Tuesday, September 8, 2015

Mie Ayam & Bakso Mitra – Sidosermo Indah

Mie Ayam & Bakso Mitra – Sidosermo Indah

Mie adalah salah satu makanan favoritku. Selera ini kayaknya menurun dari gen ayahku, yang merupakan penggemar berat mie. Kami berdua penyuka segala jenis mie. Mulai dari mie instan, bakmi, mie pangsit sampai mie ayam, *kalau ramen keju, entahlah* :D

Sekarang ini mie ayam termasuk jenis usaha kuliner yang laris dan mudah ditemukan di mana saja. Di pinggir jalan, pojokan gang, dan bentuknya macem-macem mulai dari gerobakan sampe depot istimewa. Rata-rata mie ayam yang pernah kucicipi rasanya standar, karena rupa dan harganya yang amat merakyat. Yess, aku belom pernah makan mie ayam mahal. Pernah sih makan di Depot Mie 55, tapi itu kan mie pangsit bukan mie ayam.

Lah, emang beda toh antara mie pangsit dan mie ayam?

Ya beda laaaaaah.. menurutku. :p Berikut perbedaannya berdasarkan pengamatan pribadi:

Edited by me

Ya gitu deh kira-kira. :D

Tapiiiii hidup terasa berbeda semenjak Muffin mengajakku ke depot mie ayam langganannya. Dari sekian mie ayam yang pernah kucoba, sejauh ini ya mie ayam Mitra yang paling ngena di hati. kalau tiap kali aku makan mie ayam kudu dikasih saos + kecap + sambal, untuk yang ini aku lebih suka gak dikasih apa-apa. Itu tandanya, cita rasa kuliner ini JUARA tanpa tambahan apa-apa. Keren.

Mie Ayam & Bakso Mitra berlokasi di wilayah Surabaya Selatan, yakni Perum Sidosermo Indah. Dekat dari Ngagel dan Jemursari. Kalau dari arah SMAN 16 Surabaya, ambil kanan dan putar balik. Lurus nanti di sana nemu pertigaan, belok kiri ke arah Perumahan Sidosermo Indah. Lurus lagi, nanti kalau nemu persimpangan 2 jalan, depotnya ada di antara jalan kembar itu.


Pelanggan depot mie ini kebanyakan berasal dari kalangan pelajar dan pekerja. Makanya aku suka dateng pas weekend biar agak sepi. Hihi. Dan ini dia penampakan mie ayamnya..

Yummy! Selama ngandok di sini aku cuma pesan mie ayam, nggak pernah baksonya haha. Habis mie ayamnya nagih sih. Kuahnya itu lho, sedep sekali. Manis gurihnya pas. Kalau selama ini mie ayam kebanyakan rasanya standard an baru sedep kalo ditambahin micin, yang ini enggak. Banyak taburan daun bawangnya dan irisan ayamnya nggak pelit. Mienya sendiri bukan tipe mie kuning yang gede, tapi ya kayak mienya mie pangsit. Aku suka banget!

Mie ayam ceker

Mie ayam bakso + eker

Summary
Rasa & kualitas: jempolaaaan! Kualitas dan kuantitas lulus sensor lah. Makan mie ayam enak dan kenyang ya di sini tempatnya. Oya, di meja biasanya disediakan tambahan sate usus dan telur puyuh. Enak banget makan mie ayam disandingin ama ini. Harganya pun cuma Rp 2.000,-an per tusuk.

Harga: bagiku pas. Nggak kemahalan atau pun kemurahan. Apalagi dengan kualitas jempolan kek gini. Harga mie ayam dasarnya Rp 8.000,- aja. Berhubung aku pake ceker ya jadinya Rp 10.000,-. Kalo pake pentol jadinya Rp 12.000,- tapi kalo pake pentol + ceker harganya Rp 13.000,-! Nah lhoooo gimana nggak tergoda kalo selisihnya cuma dikit heaaaa. Makanya Muffin pun pesan mie ayam pentol + ceker.

Update Januari 2015

Pelayanan: standar sih. Selama ini selalu cepat dan tanggap. Atau mungkin karena aku belinya pas weekend mulu yak?

Fasilitas: yah namanya juga depot kecil, apalah yang kau harapkan BHAHAHA. Ada sekitar 3 – 4 bangku panjang dan yang jelas gak ada stopkontak okey? *perlu diingat xD Nggak ada tempat cuci tangan tapi tersedia tisu di setiap bangku.

Soal parkir, mau ke sini bawa mobil gak masalah. Jalanan perumahan agak lebar soalnya, biasa dimanfaatkan sebagai lahan parkir.

Tempat: Soal kebersihan agak kurang, soalnya meja biasanya dibiarkan basah bekas gelas minuman dingin.

Seperti yang kubilang, kalo pas weekend agak sepi. Tapi kalau pelanggan mulai banyak berdatangan, tau diri ya kalo selesei makan cepet-cepet cabut.

Overall: 8/10 (untuk edisi kuliner murah-meriah)

Dateng ke sini aku selalu puas. Aku harap kamu pun berkesempatan ngicipin ini juga. Hayooo gih ke Surabaya! :D

Penggemar mie kelas berat,
-Hilda Ikka-

Mie Ayam & Bakso Mitra
Perum Sidosermo Indah
Surabaya
Buka setiap Senin - Sabtu mulai jam 10 pagi

10 comments :

  1. Aduuh, salah buka artikel, pas lagi dieet disodorin gambar giniiaann, Hmmmfftt ngeces :P Enak mantab, kalau aku paling mie ayam bakso misal, coz gak mudeng gimana makan ceker :D

    ReplyDelete
  2. ini salah satu warung Favorit nih jaman SMA, kalo ada yg ultah biasanya traktirannya disini hehehehe

    ReplyDelete
  3. wah sayangnya mie ayam ya..aku nggak suka ayam..coba mie telor atau mie sapi gitu..aku mau :)

    ReplyDelete
  4. Samaaa ku juga lbih suka mie ayam ketimbang baso

    ReplyDelete
  5. Pesen dong mbak, mie ayam cekernya satu sama es tehnya satu ya hahaha jadi laper :l

    ReplyDelete
  6. Dicatat, nanti kalau mudik ke Surabaya kucobain.

    ReplyDelete
  7. Pesen dua ya. Nggak cukup semangkok kalo mi ayam :D

    ReplyDelete
  8. Wih wih laperr liat mie nya, cumaa lagi lagi kudu diettt iki ikaa 😂😂

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah mau berkunjung dan membaca, terlebih turut meninggalkan komentar. ^o^ Mohon berkomentar secara sopan dan plisss jangan tinggalkan link hidup dan pasti langsung aku hapus. Okey? ;)

Sekali lagi terima kasih pembaca-pembaca setiaku. Tanpa kalian, apalah arti aku dan tulisanku ini. Semoga menginspirasi. :))