Friday, October 2, 2015

Ayo Masak: Kentang Goreng Saos Tomat

Ayo Masak: Kentang Goreng Saos Tomat

Chocoreaders siapa yang biasanya kalo terbangun di tengah malem trus suka mendadak laper? Pasti 9 dari 7 Chocoreaders selanjutnya pilih masak mie. Selain penyajiannya cepat dan praktis, kelezatannya emang nggak perlu ditanya lagi kan. Makanan siap saji yang gurih, sedep, mantep. Etapi kan aku lagi pengen ngurangin konsumsi mie instant nih, kalo mendadak laper di tengah malem kudu makan apa dong? Masa nyemilin tomat ama cabe?

Ternyata ada ide bagus nih. Bikin aja stok kentang goreng beku di kulkas. Jadi kalo mendadak laper kapan pun, tinggal diolah sebentar sebelum siap disantap. Yang penting sedia bumbu dapur, tomat dan juga telur. Resep ini aku dapetin dari Cookpad oleh Karunia Dyah Mardhatillah. Aaah aku cinta Cookpad, di sana gudangnya aneka resep. Berawal dari nyasar ke web-nya, berakhir dengan install aplikasinya. Dan sejak ada Cookpad, makin gampang nyari ide masakan!

Tapi untuk nyoba resep ini, tentu dong gak pake nunggu terjaga di tengah malem. Yang bener aja lu ndro. xD Toh aku suka banget ama olahan kentang. Selain enak, bisa jadi pengganti nasi juga. ^^ Jadi setelah dapet resep ini, aku langsung bikin kentang goreng untuk di-stok dalam freezer. Pake pisau bergerigi biar hasilnya kayak kentang di café-café. *aslinya mah emang kebanyakan gaya lol

Bahan:
250 gr kentang goreng beku
1 butir telur
1 buah tomat (cuci dan potong kecil-kecil)
½ butir bawang bombay, cincang
Seujung sdt lada (atau merica bubuk)
½ sdt gula
½ sdt garam
Saos sambal sesuai selera
1 sdm minyak goreng
½ gelas air

Cara memasak:
1. Orak-arik telur, kemudian sisihkan
2. Tumis bawang bombay hingga berbau harum.
3. Masukkan tomat dan tambahkan air. Tunggu hingga tomat matang.
4. Tambahkan gula, garam, dan lada.
5. Masukkan kentang goreng dan telur orak-arik. Beri saos sesuai selera. Aduk hingga tercampur rata.
6. Matikan api dan letakkan pada piring saji. Nikmati selagi hangat. ^^


Catatan:
1. Untuk menikmati Kentang Goreng Saos Tomat ini, tentu tidak pakai nasi ya. :)
2. Cocok buat menu sarapan soalnya praktis bikinnya. Eh, bisa jadi suguhan untuk tamu juga loh.
3. Meski dinikmati saat tak lagi hangat, buatku tetep enak. Hahahahaha.

Nah kalau begini, bakalan sering-sering bikin stok kentang goreng beku di kulkas deh. Apalagi praktis dan enak. Mungkin ini bukan resep masakan yang standar enaknya itu enak banget. Tapi lebih pada variasi olahan menu yang terbuat dari kentang. And this is not bad. Adikku suka. Ibuku biasa aja sih, soalnya beliau seorang konsumen nasi garis keras. xD Sayang, belom bisa minta pendapat Muffin. Soalnya sebelum dia sampe ke rumah, makanannya udah aku abisin duluan wkwkwk.

Selamat mencoba ya. Temukan resep simple lainnya di label Ayo Masak. ^^

Salam kentang,
-Hilda Ikka-

10 comments :

  1. itu kentang goreng bekunya dipotongin lagi pake piso bergerigi?? bukannya ada kentang goereng beku yg uda potongan bergerigi gt ya Ik?
    250gr makan kenteng plus saos begitu, malem2 pulak? oh nooooo lemak mana lemak hihihi...ngiler tapinya jd pengen ke Royal *eloooh kok Royal hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak Mbak, maksudnya pas bikin kentang gorengnya pake pisau bergerigi. Kan aku bikin dewe, pengiritan. xD

      Haha iyaaa ini porsi 2 orang sebenernya. Jadi resepnya buat mengira-ngira takaran juga sih. *nanti aku tambahin ke catatan deh ya. Thanks for correcting :*

      Delete
  2. oke fix siap menambah lemak bikin bahagia berakhir kepedihan lahhh

    eaa yang mau merrid skrg postingannya masak2 icikiwiirrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang galau lemak itu harusnya akuuu bukan kamu Mbak :p

      Uhukk, ini maksudnya di rumah mencari kesenangan :'D

      Delete
  3. aku kalo goreng kentang ya tinggal goreng aja soalnya belinya juga udah yang siap jadi dari Fiesta :')
    tapi resepnya bisa dicoba kalau-kalau udah bosen sama kentang biasa yang dicoelin (?) ke saus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyahhh, mayan buat variasi atau latihan ngelemesin tangan ahahaha

      Delete
  4. Guilty pleasure banget nih kalo dimakan malem2, tapi enyaakk pastinya, haha

    ReplyDelete
  5. Mpe saat ni, aku blum berhasil menggoreng dg kmatangan yg pas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku sendiri mah asal-asalan.. Yang penting jadi xD

      Delete

Terima kasih banyak sudah mau berkunjung dan membaca, terlebih turut meninggalkan komentar. ^o^ Mohon berkomentar secara sopan dan plisss jangan tinggalkan link hidup dan pasti langsung aku hapus. Okey? ;)

Sekali lagi terima kasih pembaca-pembaca setiaku. Tanpa kalian, apalah arti aku dan tulisanku ini. Semoga menginspirasi. :))