Thursday, April 9, 2015

Buah Jatuh Tak Selalu dari Pohonnya

Aku, ibu, dan adikku
Terus dari mana, dong?

Ya bisa jadi langsung jatuh dari langit! :D
Emang ada, ya?

Hahaha, ini adalah ungkapanku untuk kasus genetik pembawa sifat menurun dari orang tua. Ternyata, gak semua sifat/watak anak itu turunan dari orang tuanya. Misal ada anak yang hobinya baca buku ternyata ayah atau ibunya enggak. Atau ada anak yang sukanya nyanyi lagu-lagu India dari kecil padahal orang tuanya gak ada tuh yang hobi nonton pilem India. Nah, biasanya sifat dan watak si anak itu paling dirasakan para ibu ketika sedang hamil. Istilahnya, gawane bayi. Jadi ketika hamil, si ibu ini tiba-tiba punya watak yang di luar kebiasaannya.

Hal itu juga yang dirasakan oleh ibuku ketika mengandungku. Baru-baru ini beliau nostalgia mengenang masa-masa itu. Aku yang ndengerin ya cuma ketawa-ketawa aja. Gimana enggak, ibuku kalo cerita nadanya lucu, apalagi saat mengungkapkan perasaan herannya pada waktu itu karena wataknya berubah saat hamil dan watak itu benar-benar ada padaku. Emang watak apa aja sih yang ada di luar kebiasaan ibu sewaktu mengandungku?

1. Hobi masak yang kebangetan
Parahnya, ibu cuma hobi masak dan sama sekali nggak mau makan hasil masakannya. Lalu siapa lagi korbannya kalau bukan ayahku? Mau nggak mau deh bodi ayahku jadi subur gegara banyaknya asupan makanan setiap hari. Selain itu tetangga juga jadi banjir makanan melulu. Mungkin kamu berpikiran, enak dong suaminya dimasakin terus? Yee tapi kan bisa tekor kalo kayak gitu. Akhirnya sempet diputuskan untuk jualan makanan sekalian biar gak rugi-rugi amat.

Kalo dipikir-pikir nyeleneh juga, ya? Biasanya kan ibu-ibu yang hamil kalo liat suatu masakan jadi kepingin makan. Kalo ibuku malah kepingin memasaknya! Well, watak ini memang ada sih pada diriku. Aku suka memasak dan aku lebih senang orang lain yang memakannya ketimbang diriku sendiri. :D

2. Suka tidur dan malas-malasan
Huehehe jadi malu deh kalo watakku satu ini ketahuan. Tapi yang ini gak sering-sering amat kok. :p Aslinya ibuku nih orang yang disiplin dan paling anti ngebo alias tidur di pagi hari seusai salat Subuh. Nah sewaktu hamil, ibuku ampun-ampunan deh malesnya. Pagi-pagi masih enak mulet di kasur. Tapi sebenernya, kebiasaan ini menurun dari ayahku hahaha.


3. Ngambekan
Cewek ngambek sama pacarnya? Mungkin sudah biasa. Kalo ibu hamil yang hobinya ngambekan sama siapa aja? Duh, ekstrim! Nenekku aja dulu sampe heran dibuatnya. Soalnya ibuku tuh aslinya gak terlalu suka masukin omongan orang ke hati. Eh pas hamil, tersinggung dikit oleh omongan nenek/kakekku aja langsung ngambek, mengurung diri dan mengunci pintu kamar. Buat Muffin, sekarang kamu gak usah heran ya… :v

4. Gak doyan kecut
Rujak buah? Hmm… favorit ibuku tuh! Apalagi kalo buahnya yang kecut-kecut kayak kedondong, nanas, mangga, dan lainnya. Jeruk kecut ya hajar aja. Pas hamil, bener-bener ogah. Dan beneran kan, aku ini orangnya gak doyan makanan kecut, makanya gak terlalu suka stroberi. Buah dan minuman yang rasanya kecut, no way! Kalo lagi pengen aja baru doyan.

5. Suka dipijatin
Yang nyebelin, aku tuh gak bisa mijat orang. Maunya dipijatin terus aja! Mihihihi. Ibuku cerita sewaktu aku kecil seriiing banget dibawa ke tukang pijat. Tapi giliran di rumah, ibu/ayahku minta dipijat, emoh. :v Ya kadang-kadang mau sih, cuma pijatanku ya gak enak hehehe.

Ibuku sewaktu hamil ya keranjingan dipijat. Ayahku kasihan tuh, selama hamil mijatin ibu hampir tiap hari. Lha ibuku kalo gak diturutin malah merengek-rengek sampe nawar, “Kalo ntar udah lahiran biar gantian aku pijat terus deh.” Jadi istilahnya kayak utang gitu. Buahaha segitunya kan ya. Kalo jaman sekarang kan enak, udah ada teknologi refleksi yang bisa dipergunakan di rumah, kayak bantal pijat misalnya.


6. Suka ngasih makan kucing
Ibuku ini aslinya gak suka kucing loh, benci banget malah. Gak tau apa motifnya, tapi selalu deh ibu suka banget nuduh kucing-kucing tak berdosa sebagai pembawa penyakit. Tokso lah, apa lah. Lha iya bener sih, tapi kan ada penjelasan medisnya yang menunjukkan cara pencegahannya. Percuma aja, ibuku milih kolot. Hhh… Bertentangan sekali dengan aku dan adik-adikku yang suka ama kucing dan faktanya, sifat ini adalah turunan dari ayahku! Hahaha.

