Review: Make Over Hydration Serum

Ada yang pernah coba Make Over Hydration Serum? Ini primer dari local brand loh!


Di beberapa kalangan, primer enggak begitu populer. Jangankan mau pakai primer, tau rupanya aja belum karuan. πŸ˜…

Jadi inget dulu pas baru lulus SMA, abis baca suatu artikel kecantikan yang ngasih tips mendapatkan hasil make up cemerlang. Artikel itu menyarankan supaya kita menggunakan primer.

Lalu dengan polosnya aku pergi ke pasar, datengin toko kosmetik (yang ternyata lebih banyak memajang kosmetik KW) trus nanya soal primer. Kontan Mbak penjaga tokonya melongo kebingungan. πŸ˜‚

Aku sendiri yakin masih banyak di antara kita yang belum mengetahui apa itu primer dan fungsinya. Padahal menggunakan primer itu penting lho, apalagi kalo kita suka pakai make up. Terlebih yang usianya 20 tahun ke atas, pasti banyak dandan gegara sering kondangan.

Berdasarkan beberapa artikel kecantikan yang aku baca (FemaleDaily salah satunya), primer itu ibarat lapisan pelindung kanvas. Beauty vlogger Lindakayhz menegaskan kalo primer ini yang akan jadi pembatas antara make up dengan kulit, biar nggak langsung bersentuhan gitu. Selain itu primer juga bagus untuk mengisi rongga di antara pori-pori wajah sehingga hasil make up terlihat halus.

Kemudian wujud primer itu seperti apa? Macam-macam sih bentuknya. Ada yang kayak serum, ada yang bertekstur cream, bahkan ada yang berupa produk non-make up seperti Nivea Men Post Shave Balm. Intinya sih primer ini menjadikan wajah kita lebih siap untuk 'dilukis' dengan make up.

Nah suatu ketika aku windows shopping di Sociolla, aku nemu Make Over Hydration Serum yang banyak mendapatkan review positif. Beberapa review pun menyebutkan produk ini cocok di kulit berminyak. Wah MARKICOB mari kita coba!

Make Over Hydration Serum


Isi:
33 ml

Klaim:
Melembapkan dan membuat kulit terasa kencang. Digunakan sebagai primer agar riasan lebih menempel dan tahan lama.

Ingredients/komposisi:
Aqua, Glycerin, Butylene Glycol, Aloe Barbadensis (Aloe Vera), Leaf Extract, Ammonium Acryloyldimethyltaurate/VP Copolymer, Phenoxyethanol, Panthenol, Polyvinyl Alcohol, PEG-40 Hydrogenated Castol Oil, Trideceth-9, Methylparaben, Tocopheryl Acetat, Sodium Hyaluronate, Ethylexylglycerin, Propylene Glycol, Fragrance.

Packaging:
Make Over Hydration Serum dikemas dalam box bernuansa hitam elegan-minimalis khas brand-sister Wardah ini. Menurutku kualitas boxnya cukup kokoh untuk botol serum yang beratnya mayan sadis untuk menghantam wajah tukang parkir yang suka nongol tiba-tiba. Toh di dalamnya masih ada karton yang menahan posisi botol biar nggak njempalik ke mana-mana.


Botol serumnya mengingatkanku pada botol Freshcare. Yah sama persis dengan permukaan doff-nya, tapi botol Make Over Hydration Serum jelas lebih tebal. Tutupnya berupa pump yang terbuat dari plastik dan dilengkapi dengan lock-switch (pengunci). Jadinya aman di dalam pouch/tas, gak bakal bocor.


Tekstur & Aroma:
Sebagaimana serum pada umumnya. Hampir menyerupai gel tapi lebih encer dan berwarna bening. Ada aroma wanginya tapi sedikiiiit sekali. Tipikal aromanya pun bukan yang bikin pusing kepala.


Applying:
Make Over Hydration Serum ini aku aplikasikan setelah pakai moisturizer dan sebelum pake foundation. Dalam kasusku, aku pake Make Over Hydration Serum ini setelah skincare-an, dilanjut sun screen (karena teksturnya lebih kental/creamy) baru foundation/bedak.

Pada suhu ruang (non-AC) kamarku yang sumuk, Make Over Hydration Serum nggak meresap begitu cepat. Apalagi kalo pakenya buru-buru gara-gara telat berangkat kuliah. Duh dijamin nggak menempel sempurna itu. That's why durasi dandanku lama banget, karena suhu ruang nggak mendukung + aku gampang keringetan jadi kudu shantayyyy biar semua produk skincare + primer ini dapat meresap sempurna huhu.

Finishing:
Di wajahku nggak menimbulkan reaksi berlebih sih, aman-aman aja. Malah kulit terasa lebih lembap (namanya juga terhidrasi). Di aku yang kulitnya berminyak beneran bikin kulit terasa kencang dan kesat. Aplikasi produk make up jadi makin bagus dan hasilnya mulus sungguhan. Ah, suka deh!

