Tuesday, September 22, 2015

Snap and Share: Pipe & Barrel – Polisi Istimewa

Snap and Share: Pipe & Barrel – Polisi Istimewa

Chocoreaders ada yang tau Chef Ken? Itu loooh Runner Up jebolan Master Chef Indonesia season 2. Yeah, chef berkepala plontos sebagai ciri khasnya ini ternyata arek Suroboyo lho! Dan yang paling penting, tau gak sih kalo Chef Ken ini punya tempat nongkrong hits dan kekinian di Surabaya?

Yaelah belum tau ya? Chef Ken ini merupakan pemilik cafe Pipe & Barrel di kawasan jalan Polisi Istimewa (dekat Monumen Perjuangan Polri). Kalau dari arah lampu merah Jl. Dr. Soetomo tinggal lurus aja, sampe nemu Pipe & Barrel di kiri jalan. Dan entahlah, dari dulu udah ngiler pengen ke sana tapi selalu tertunda. Hingga pada akhirnya aku keturutan berkat aplikasi OpenSnap! Yayy!

Lho, kok bisa? Jadi begini prolognya…

Pas bulan Ramadhan lalu 2 kakak-beradik sepupu Muffin dari Malang, Mbak Vied dan Mbak Vy, main ke Surabaya. Daripada bengong aja di rumah Muffin, yaudahlah kita jalan-jalan nyari tempat nongkrong bareng Mas Rio, sepupu Muffin yang tinggal di Sidoarjo. Waktu itu udah jam 8 malem sih, jadi bingung banget nyari tempat hang out yang asik dan bisa berlama-lama. Soalnya rata-rata cafe kan buka sampe jam 10 malem, lah nanggung amat kan. Ada sih Sutos yang buka sampe jam 12 malem, tapi rate harganya mehong cyiiin.

Bahkan hingga mobil mulai merayapi jalanan Darmo, kita semua masih galau. Masing-masing sibuk mengusulkan ide tapi gak ada yang cocok. Dan dalam situasi tersebut aku mencoba jadi pahlawan dengan… iseng buka aplikasi OpenSnap! Aku yang sebelumnya udah utak-atik sedikit langsung klik fitur ‘nearby’ untuk nyari referensi terdekat. Kemudian muncullah sederet nama cafe dan resto. Namun hanya Pipe & Barrel lah yang bersinar terang di mataku. *bilang aja mupeng :p

Pas aku baca informasinya, sempet kecewa karena di situ tertera jam buka cuma sampe jam 10 malem. Tapi kemudian aku cari akun IG-nya, kali aja dapet pencerahan. Bener aja, di bionya tercantum kalau khusus hari Sabtu, Pipe & Barrel buka sampe jam 1! Yay! Kebetulan banget kita keluar pas malming, jadi langsung deh aku ajuin ke mereka dan lagi-lagi YESS, semuanya setuju. Toh dari akun IG-nya kita jadi tau kalo menunya yummy banget buat dicoba.


Sesuai dengan namanya, Pipe & Barrel yang berarti ‘pipa dan drum’, tempat ini memang menggunakan banyak pipa dan drum sebagai dekorasinya. Tema yang diusung bernuansa retro vintage, agak-agak klasik bercampur modern gitu. Selain itu ada hiasan dinding, wall sign, painting hingga plat nomer yang membuat interiornya makin hidup. Aku jadi ngerasa kayak lagi masuk bar di film-film koboi gitu, cuma yang ini lebih berkelas. Gimana enggak, sekalinya check in Path di sini, yang nge-love banyak bingiits! xD

Err.. ada yang bisa jelasin ini bentuk apa? :'D
So retro!
Ijo-ijo di dinding

Untuk memesan menu, langsung aja ke front desk ya. Karena daftar menu Pipe & Barrel tidak tercantum dalam bentuk buku, melainkan pada papan tulis raksasa di belakang front desk. Hmm… gak ada gambar makanannya, jadi galau milih dong? Gampaaaang, tinggal kepoin akun IG-nya aja. Atau mau cerewet nanya ke waitress juga gapapa kok.


Selanjutnya kita milih tempat duduk di area outdoor, soalnya Mas Rio mau smoking. Lhadalah ternyata eksteriornya tambah kece abis! Banyak spot cakep buat foto-foto hingga diriku lepas kendali. Ahaha ngelunjak sudah jiwa narsisku ini.

Area outdoor
NARSIS
NARSIS (2)
CUBANGET!!

