Thursday, September 3, 2015

Repotnya Jadi Blogger

Repotnya Jadi Blogger

Siapa bilang jadi blogger itu repot?

Lah memang, kok. :p

Apa repotnya? Yang pasti bukan repot nyapu-nyapu, cuci piring, ngelayani pembeli… lah, itu mah aku. #ketikamenjadibabudirumah #kasihkerjaandong

Well, aku tau semua blogger sama repotnya. Repot nyari ide postingan, repot ngatur waktu antara dunia maya dan dunia nyata, repot menghadiri undangan sana-sini… Namun selama mereka para blogger ini melakukannya dengan senang hati, nggak masalah kan? Soalnya ‘repot’ yang akan kucurhatin di sini adalah ‘repot’ yang lain. ‘Repot’ yang kuanggap sebagai suka duka sampai bermakna: capek dweeeeh!

Nah, aku sarankan setiap kali usai membaca judul poin-poin di bawah, jangan lupa sertakan kalimat seruan “Capek dweeeh!” di dalam hati. Mau dilafalin keras-keras juga nggak apa-apa. Cuma aku nggak mau tanggung jawab kalo akhirnya kamu bakal dirujuk ke RSJ Menur.
Dan beginilah, repotnya jadi blogger….

1. … ketika kerja dikira nganggur.
Sudah hal yang lumrah ketika seorang blogger tekun membangun blognya, maka job-job perlahan menghampiri. Entah itu review atau lainnya, yang pasti bisa dikerjakan bebas tanpa terikat jam kerja (freelance). Di sinilah repotnya, di kala kita sedang sibuk menatap layar PC dan merangkai kalimat, orang lain menganggap kita sedang main-main. Dikiranya laptop/PC isinya Zuma doang apa.

Hal ini pun aku alami sendiri di rumah loh. Sebelum aku memberi tau ortu tentang kerja sampingan ini, mereka sumpek mendapati aku menghadap laptop seharian hampir setiap hari. Namun setelah kujelaskan, akhirnya mereka pun mengerti. Selanjutnya, ganti para pelanggan ibuku yang sering salah paham. Yaaah karena aku harus nyambi jaga toko di rumah, jadi orang-orang ini bisa melihat jelas apa yang aku kerjakan di laptop. Biasanya mereka kepo kek gini:

“Dari tadi kok ngetik terus? Gak pusing Mbak?” –yaelah, belom tau rasanya bikin skripsi? Lebih pusing lagi!
“Eh, yang dibuka kok gambar makanan terus Mbak? Emang enak ta itu?” –yeee ini lagi milih-milih gambar buat review makanan dikomentarin. -____-

Begitu aku bilang, “Iya ini lagi kerja, Mbak.” mereka malah bingung. Ya repot kaaan.

Salah satu curhatan freelancer

2. … dibilang maniak gadget padahal lagi blogwalking dan optimasi blog/sosmed.
Jaman kuliah, aku online pake laptop cuma di kampus. Karena salah satu kebutuhan pokok selain sandang, pangan, papan adalah wifi gratis BHAHAHAHA. Jadi selama di kampus selain jam kuliah, aku anteng ngadep laptop berjam-jam karena di kos gak akan mungkin bisa online. Berkat kebiasaanku itu, temen-temen kampusku suka ngebully kalo aku orangnya ini online freak. Yes I am, but they don’t know what I’m doing actually, right? They only judge, judge and judging around. Sekaligus nyinyir.

Padahal lho ya, padahal… aku seperti itu karena aku nggak bisa online di kos. Jadi aku ngedraft di kos lalu publish tulisan di kampus. Padahal juga aku sibuk blogwalking ke blog teman. Atau lagi utak-atik blog demi tampilan yang optimal, promo link blog ke berbagai sosmed, update newsfeed untuk nambah wawasan, dan lain sebagainya. Dan hei, padahal aku nggak seperti itu setiap hari loh. Aku juga membagi waktuku antar dunia maya dan nyata and yeah… they just don’t wanna know it exactly.

