Bakmi Mewah Rasa: Mau Diapain Aja, Tetap Istimewa!

Bakmi Mewah Rasa: Mau Diapain Aja, Tetap Istimewa!

Sebagai teman seperjalanan hidup, Muffin bener-bener mengerti sifat dan perangaiku luar dalam. Salah satunya yakni, LATAH. Iya, latah dalam artian suka ikut-ikutan/coba-coba. Ada tren lipen matte, latah beli. Launching ayam kentaki berlumur saus keju, ikut nyobain. Muncul tempat nongkrong baru, gak sabar pengen nongki di sana. Bbbeuh, untung Muffin sabar ngadepin istri kayak gini. 😂

Tapi sewaktu Raffi Ahmad makin demen wara-wiri di TV buat ngiklanin bakmi, tumben latahku nggak kumat. Mungkin karena selama ini kenyang nontonin iklan mie instant, isinya ampas semua. Bilangnya daging ayam asli lah, sosis sapi asli lah, preeeeet. Semuanya udah pada dikeringin. Rasanya nggak enak, iyuh banget dah pokoknya.

Pikirku waktu itu, ‘ah palingan Bakmi Mewah sama aja’.

Lhadalah…

Suatu ketika ibu mertua pulang ngajar, kemudian sibuk sendiri di dapur. Kuintip, aku kira lagi masak apa gitu. Eh ternyata, beliau sedang asyik ngerebus mie instant. Setelah aku perhatikan lagi, rupanya itu bukan mie instant biasa, melainkan Bakmi Mewah.

Setelah bakminya matang, ibu mertua pun langsung menyantapnya. Nah kebetulan (atau emang sengaja? 😂) aku lagi ngambil air minum di dispenser deket beliau, kecium deh aroma bakminya. Ma syaa Allah sedepnyaaa! Hmmm jadi pengin, apalagi pas ngeliat ada potongan daging ayamnya ASLI. Weleh, ternyata beneran toh?

Yaudin, beberapa hari berikutnya aku beli beberapa packs Bakmi Mewah untuk aku masak sendiri. Yaiyalah masa minta ibu mertua? Sungkan dong. Apalagi kalo minta dimasakin sekalian, jelas nggak tau diri itu mah wkwkwk.

Experiencing Bakmi Mewah: Mirip Gambar di Bungkusnya Loh!
Lalu pada suatu malam di saat gerimis menggelitik mesra, aku masak deh tuh Bakmi Mewah. Mula-mula aku perhatiin dulu bungkusnya. Kalo dipikir-pikir, keknya Bakmi Mewah ini pelopor mie instant berkemasan kardus. Mayan kan jadi berkelas dikit. Hihi.

Ada keterangan cara penyajian di kemasan. Lumayan surprised sih pas tau kalo Bakmi Mewah ini penyajiannya tanpa kuah. Kan biasanya bakmi berkuah. 😀

Begitu kemasan dibuka, aku mendapati mie beserta bumbu-bumbunya berupa sambal, kecap, minyak, sayur, dan topping ayam jamur. Woh, nggak ada bumbu bubuk yang biasanya bikin batuh-batuk kalo nggak sengaja kehirup hidung. 😁


Durasi masak Bakmi Mewah menurutku lumayan cepet (cuma 2 menitan) dibandingkan dengan produk mie instant lain. Soalnya aku kebablasan rebus 3 menit jadi kematengan. Untungnya, Bakmi Mewah ini walaupun direbus kematengan, bentuknya nggak melar kayak anaconda kekenyangan. Malah teksturnya tetep kenyal dan nggak gampang putus sewaktu aku pindah ke piring saji.

Sewaktu aku lagi asik mengaduk-aduk bakmi dengan bumbunya, Muffin menghampiriku.

“Lagi masak apa?” tanyanya.

“Ini loh, lagi nyobain Bakmi Mewah.”

“Oh, tumben ya kok nggak ada bau-bau nyegrak gitu.”

Nah lho, ini dia salah satu keistimewaan Bakmi Mewah dengan tidak menghadirkan bumbu bubuk. Aromanya sedap namun nggak menusuk hidung, sehingga nggak mengganggu kenyamanan indera penciuman kita. Ternyata, Bakmi Mewah tidak mengandung zat MSG yang seringkali menimbulkan aroma berlebih. Oalah pantesan.

