Friday, January 8, 2016

Ayo Masak: Tuna Steak Barbeque

Ayo Masak: Tuna Steak Barbeque

Halo Chocoreaders! Akhirnya sharing resep lagi nih sejak postingan terakhir di bulan November yang ngebahas cara bikin Hot Tuna Spaghetti. Kali ini aku masih pake bahan dasar tuna, soalnya sekalian ngabisin sisa tuna yang aku punya. Daaan udah lama aku pengen nyoba masak steak tuna gara-gara baca postingan Safira Nys yang udah bereksperimen duluan. Trus katanya enak, jadi aku kepingin. :’3 Lalu dari resepnya itu aku utak-atik sedikit agar…. Lebih simpel. *padahal resep dia udah simpel banget loh* *dasar pemalas* xD

Barang wajib punya dalam resep ini adalah Del Monte Barbeque Sauce. Tapi kalo mau pake SAUS ENAK lainnya sih terserah ya, pokoknya saus barbeque. Yang merk Del Monte ini bisa Chocoreaders temukan di Giant, Superindo, Carrefour atau semacamnya. Wadahnya berupa jar yang agak gede dan kira-kira cukup untuk persediaan 4 – 5 kali masak.

Yaudah gak usah banyak cingcong, langsung aja cuss!

Bahan:
Daging tuna tanpa duri, potong setebal maksimal 1 cm
Del Monte Barbeque Sauce (boleh diganti merk lain)
Jeruk nipis
Margarin secukupnya
Kentang goreng dan buncis rebus sebagai pelengkap hidangan
Daun parsley kering sebagai hiasan

Cara membuat:
1. Peras jeruk nipis pada fillet tuna dan lumuri ke seluruh bagian. Lalu diamkan sebentar.

2. Selanjutnya balurkan saus barbeque secara menyeluruh pada fillet tuna. Rendam sampai 1 jam. Proses ini dinamakan marinated dan jadi bagian terpenting, makanya butuh waktu lama untuk memastikan bumbunya meresap.

3. Panaskan wajan anti lengket dan beri margarin, lalu goreng fillet tuna. Beri margarin pada bagian atas fillet tuna sebelum dibalik.

4. Ulangi proses tersebut hingga mencapai tingkat kematangan yang diinginkan. Kalo aku sih pas filletnya udah berwarna coklat merata, masih aku terusin sampe 3 – 5 menit lagi. Kalo mau hasil yang lebih juicy, nggak usah lama-lama ya.

5. Angkat dan sajikan. Olesi kembali dengan saus barbeque selagi hangat dan taburkan sedikit bubuk parsley kering.

6. Santap dengan kentang goreng dan buncis rebus agar makin yahud.


CATATAN:
1. Aku sok-sokan nggak pake ngukur ketebalan tuna. Jadinya lebih dari 1 cm lah. Pikirku, kalo tebel dan nanti hasilnya juicy kenapa enggak? HAHAHAHAH tapi nyatanya hasilnya nggak maksimal. -_____- Bumbunya nggak tersebar merata jadi ada sebagian yang hambar gituh. :3

2. Betewe kalo ditambahin black pepper keknya enak juga loh!

3. Wajan anti lengket yang dipake nggoreng ini nantinya bakal meninggalkan noda yang menggosong. Jadi nggak usah panik ya buibu, namanya juga saos dipanasin tanpa minyak. Akibatnya ada proses karamelisasi. Toh bersihinnya tinggal digosok-gosok ama bagian sabut spons, beres deh.

Yuhuu, gampang kan? Dan gak ribet. :D Cocok buat bekal anak sekolahan atau pun disuguhkan pada tamu. Untuk memanajemen waktu, pas tunanya direndam, kita bikin kentang goreng sama buncis rebusnya. ;)

Oya, meski ketebelan, tapi buatku not bad lah. Enak kok! Sukses laaah. Kalo daging ikan gini mah emang gampang matengnya. Cuma karena takut amis, aku masak sampe bener-bener mateng. Jadi masih belom tau hasil yang juicy itu kek gimana hehe. Eh kamu cobain dong, sapa tau jadinya juicy dan lebih enak. :D

Ayo masak!
-Hilda Ikka-

14 comments :

  1. Dosa loh, malem-malem update blog soal makanan :3 Bikin lapeerrr wkwkkw

    ReplyDelete
  2. Wuaahhh, enak bingits, perlu dicoba nih. ;D

    ReplyDelete
  3. Mantapz, bikin baper, eh laper

    ReplyDelete
  4. Mantapz, bikin baper, eh laper

    ReplyDelete
  5. waaa, enak keliatannya mbaaaa jarang nemu tuna nih di tukang sayur langganan..

    ReplyDelete
  6. Looks yummyy!

    Mbak ika jago masak yaaa..
    Ataukah ini semacam latihan buat masakin seseorang di masa mendatang?
    hmmm

    hihihi

    Buat pendamping nya bakal lebih yahud kalau ada timun deh sepertinya kak..
    (penggemar timun)

    atau wortel, atau kacang panjang goreng ;)

    ReplyDelete
  7. bagooosss...hidup diet,,sebab diet ngga harus hambar wkwkkw

    ReplyDelete
  8. duh aroma steak-nya tercium sampai kesini. jadi laper -_-

    ReplyDelete
  9. Tuna emang harusnya tipis aja kak soalnya nanti pas dimasak tiba tiba jadi kayak 'ih kok tebel perasaan tadi tipis dah xD'
    Dan steak sapi yang jadi juicy pun bjasanya direndem pake air nanas dulu. Kalo tuna mah gak mungkin xD

    Aku kok ga kepikiran pake saos del monte ya.. Padahal di rumah ada. Serbaguna ya saosnya *w*

    ReplyDelete
  10. Looks yuuum. Aku suka tuna, asal masaknya matang hehehe..

    ReplyDelete
  11. Ika, kamu jago masak ya ? ajarin dong :D

    ReplyDelete
  12. Masak ikannya dipanggang (grill) mungkin lebih juicy ya Ik, kek di tipi2 ala chef gt wkwk. Resepnya boleh jg nih dicobain. Tfs calon manten hehe :)

    ReplyDelete
  13. Menggoda banget nih steaknya. Aku blom berani masak steak tapi kalau liat ini kayaknya gampang juga buat dipraktekin.

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah mau berkunjung dan membaca, terlebih turut meninggalkan komentar. ^o^ Mohon berkomentar secara sopan dan plisss jangan tinggalkan link hidup dan pasti langsung aku hapus. Okey? ;)

Sekali lagi terima kasih pembaca-pembaca setiaku. Tanpa kalian, apalah arti aku dan tulisanku ini. Semoga menginspirasi. :))