Saturday, June 27, 2015

Akun - Akun Palsu

Akun - Akun Palsu

Siapa nih yang aktif gentayangan di Instagram? Mungkin pernah tau fenomena satu ini:

Ada akun official (entah official resto, tempat hiburan ato apalah) yang bilang bakal bagi-bagi voucher atau tiket gratis untuk 2000 follower pertama. Caranya dengan capture akun tersebut dan dipost di akun instagram masing-masing. Iya, itu akun official kayaknya masih baru. soalnya postingannya baru sebiji.

Dan setelah followernya mencapai 2000 ribu lebih, akun ini pun menghilang dan muncul sebagai… akun OL Shop!

Oh men, sebel dong ya setelah lama menantikan hadiah yang ada malah disodorin barang dagangan. Akhirnya semenjak itu aku gak percaya lagi ama begituan di Instagram.

Dan baru-baru ini, penipuan publik itu sedang marak kembali. Kali ini, mereka ngebuka lapaknya di Line!

Untuk Line, modusnya memang agak berbeda tapi intinya sama: nipu! So, aku ceritain yang terjadi berdasarkan pengalaman pribadiku ya.

Awal mulanya aku dikirimi kontak Line official-nya KFC oleh salah seorang temen. Aku tanya dia, “Buat apa nih KFC?”

Katanya, “Share aja Ka, ntar bisa dapet voucher gratis 50 ribu.”

Oh gitu. Yaudah aku add juga tuh kontak. Setelah itu otomatis aku mendapatkan notif sambutan selamat datang gitu lah yaw. Katanya, ketikkan nama lengkap sebagai salah satu persyaratan buat dapetin voucher gratis. Setelah aku lakukan, nggak terjadi apa-apa. Bahkan nggak di-R bo! Sampe sehari dua hari berlalu, aku mendapati tuh akun berubah nama menjadi ‘Foodporn’. Tuh kan rese.

Ada lagi, aku dapet link berhadiah ASUS Zenphone 2 dari salah seorang temen. Kali ini temen blogger, jadi ya aku agak percaya dikit gitu. Siapa tau ada hubungannya ama rejeki ngeblog, kan ya? Setelah aku buka, katanya aku berhak mendapatkan tuh Zenphone! Masya Allah… siapa sih yang gak seneng? Hatiku sampe dag-dig-dug-serr sambil ngebatin tau gitu Muffin nggak usah beli hape baru aja. Etapi setelah baca ketentuannya sampe bawah, ternyata aku disuruh ngeshare link ini dulu! Pemenang sesungguhnya adalah yang link share-nya mendapatkan like terbanyak. Tuh kan kampret.

Apalagi saat aku nyoba add kontaknya, kok nama akunnya ‘Baned’? Gak ada hubungannya ama ASUS ato Zenphone gituuu? Waaah ini pasti gak beres nih. Tanpa pikir panjang langsung deh aku tinggal. BHAY!

Terus dapet lagi link berhadiah voucher McDonalds. Gak aku reken, pasti isinya juga abal-abal. *udah dongkol duluan*



Ya begitulah yang sekarang marak terjadi. Ngaku-ngaku akun official dan menawarkan hadiah segambreng, ujung-ujungnya berubah jadi akun quote gak jelas yang isinya copas dari sana-sini. Ih, nggak banget kan!

Padahal kalo dilogikain nih ya, mana ada sih orang yang mau bagiin barang secara cuma-cuma segitu banyaknya ke semua orang? Kalo pun iya, pasti seleksinya ketaaat banget. Contohnya aja akun Line Event yang saban hari aku ikutin chance-nya tapi gak pernah tuh sekalipun aku menang. *gondok Padahal hadiahnya apa sih? Cuma produk goceng-nya KFC! Gitu kan bisa beli sendiri, tapi tetep aja bikin gondok. xD

Di dunia nggak ada yang gratis tis bok. Sebagai blogger pun kalo dapet gratisan , pasti tetep ada syaratnya kan? Contohnya dapet produk power bank, pasti diminta buat nulis reviewnya. Intinya, no pain no gain.

Nah makanya kita ini sebagai pengguna kudu jeli dan waspada. Emang sih nggak dirugikan secara materi. Tapi dikasih harapan palsu emangnya enak? Di-PHP gebetan aja galaunya bisa setahun lebih *ups curhat*. Apalagi ini, dikasih iming-iming voucher ratusan ribu ato ASUS Zenphone (halah!). Aku ngomong begini biar kamu-kamu yang pernah termakan janji palsu mereka nggak ngalamin kecewa berkepanjangan.

Lagian oknum-oknum kayak gini bisa merugikan akun official yang asli loh. Bisa aja akun official asli malah ikutan dituding nggak kredibel juga, kan kasian. Maka dari itu pinter-pinter memilah ya. Nih udah ada imbauan dari pihak Line, mohon diperhatikan.


Oya satu lagi, kalo akun official asli perisainya berwarna emas. Ya kan?

