Friday, September 4, 2015

Ayo Masak: Nugget Kentang Keju

Ayo Masak: Nugget Kentang Keju

Tekad untuk mempraktekkan resep ini bermula usai aku dateng ke bazaar sekolahan adekku, Fira. Bukan bazaar gede sih, kecil-kecilan aja buat praktik kewirausahaan siswa-siswi kelas 6. Jadi yang jualan ini anak-anak kelas 6 untuk dibeli murid-murid satu sekolahan. Trus yang ngantre buat beli ya adekku lah. Aku tinggal ongkang-ongkang kaki doang. BHAHAHAHA *ketawa jahat*

Nah masalahnya stan bazaar ini ngejual makanan + minuman yang sama sekali tidak praktis. Contohnya es capcin (cappuchinno cincau) yang kudu diblender dulu lah, Nakeke (nugget kentang keju) yang pake digoreng dulu lah. Sedangkan jam istirahatnya cuma dikit dan yang antre membludak! Oyoyoyo…

Kenapa gak jual yang praktis aja sih? Macam stik keju atau es kopyor? #heaaa *ngedumel sendiri*

Okelah aku keturutan beli es capcin, tapi tidak untuk nakeke! Huuuuuuu. Stok yang dijual cuma dikit sedangkan adekku udah nggak keburu buat ngantre lagi hiks. Akhirnya aku cuma bisa ngomel dalem hati, “Awas yah, biar aku bikin sendiri nakeke yang banyak sampe kelempoken!” Buah, dendam kesumat macam apa itu. xD
Suasana antri beli nakeke

Alamak antrenya....

Menurut perkiraan sotoyku, bikinnya gampang banget ala-ala perkedel gitu. Cuma beda kulit luarnya aja kan. Terus kalo nakeke di bazaar itu kan keju parutnya ditabur, aku maunya keju ini diselipin di dalam aja biar melting. Uwuwu…

Simak step berikut ini yess.

Bahan:

  • 1 kg kentang, kukus
  • 1 buah wortel, potong kotak-kotak kuecil yah. Lalu rebus sebentar dan tiriskan
  • 100 gr keju cheddar (atau quickmelted, lebih bagus)
  • 100 gr tepung terigu
  • 2 butir telur
  • 100 gr tepung roti
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng


Bumbu halus nugget:

  • 1 sdt garam
  • 2 sendok makan bawang putih goreng
  • ½ sdt merica bubuk
  • 1 batang daun bawang (dibanyakin juga nggak papa, sesuai selera)
  • 1 sdt kaldu ayam instan


Cara membuat:

  1. Haluskan kentang yang telah dikukus tadi, sisihkan.
  2. Tambahkan bumbu nugget yang telah dihaluskan, mpur rata pada adonan kentang kukus.
  3. Setelah itu bentuk nugget sesuai selera dan sisipkan potongan keju di dalamnya. Aku sih suka bentuk kotak pipih hehe.
  4. Selanjutnya gulungkan adonan yang telah dibentuk ke wadah tepung terigu. Lalu celupkan ke dalam kocokan telur kemudian gulingkan ke wadah tepung roti. Balurkan hingga merata.
  5. Lakukan hingga seluruh adonan habis, sisihkan. Simpan di freezer lemari es minimal 15 menit.
  6. Terakhir, panaskan minyak dan goreng nugget hingga berwarna kecoklatan. Goreng dengan mode deep-fried agar matang secara merata.
  7. Sajikan dengan mayones atau saos sambal, lebih maknyusss.


Catatan:
1. Sangat disarankan pake quickmelted cheese yahh, soalnya aku pake keju cheddar biasa gak meleleh sesuai ekspektasi. T^T Nah terus quickmelted cheese itu ternyata mahal harganya huhu. Ya boleh lah pake keju cheddar biasa. Biar rasa kejunya merata, parut dan campurkan pada adonan kentang gitu. Lumayan enak kok. *soalnya udah aku cobain di sebagian adonan*

2. Sebenernya untuk perekat tepung roti gak harus pake telur sih. Pake susu cair aja, nyontek resepnya Onion Ring. Kalo pake telur cepet habis sih wkwkwk.

3. Gatau ya… aku pake tepung roti ini kayak kurang sreg. Soalnya rontok mulu meski udah dipingit dalam freezer lemari es. Yang mau praktek, boleh lho cobain pake tepung panir!

4. For me… menu ini praktis banget buat bikin bekal anak sekolahan. Tinggal garap adonan semalam, masukin freezer, paginya tinggal goreng deh. Say bye to hectic morning. ( ˘͡ -˘͡)

5. Sekadar info, hasil nugget ini tidak padat selayaknya perkedel. Karena dikukus, jadi lembek gitu. No problem, soal nikmat boleh diadu! Biar gak bosen ah ama tekstur perkedel gitu-gitu mulu. *lha kenapa malah bully perkedel sik xD

Yuk ah dipraktekkin. Oya, temukan resep simple lainnya di label Ayo Masak yah! ^^

Salam keju,
-Hilda Ikka-

15 comments :

  1. sos sambel mana saos sambel....aku suka nugget kentang,pokoknya yang berbau kentang digoreng bakal lahap nggak karuan haha

    ReplyDelete
  2. Aku lebih suka tanpa keju, hehe

    ReplyDelete
  3. Keju biasa juga bisa meleleh kok, kak. Jadi kalau udah dibentuk nugget gitu, kukus (lagi) gitu dengan kejunya udah di dalam.
    Aku pernah bikin nugget ayam keju
    dan udang keju.
    Aneh ga sih tapi ya namanya iseng.........................
    x)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masalahnya kalo kentang dikukus 2 kali bakal anvur lebur pas digoreng gituh :3

      Delete
  4. waaah bikinin dung kakak, pasti enak nyam-nyam :3

    ReplyDelete
  5. ini bikinan ikka..yakin nih..enak nggak ya..sini anter kerumahku :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah abis Mbak, bikinnya udah lama xD xD

      Delete
  6. Aku suka semua olahan kentang. Mau buat juga ah nugget kentang kapan-kapan :D

    ReplyDelete
  7. kayaknya gampang nih, kpn2 bikin ah, buat si ken, tengkiu resepnya mbk ikaaaa

    ReplyDelete
  8. pengen nyoba juga ah, kayaknya kalo pake keju mozzarella makin endess :G

    ReplyDelete
  9. pengen nyoba juga ah, kayaknya kalo pake keju mozzarella makin endess :G

    ReplyDelete
  10. Wah kirain ikut gontok2an ngantri dg anak2 SD wkwkwkk. Tp asik juga resepnya, tak cobane :D

    ReplyDelete
  11. emang tepung panir sama tepung roti tu beda ya kak?

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah mau berkunjung dan membaca, terlebih turut meninggalkan komentar. ^o^ Mohon berkomentar secara sopan dan plisss jangan tinggalkan link hidup dan pasti langsung aku hapus. Okey? ;)

Sekali lagi terima kasih pembaca-pembaca setiaku. Tanpa kalian, apalah arti aku dan tulisanku ini. Semoga menginspirasi. :))