Thursday, March 31, 2016

Aplikasi MyJNE: Tawarkan 3 Kemudahan dalam 1 Genggaman

Aplikasi MyJNE: Tawarkan 3 Kemudahan dalam 1 Genggaman

Sejak pendidikan broadcastingku di Surabaya usai, otomatis aku pun ‘dirumahkan’. Terlebih aku juga diminta orang tua untuk turut membantu usaha toko di rumah, jadilah aku sehari-hari menetap di Gresik. Ke Surabaya seperlunya, bila ada kebutuhan mendesak atau acara blogger gathering. Lalu mau nggak mau, aku dan Muffin akhirnya menjalani LDR alias hubungan jarak jauh.

Meski kota Surabaya dan Gresik itu tetanggan, tapi tetap saja hal itu membuat frekuensi tatap muka kami berkurang. But it’s okay, aku dan Muffin berhasil melewatinya dengan baik. Sampai pada hari Minggu lalu, tiba-tiba Muffin mendapat musibah. Motornya ditabrak oleh seseorang tak bertanggung jawab dari arah belakang.

Hati kekasih mana yang tidak mencelos saat mengetahui pasangannya sedang dalam kondisi celaka? Walau Muffin mengaku hanya mengalami luka ringan aka lecet-lecet, tetap saja kan aku gelisah. Apalagi waktu itu Muffin sedang ada lemburan yang deadline-nya tidak bisa ditunda seenak udel. So, dengan fisik lemah Muffin tetap memaksakan diri untuk bekerja.

Sementara aku, apa yang bisa aku lakukan? Menelpon, menghibur dan menghujaninya dengan kata-kata positif. Mendoakan kesembuhannya di setiap waktu yang aku punya. Mengunjunginya? It’s impossible. Karena aku nggak sanggup bawa motor melintasi perbatasan Surabaya – Gresik. Lagipula esoknya Muffin masuk kerja. Jadi kalo pun aku ke Surabaya ya mana bisa ketemu? Wong dia pulangnya malem. :3

Intinya satu hal yang aku sedihkan adalah aku nggak ada di sisinya sewaktu ia mengalami duka. Jarak memang menghalangi kami berdua, yatapi masa sih aku biarin gitu aja? Pasti ada cara lain untuk menyalurkan perhatianku pada Muffin di kala ia susah.

.

.

TRING!

Aku punya ide!

Aku bakal kasih dia kejutan yang bisa bikin mood dan semangatnya membaik. Coba tebak apaan hayo?

Yup, makanan! Aku tauuuuu banget salah satu hal yang gampang bikin Muffin hepi adalah makanan favoritnya. Karena kejutan ini bakal aku kirim via JNE, jadi bentuknya harus makanan kering. Yakali ngirim gule ama rendang. :v Tanpa banyak cingcong, daku bergegas menuju minimarket terdekat dan membeli beberapa snack kesukaan Muffin.

Sepulangnya dari minimarket, aku baru sadar ternyata barang belanjaanku lumayan banyak. Sampai rumah buru-buru kutimbang dan bener aja, bobotnya sekilo lebih. Ditambah kardus yang kupakai untuk packaging, jadinya hampir 2 kg. Secara kardus yang aku pake juga lumayan tebel, buat melindungi isi paket. Habis ngeri aja bayangin nih paket ntar dilempar-lempar. :v


Ngomong-ngomong, untuk paketan seberat hampir 2 kg yang aku inginkan tiba esok hari, ongkos kirimnya berapa ya?

Ternyata jawabannya ada di My JNE.

Aplikasi My JNE: Tawarkan 3 Kemudahan dalam 1 Genggaman

Sebagai blogger yang (ngakunya) juga gaul sosmed, daku lumayan sering nongkrong di Twitter. Dan gak tau kenapa, tiap kali aku cek timeline, selalu nemu update-an akun JNE (dari 900 lebih akun yang aku follow). So, gak heran dong kalo akhirnya aku tau bahwa JNE telah meluncurkan aplikasi terbaru untuk mempermudah kegiatan pengiriman customernya.



Sebagai pribadi yang suka coba-coba, aku nggak mau kalah dong buat install aplikasinya. Apalagi emang butuh beneran nih buat kirim barang. Walhasil begitu selesei terinstall, aku pun kalap mencet ini-itu saking excitednya nyoba aplikasi keluaran JNE ini. Tanpa banyak makan waktu, aplikasi My JNE ini amat mudah dipahami.