Selanjutnya aku kasih topping ayam dan jamur. Muffin kaget, “Lho, itu nggak pake dimasak?”
“Ya enggak lah. Praktis, kan?”

Malahan aromanya makin menggugah selera setelah ketambahan ayam dan jamur. Gak perlu lama-lama, langsung aku cicipi. Hmm… enaknyaaaa, mengingatkanku pada bakmi-bakmi mewah yang biasa aku makan di restoran. Ealah rasanya malah nggak kayak makan mie instant blas. Pas aku seruput mie-nya ala-ala orang ngerayain taun baru Cina, sluurrrpp! Licin, kenyal, dan nggak pake putus, langsung hap di mulut. Trus bumbunya juga nggak seret di tenggorokan. JUARA DEH.

Betewe ayam dan jamurnya kerasa masih fresh loh, nggak artifisial. Juicy pas dikunyah. Nyam nyam, tau-tau udah abis semangkok sendirian. *Muffin nggak kebagian* 😂


Kalo boleh jujur, menurutku nih Bakmi Mewah bisa jadi bakmi siap saji terjujur yang pernah ada! Liat aja topping ayam dan jamurnya, bener-bener mirip ama gambar di bungkusnya. Ya kaaan? 😂

*kalo mau beneran mirip, tinggal kasih selada, tomat ama sumpit. Beres toh? Wkwkwk*

Aku dan Bakmi Mewah
Praktis, sejak saat itu tiap bulan aku pasti nyetok Bakmi Mewah. Apalagi Muffin juga suka, karena menurutnya Bakmi Mewah ini enaknya nggak neko-neko. Sesuai ama seleranya Muffin lah.

Kami nyimpen Bakmi Mewah nggak cuma untuk kami nikmati sendiri di kala turun hujan. Melainkan juga pada momen spesial, seperti pas lagi kedatangan tamu biasanya pun aku suguhi Bakmi Mewah. Toh penyajiannya cepat dan gak pake ribet. Tinggal dilengkapi dengan selada ama kulit pangsit goreng, maknyuss wes.

Jadi kalo manteman main ke rumahku, jangan kaget ya kalo aku suguhin Bakmi Mewah. Udah langganan soalnya wkwk. 😂

Oya, berhubung KEB dan Bakmi Mewah lagi ngadain challenge kreasi Bakmi Mewah, aku tertantang buat ikutan. Aku bikin 3 kreasi menu yang bertemakan lintas negara karena masing-masing menu mewakili citarasa kuliner suatu negara. 😁

Yuk, silakan dicontek resepnya!

Menu I:
Bakmi Mewah Gyoza Kuah Tomyam
Tingkat kesulitan: advanced

Bahan:
1 pcs Bakmi Mewah
6 – 10 kulit gyoza/siomay
Pakcoy, iris sedang
Jamur kuping, iris sedang
Silk tofu, iris
10 ekor udang berukuran sedang/besar
1 butir telur

Bumbu Kuah Tomyam:
6 siung bawang merah
4 siung bawang putih
6 cabai merah keriting
2 iris tomat
1 ruas lengkuas, geprek
1 ruas jahe, geprek
2 batang serai, geprek
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
½ jeruk nipis
Air, gula, dan garam secukupnya

Cara Memasak:



1. Buka kemasan Bakmi Mewah. Remukkan bakmi lalu rebus hingga matang. Tiriskan.
2. Campur bakmi dengan bumbu dan topping ayam jamurnya. Aduk hingga rata, lalu tambahkan telur. Aduk kembali sampai rata.

3. Siapkan kulit gyoza, lalu taruh adonan bakmi sebagai isian. Lipat ujung gyoza dan pilin sampai isian bakmi tidak tembus keluar. Lakukan sampai adonan abis.
4. Kukus gyoza sampai matang. Kira-kira 10 menit dengan api sedang. Lalu matikan.
5. Sementara itu, siapkan rebus air dan udang hingga mendidih airnya. Biarkan sampai kaldu udang keluar.

6. Blender bawang merah, bawang putih, dan cabai merah. Selanjutnya tumis sampai tercium aroma sedap, masukkan daun salam, daun jeruk, serai, lengkuas, dan jahe. Aduk-aduk sebentar lalu matikan.
7. Masukkan bumbu tumisan tadi ke dalam air rebusan kaldu. Tambahkan tomat. Aduk-aduk sebentar, lalu masukkan tofu, jamur, dan pokcoy. Masak hingga matang. Matikan api.

