PIXY Beauty Blogger Gathering: Express Your Truly Asian Beauty

PIXY Beauty Blogger Gathering: Express Your Truly Asian Beauty

Pernah gak sih kalian sebagai blogger excited banget dateng ke suatu event?

Bukan karena ketemu temen-temen blogger aja, melainkan karena keliatannya acara itu bakal seru banget! Trus pas hari-H, rupanya ekspektasi kita nggak meleset blas. Wuoh, kebayang kan gimana senengnya?

Ya seperti itulah yang aku rasain sewaktu menghadiri acara PIXY Beauty Blogger Gathering (09/09) yang bertempat di atrium Royal Plaza. Sensasinya luar biasa deh, soalnya selama ini kalo ke Royal Plaza kan aku cuma jalan-jalan dan ngeliatin atrium. Eh kali ini ganti diliatin seantero pengunjung mall, berasa eksklusif gak sih bhahahak.

Dari jauh hari, kami para blogger udah diwanti-wanti untuk mengenakan busana sesuai dresscode pink/biru pastel. Yah, sesuai dengan tema kawaii yang diusung oleh PIXY. Bahkan display panggung pun warnanya senada. Demi tampil maksimal, aku sampe beli atasan - bawahan - hijab baru. Sebenernya sih gak ada rencana beli, tapi nggak ada salahnya kan. Toh aku belum punya outfit komplit warna biru muda.

Acara gathering dimulai pada pukul 1 siang, namun setengah jam sebelumnya aku udah tiba di lokasi. *meski sempet ada insiden motor ngambek di jalan 😅* Enak sih, jadi punya waktu buat pepotoan dan ngobrol bareng temen-temen blogger yang udah on the spot.

Wajahku ngeblur huhu. Giliran wajahku fokus, mereka ngeblur -_-

Kali pertama menginjakkan kaki di venue, aku sukses dibikin ternganga oleh set + dekorasi tim PIXY yang total banget! Dari meja registrasi udah disambut dengan gapura (( GAPURA )) yang gede dan kecenya on point. Trus masuk ke dalem rasanya pengen jerit-jerit alay saking gak tahan dengan ke-unyu-an warna-warni pastelnya. Uwww~

Ada 4 meja bundar untuk blogger yang masing-masing berkapasitas untuk 6 orang. Di setiap meja udah tertata rapi vas bunga, cermin, snacks, sample product PIXY hingga goodie bag untuk dibawa pulang. Serius aku terkesan banget dengan cara PIXY mengistimewakan kami para blogger, uwww baek banget. Thank you so much PIXY, I like it!

Selain itu, terdapat meja rias lengkap dengan lampu di sekelilingnya yang disediakan bagi para pengunjung yang tertarik mencoba produk lipcream terbaru PIXY. Apa? Lipcream terbaru? Yes baby, di event kali ini PIXY bermaksud me-launching varian shade baru PIXY Matte Lipcream yang tergolong warna nude.


Acara dibuka oleh MC Annisa Dewi yang heboh namun tetap anggun. Selanjutnya sekapur sirih dari Bu Dian Utari selaku member divisi Advertising & Promotion PIXY Indonesia. Berdasarkan penuturan Bu Dian, PIXY ingin menginspirasi para perempuan Indonesia untuk menampilkan kecantikan alami khas Asia. Surabaya merupakan kota terakhir dalam daftar roadshow yang bertajuk 'Express Your Truly Asian Beauty' ini.

Langsung ke sesi sharing, PIXY menghadirkan Miharu Julie yang udah malang melintang di jagat blog dan Instagram. Bermula dari hobi cosplay, kini ia telah bekerja sama dengan beberapa brand ternama seperti Waku-Waku Japan, Jetro, Clozette, FemaleDaily, dan lain-lain. Saat ini follower Instagramnya mencapai 83.500 user.


Di kesempatan ini, Miharu membagikan tips bagaimana cara meningkatkan kualitas blog dan follower Instagram.

Untuk BLOG:

💛 Gunakan responsive template yang SEO-friendly.
Kita bisa beli atau pesan custom di penyedia jasa web design. Seperti template blog-ku ini, yang aku beli di Etsy. Soalnya kalo pesen custom aku malah suka bingung sendiri hihi. Keuntungan lain menggunakan template eksklusif yakni tampilan blog kita nggak pasaran layaknya template bawaan blog.

💛 Tentukan judul dan keyword yang SEO friendly.
Lagi-lagi SEO. Ya gimana, emang kita ngeblog kan pengen dapetin pembaca baru toh? Makanya butuh usaha buat nyempil di page one hasil pencarian Google. Alih-alih membuat judul tulisan seperti, "Selfie Cantik Pakai Lipcream PIXY" mending diubah menjadi "Review PIXY Matte Lipcream No. 05 Edgy Plum, Warnanya Cantik!" Yah semacam itu, sertakan info sedetil mungkin.

💛 Perbanyak tips, tutorial, dan giveaway.
Yak, untuk blog bersegment beauty nih, kalo isinya review mulu kan bosen yah. Coba diselingi dengan tips dan tutorial, kan selain bermanfaat juga banyak dicari. Kalo giveaway, ini cara jitu menarik penggemar baru!

💛 Tingkatkan kualitas fotografi.
Di zaman yang mendewakan Instagram, visual itu amat penting. Jadi ya sebisa mungkin manjakan mata pembaca dengan foto-foto yang apik. Pelajari setting kamera, lighting, styling, dan tak lupa editing.