Tapi giliran aku menang lomba, pada sirik. Kan repoooooot. -_____-

3. … dicemburuin kalo dapet makan (or something else) gratis padahal habis gitu rempong ngedraft postingan.
Yang namanya hidup itu sawang-sinawang yes. Di mata orang lain mungkin jadi blogger itu enak yah. Tinggal epek-epek dateng terus dapet makan siang, pulang dapet gudibeg. Kalo lagi beruntung bisa dapet uang saku bahkan nggondol hadiah dorprize. Padahal dibalik itu semua yah terkadang blogger dituntut untuk meliput acara atau bahkan menyampaikan kembali materi yang didapat selama acara pada blog masing-masing.

YOIKI! Terkadang kita dapat materi yang nggak terlalu paham jadi kudu riset buat memperdalam tulisan. Kadang pula bikinnya nggak cukup sehari dua hari, direwangi kesibukan di dunia nyata pisan.

Jadi kalo aku check in Path di tempat-tempat gahol ato eksklusif jangan disirikin ye. Sapa tau eyke lagi nyari sesuap berlian. :p

4. … diminta promoin sesuatu secara cuma-cuma padahal siapa elu?
“Eh, aku lagi jualan batu akik lho! Numpang promoin di blogmu dong. Ntar pajangin akun yutub sama instagramku yah!”

Aku pun tersenyum manis menanggapi. Padahal dalem ati keki berat bak abis nenggak racun setandon!


Helluuu siapa elu? Temen iya, tapi cuma pas butuh doang. Ke mana elu pas guweh sumpek dijahatin mantan? Ke mana elu pas tanggal tua guweh kehabisan duit? Ke mana elu ngebiarin guweh pipis sendirian ke kamar mandi padahal lagi takut gegara abis nonton Insidious 2 wth. -_______-

Intinya ya, siapa elu!


Sebenernya sih aku nggak keberatan loh bantuin promo jualan temen. Tapi siapa dulu? Temen baik kah, temen deket kah? Aku nggak mau aja kalo niat baik ini cuma dimanfaatin orang-orang yang nyari keuntungan semata. Malahan ya kalo udah temen baik, aku inisiatif duluan buat bantu promo. Contohnya…. Cari aja sendiri di blog ini. :p

5. … ketika post tentang suatu produk dikira ngiklan/dapet job review.
Pernah gak sih sewaktu blogwalking terus nemu postingan yang berisikan review suatu produk/jasa, jadi ngebatin, “Wah guaya lagi dapet job ripiuw ini.”

Iya kalo beneran dapet job ripiw, lha kalo bukan? Udehlaaah jangan sirik ama rejeki orang. Nggak sedikit loh blogger yang tulus bikin ripiw sendiri karena suka dan puas banget ama produknya. Yaaah itung-itung sekaligus nyepik brand-nya biar dikasih job. #eaaak

6. … pas dicap pecinta gratisan. *tapi kadang ada benernya juga sih
Yah, sampe-sampe kalo ada blogger invitation pake dikasih embel-embel segala. Kayak “dapat makan siang, goodie bag, tweet competition dan berbagai dorprize menarik lainnya!”.

Yakali kalo gak dikasih embel-embel kita gak bakal dateng gitu? *tapi ada sebagian yang gitu sih* *palm face*

7. … ketika ditanya gimana caranya bisa ngehasilin duit lewat blog.
Err.. pada zaman dahuluuu…. *ala-ala kartun di MNC TV*

Ya sebenarnya kalo diminta ngasih tau bisa dapet duit dari mana aja ya bisa. Lha kalo yang nanya makin belagu, “Ajarin dong biar bisa dapet duit kayak elu.”

Baca serba-serbi penghasilan para blogger di “Dari Manakah Blogger Mendapatkan Uang?

Nah lho! Masalahnya mereka niat ngeblognya ngejar money. Padahal teorinya ngeblog itu harus pake hati, biarlah nanti money mengikuti. Setuju, gak?