Kedua foto ini diambil pukul 8.21 pagi
Make up dari pukul 5.30
Detail
Staying Power:
Make up-an dari pagi sampe sore, kulit wajahku baik-baik saja. Hasil make up tetap pada tempatnya, palingan geser sedikit karena wudhu.

Walau di siang hari make up udah nggak sekinclong waktu pagi, setidaknya 80 - 90% masih amazing lah. Ditambah kondisi kulit wajahku yang berpori-pori besar + berminyak dan parah di area T-zone, mau gak mau kudu blotting kan. Trus touch up lagi, hasilnya tetep oke.

Sorry for low quality
Ini diambil pukul 11.31

Overall:
Aku lumayan cocok dengan Make Over Hydration Serum. Toh primer ini nggak cuma aku pake sebelum aplikasi foundie, melainkan untuk daily make up juga. Untuk daily make up, sekarang aku udah bye-bye ama BB Cream yang memicu timbulnya komedo (lebih banyak). Cukup dengan Make Over Hydration Serum + Emina loose powder udah flawless kece hasilnya, kayak second skin aku.

Selain itu yang aku suka:
πŸ’– tutup pump yang praktis dan higienis
πŸ’– dilengkapi lock yang aman jaya sentosa
πŸ’– nggak menghabiskan banyak isi untuk dibaur ke wajah menyeluruh
πŸ’– bikin hasil make up alus, nggak cakey, dan cukup tahan lama
πŸ’– menunda produksi minyak berlebih
πŸ’– worth the price

Kekurangannya:
πŸ’” nggak bisa mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah
πŸ’” wadah botol yang bikin was-was kalo kebentur
πŸ’” masih mengandung paraben (methylparaben)

Betewe, sebelumnya aku pernah nyoba Nivea Men Post Shaved Balm sebagai primer. Hasilnya nggak jauh beda dengan Make Over Hydration Serum ini. Dengan isi lebih banyak malah jatohnya lebih murah. Tapi Make Over setingkat lebih unggul karena masih bisa menahan minyak lebih lama dikit dibanding Nivea. Pun dalam suhu ruang yang gak terlalu panas, Make Over lebih cepet meresapnya.

8,5 out of 10

Harga:
Rp 98.000,-
Bisa dibeli di Sociolla, Guardian, dll.

Repurchase?
Kemungkinan iya. Tapi masih penasaran dengan primer lain. Kali aja nemu yang beneran jodoh ama kulit berminyak hehe.
*

Nah, sekarang udah tau kan resep rahasia make up mulus para beauty enthusiast? Selain telaten melakukan skincare tentunya. πŸ˜ƒ Etapi Kak Maria Sekararum pernah bilang sih, nggak semua orang butuh primer. But IMHO, kalo kamu punya masalah pori-pori besar kayak aku, aku sarankan pake aja!

Kalo kamu, punya primer andalan lain gak? Kalo bisa sih yang di bawah 200 ribu kayak Make Over Hydration Serum ini ya! Hehe.


Salam syantiekk,
-Hilda Ikka-

9 comments

  1. sumpah mba aku baru tau fungsi dari primer ini, ternyata penting banget ya, pantes aja klo nonton beauty vlogger byk yg nyuruh make ini dulu. btw fotonya mirip kaya dian pelangi ya mba, ap cuma aku doang yang baru menyadari ituπŸ˜‚

    ReplyDelete
  2. Iyaaaa...aku juga pakai ini! Keceee badaaii :D

    ReplyDelete
  3. kalo aku msh setia pake lotionnya hadalabo yg gokuyjun aja mbak.. baca2 reviewnya jg bisa dijadikan sbg base make up krn punya kandungan yg sama dgn yg ada di primer primer make up

    ReplyDelete
  4. Aku baru tau kalo serum ini primer. Aku punyanya Make Over yang warna hijau. Hasilnya sih so so. Tapi entah kenapa kalo pake primer tuh rasanya aman aja makeup hehehehe.

    ReplyDelete
  5. Aku pikir serum ini beneran serum, ternyata fungsinya buat primer, ya? Hihi makasih pencerahannya, Ka.

    ReplyDelete
  6. Berhubung pondesennya Make Over juga dan mau beli primer ini ludes melulu, abis baca review kamu jadi mau nyobain deh, hehe!

    ReplyDelete
  7. Hello,

    aku suka sama primer ini, bikin makeup tetep stay. tapi sayang ya di wajahku, jadi brutusan huhu. seperti ya aku kurang cocok. tp ttp aja nekad pake haha, dikit aja sih dibagian yang berminyak saja.

    https://alsheilaaa.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  8. yess..ini cocok buat aku yg juga males pake foundie.

    aku masih pakai daily serumnya TBS...mungkin kalau itu habis, mau nyoba ini. so far sih, cocok sama bedaknya make over

    ReplyDelete
  9. aku sedang penasaran sama brand ini. termasuk bedak dan fondationnya juga. tfs dek

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Tinggalkan komentar yang baik dan sopan ya. Maaf untuk link hidup akan otomatis terhapus. :)

I love to read all comments from you all, but sorry if I can't answer all. :)

Sexy Red Lips