Tips Merawat Tas Rajut Kesayangan supaya Awet

Tips Merawat Tas Rajut Kesayangan supaya Awet

Gini-gini aku punya keterampilan merajut loh. Yah walau nggak expert (baca pola pun gak mudeng), bisa lah dikit-dikit. Skill ini aku dapetin jaman nyantri dulu, gara-gara ustadzahku ada yang pinter ngerajut. Beliau pinter bikin tas rajut, topi klupuk, sampe aksesoris macam bros bunga-bunga rajutan yang hits pada zamannya. Hasilnya cakep bener.

Awalnya aku nggak kepikiran sama sekali buat menekuni hobi merajut. Saking banyak temen sekamarku yang latah dan bawa buntelan benang ke mana-mana, jadilah iseng belajar. Susah emang pada awalnya, tapi aku merasa tertantang ampe bisa. Akhirnya aku mulai bikin bros-bros lucu, wadah hape, sampe pouch alat tulis. Bahkan tas selempang mini pun pernah.

Nah, tas selempang rajut itu sering banget aku pake sampe akhirnya kotor dan keliatan lusuh. Berhubung gatau cara bersihin yang bener, asal aku cuci dan jemur aja. Eh malah ngerusak tekstur benangnya dan bikin banyak serabutnya. Halaaaah, ujung-ujungnya gak pernah aku pake lagi trus gatau deh di mana wujud ya sekarang. :(

Trus baru-baru ini aku kangen ngerajut dan pengen banget bikin tas, gara-gara nemu inspirasi tas rajut lucu-lucu di Pinterest. Nih, siapa yang gak mupeng coba?




[All credits: Pinterest]

Lagian, menurutku tas rajut itu pesonanya unik. Dia gayanya casual dan nggak pasaran. Iyalah namanya juga handmade, pasti terbatas banget produksinya. Trus kalo kita udah expert nih, hisa bikin tas rajut yang modelnya lucu-lucu. Dan yang pasti gak bakal ada yang nyamain karena kan buatan tangan sendiri mwehehe.

So, aku pun berniat untuk bikin tas rajut walau kemungkinan besar kelarnya setahun kemudian LOL. Sebelum bikin, ada baiknya aku cari-cari info cara merawat tas rajut biar nasibnya gak kayak tas rajutku dulu. Barangkali manteman ada yang membutuhkan info ini, lumayan kan aku rangkumin. Ato mo nambahin juga boleh, ntar tulis ya di kolom komentar.

1. Bila ada helaian benang yang mbrodhol atau mencuat keluar gak jelas sehingga membuat penampilan tas tidak rapi, jangan panik. Gunting benang yang mengganggu, lalu bakar sebentar ujungnya dengan api. Intinya dibakar untuk mematikan serat benang supaya tidak mbrodhol lagi.

2. Jangan keseringan mencuci tas rajut. Jadi tunggu sampe benar-benar kotor, baru dicuci. Soalnya kalo keseringan divuci bakal ngerusak serat benang dan bikin warnanya cepat memudar.

3. Usahakan cuci tas rajut menggunakan tangan. Atau kalo pake mesin cuci ya pilih yang mode hand wash. Karena kecepatan mesin cuci ditakutkan merusak susunan benang atau elemen-elemen yang gampang copot.


4. Gunakan detergen yang soft (cair/gel). Rendam tas rajut dalam air berdetergen tadi maksimal sampai 30 menit. Kemudian kucek perlahan. Bila terdapat noda yang membandel, bersihkan pakai sikat gigi lembut. Setelah selesai, bilas sampai bersih.

5. Jangan memeras tas rajut terlalu kuat. Gentle aja.

6. Jangan dijemur langsung di bawah terik panas matahari. Soalnya ditakutkan dapat merusak tekstur benang dan bikin warna memudar. Jemur di tempat teduh yang banyak supply angin. Bisa pakai tenaga tambahan seperti kipas angin kalo mau cepat kering.

7. Oiya, jangan digantung pake hanger ya. Karena berpotensi merusak bentuk atau bikin tasnya molor. Kita bisa memanfaatkan wire rack atau benda yang bentuknya semacam ini.

8. Jangan sekali-sekali menyetrika tas rajut! Yakali, dijemur di bawah sinar matahari aja gaboleh apalagi disetrika.

9. Simpan tas rajut bersama kapur barus supaya terhindar dari bau tidak sedap. Kasih silica gel pula biar menyerap kelembapan di sekitar tas. Males banget kan kalo tas kita jamuran, makanya wajib nih.


Well, doakan lah ya semoga tekad untuk menyelesaikan sebuah tas rajut ini nggak berhenti di tengah jalan. Kan sayang banget. Tapi aku anaknya kalo capek sukanya mutung gitu huhuhuahaha. Yaudalah kalo capek dan gak sabar, tinggal beli tas rajut cantik di sini aja!

Kalo kamu, suka pake tas rajut gak? Ato naksir tas rajut tapi gatau cara ngerawatnya? Nah semoga tips ini bermanfaat untuk kalian yah.

Much love,
-Hilda Ikka-

Referensi:
http://naylacraftrajut.blogspot.co.id/p/tips-merawat-rajutan.html
http://kaaybags.com/cara-merawat-tas-rajut/

Sumber Gambar:
Header: https://i.pinimg.com/564x/38/9f/cd/389fcdaae1ed7bbabc0ede7e20d442d4.jpg
Pinterest.com

1 comment

  1. Biasanya urusan cuci mencuci tas kuserahkan pada laundry aja :)))))
    Kecuali kalo rajinnya lagi kumat, baru deh kucuci sendiri hihihi

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Tinggalkan komentar yang baik dan sopan ya. Maaf untuk link hidup akan otomatis terhapus. :)

I love to read all comments from you all, but sorry if I can't answer all. :)

Sexy Red Lips