Thursday, September 17, 2015

Yuk, Jadi Blogger Kekinian!

Yuk, Jadi Blogger Kekinian!

Dewasa ini, kreativitas dibutuhkan oleh hampir seluruh aspek kehidupan dalam menghadapi dunia persaingan. Apabila seseorang ingin selangkah lebih maju dibanding sesamanya, maka ia dituntut untuk lebih kreatif dari yang lainnya.

Contohnya saja dari pengusaha rumah makan. Untuk menarik perhatian calon pelanggan, tentu rumah makan yang dikelolanya harus unik dan punya suatu daya tarik tersendiri yang membekas di hati pelanggan. Hingga akhirnya dirancanglah sebuah rumah makan yang terinspirasi dari model pesawat terbang. Interiornya dibuat persis seolah sedang berada di dalam pesawat. Mulai dari ruangan yang menyerupai kabin penumpang, bentuk kursi dan meja makannya, ada tas koper dengan luggage tag, serta para pelayan yang berseragam bak pramugari. Keren kan? Nggak heran kalau rumah makan ini sukses mencuri perhatian publik dan meledak di pasaran. Kalau mau tau, beneran ada loh di Surabaya. Kapan-kapan deh aku ceritain di blog.

Berkaca dari cerita tersebut, sesungguhnya kreativitas tidak memandang profesi. Begitu pun kita sebagai blogger, tak luput dituntut untuk sangat kreatif. Kenapa sangat? Ya karena pasar/segmen yang kita bidik adalah industri kreatif. Hampir sama dengan industri advertising. Lah kalo gak kreatif gimana mau bersaing? Mati dong dilibas ama yang lain.

Etapi kalo ada yang nyeletuk gini?

“Ih, gue kan ngeblog emang cuma pengen berbagi keleus. Suka-suka gue dong ngeblog mau gimana. Kok ribet banget sih pake ini-itu segala.”

Yee.. yaudah. Out aja, gak usah diterusin bacanya. Aku nulis gini cuma buat blogger yang mau lebih maju sehingga mampu mendatangkan apresiasi, peluang, hingga pundi-pundi uang. Yakin situ gak mau? :p

Menurut buku Oh My Goodness: Creative Junkies karangan Yoris Sebastian yang kubaca, kreatif bukanlah bakat. Ataupun kemampuan sejak lahir. Melainkan kebiasaan yang terus-menerus dilatih sehingga otak kita terbiasa think out of the box.

Kalo kamu menemukan orang yang begitu kreatif, yakin deh hal itu nggak tercipta dengan sendirinya. Jadi nggak perlu minder kalo kamu ngerasa dulunya bukan orang kreatif. Karena yang namanya kreatif itu butuh latihan. :)

Kreatif akan menjadikanmu kekinian! Gak ketinggalan jaman dan muncul dengan penampilan segar. Selain itu, kreatif gak melulu soal ide maupun konten. Lebih dari itu hingga meliputi manajemen, sosialisasi, dan lain sebagainya. Nah, mau dong jadi blogger kekinian?

Berdasarkan opini pribadi, ini dia 5 hal yang dimiliki oleh seorang blogger kekinian.

Upload foto berkualitas
Dalam artian enak dipandang. Jadi nggak harus kek hasil jepretan fotografer handal. Ya cukup taulah foto yang memenuhi standar itu yang fokusnya cakep, komposisinya pas, editingnya memadai, dll. Kecuali kalau memang sangat terpaksa menampilkan foto acakadut, ya lain lagi. tapi nggak mungkin dong upload foto acakadut terus-terusan?

Kalo kek gini berkualitas nggak? :3

Menguasai editing grafis
Setidaknya dikit-dikit lah. Gak harus pinter gambar kayak illustrator. Minimal bisa kasih font yang bagus gitu. Belajar lah photoshop dikit. Aku nih nggak lihai-lihai amat main photoshop, tapi karena mengerti beberapa teknik jadinya lumayan. Untuk ilustrasi yang cakep kan bisa ambil di web free vector macam Freepik. Jadi photoshop tinggal diedit dikit ya hasilnya bisa oke.

Contoh blogger yang backgroundnya bukan desainer grafis tapi kreatifnya luar biasa, yakni www.echaimutenan.com dan www.annisast.com.

Aktif di berbagai sosial media
Buatku, yang namanya blogger kudu eksis. Lah tapi kalo orangnya lebih suka low profile gimana? Ya itu pilihan dia sih. Cuma blogger bakal lebih dilirik para advertiser karena punya banyak kanal untuk melakukan promosi. Betul nggak?

Hare gene belum punya twitter & instagram? Yuk ah bikin! :)


Mobilitas tinggi via smartphone
Nggak produktif karena jarang ada waktu buat ngedraft? Sering telat posting karena sulit punya waktu menghadap laptop? Ah, itu bukan halangan. Smartphone canggih bisa menangani itu semua. Ngedraft bisa lewat notes ataupun aplikasi Microsoft Word. Posting blog pun bisa lewat email. So, is there any excuse?

