Review: Wardah Intense Matte Lipstick – 02 Blushing Nude, 12 Lady Burgundy

Friday, August 31, 2018

Review: Wardah Intense Matte Lipstick – 02 Blushing Nude, 12 Lady Burgundy

Semenjak tren matte lipcream meroket begitu bombastis, keberadaan matte lipstick seolah ‘dianaktirikan’. Hampir setiap perempuan bertanya, “Itu awet nggak?” ketika membahas suatu produk gincu. Yang dicari selalu yang klaimnya awet. Wah, ya jelas lipstick kalah awet bila dibandingkan dengan lipcream.

Begitu pula lipcream, tentu kalah awet bila dibandingkan dengan... cat tembok.

#maafreceh

Dulu aku pun begitu. Saat matte lipcream booming di mana-mana, aku kira nggak bakalan pake lipstick lagi. Ternyata... enggak. Aku tetap butuh lipstick karena beda kebutuhan dengan saat menggunakan lipcream.

Baca: Review Wardah Exclusive Matte Lipcream (Shade 01 - 04)

Menurutku, lipstick terasa lebih ringan di bibir dan untuk kondisi tertentu memang lebih nyaman digunakan dibandingkan dengan lipcream. Ada yang sependapat? 😁

Nah, lipstick yang akan aku ulas ini pasti udah nggak asing bagi kalian. Maklum aku beli + swatch-nya udah lama sekali namun baru sempat bikin review sekarang (as always).

Bagi yang belum tahu, Wardah sebenarnya sudah punya koleksi matte lipstick berjuluk “Long Lasting”. Kemudian Wardah menciptakan koleksi matte lipstick lagi yang diberi nama seri “Intense Matte” ini.

Konsep dan pengemasan kedua seri ini sama persis, yang membedakan hanya desain kemasan dan formulasinya. Tentu formula seri Intense Matte telah disempurnakan dari pendahulunya. Meski begitu, seri Long Lasting pun tidak lantas dilenyapkan. Karena setauku masih ada di pasaran.
*

Wardah Intense Matte Lipstick

Review Wardah Intense Matte Lipstick 02 Blushing Nude, 12 Lady Burgundy

Shade:
02 Blushing Nude
12 Lady Burgundy

Isi:
2,5 gr

Packaging:
Aku suka ama desain kemasan seri Intense Matte ini. Terkesan lebih chic dengan permukaan doff-nya bila dibandingkan dengan seri Long Lasting yang menggunakan lapisan warna perak. Warna pada dusnya mewakili warna shade produk sehingga memudahkan kita untuk mengenali warna lipsticknya.

Keterangan komposisi, no. Batch, tanggal kedaluwarsa, dll tertera lengkap pada dus, rapi, dan mudah dibaca.


Review Wardah Intense Matte Lipstick 02 Blushing Nude, 12 Lady Burgundy

Seperti yang aku bilang tadi, konsep seri Intense Matte tidak berbeda jauh dengan Long Lasting. Begitu pula dengan desain lipsticknya. Kalo keduanya disejajarkan (tanpa dus) sekilas tidak dapat dibedakan.

Banyak yang bilang kalau lipstick Wardah satu ini suka patah hingga copot dari (pangkal) wadahnya. Kalo berdasarkan pengalamanku, yang bener suka patah begitu yang merupakan seri Long Lasting. Sementara yang Intense Matte ini aman-aman aja lho!

Disimpan di dalam pouch pun aman jaya, nggak pernah ada drama tutup lipstick lepas sendiri.

Komposisi:
Octyldodecyl Stearoyl Stearate, Cyclomethicone, Beeswax, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Dimethicone, Octyldodecanol, Candelila (Euphorbia Cerifera) Wax, Mica, Camauba (Copernica Corifera) Wax, Ozokerite, BHT, Propylparaben, Squalane, Tocopheryl Acetate, Hydrogen Dimethicone, Fragrance, Talc, Isononyl Isononanoate, Isopropyl Myristate, Stearalkonium Hectorite, Isopropyl Titanium Triisostearate, Propylene Carbonate, Polyhydroxystearic Acid.

May Contain: CI 77891, CI 77492, CI 15850:2, CI 77491, CI 77499, CI 15850:1, CI 77742, CI 45410:2, CI 15850.

Swatches:
Aku belinya secara online dan aku sangat puas dengan warnanya karena sesuai ekspektasiku!

Review Wardah Intense Matte Lipstick 02 Blushing Nude, 12 Lady Burgundy

Shade 02 Blushing Nude bagiku warna pink-nya sangat pas! Nggak terlalu terang atau gelap. Kebetulan saat itu aku belum punya lipstick warna pink yang aku mau. Makanya girang banget pas nemu shade ini available di Sociolla.

Review Wardah Intense Matte Lipstick 02 Blushing Nude

Ngomong-ngomong, ternyata warna kulit wajahku agak tricky dengan warna ini. Soalnya kalo aku pake shade ini secara bare face, jatohnya medhok dan wajahku makin keliatan kucel huwaaaa.

Tapi kalo udah pake base makeup, baru cakep! Warnanya sesuai ama personality-ku yang manis dan manjah~~ *apasiiiii*

Baca: Review Wardah BB Cream

Shade 12 Lady Burgundy adalah warna lipstick ter-out of comfort zone pertama yang aku punya! Waktu itu lagi penasaran ama bold lipstick, kira-kira aku bakal pede gak ya pakenya? Nah kebetulan aku lihat warna ini langsung kepincut, bungkus dah!

