Sunday, October 4, 2015

Tutorial: Cara Memasang Google Maps pada Postingan Blog

Tutorial: Cara Memasang Google Maps pada Postingan Blog

Chocoreaders pasti tau kan kalo aku tuh suka posting tentang makanan di sini. Makanya gak heran kalo badanku segede gambreng. xD Nah biasanya sih di akhir postingan aku menyematkan peta lokasi, jadi pembaca bisa mengira-ngira sendiri melalui jalur mana untuk mencapai tempatnya. Atau bisa lebih familiar karena mungkin letaknya berdekatan dengan landmark lain yang lebih familiar. Petanya sendiri aku ngelink dari Google Maps, karena tidak ada yang lebih cihuy selain Google wkwkwk.

Oya, buatku masang Google Maps nggak cuma untuk postingan kuliner loh. Tapi post apa pun yang membutuhkan petunjuk menuju tempat yang dimaksud. Misal aku post denim jumpsuit yang baru kubeli di sebuah butik di kawasan Darmo. Yaudah aku pasang peta juga biar pembaca yang tertarik beli tau harus ke mana.

Nah Chocoreaders pasti penasaran kan kalo selama ini ngeliat Google Maps nempel terus di postingan blogku maupun orang lain. Gimana caranya? Okelah bakal aku kasih tau, biar kamu postinganmu hasilnya makin kece!

1. Buka Google Maps melalui browser. Ketikkan tempat/alamat yang dituju pada kolom pencarian. Misalnya nih ya, aku ketik ‘Tunjungan Plaza’.

2. Setelah hasilnya keluar, klik tombol menu yang terdapat di sisi kiri kolom pencarian. Bentuknya seperti tiga garis yang disusun secara vertikal.


3. Selanjutnya akan muncul berbagai tombol pilihan dari kiri layar. Klik pada tulisan ‘Share or embed map’.



4. Kemudian akan muncul sebuah kotak yang berisi dua pilihan: share link atau embed map. Pilih yang Embed map.


5. Lalu kotak dialog akan menampilkan kode html beserta opsi ukuran peta. Untuk praktisnya, kamu bisa pilih mau pake ukuran small, medium, atau large. Kalo aku sih suka pake small, soalnya ukuran medium pun cukup gede loh buatku. Atau kalo mau sesuai keinginan ya pilih custom size. Di situ kamu bisa menyesuaikan sendiri berapa px ukurannya.


6. Kalau sudah, copy kode html-nya. Kemudian buka dasbor blog dan menuju ke edit post. Nah, di situ kan ada pilihan compose dan HTML. Klik bagian HTML. Terus tinggal paste kodenya di posisi yang diinginkan. Beres deh!


Hasilnya ^^

Gampang banget kaaaan? Tapi aku sempet nggak nempelin Google Maps di beberapa postingan lho. Gara-garanya udah berubah prosedur. Dulunya nggak kayak tutorial yang aku bagi di atas, karena tombol share ada di bawah di button ‘setting’. Eh lha kok aku cari-cari tombolnya nggak ada. Aku kira nggak muncul gegara slow loading page. Ternyata beneran dipindah. -____-

Apalagi waktu belum ngerti, aku googling tutorial terbarunya nggak nemu-nemu. Pada lawas semua ih. Untung aku kuat utak-atik halamannya. Nggak nyangka sih kalo sekarang ada tombol menunya di sebelah kolom pencarian. :D

Yaudah buat yang nggak sabar ama hasilnya langsung dipraktekin yah. Good luck! ^^

Much love,
-Hilda Ikka-

8 comments :

  1. Asyik, ada tutorialnya. Aku pernah kasih map di satu postingan tapi pake screenshot. xD *nasih gaptek*

    ReplyDelete
  2. terima kasih banyak...aku juga butuh tutorial ini...

    ReplyDelete
  3. nice sharing mbak, kapan-kapan aku juga mau nampilin google maps di blogku

    ReplyDelete
  4. ma'kasih sharing nya :) mau coba praktekin ah

    ReplyDelete
  5. Makasih ya, udah Aq coba dan berhasil :)

    ReplyDelete
  6. Kalo map nunjukkin poin ke poin (salnya dari Bandung-Jogja) itu bisa di-embed ga sih kak? Aku waktu itu ngepost map dari Bandung-Bali pake screenshot doang haha XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa lah bisaaaa, apa sih Google Maps yang gak bisa lol xD

      Delete
  7. Waaah nice tips nih. Belom pernah ngepost pake maps sih, tapi mau coba ah kapan-kapan ^^

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah mau berkunjung dan membaca, terlebih turut meninggalkan komentar. ^o^ Mohon berkomentar secara sopan dan plisss jangan tinggalkan link hidup dan pasti langsung aku hapus. Okey? ;)

Sekali lagi terima kasih pembaca-pembaca setiaku. Tanpa kalian, apalah arti aku dan tulisanku ini. Semoga menginspirasi. :))