Setelah nunggu sekitar 30 menit lebih, baru pesanan kita lengkap di meja. Yuk, kenalan satu-satu…

Willy Waffle Met Kip
Mas Rio sengaja pesen ini karena kita datang bergerombolan. Lagian kita gak jaim buat nyomotin makanannya satu-satu *masa bodo is my middle name!* Jadi, menu Willy Waffle Met Kip ini terdiri dari dari 4 potong waffle dan 2 potong ayam crispy sekaligus caper mayo dan selada. Waffle-nya ini bukan tipe yang crunchy, melainkan empuk-lembut-manis dan cukup mengenyangkan. Sepotong waffle untuk satu orang udah cukup banget loh, gile lu ndro kalo mo ngabisin sepiring sendirian. xD

Terus ayam crispy-nya ini beda ama di resto fastfood biasanya. Kalo ini dagingnya juicy banget, terus bumbunya itu pake lada hitam jadi gurihnya unik. Cocolin ke mayones makin sedap.



Trus apa itu caper mayo? Caper mayo tuh maksudnya mayones yang dicampur ama bumbu/rempah gitu deh. Jadi citarasa mayonesnya gak sekadar asem manis, tapi gurihnya terasa lebih lezat.

Meet Sally the Dory
Karena Fish n Chips adalah makanan favoritku, jadi daripada bingung mending aku pesen ini. :D Yaah meski beda ama tampilan Fish n Chips sebenarnya, tapi lumayan lah porsinya. Enak kok! Dori tepungnya nggak jauh beda ama Fish n Chips yang pernah kumakan. Dalemnya juicy, luarnya crunchy. Hmm.. yummy! Kentang gorengnya garing gurih. Cocok deh. Cocolannya ada caper mayo sama sambal meksiko (kalo gak salah sih). Soalnya bukan sambal encer, ada potongan tomat kecil-kecil gitu dan sedikit berair. Rasanya pun pedes-asem dikit.



Oya pamer dikit, kedua foto menu di atas di-like ama Kokoh Inijie lho di Instagram. Hoho, buat motivasi aja untuk skill fotografiku yang masih ecek-ecek. Tapi aku nggak mau ge-er bilang fotoku bagus. Kenapa? Karena pada waktu itu posisiku lagi apply job ke Kokoh Jie, jadi wajar dong kalo dese stalking Instagramku.

Cheese Fries
Kalau judulnya kentang goreng, hayo-hayo wae lah. Karena kentang gorengnya sama kayak di Meet Sally the Dory, ya jelas aku bilang enak lah. Terus yang ngebikin beda kan saus kejunya nih. Nah ini loh saus keju favoritku! Kekentalannya pas, nggak terlalu creamy. Enak deh, kayak lagi makan snack keju.

Udah dimakan separo xD

Hot Cappuchino
No comment. Ini pesenannya Mas Rio. Jadi aku gak ngicip. Katanya sih enak kok, standar kek cappuchino biasanya. Aman lah.


Green Tea Frappe
Buat penyuka green tea, pilihan menu ini nggak bakal salah. Takaran manis-pahitnya green tea ini pas. Teksturnya lembut, ditambah topping whipped cream yang menggoda.

Ini juga udah diminum separo xd

Salisbury Choco Shake
Chocolate never dies nor get wrong! Oh yesss setuju banget ama ungkapan buatanku itu. Minuman coklat ini mengingatkanku ama milkshake coklatnya Illy Café yang nikmatnya tak terlupakan. Nah, Salisbury Choco Shake ini rasanya hampir sama enaknya dengan itu. ini menu pesenan Muffin, tapi aku rasanya pengen banget menghajarnya ampe habis huhuhu. Bahkan aku yang biasanya gak doyan whipped cream, mau-mau aja loh koret-koret gelasnya.


HADUH TOLONG MENGGODA SEKALI

Choco Mint Cotton Candy
Ini dia menu andalan Pipe & Barrel yang sengaja aku buru eksistensinya di sini. #halah Tapi karena aku ngerasa riweuh buat foto-foto pesenan, yaudahlah jadinya gini aja. -____-


Tapi jangan nilai kualitas menu ini dari hasil jepretanku aja *yang meleset jauh dari harapan. Choco minta adalah paduan rasa favoritku yang baru. Sukaaa banget ama rasa coklat yang ada isis-isinya. Segeeer. Dan sekali tenggak, ohmaygawd gak bisa berhenti! Tau-tau udah hampir abis. -________-