Review Wardah Intense Matte Lipstick 12 Lady Burgundy

Tekstur dan Aroma:
Jujur ini yang membuatku berpaling dari Long Lasting ke Intense Matte. Karena teksturnya lebih lembut dan moisturizing, sementara si Long Lasting tuh agak powdery dan cepet kering di bibir(ku).

Lipstick keluaran Wardah ini juga tidak berbau, which is so good for me.

Applying:
Ketika diaplikasikan, warnanya langsung keluar di layer pertama. Pigmentasinya juara! Udah gitu karena teksturnya yang lembut jadi enak srat-sret pas mulas di bibir.

Finishing:
Hasilnya bukan yang dead matte gitu jadi masih segar dilihat. Nggak bikin patchy di bibir juga, beda sama seri Long Lasting. Cuma kalo emang kalo udah terlalu lama di bibir (6-7 jam lebih) bakal ada sensasi keringnya sedikiit.

Apakah lipstick ini transferproof? Oh tentu tidak. Lumayan transfer sih meski levelnya gak terlalu gengges. Toh lama-kelamaan daya transfer-nya bakal berkurang.

Review Wardah Intense Matte Lipstick 02 Blushing Nude

Review Wardah Intense Matte Lipstick 12 Lady Burgundy

Oya aku mau numpang pamer shade dari Long Lasting yang aku punya, warnanya gak kalah cakep!



Staying Power:
Perlu diingat, jangan samakan daya tahan lipstick dengan lipcream ya! Tentu lipstick bakal lebih cepat hilang. Namun Wardah Intense Matte Lipstick ini daya tahannya cukup kece sih untuk ukuran lipstick. Nggak langsung hilang, melainkan masih menyisakan di area tepi bibir.

Tergantung jenis makanan/minuman yang kita konsumsi sih. Kalo nggak mengandung minyak, tahan cukup lama lho.

Pudarnya warna lipstick pun elegan karena tidak meninggalkan tekstur yang gerindil-gerindil (powdery) gitu. Paham kan maksudku?

Overall:
Aku puas secara keseluruhan! Warnanya cakep-cakep dan sesuai ekspektasi. Makanya aku nggak pernah kepikiran beli lipstick merk impor karena yang lokal begini aja udah bagus banget. 😍

💖 Plus
Wadah lipstick oke, nggak ringkih.
Gak berbau yang mengganggu.
Warnanya cakep.
Tekstur sedikit creamy.
Pas warna lipstick hilang gak medhok gitu di bibir.

💔 Minus
Gak ada.

9 out of 10

*

Harga:
Rp48.500,-

Gampang dicari! Mau beli di Sociolla kek, Shopee kek, konter kek, banyaaak.
*

Repurchase?
OBVIOUSLY!
*

Well, mungkin bagi beberapa orang harganya cukup mahal ya bila dibandingkan dengan lipstick lain. Tapi menurutku sepadan ama kualitasnya sih. Lagian kalo beli di toko kosmetik di pasar atau di Shopee waktu sale pasti bisa dapet harga yang mursida hehe.

Chu Chu 💖💋
-Hilda Ikka-

10 comments

  1. Ahhh masuk wishlist aahhh... pengen blushing nude jugaaa

    ReplyDelete
  2. Oke. Setelah baca ini jadi mantap mau beli lipstick Wardah

    ReplyDelete
  3. naksir sama lady burgundy uhhhh,,,, kece abis,
    mba iki kering gak ya di bibir ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo udah terlalu lama di bibir (7-8 jam) bisa bikin kering sih Mbak 😁 Makanya lebih enak ntar dihapus, lalu apply lagi 👌🏻

      Delete
  4. sejak udah gk ngantor tuh mo beli lipstick maju mundur manjah, eaaa. Lah wong kmrn malah kuhibahin ke orang saking jaraaang kepake. Drpd keburu expired trus sakit ati, halah kok jd curcol di sini aku wkwk.

    Jadi intinya kalo baca ripiw lipstick aku woles aja, eaaaa minta digaplok aku ini ^^v

    ReplyDelete
  5. saking banyaknya jenis lipstik sampai bingung milihnya

    ReplyDelete
  6. aku punya wardah intense matte ini yang easy brownie. Warnanya aku suka sayang sekali dibawa minum langsung hilang warnanya

    ReplyDelete
  7. aku suka yang 02 pinknya cakep banget. Aku juga punya wardah seri ini tapi lupa nomor yang mana heheheh, so far emang enak banget sih di bibir

    ReplyDelete
  8. Aku punya satu mba. Lumayan tahan lama di bibir, asal nggak sering-sering makan dan minum. Pilih ini gara-gara kemasannya yang menarik, hahaha.

    ReplyDelete
  9. Aku dulu punya yang seri ini pas awal2 mereka keluar dia aku saat itu setelah dipake dan dibersihin rasanya bibirku kaya ada plastiknya ga enak bgt.. hehehe tapi gatau sih klo formula yang sekarang belum cobain~ spertinya udh better dr yang dulu

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Tinggalkan komentar yang baik dan sopan ya. Untuk saat ini, komentar saya moderasi dulu ya. Saya suka baca komentar kalian namun mohon maaf saya tidak selalu dapat membalasnya. Untuk berinteraksi atau butuh jawaban cepat, sapa saya di Twitter @hildaikka_ saja!