Depot Al Mutlik - Ampel (Surabaya)

Depot nasi kebuli dan kawanannya yang terkenal di kawasan Ampel


Gegara abis bersih-bersih folder di komputer, jadi nemu foto-foto kulineran ini. Ohmaygad ini udah lawas banget ternyata, Desember 2015! 😂😂 Tapi kan sayang kalo cuma disimpen di folder yah. Posting aja lah di blog buat ngisi kehampaan sekaligus nambah pageviews LOL.

Kali ini aku nggak review panjang-panjang deh. Toh jumlah fotonya nggak terlalu banyak juga.

Well, ngomongin soal kuliner di Ampel, orang-orang nggak bakal bosen dateng ke mari untuk: nasi kebuli, kambing guling, roti maryam, gulai kacang ijo, dan kuliner lain sebangsa Timur Tengah. Yah namanya juga Ampel, tempat bermukimnya warga keturunan Arab.

Di Ampel, Muffin punya depot langganan untuk menikmati menu-menu tersebut. Namanya Depot Al - Mutlik. Aniwei, di sebelah Depot Al - Mutlik ini ada Depot Yaman yang sama terkenalnya. Kata Muffin sih sama enaknya kok, they are at the very same level.



Lalu kenapa aku dan Muffin kali ini makan di Al - Mutlik? Simple aja, soalnya Depot Yaman udah penuh. :p

Untuk menemukan tempat ini bisa andalkan Google Map, dijamin nggak nyasar. Tanya orang pun gampang, soalnya lokasinya deket Hotel Kemajuan.

Dan ini dia yang kami pesan:

Nasi Kebuli - Kambing
Rp 28.000,-

Aku kira nasi kebuli-nya bakal yang berlemak dan berbumbu banget. Berbumbu dan berempah dengan takaran yang pas. Soalnya aku lahap banget makannya, nggak kerasa eneg atau gampang bosen. Aroma daun karinya pun istimewa.


Aku nggak bisa menerka-nerka apa sih bahan dan rempah yang digunakan sebagai bumbu. :( Pokoknya bukan cita rasa Indonesia gitu ya.

Daging kambingnya sendiri favorit banget! Nggak sekadar empuk, tapi kemasannya garing. Bayangin lah enaknya makin daging kambing sedep yang teksturnya garing tapi empuk dan lembut dikunyah. Duuuuuh jadi laper. :(

Nasi Tomat - Kambing
Rp 28.000,-


Rasanya nggak jauh berbeda dengan Nasi Kebuli. Cuma aroma rempah Nasi Tomat nggak sekuat Nasi Kebuli.

Es Jeruk
Rp 5.000,-


Sumpah es jeruk segini mah kurang. Soalnya kan makan makanan berminyak gini bikin haus banget. Apalagi es jeruknya beneran segerrrr. Komposisi antara air dan jeruk hampi 50:50 . Bisa kamu lihat sendiri kan betapa orennya menggoda? 😱

Jus Kurma
Rp 10.000,-


Minuman satu ini ternyata oke juga. Manisnya nggak nyelekit, trus rasanya malah mengingatkanku ama susu. Mungkin proses bikinnya pake ditambah susu kental manis ya. Selain itu, teksturnya pun nggak begitu kental sehingga gak bikin cepet kenyang. Lumayan lah. Sayang kurang sip buat pelipur dahaga.

Udah itu doang. Maunya pesen yang lain juga kayak roti maryam, kebab, atau sambosa. Tapi kami berdua udah kayak sapi mabok, kekenyangan cyiiin.

[KLIK GAMBAR UNTUK MEMPERBESAR]


Untuk ukuran kuliner Timur Tengah gini, harganya emang fantastis tapi masuk akal ya. Sebanding lah dengan rasa dan penyajiannya. Porsi dagingnya nggak pelit pula. Pokoknya soal rasa dan kualitas dijamin nggak mengecewakan.

Nggak enaknya makan di sini adalah tempatnya HOT alias fanas alias sumukkk! Mana jalanan depan depot itu lalu lintasnya rame. Mending bawa sepeda motor supaya gampang cari parkir.


Belum lagi gangguan tiada henti: pengamen dan pengemis! Serius bikin nggak nyaman dan malah kehilangan rasa iba. Pengamen gak bakal pergi sebelum dikasih uang receh. Kasian banget yang kebagian meja di deket pintu. :(

Tapi yaudalah, gimana-gimana Ampel kan emang kawasan wisata religi. Panas, rame, dan banyak orang minta-minta adalah pemandangan sehari-hari. Lain kali aku mau ke sini malem hari aja lah! :D

Nom nom,
-Hilda Ikka-

*

Depot Al-Mutlik
Jl. KH. Mas Mansyur No. 94, Surabaya
Buka setiap hari 10.00 - 22.00 WIB
(031) 3578078

10 comments

  1. Ampel emang enakW makaannnya. Tapi aku lebih sering makan rujak cingur, terus kopi arab.

    Next lahh coba nasi kebuli, mumpung bwlum pernah sama sekalj makan nasi kebuli hihiihih

    ReplyDelete
  2. Berarti ini kemungkinan harganya udah naik ya?

    Dari kapan taun pengen banget ke Ampel tapi belum kesampaian

    ReplyDelete
  3. Saya 2 kali ke Ampel tapi ga nyoba makanannya -_- next kalau ke sana mesti wiskul ya. Apalagi sy penggemar makanan timur tengah... nasi kebuli dengan daging kambing saya sukaaaa banget :D

    ReplyDelete
  4. Wah, favoritku banget mbak, nasi kebuli ini, apalagi ada si kambing :D
    Di Kalimantan harganya hampir 3x lipat mbak, hiks

    ReplyDelete
  5. Sedap tuh, murah meriah harganya.

    ReplyDelete
  6. Besok-besok kalau ke Surabaya nyobain ini. Apalagi nasi tomatnya itu, udah ngebayangin gimana rasa asyem2 tomatnya bercampur rempah

    ReplyDelete
  7. pingin coba jus kurmanya.. murah cuma 10rb

    ReplyDelete
  8. aaa kangen nais tomat, btw itu harga segitu dagingnya gede amat ya

    ReplyDelete
  9. Belum pernah jajan di Ampel, pankapan ajakin dong, Ka.

    ReplyDelete
  10. tempat ngaji gak jauh dr sini, kpn2 pgn mampir

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Tinggalkan komentar yang baik dan sopan ya. Maaf untuk link hidup akan otomatis terhapus. :)

I love to read all comments from you all, but sorry if I can't answer all. :)

Sexy Red Lips