecil berinteraksi.

Semoga kita semua dianugerahi anak-anak yang sehat dan cerdas ya buibu pakbapak. ^^


Salam Prenagen,
-HildaIkka-

3 comments

  1. Dari dulu pingin banget ikut seminar2 kayak gini,dapet ilmu banyak....
    makasih mbk ulasannya^^

    ReplyDelete
  2. Iyah banyak yg salah kaprah ngira kalao minm es bisa bikin bayi gede. Padahal kan dari gulanya... Penting bgt edukasi macam gini

    ReplyDelete
  3. wahh mbak ika udah ikut event prenagen,, hehehe goodluck promilnya,, semoga sehat2 selaluu

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Tinggalkan komentar yang baik dan sopan ya. Maaf untuk link hidup akan otomatis terhapus. :)

I love to read all comments from you all, but sorry if I can't answer all. :)

Sexy Red Lips