Cotton candy-nya manis dan soft sekali. Gak berasa serik di tenggorokan. Pastinya terbuat dari bahan berkualitas nih ya. Asik banget nyemilin cotton candy ini rame-rame. ^^

Kita nongkrong lumayan lama, sekitar 2 jam gitu. Muffin ama sepupunya lagi ngobrolin rencana traveling seusai lebaran. Asik banget tuh mereka liburan ke Baluran, Ijen, dan Menjangan rame-rame. Envy hiks. T______T


Summary
Rasa & kualitas: emang gak perlu diragukan lagi nih bisnis kuliner milik Chef Ken. Seluruh pesenan kita nggak ada yang mengecewakan. Semuanya tandas nggak bersisa. Tapi sumpah Choco Mint-nya buatku kurang banyak. Asli nagih.

Harga: mau bilang mahal ya gak tega, Abis worth it banget sih. Dari segi makan, fasilitas, kenyamanan, semuanya patut diacungi jempol. Masa mau bilang mahal? Ada harga ada rupa lah. Toh harga makanan/minuman di kafe rata-rata juga segitu. Oya, berikut rincian harga menu pesanan kita, belum termasuk pajak yah.

Willy Waffle Met Kip: Rp 65.000,-

Meet Sally the Dory: Rp 65.000,-

Cheese Fries: Rp 22.000,-

Hot Cappuchino: Rp 29.000,-

Green Tea Frappe: Rp 30.000,-

Salisbury Choco Shake: Rp 30.000,-

Choco Mint Cotton Candy: Rp 35.000,-

Pelayanan: ramah banget. Kalo pun kita banyak nanya ya mereka tetep ramah. Woow. Jempolan deh. Tapi mereka jarang seliweran karena yah, kita kan langsung pesen menu di depan. Hal itu mengurangi jatah peredaran mereka dari meja ke meja kan. :’D

Fasilitas: full service! Di setiap meja ada colokan. Free wifi juga ada tapi aku lupa nyobain, jadi nggak tau seberapa banter kecepatannya. Sayang tempat cuci tangannya jauh, jadi satu ama toilet di bagian depan kafe (jadi satu dengan area indoor). Etapi toiletnya unik banget loh! Kalo biasanya dinding toilet hampir separuhnya dikeramik, ini dibiarkan dari semen aja. Emang sengaja sih, ngikutin gaya retro vintagenya. Trus tetep aja di toilet kita nemu pajangan unik. Tapi sayang, toiletnya kurang kece buat selfie. xD

nyempetin selfie (kiri) pajangan dinding (kanan)
Awas keliru masuk toilet xD

Soal lahan parkir, sebenernya sih luas. Tapi untuk mobil cuma muat satu-dua aja. Kita sampe parkir di luar lahan Pipe & Barrel tuh.

Tempat: atmosfernya nyenengin dah! Bikin betah berlama-lama di sini. Emang enak sih nongkrong jelang larut malem, nggak rawan kena usir pengunjung yang antri tempat duduk. Tapi setauku sih, kafe ini emang penuh tapi gak sampe overload. Jadi tiap ada pengunjung dateng, mesti pas ada bangku yang kosong juga.

Area indoor
Area outdoor

Apalagi nih ya, meskipun ramai pengunjung tapi suasananya nggak berisik. Ato mungkin pelanggannya pada kalem kayak aku, ya? :” *digampar

Sukanya lagi, lagu-lagu yang diputer di sini tuh kekinian banget. Mulai dari lagu barat terbaru sampe lagu cover favoritku. *.*

Overall: 9/10 (hampir perfect!! Kalo harganya bisa lebih murah aku kasih skor 10 deh)

Sekitar pukul setengah 12 malem kita pun cabut. Puas rasanya bisa nongkrong asik di sini. Coba kalo ada yang mau ngajakin nongkrong gratis di sini, gak bakal nolak deh. Jadi kalo kamu ke Surabaya, sempetin deh mampir ke sini. Nanti bisa foto bareng ama Chef Ken yah… di tembok. xD

Halo Chef Ken!

Pipe & Barrel
Jl. Polisi Istimewa 22 Surabaya
(031) 5683275
Jam buka Minggu – Jumat pukul 10.00 – 23.00 WIB, Sabtu pukul 10.00 – 01.00 WIB
(terakhir order 1 jam sebelum jam tutup)
www.pipeandbarrel.com



Karena aku udah kelar review kafenya, sekarang ganti deh aku review aplikasi penyelamatku tadi. Sebagai bentuk rasa terima kasihku pada OpenSnap, akan aku kupas fitur-fitur terbarunya sepesyel untuk Chocoreaders-ku tercinta!