Responsif
Sejak jadi blogger, cek email sudah jadi rutinitas sehari-hari. Siapa tau kan ada rejeki nomplok, misalnya tawaran job melalui email? #heaaa Kan nggak lucu kalau ada tawaran kek gitu terabaikan selama seminggu misalnya. Tapi aku mafhum sih kalau ada blogger yang emang nggak bisa begitu karena smartphone-nya nggak memadai. Yah aku doain deh, moga dikasih rejeki buat ganti hape yang lebih kompatibel biar rejekinya nyambung terus. Amin. ^^

Well, apakah dengan menuliskan ini tandanya aku sudah masuk jajaran blogger kekinian? Nggak juga. Nggak semua poin tersebut kupenuhi. :v Tapi aku bakal terus berusaha laaah. Sekarang tinggal pilihanmu, mau jadi blogger ‘KEKINIAN’ atau ‘KEKUNOAN’? :)

Blogger masa gini,
-Hilda Ikka-

28 comments :

  1. nah poin terakhir...smartphoneku sudah tidak kekinian..makjleb bgt nih wkwkkwwk...
    tapi bner banget semenjak aktif ngeblog jadi sering cek email, padahal gak ada apa2 juga diimel...ya siapa tahu gitu ya, namanya juga berharap hahhaa...

    ReplyDelete
  2. aku cek imel.. spam semuaaa.. kudu diulik-ulik dulu sapa tau ada yang nyempil.. hahaaa

    ReplyDelete
  3. lg berusaha menuju kekinian aja deh mbk ika, masak kekunoan, wajah udh kuno, msak blog juga, oh nooo
    tengkiu tipsnya y mbk

    ReplyDelete
  4. dan beberapa blogger punya tampilan blog yang minimalis, tanpa foto, hanya teks, dan tanpa kotak komentar karena tujuan dia ngeblog hanya untuk nulis :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi tanyain dulu Mas, yakin nih gak mau uang? :v

      Delete
  5. request posting seputar editing dong kaka:)

    ReplyDelete
  6. Yaaay semangat jadi blogger kekinian!!!

    ReplyDelete
  7. Aku masih kekunoan kali ya...belum bisa edit2 foto, nulis juga gitu2 aja...hihihi
    tapi aku pengen banget bisa, makanya nih...blogger kekunoan pengen jadi kekinian..

    ReplyDelete
  8. Kalo aku blogger kelabakan, mak :v

    ReplyDelete
  9. ((( blogger masa gini )))) yeay ada aku yeaayyyy! XD

    ReplyDelete
  10. Yey.. bisa masuk nih hehe.. btw salam kenal ya mba :D

    ReplyDelete
  11. Tampilan blog harus menarik mak, terutama foto. Mata Hayati lelah mak... liat huruf melulu. Hihhihi

    ReplyDelete
  12. Aku, blogger kekunoan banget... -_-

    ReplyDelete
  13. Siiipp betul banget, nyicil-nyicil uang ditabung biar bisa upgrade gadget biar ngeblog makin kekinian hihihi ^_^ nice post mak

    Xoxo,
    http://www.leeviahan.com

    ReplyDelete
  14. Sementara aku blogger apalah-apalah x))

    ReplyDelete
  15. aku malah nggak pernah nge blog pake laptop mba..smoga dg itu aku bsa jd blogger kekinian amin :D

    ReplyDelete
  16. Poin menghasilkan pundi-pundi uang bikin mata emak jadi melek.hehehe.

    ReplyDelete
  17. Aahhh...menarik nih artikelnya. Dulu aku suka cuek gitu, jarang update blog, apalagi status. Trus kena virus mak Indjul, ngeblognya makin rajin. Kekinian? Entahlah :D

    ReplyDelete
  18. Kalo saya blogger kekunoan banget plus abal2. Hiks :D

    ReplyDelete
  19. Trying hard to be not kekunoan hahahaha apa sih...
    Hmm dari 5 lg diusahain 80% nya spy bs sedikit kekinian... Yg grafis editing masih kudu lari kenceng...
    TFS Yaaks

    ReplyDelete
  20. Walopun masih yesterday afternoon blogger, pengen banget lebih banyak belajar photoshop biar lebih ketje blognya...

    ReplyDelete
  21. mau dong kekinian...ini masih berusahan nih...makasih buat sarannya ya mak :)

    ReplyDelete
  22. pengin bisa bikin infografis. bikin tutorialnya dong, ka :D *request*

    ReplyDelete
  23. Halo mba salam kenal, aku baru belajar ngeblog nih semoga bisa belajar dari mba

    ReplyDelete
  24. Aku lagi bingung nih mikirin tema buat blog aku. Tolongin dong ka...

    ReplyDelete
  25. Baca postingan ini jadi inget blog ku yang nganggur...
    Juga jadi terdorong buat kembangin blogku biar kekinian hehehehe
    Aku mau dong belajar dari kakak

    Makasih :)

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah mau berkunjung dan membaca, terlebih turut meninggalkan komentar. ^o^ Mohon berkomentar secara sopan dan plisss jangan tinggalkan link hidup dan pasti langsung aku hapus. Okey? ;)

Sekali lagi terima kasih pembaca-pembaca setiaku. Tanpa kalian, apalah arti aku dan tulisanku ini. Semoga menginspirasi. :))