Jadi ya tiap kali ada sisa ikan, ibu selalu menyisihkan untuk kucing-kucing kampung yang kebetulan lewat. Ato kadang nemenin mereka makan juga sambil ngelus-ngelus. Tapi kalo yang sekarang, jangan ditanya ya. Ibuku sudah kembali normal. :D

Well, hal-hal kayak gini kalo dikenang bareng anak emang lucu juga ya. Aku jadi penasaran ntar kalo hamil aku bakal berubah kayak gimana. Yang penting jangan jadi Power Ranger ya. x)) Kalo kamu, punya cerita atau kenangan yang sama? Boleh dong share di kolom komentar. ;)

33 comments :

  1. bagus artikelnya sangat bermotivasi . hihi

    ReplyDelete
  2. suka kasih makan kucing yang aku suka banget ikka.... :)

    ReplyDelete
  3. Saya juga sama, kebiasaan ga sma orang tua sendiri

    ReplyDelete
  4. hmmm.... mungkin karena orangtuaku hobinya keliaran jadinya aku....

    ReplyDelete
  5. hehehe... berbeda ya, ketika hamil dan tidak hamil :)

    ReplyDelete
  6. Ih, Mbak Ikka orangnya ngambekan:p

    ReplyDelete
  7. Faktor genetika dan lingkungan membentuk karakter anak, kalau sifat orang tua g' menurun sama anaknya mungkin pohonnnya yang bengkok sehingga buah jatuhnya jauh, atau bisa jadi topografi tanhanya yang miring sehingga buahnya menggelinding jauh. Banyak hal yang menentukan karakter seseorang

    ReplyDelete
  8. (( Ibuku sudah kembali normal )) :')

    Kok aneh ya malah suka masak, biasanya ibu hamil malah paling males masak ya x))

    ReplyDelete
  9. ibuku suka semuanya harus rapi...tapi aku kebalikannya haha.

    ReplyDelete
  10. Ibu ku demen nya kelayapan dan akhirnya aku juga demen nya ngak pulang hehehe

    ReplyDelete
  11. Ga suka kecut,.. hehe..sama berarti.. walau pun bukan orang yang sedang hamil, saya ya ga suka kecut, karena bikin perut mules.. hehe

    ReplyDelete
  12. Ibuku kalo abis makan piringnya gak pernah langsung dicuci :D

    ReplyDelete
  13. aku sama ibu ku suka nya masak-masak :)

    ReplyDelete
  14. Lucu juga ya. Ternyata kebiasaan yang dulunya gak di suka malah dilakukan ketika hamil. Aneh juga sih, tapi mau bagaimana lagi. hihihih....

    ReplyDelete
  15. sepakat dengan judulnya, kebetulan pohon duren dikebun belakang buahnya ngga jatuh dari pohonnya tapi dari akarnya masa...aneh kan?

    no punggung saya disini 101 loch..boleh kan?

    ReplyDelete
  16. Tapi tak terlalu jauh juga mba jatuh dari pohonya
    pasti ada kemiripan yang di turunkan dari gen orang tua'a mba

    ReplyDelete
  17. Ngasih makan kucing doang? Aku dong, kak, sekali-kali dikasih makan. Hahahha

    ReplyDelete
  18. Wehehe... paling imut kalau liat ibu2 itu ngasih makan kucing...

    ReplyDelete
  19. klo gue kok kayaknya lebih mirip ayahku hihih

    ReplyDelete
  20. bener bener kak. buah jatuh tak selalu dari pohonnya
    sipp nih artikelnya

    ReplyDelete
  21. Kalo saya yg no 2, tpi pas hari libu aja :D

    ReplyDelete
  22. saya waktu hamil sensitif banget..hamil pertama muka jadi jerawatan banyak banget :)

    ReplyDelete
  23. berbeda ya, ketika hamil dan tidak hamil

    ReplyDelete
  24. Wah bahaya nih kalau ngambek, pintu rumah bisa dikunci :P

    ReplyDelete
  25. gk doyan yg kecut2 ya pas ibunya hamil, hmmm lumayan aneh ini...org hamil biasanya pgn yg kecut2 segerrr gt hihihi...

    trus itu gk doyan strawberry apa seterusnya?? atau pas hamil aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuman pas hamil Mbak, tapi ya emang gak doyan stroberi sih ibuku :D

      Delete
  26. Keluarga ku bahkan ngga ada yang suka menggambar, tapi aku sendiri entah kenapa paling demen coret-coret.. Hihihi.. Kebanyakan sifat malah nurun dari Papa.. Sepertinya istilah Daddy's Little Girl benar adanya :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener bangeeet. Aku juga termasuk. xD

      Delete
  27. hmm ia sich beberapa aku mirip orang tua, tapi kadang juga beda. Gak tau nemu dari mana yang beda,hehehe

    ReplyDelete
  28. Mamah sama bapak gak suka nonton drama korea. eh aku suka banget :D
    hihihi

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah mau berkunjung dan membaca, terlebih turut meninggalkan komentar. ^o^ Mohon berkomentar secara sopan dan plisss jangan tinggalkan link hidup dan pasti langsung aku hapus. Okey? ;)

Sekali lagi terima kasih pembaca-pembaca setiaku. Tanpa kalian, apalah arti aku dan tulisanku ini. Semoga menginspirasi. :))