Here more about OpenSnap
Buatku, OpenSnap adalah aplikasi jebolan OpenRice yang simple dan praktis bagi para culinary seeker. Kenapa? Karena kita nggak perlu repot-repot ngetik untuk mendapatkan referensi tempat makan secara cepat. Cocok buat orang yang spontan mau makan di mana plus gak mau ribet dan suka berwisata kuliner macam aku.

Di versi 2.0.7 ini, OpenSnap meluncurkan banyak fitur baru dan berikut beberapa di antaranya:


1. Personalized your food app by bookmark. Sistem bookmark ini jadi fitur andalan OpenSnap yang amat diunggulkan kegunaannya. Dengan adanya fitur bookmark, kamu bisa ngelist restoran favorit yang ingin kamu kunjungi suatu hari nanti. Selain itu kamu bisa bookmark info dan penawaran spesial terbaru dari OpenSnap. Seru!

Daftar bookmarks restoran (kiri) , daftar bookmarks penawaran spesial (kanan)

Oya, kamu bisa memasang filter dalam kolom pencarian. Filter bookmarks misalnya. Semakin banyak resto/makanan tersebut di-bookmark, maka semakin digemari banyak orang. ^^

Tuh yang nge-bookmark ada 4 orang ^^

2. Personalized your favorite location. Kamu bisa mengatur lokasi yang sering kamu kunjungi untuk mendapatkan referensi kuliner di daerah tersebut. Contohnya di Surabaya aku seringnya main ke daerah Rungkut dan Wonokromo. Yaudah aku bookmark lokasi itu untuk tampil di halaman depan. Praktis banget, kan? Aku suka. :*

Enam daerah jajahanku di Surabaya xD

3. Map view. Lagi bosen makan di rumah? Males makan/nongkrong di tempat jauh? Aktifkan radar untuk nyari referensi kuliner di sekitar kamu. Yap, fitur inilah penyelamat situasi gundah gulana seperti halnya yang kualami tadi.

4. Social visited. Di apps ini, kamu nggak sekadar buka-cari referensi-tutup gitu aja lho. Kamu bisa follow update-an temen-temen kamu di OpenSnap juga, sapa tau dapet rekomendasi. Nah, nambah temennya gimana? Ya langsung ke tab ‘search foodies’ dong. Nanti ada 2 tab referensi, yakni foodies berdasarkan rekomendasi OpenSnap dan foodies yang merupakan temen FB kamu juga. Oiyess, jangan lupa follow akun OpenRice-ku yak! Search aja ‘newhildaikka’. ^^

Rekomendasi dari terpopuler (kiri), rekomendasi dari Facebook (kanan)

5. Everyone tab. Fitur nearby dan favorite location masih belum bisa memberikan referensi yang cocok buat kamu? Bisa langsung ke tab everyone! Kamu bakal terhubung dengan para foodies yang satu kota denganmu dan update dengan apa yang sedang mereka makan.



Dengan kelima fitur baru di atas, sebagai user aku beneran ngerasain manfaatnya. Mau keluar ama Muffin, gak pake mikir lama mau makan apa, sudah banyak tersedia pilihan jenis makanan. Yang biasanya bergumam “Makan di mana ya?”, sekarang ganti “Kemaren kan udah makan seafood, kalo gitu sekarang makan menu western ah!”. Top banget untuk meminimalisir perdebatan kamu dengan pasangan saat ribut nentuin makan di mana.

DIPILIH! DIPILIH!

Apalagi nih ya, di OpenSnap ada banyak info penawaran spesial di resto tertentu di masing-masing kota user! Aseek, pemburu diskonan macam aku jelas amat bersuka cita. Kapan lagi nyobain makan enak dengan harga miring? Toh kalau pun kita lagi search restonya, penawaran yang berlaku pun tampil di halaman infonya! Mantap!

Bayar 2 untuk 3 steak Holycow? MAU BANGET!

Sehabis nongkrong, tentu aku gak lupa dong buat upload foto dan reviewnya. Biar makin hits dan bermanfaat lah buat pengguna lain BHAHAHAHA. Eh tau gak sih, ternyata OpenSnap menyediakan sticker lucu untuk foto yang diupload. ASIK!