8. Tata gyoza bakmi di mangkok, kemudian siram dengan tomyam. Beri sedikit perasan jeruk nipis. Bakmi Mewah Gyoza Kuah Tomyam siap disajikan. Beri bawang goreng untuk penyajian lebih sedap.


Menu II
Bakmi Mewah Burger Rendang
Tingkat Kesulitan: Intermediate

Bahan:
1 pcs Bakmi Mewah
2 butir telur
1 ons daging giling
3 sdm tepung terigu
1 potong tahu
1 batang daun bawang, potong kecil-kecil
1 bungkus bumbu rendang instan
½ bungkus santan kelapa instan
Bawang putih bubuk
250 gr Tepung panir
Selada secukupnya
¼ bawang bombay
Air dan garam secukupnya

Cara Memasak:




1. Buka kemasan Bakmi Mewah. Remukkan bakmi lalu rebus hingga matang. Tiriskan.
2. Campur bakmi dengan bumbu dan topping ayam jamurnya. Aduk hingga rata, lalu tambahkan telur. Beri bawang putih bubuk dan garam. Aduk kembali sampai rata. Sisihkan.

3. Penyet-penyet tahu, tambahkan daun bawang, telur, bawang putih bubuk, tepung terigu, lalu aduk rata. Bentuk bundar lalu lumuri dengan tepung roti secara perlahan. Hati-hati karena adonan ini sangat ringkih. Lakukan sampai adonan habis.
4. Siapkan teflon dan beri minyak, goreng adonan bakmi dengan bentuk membundar. Goreng hingga kedua sisinya cukup kering. Lakukan sampai adonan habis.

5. Siapkan wajan, beri minyak, goreng adonan tahu hingga berwarna kecoklatan. Lakukan sampai habis.
6. Siapkan wajan, beri minyak sedikit, masukkan daging. Tumis sebentar lalu masukkan bumbu rendang dan santan. Beri air sediki. Aduk-aduk rata sampai mendidih dan daging matang. Beri air lagi bila diperlukan. Masak sampai mencapai kekentalan yang diinginkan. Selesai, matikan api.

7. Tata bakmi bundar sebagai dasarnya. Beri rendang, lapisi dengan selada, tumpuk dengan tahu bundar. Beri rendang lagi, lalu tutup dengan bakmi bundar.
8. Bakmi Mewah Burger Rendang siap disajikan.


Menu III
Bakmi Mewah Kari Jepang
Tingkat Kesulitan: Beginner

Bahan:
1 pcs Bakmi Mewah
1 butir telur
¼ cangkir susu cair
½ bawang bombay, potong kecil-kecil
1 cube kari jepang instan
Wortel dan kentang rebus
Nori untuk taburan
Selada secukupnya
Air dan garam secukupnya

Cara Memasak:



1. Rebus bakmi sampai matang, tiriskan. Campur dengan bumbunya (kecuali topping ayam jamur), sisihkan.
2. Kocok telur, garam, dan susu cair. Siapkan teflon dan sedikit minyak, lalu buat scrambled egg. Sisihkan.

3. Siapkan wajan, beri sedikit minyak. Tumis bawang bombay hingga agak kecoklatan dan harum baunya, tambahkan sedikit air. Biarkan mendidih. Masukkan kari jepang, aduk rata. Tambahkan wortel dan kentang rebus. Masak hingga cukup kental. Selesai, matikan api.
4. Tata selada pada piring saji, kemudian masukkan bakmi. Beri scrambled egg di atasnya, lalu tuang kari. Taburi dengan nori.
5. Bakmi Mewah Kari Jepang siap disantap!


Nah bener kan, resepnya bercitarasa internasional. XD Menu pertama ala Thailand, menu kedua ala Indonesia, dan menu ketiga ala Jepang. Favoritku sih yang menu ketiga, sementara Muffin memfavoritkan yang kedua. Tapi intinya, semua sama-sama enak haha. Dengan citarasa selezat sajian restoran pula. whoaaa.

Kesimpulanku, baik disajikan secara original maupun suka-suka, Bakmi Mewah tetap sama enaknya. Tekstur mienya itu loh, beda dengan mie instant yang lain. Jadi lebih mudah dikreasikan. Okey, sekian review dan kreasi Bakmi Mewahku. Untuk kamu, jangan lupa nyetok Bakmi Mewah tiap bulan yak!