Yah serepot apa pun jadi blogger, selama dijalani dengan senang hati bakal hepi-hepi aja kok. Toh menurutku lebih banyak suka daripada dukanya. Lebih banyak manfaat daripada mudharatnya. ^^

Kira-kira ada yang mau nambahin? :D

Proud to be blogger,
-Hilda Ikka-

Gambar curhatan freelancer dari Path
Gambar batu akik from kaskus.co.id
Gambar sudah kuduga from www.ovlr.com

39 comments :

  1. wihh sibuk banget kayaknya jadi blogger :D
    kalo saya sih belum apa apa, masih belajar, masih pemula. belum bisa ngasilin uang lewat blog. tapi saya berharap bisa ngasilin uang lewat blog suatu saat nanti, haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pelan-pelan insya Allah, semoga blognya berkah ya ^^

      Delete
  2. hayoooo itu diubah dulu kata2 autisnya....ga elok :D

    ReplyDelete
  3. Nambahin dek, repotnya itu kalau dah lama nggak ada pak pos dateng ke rumah nganter paketan ke rumah ditanya sama ibuk, udah nggak ngeblog??
    Terus kalau pak pos sering dateng pertanyaannya ganti, nggak ada ya hadiah yg bentuknya uang. Lah dalak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi serba salah ya Mbak. Tapi anggaplah itu jadi motivasi untuk mengais rezeki lewat blog :D

      Delete
  4. Kalau ane tanpa blogger gak ada dana masuk ke rekening paypal mbak :D
    Soalnya blog saya yang satunya udah ada hasilnya walaupun sedikit tetap ane syukuri :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekecil apapun hasilnya tetap diterima karena itu hasil jerih payah kita sendiri ya. :))

      Delete
  5. ternyata jd blogger ngga gampang ya.. tapi kalo dilakukan dng hati, pasti menyenangkan hehehehe :)

    ReplyDelete
  6. hehehe cape deee :D
    alhamdulillah belom ada yang rewel ke aku

    ReplyDelete
  7. Nggak, nggak mau nambahin, kenyang ngekek2 baca daftarnya. Aku habis ngomel di group chat alumni gara2 ada teman cowok yg bilang ibu2 sukanya ngegadget melulu. Ya gitulah aku terangin panjang X lebar pegang gadget nggak melulu alay, tp kerja juga. Udah gitu, selama ini group tsb dikuasai cowo2, mereka itu guyonan nggak mutu bisa seharian sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, segalanya itu sawang-sinawang yes. Padahal orang2 MLM kerjanya juga pake gadget loh :3

      Delete
  8. Repotnya jadi Blogger....emmmhh....paling pusing aja sih, karena banyak isi kepala yang harus dituang ke blog tapi berbenturan ma kegiatan dunia nyata, apalagi kalau punya dua blog. :)

    ReplyDelete
  9. kirain engga repot jadi blogger
    ternyata sudah kuduga :D

    ReplyDelete
  10. ternyata gak semudah yang dibayangkan ya. tetap semangat :))

    ReplyDelete
  11. Blogger, hobi dan profesionalisme... Yang penting saya posting saja ya mbak... semangaaat...

    ReplyDelete
  12. Kalo kerjaan kantor lagi banyak, alamat ngeblognya terbengkalai. Ternyata kerjaan yg diliat banyak orang cuma sebagai 'keisengan' juga butuh manajemen waktu yg baik yaa

    ReplyDelete
  13. Serepot apapun, dinikmatin aja, pasti enak hehe. Saya seneng jadi blogger, biarpun akhirnya "banyak peer hehe"

    ReplyDelete
  14. pokoknya tetep asik deh jadi blogger...tetep ada suka dukanya :)

    ReplyDelete
  15. Bhuahahaha ngwkwk dah, seger baca tulisan ika pagi-pagi *sibak poni siapin draft blog :P

    ReplyDelete
  16. meski repot tapi seneng kan jadi blogger?

    ReplyDelete
  17. ngakak bacanya mbaa..apalagi liat gambar2nya hihihi..