Tapi sayang banget nih OpenSnap kurang up to date ama restoran baru. Masa pas aku nyari tempat nongkrong di sekitar Basuki Rahmat, yang muncul cuma itu-itu aja. Padahal setauku udah buka tempat makan yang gress di sekitar situ, yakni Kedai Tua Baru dan Bakmi Jowo. Trus soal informasi restoran juga kurang lengkap dan akurat. Tau sendiri kan Pipe & Barrel di OpenSnap tertera cuma sampe jam 10, padahal mereka buka sampe jam 11 malem. Duh, semoga kedepannya OpenSnap semakin diperbarui dan bisa lebih bagus lagi. :)

Nggak update :3

Aku punya masukan nih, semoga OpenSnap menyediakan ruang untuk user dalam memberikan koreksi dan menambah info restoran terbaru. Biar OpenSnap semakin maju gitu!

(klik untuk memperbesar)
(klik untuk memperbesar)
(klik untuk memperbesar)

Yuk ah, segera install aplikasi OpenSnap di hape kamu! Buat food hunter macam aku, aplikasi ini WAJIB PUNYA!

UPDATE!!
Jadi gini yah, aku kan pernah upload foto kuliner di OpenSnap tapi restonya belum terdaftar di situ. Yaudalah tetep aku cantumin aja nama restonya. Dan gak berapa lama resto itu udah terdaftar di aplikasi! Waow cepet banget bok! Fast-respond-nya patut diacungi jempol. Jadi yah, kita bisa turut andil dalam mengembangkan perangkat OpenSnap dengan cara upload foto kulinermu sebanyak-banyaknya PLUS cantumkan nama kafe/resto barunya. Okeh?


Snap and share,
-Hilda Ikka-

Review-ku di Play Store

18 comments :

  1. Emang enak sih nongkkrong di Pipe and Barrel, suasananya nyaman dan makanannya juga enak, yah walau agak mahal juga hehehehe :)

    Wah Open Snap ya... bisa dicoba nih... :D

    ReplyDelete
  2. Baru tau kalo hari sabtu disini cmn sampe jam 1 siang doang...trims infonya sai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jam 1 dini hari Mbak.. Bukan jam 1 siang :'D

      Delete
  3. Wah ulasannya lengkaaapppp..
    Infografisnya lucu pake stikernya bella hahaha
    Juara deh ini
    Goodluck ya mbak :)

    ReplyDelete
  4. Aduuuuh...
    ini kenapa fotonya bikin ngiler semua siiiih...
    Kan jadi pengeeen!

    Emang asyik yah kalo ada aplikasi kayak gini jadi kita gak perlu ribet2 lagi kalo mau cari makanan :))

    ReplyDelete
  5. Kereeeennnn..lengkap banget mba ulasannya....

    ReplyDelete
  6. Harganya pas buat anak nongkrong tapi gak pas buat emak rempong kayak aku hehe... wah, aku belum upload satu foto pun di Open Snap nih,masih gaptek.

    ReplyDelete
  7. kok lucuu si tempatnya..sampe no di meja aja pake gentong.. ^^

    ReplyDelete
  8. Open Snap ini khusus di Indonesia aja ya?

    ReplyDelete
  9. OHH ini yang daerah polisistimewa itu yak, keknya aku tak sanggup singgah ke situ kalo gak ada undangan gratisan wkwk

    ReplyDelete
  10. mauuu ikan dory nyaaa....open snap kece, tapi perlu diperbanyak referensi restonya yak...

    ReplyDelete
  11. tempatnya sangat nyaman buat nongkrong, tapi harganya lumayan juga hehehe :D

    ReplyDelete
  12. hmm...makan melulu mbak...makanya makin berisi aja...pertanyaan yang sama buatmu : Kapan aku ditraktir?"hahahahaha

    ReplyDelete
  13. Alamak tengah malam baca postingan ini. *telen ludah* Unik dekorasinya, ya. Ke sini bukan sekadar makan, tapi juga cari suasana dan cuci mata. :)

    ReplyDelete
  14. kerennya deeeek ulasan dikau komprehensif dan TOTAL banget!

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah mau berkunjung dan membaca, terlebih turut meninggalkan komentar. ^o^ Mohon berkomentar secara sopan dan plisss jangan tinggalkan link hidup dan pasti langsung aku hapus. Okey? ;)

Sekali lagi terima kasih pembaca-pembaca setiaku. Tanpa kalian, apalah arti aku dan tulisanku ini. Semoga menginspirasi. :))