Well, ada 3 fitur My JNE yang buatku bermanfaat sekali bagi para pengguna jasa JNE. Tiga fitur ini memungkinkan kita untuk mengecek, melacak, dan mencari lokasi dalam satu genggaman saja!


My Tariff
Melalui fitur ini, kita bisa mengecek berapa ongkos kirim yang musti kita bayar nantinya. Sebagai contoh, aku hendak mengirim paket seberat 2 kg ke Surabaya. Maka aku isi kolom ‘From’ dengan nama kota tempat aku mengirimkan barang. Lalu aku isi kolom ‘To’ dengan nama kota tujuan pengiriman. Selanjutnya tekan button ‘CHECK TARIFF’.

TIPS PENTING: mulailah dengan mengetik nama kecamatan alamat yang dituju. Karena lokasi kecamatan yang berbeda akan memengaruhi tarif juga.

Aku mengirim paketan seberat 2 kg dari Gresik ke daerah Sukomanunggal, Surabaya. Maka dalam sekejap aplikasi My JNE menampilkan rincian sebagai berikut. Berhubung aku ingin paketan ini sampai pada esok hari, jelas layanan yang aku ambil adalah YES (Yakin Esok Sampai). Di situ tertera bahwa ongkos kirimnya sebesar Rp 24.000,-.


Jujur aku jadi lega kalo udah tau ongkos kirimnya duluan. Nggak perlu acara tebak-tebak buah manggis segala kan ya. Begitu aku bawa ke konter JNE, beneran nggak bo’ong harganya emang segitu. :D

My Shipment
Setelah mempercayakan pengiriman barang kita lewat JNE, tentunya kita diberi resi. Nah, resi itu berfungsi untuk melakukan pelacakan terhadap paketan kita. Udah diproses belum? Sekarang sampai manakah? Dan lain sebagainya. Nah kalo dulu kita hanya bisa melakukan pelacakan ini via PC/browser, sekarang mah semudah menyentuh layar smartphone!

Caranya? Temukan icon kamera di samping kolom ‘Search Air Waybill’. Selanjutnya kamu tinggal scan aja barcode yang tertera pada resi. Lalu keluar deh status pengiriman barang kita. Wohooo, simpel kan?


Selain via scan barcode, kita juga bisa mengetikkan nomor resinya di kolom ‘Search Air Waybill’. Ini berguna banget untuk para online shopper yang was-was menanti barang belanjaannya. :D

My Location
Kalo fitur satu ini fungsinya untuk mencari keberadaan konter JNE terdekat dari lokasi kita. Misal pas kita kirim barangnya sewaktu perjalanan pulang. Biar sekalian gituh. Nah biar gak nyasar-nyasar kan ada baiknya kita cari tahu dulu keberadaannya lewat aplikasi ini.

Meski aku udah tau letak konter JNE terdekat dari rumahku, gak ada salahnya iseng nyoba kan yaaaa. Lalu…

ALAMAKJAN kenapa nggak ada satu pun konter JNE nongol di Gresik? Yaelaaaaah…

Terus iseng lagi, aku geser map ke wilayah Surabaya. Wah, banyak bermunculan icon Joni rupanya.

Di Surabaya kelacak, kenapa di Gresik enggak? Huhu.

Kiri: map wilayah Gresik, Kanan: map wilayah Surabaya

Intinya gitu lah. Semoga kedepannya aplikasi ini diperbarui lagi kelengkapan datanya. Kan kasian nih orang Gresik lain kalo sampe nyasar-nyasar nyari konter JNE. :3

Alur Mengirim Barang: Dulu – Sekarang

Kalo dipikir-pikir, terdapat perbedaan alur pengiriman barang yang cukup signifikan bila kita menggunakan aplikasi My JNE.

Andaikan aku belum tau adanya aplikasi My JNE, kemungkinan yang terjadi seperti ini:

Nyiapin paketan + ditimbang >> buka laptop >> sambungkan dengan internet >> buka web JNE untuk mengecek ongkos kirim >> pergi ke konter JNE >> dapat resi >> buka laptop + sambungkan dengan internet lagi untuk melacak pengiriman >> mengetik nomor resi di kolom tracking >> begitu terus sampai paketan tiba di tempat tujuan

Nah sejak pakai aplikasi My JNE, alurnya berubah menjadi seperti ini:

Nyiapin paketan + ditimbang >> buka aplikasi My JNE >> check tariff >> pergi ke konter JNE >> dapat resi >> buka aplikasi My JNE >> scan barcode pada resi >> begitu terus sampai paketan tiba di tempat tujuan

Jelas lebih simpel, kan?