    ReplyDelete
  18. Seruuuu banget tulisan dikau deeek.!! Gemeeesssshh :)

    ReplyDelete
  19. pokoknya uyye,, yg dari hati pasti lebih berasa deh hi hati ,,, semua pasti ada hikmahnya #apalah ,,, love this mak,,

    ReplyDelete
  20. Apalagi aku yang nongkrongin lepi cuma pake kaos oblong celana pendekk, trus ada yg datang langsung ngomong...ya ampuuun dari tadi nge game aja, nggak masak po...
    padahal aku ini lagi kerja kakaaak....*lempar elap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buahahaha Mbak Ikaaaa nggarai ngguyu wkwkw. Dikiro maen Zuma paling yo wkwkwk

      Delete
  21. Sebagian aku ngalami juga sih, dan kadang malas juga jelasin pada orang-orang yang bisanya ngejudge tanpa paham apa yang kita lakukan. Ya udah biasanya aku biarin, biar mereka makin kepo aja pas lihat fb ku isinya share artikel, hihiii

    ReplyDelete
  22. Akyu dibawa santai aja ngeblog kan biar happy...ngeblog itu bg aku tempat asyik buat nyante dari hiruk pikuknya dunia nyata ��

    ReplyDelete
  23. yg jelas menyenangkan selama menikmati, pokoknya banyak manfaatnya :) baru pertama berkunjung kemari.

    ReplyDelete
  24. Waaahh kayaknya aku sebagai yesterday afternoon blogger harus belajar sama mamak yang satu ini. Btw, ngakak baca postingannya. Emang masi ada ya di zaman sekarang orang yg masi maniak main Zuma? hahaha

    ReplyDelete
  25. Hahahaha. Hahahaa. Hahahahaaa.. Yang panjang ahh ngakak nya.. Kocak banget makk.. Bener.. Bener bingiiittss ini.. Apalagi beauty blogger gitu deh ribet kalau harus one day one post, tak mungkin.. Padahal pengen juga curhat random tapi dalam 1 blog aja biar gal repot, apa daya niche nya beauty blog hehehe.. Cemungudh..

    ReplyDelete
  26. Ini bener banget ka :')
    Aku juga dulu suka dibilang feak karena online mulu trs setiap kemana-mana bawa leptop (apa lagi ke kampus atau ke cafe pdhl nyari wifi). giliran skrng aku udh sering dpt gratisan temen-temen ku sama keluarga malah ikutan interest sama dunia blogging, alasannya biar dpt gratisan jugaaaak *face palm*

    ReplyDelete
  27. Kalau Fulltime atau Pro Blogger ya pasti repot apalagi banyak orderan, hehe.

    Ya biarin orang menilai aneh-aneh lah, yang penting bahagia aja jalaninnya :p

    ReplyDelete
  28. Kalau di lingkunganku sih, ngga pada begitu-gitu amat.
    Nggak tau sih, atau tepatnya aku emang nggak suka deket-deket sama orang di dunia nyata, emang susah deket sama orang XD
    Jadi kalau punya temen, pasti pilihannya: kamu tau segala yang aku lakuin, peran aku di dunia nyata/maya atau kamu cuma tau aku sekilas. Gitu aja XD

    Kalau yang cuma tau aku sekilas, nggak akan aku ladenin di dunia maya, jadi temen facebook doang paling. Jadi mereka ga berisik berisik amat hahaha :)))))))
    Tapi menurutku aman kok... Aku dasarnya orang cuek banget sih XD

    ReplyDelete
  29. Aku belum jadi blogger yang berpengasilan jadi belum ngerasain dapet makan gratis atau gudibeg, hehe.

    ReplyDelete
  30. Poin2nya bener banget tuh mbak. apalagi soal susahnya bagi waktu...

    ReplyDelete
  31. zuzur, dlu awalnya aq ngeblog bwt ngais rejeki mbak ika, tp stlh disadrkan suami akhirnya niat ngeblog aq ubh jd ingin berbagi, karena berbagi itu indah. jama'aaaahhhh ooo jama'ah alhamdu..lillaaaahhh.. hehe

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah mau berkunjung dan membaca, terlebih turut meninggalkan komentar. ^o^ Mohon berkomentar secara sopan dan plisss jangan tinggalkan link hidup dan pasti langsung aku hapus. Okey? ;)

Sekali lagi terima kasih pembaca-pembaca setiaku. Tanpa kalian, apalah arti aku dan tulisanku ini. Semoga menginspirasi. :))