Yaaah semoga wabah akun-akun palsu ini segera berakhir. Udah cukup cinta yang kamu palsuin, jangan yang lainnya juga dong. #Eaaaaa :D

Much love,
-Hilda Ikka-

25 comments :

  1. iya tuh, udah banyak sekarang akun2 palsu kaya gitu.. sama akun2 OL shop yg suka nyepam.. itu jg nyebelin banget :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo udah nyepam gitu langsung ku delete deh

      Delete
  2. Makanya aku udah jarang ngekuis kak, enakan ikutan giveaway dari sesama blogger atau kontes blogging yg udah jelas #malahcurhat. wkqkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah, apalagi kalo ngekuis-nya banyak-banyakan like, ogah :|

      Delete
  3. aku pernah kena tipu akun palsu lewat sms..tapi ya no reken itu...bahaya....

    ReplyDelete
  4. hahhaa. udah banyak banget yang nge-share kayak gituan sekarang di timeline. Termasuk saya, kemaren. Nice info mbak :)

    ReplyDelete
  5. Sepertinya bukan hal aneh lagi nih penipuan dengan menggunakan akun palsu

    ReplyDelete
  6. semoga akun-akun seperti itu segera di berhentikan ya

    ReplyDelete
  7. pas kemaren aku di wechat dapet voucher 100rb mba aku engga percaya begituan .. di abaikan saja :) jadi harus hati-hati dengan marak nya akun palsu sekarang ya mba ....

    ReplyDelete
  8. wah aku juga ikut share akun apple kegigit tuh, tapi nggak pernah menang kayanya palsu juga :)

    ReplyDelete
  9. alhamdulillah gak pernah di-PHP-in sama gebetan, eh akun palsu :D

    ReplyDelete
  10. penipuan sdh menyerang line jugak ?. Gk jd pakek dah kalok gt, asap aja deh..
    Tengkiu infonya mbak ika :)

    ReplyDelete
  11. sayaaa.. kena juga yg mcd.. padahal mah cm 100rb doang.. kirain kalo di line tuh bener ga tuanya sama aja yaa.. maka si infonya yak mak

    ReplyDelete
  12. kejadian yang dapet asus zenfone itu juga saya alami. baru tadi sore malahan. rese memang :D

    oiya kak follow back blog saya yah :D

    ReplyDelete
  13. Kalau di twitter, akun official itu biasanya ada lambang certified warna biru itu. Kalau di instagram & line apa ya? Akun tipu2 gitu krn dpt orderan ada yg mau beli followers gitu, biasanya yg beli olshop biar kelihatannya olshop lama & sdh terpercaya. Skrg merambah line krn abg2 byk yg pindah kesana gara2 instagram skrg isinya dah mulai garing kyk FB & twitter yg isinya family & orang2tua (itu kata anakku sih). ABG kan gampang dikibulin, jd kesanalah akun palsu itu ikut pindah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mihihi asiknya punya anak ABG bisa jadi informan andal. :D
      Iyah, abg sekarang gaulnya di Line ama Path.
      Path sih masih aman dari gangguan macam begitu. :))

      Delete
  14. Sempet jadi korban juga nih. Padahal ngenalin akun official di LINE gampang. Akun official ada centang putih dalam bulat hijau di samping nama akun. Tapi tetap saja voucher gratis makanan membutakan segalanya :D

    ReplyDelete
  15. Iya, media sosial dan tipu-menipu memang lagi "meratulela". Apalagi kalau diminta klik sebuah link n kita secara otomatis main pencet saja, eh ujung2nya dibawa ke sesuatu yang antah-berantah lah. -_-

    ReplyDelete
  16. Aku juga sempet jadi korban. Hahaha
    Padahal sendiri punya Line@ yang berbayar tetep aja kena tipeng. duuhhh

    ReplyDelete
  17. Kl di instagram suka ada ceklist nya kan ya warna emas. Tapi ga semua ada. Dulu juga akun ikea gitu ya sampe yg follownya banyak bgt ternyata bukan. Hahahaha. Emang bener deh di dunia ini gada yg gratis. Kalo kata suamiku, if it's too good to be true, it is too good to be true xD

    ReplyDelete
  18. Walah, temen saya masih aja yang ketipu sama pulsa geratisan, ckckck. Parahnya udah guling balik jadi akun OA lainnya. Btw, kalo akun resmi di Line badgenya berwarna ijo, dan kalo yang gratisan berbadge abu-abu. Sudah pernah saya post di blog saya.

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah mau berkunjung dan membaca, terlebih turut meninggalkan komentar. ^o^ Mohon berkomentar secara sopan dan plisss jangan tinggalkan link hidup dan pasti langsung aku hapus. Okey? ;)

Sekali lagi terima kasih pembaca-pembaca setiaku. Tanpa kalian, apalah arti aku dan tulisanku ini. Semoga menginspirasi. :))