Lagipula so far aku amat suka dengan aplikasi My JNE ini! Tampilannya modern minimalis dan begitu responsif. Kapasitas yang di-download pun gak berat, cuma 7 MB! Tapi sayang, lokasi konter JnE emang kudu diperbarui deh. Beberapa konter JNE di Surabaya juga ada yang nggak kelacak loh. Selain itu, lebih enak lagi kalo fitur trackingnya dilengkapi history. Jadi nggak perlu bolak-balik scan barcode ato ngetik nomer resi getoh.


Tapi beneran deh, aplikasi ini really helpful! Bakal nangkring terus nih di hapeku, soalnya emang berguna banget. Berkat My JNE, urusan kirim barang dan lacak pengiriman jadi bebas ribet. Bisa lebih menyenangkan dan yang terpenting, menghemat waktu! Hoho.

Oya, paketanku untuk Muffin nyampe tepat waktu loh. Seperti dugaanku, dia seneeeeeng banget dapet kejutan + perhatian dari aku. Apalagi pas dia nemu biskuit bayi yang aku kasih. Muffin sungguh nggak nyangka hahahahaha. Owyeah, itu camilan kesukaannya yang diam-diam aku pun tahu hihi. Makasih banyak buat JNE yang udah meleburkan jarak di antara kami berdua. ^^

Buat kamu yang tertarik mendownload aplikasi My JNE, bisa banget kamu dapatkan di Google Play Store. Yep, masih untuk pengguna Android saja. Untuk iOS, menyusul yaaak! :D

Much love,
-Hilda Ikka-


Stickers are property of Tahilalats

27 comments :

  1. Ediaaaaaaann videonya!!! Gutlak yaaah. ^____^

    ReplyDelete
  2. Kenapa harus ada biskuit bayi cobaaa??? :-D :-D

    ReplyDelete
  3. Kak Hilda aku ngefans berat nih sama kaka, suka sama gaya nulisnya hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wooo sama aja kok kek blogger lain :D but thank you anyway :*

      Delete
  4. Waduh,hape baru di depan mata nih..

    ReplyDelete
  5. Tebak-tebak buah manggis, ahaha. Aku salah fokus sama kue milna-nya, loh XD
    Btw UI-nya enak diliat ya. Praktis banget, daripada kudu buka web-nya XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pun kayak gak rela. Maunya buat aku sendiri LOL

      Iyaah, makanya apps ini nyenengin banget ^^

      Delete
  6. Harus menang niiihhh. Videonya kereeennn. Anak broadcast sih ya jadi ngga heraaaan. Hihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih belajar Mbak :) aku mah gak jago-jago amat xD

      Delete
  7. Videonya keren bangat mbak. Sukses ya.

    ReplyDelete
  8. Waaaaak JNE ada aplikasinya! Aku paling suka pakai jasa JNE, abangnya gercep dan gak ribet nanya alamat dengan berondongan sms dan telpon walaupun rumah aku masih termasuk susah dicari. Gak kayak penyedia jasa serupa lainnya. Btw, Goodluck ya! :)

    ReplyDelete
  9. Saya sudah datang ke sini, membaca dan melakukan penilaian terhadap tulisan ini.
    Terima kasih telah berkenan untuk ikut dalam GA yang kami adakan
    Semoga sukses yaaa ...

    Salam saya
    nh18

    ReplyDelete
  10. Selamat Mbak Hilda Ika, jadi juara 1, yey...... :-D

    ReplyDelete
  11. Selamat, Mbak Hilda. Tulisannya juara. Mantap nih ada videonya juga :).

    ReplyDelete
  12. itu videonya keren bangeet... pantes menang hehe... selamat ya... :)

    ReplyDelete
  13. Selamat maaak udh menaaaang. Ternyata boleh nulis my jne nya aja ya, kirain yg wajib my cod nya ^^

    ReplyDelete
  14. Tulisannya informatif sekali, Mbak. Jadi tahu bagaimana menggunakan MyJNE. Thanks for sharingđŸ˜‰

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah mau berkunjung dan membaca, terlebih turut meninggalkan komentar. ^o^ Mohon berkomentar secara sopan dan plisss jangan tinggalkan link hidup dan pasti langsung aku hapus. Okey? ;)

Sekali lagi terima kasih pembaca-pembaca setiaku. Tanpa kalian, apalah arti aku dan tulisanku ini. Semoga menginspirasi. :))