Nyam nyam,
-Hilda Ikka-

A photo posted by Hilda Ikka • Ika Hikmah M. (@newhildaikka) on

32 comments

  1. Dohh! Kreatif banget. Aku ngiler liat burgernya. Keknya sedap jiwa dimakan bareng saos sambel yaak. Nyam nyaaaam. Good luck ya cantik! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bumbu rendangnya aja udah nampol kakaaak hehe. Makasih :*

      Delete
  2. Ini mah deadliners tapi maksimalll (ga kayak akuuu hihihi)

    ReplyDelete
  3. WEDYAAAN, mantap!!! Semoga menang ya, Ika. Next time aku ke rumah tolong dibikinin Bakmi Mewah Gyoza Kuah Tomyam :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, makasiiih :*

      Haha boleh boleeeh, asal ngabarin jauh-jauh hari. Jangan ujug-ujug langsung ngajak nyalon. :p

      Delete
  4. wuiih... kreasinya banyak amat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, nggak bisa milih salah satu, maunya dimasak semua X))

      Delete
  5. Wah calon juara ini hasil kreasinya
    Mantap deh...

    Enak kan jadi emak-emak hahaha

    ReplyDelete
  6. Wooow, sampe 3 kreasi menu jeh. Btw kari blok Jepang tu rasanya kek gmn Ka??
    Tekstur mie'nya gk gampang benyek ya, sm kek Maggi Mi mgkn ya dr tepung gandum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya rasanya kek kari yang dijual di resto-resto Jepang. :D Aku beli di Superindo, Lotte Mart juga ada.

      Ho oh, aku suka tipikal mie kayak gitu, pipih.

      Delete
  7. Yg kuah tom yum enak bgt kalo disantap pas lg ujan2, mantaaap 😊

    ReplyDelete
  8. Apa ini apa ini apa inii?? Gilingan deh Ikaaa, total bangetz.Kereeeen.
    Semoga juaraaaa.
    Itu menu terakhir bikin ngiler =G

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalah aku Mbaak, ngerjain mepet jadi keteteran. Makasih Mbak, sukses untuk kita berdua ;)

      Delete
  9. Ya ampun Ika, makan bakmi pakai resepmu, yo habis banyak. Po maneh kamu yang bikinin. Wkwkw.. mantap, Ka. Gudlak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Arya pasti doyan Mbak hehe
      Makasiiih :*

      Delete
  10. Langsung laper. Hahahahha... Akhirnya menikmati jadi istri ya. Kreatif banget ka sampai 3 menu.
    Smoga juara

    ReplyDelete
  11. Wah kreasi menunya banyak ya Mba Ika, semoga menang ya :)

    ReplyDelete
  12. ADUH PLIS INI BIKIN LAPER BANGEEET :'))

    ReplyDelete
  13. Jujur Saya gak begitu suka bakmi mewah tp kalo dimasak kayak gitu pasti beda rasanya. Semoga menang Mbak! :)

    ReplyDelete
  14. terimakasih untuk gambar-gambar indahnya yang cuman bisa saya tatap Mak... terlalu indah untuk jadi kenyataan wkwkwkkwkwk, jadi pengen pulang...eh curhat

    ReplyDelete
  15. Duuuh...enaknyaaa, aku ngiler yang ada kuah tom yam nya

    ReplyDelete
  16. Setuju, Bakmi mewah ini Bakmi yang sesuai sama gambarnya��. Beda sama yang lain PHP aja. Sekalinya kreasi langsung 3 menu yang berbeda, ini baru kreasi��. Susu yang di kari pake Susu UHT/bubuk?

    ReplyDelete
  17. Wah ada video cara buatnya, nyonteeeeeek yo :)
    Pas banget butuh yang panas-panas semacam tom yam, bisa bikin sendiri deh.

    ReplyDelete
  18. Kueren banget mbaaa, pantesyannn juaraaa! salam kenal yah :)

    ReplyDelete
  19. Baru mampir...aseli emang total bangeet artikelnya, keren.. Congrats mak jd pemenang utama :)

    ReplyDelete
  20. Wah ini tulisan sang juara, selamat ya mba, asli bikin ngiler. Top deh.

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Tinggalkan komentar yang baik dan sopan ya. Maaf untuk link hidup akan otomatis terhapus. :)

I love to read all comments from you all, but sorry if I can't answer all. :)

Sexy Red Lips