💛 Blogwalking.
Makin kuat bila pertemanan erat, setuju? Maka dari itu ya jangan lupa kunjungi blog teman-teman kita dan tinggalkan komentar. Hal ini untuk menunjukkan rasa saling support dan memperluas networking.

💛 Share ke sosmed.
Ini jurus pamungkas yang jangan sampe kita lupa! Dengan share ke sosmed maka pembaca bakal lebih update kalo kita punya postingan terbaru. Sosmed merupakan platform yang menjanjikan untuk mendapat pembaca baru lho, apalagi konten yang sedang viral atau lagi hangat-hangatnya.

💛 Gabung komunitas.
Karena lewat komunitas kita dapat membangun relasi yang lebih luas dan mendapat banyak kesempatan mencicipi beragam kerja sama. Contohnya komunitas Clozette, Female Daily, Indonesia Beauty Blogger, dan lain sebagainya.


Untuk INSTAGRAM:

💜 Upload gambar yang menarik.
Sama seperti tips ngeblog tadi, visual merupakan kunci. Angle, styling, lighting, dan editing yang tepat akan menghasilkan foto yang ciamik. Jangan lupa sertakan caption yang informatif, seperti produk apa saja yang digunakan atau sekadar mini tips yang bermanfaat.

Selain itu lebih baik tidak mengunggah foto selfie melulu. Selingi dengan foto produk ato OOTD.

💜 Dateng ke event.
Supaya ketemu orang baru, nambah temen nambah relasi deh. Saling follow akun sosmed, lumayan kan.

💜 Aktif bersosialisasi dengan follower.
Rajin balesin komen. Pun komen di postingan follower. Intinya bangun engagement yang bagus lah, jangan songong! Mwehehe.

💜 Samakan niche Instagram dengan blog.
Ini penting sih untuk konsistensi branding. Yakan kurang oke kalo Instagram bahas beauty tapi blog cenderung bahas otomotif misalnya.

Terakhir, Miharu berbagi pengalaman menggunakan produk PIXY Matte Lipcream. Dia asli suka dan merekomendasikan untuk kita semua. Khusus seri shade terbaru ini, favoritnya adalah nomer 11, Gaudy Orange. Emang cocok sih di wajah Miharu, jadi keliatan lebih cerah namun tetep soft.

Sebelum sesi sharing diakhiri, Miharu memberi kesempatan bagi blogger yang ingin bertanya. Lalu Mbak Yuni pun berdiri mengajukan pertanyaan: Kalau misalnya Miharu sedang bekerja sama dengan suatu brand kosmetik untuk mereview produknya, turns out hasil produknya nggak sesuai harapan, bagaimana sikap Miharu? Tetep membagus-baguskan ato jujur menuliskan kekurangan?

Jawab Miharu: review itu dibayar maupun tidak, tetep ia tulis sejujurnya. Bila ada hal yang kurang sreg, tetep disampaikan dengan bahasa yang halus. Karena info kekurangan itu penting lho untuk brand supaya dapat berinovasi. Wah iya juga, well noted!

Next, ada demo make up Japan Natural Look bersama MUA Robby Yamaguchi dan Diaz Robby, ditemani oleh brand ambassador PIXY yang tak lain dan tak bukan Mikha Tambayong. Duuuh Mikha yang dulu ngetren di seri TV 'Kepompong' jaman aku SMP. Tingginya gak nguati, cantik semampai.


Sambil memeragakan demo make up, kedua MUA belia ini turut memberikan tips untuk mendapatkan Japan Natural Look yang mudah dan sesuai. Berikut poin-poinnya:

💙 Gunakan BB cream sebagai base, lalu set dengan bedak.

💙 Gak perlu repot membingkai alis. Untuk mendapatkan natural look, ikuti saja bentuk asli alis. Arsir tipis-tipis menggunakan pensil alis yang warnanya senada dengan rambut alis.

Tips untuk mendapatkan bentuk natural yang bagus, isi alis dari bagian belakang. Lalu mulai isi bagian depan tipis-tipis aja, gak usah dibuat kotak ya ujungnya karena yang alami tuh masih keliatan rambut alisnya. 😁

💙 Beri sentuhan eyeshadow warna muda untuk riasan mata, misal warna coklat nude. Baur pake jari sah-sah aja lho. Dalam hal ini biasa disebut naked-heat (kalo gak salah dengar). Bila menggunakan kuas, pilih yang permukaannya lebar agar hasilnya lembut.

💙 Untuk eyeliner, mulai dari area tightline/akar bulu mata menggunakan eyeliner pensil. Kemudian bikin eyeline tipis saja. Perlu diingat ketika mengaplikasikan eyeliner, jangan menarik area kelopak mata. Dikhawatirkan dapat memicu keriput dini.

💙 Sebelum mengaplikasikan maskara, jepit bulua mata bila perlu.

💙 Beri shading dikiiit aja di area hidung untuk sedikit mempertegas, bagi yang gak kepengin keliatan terlalu flat.

💙 Sapukan blush on di tulang pipi dan gradasinya makin halus mendekati apple cheeks. Sapukan dengan gerakan memutar agar hasilnya natural.

💙 Gunakan lipstick atau lipcream berwarna nude.

💙 Semprot setting spray supaya hasil make up nge-set sempurna dan lebih tahan lama!

TADAAA! Ini dia hasil demo make up-nya di wajah Mbak model. Terlihat manis dan segar alami kan ya.


Oya, salah seorang blogger bernama Rien sempat mengajukan pertanyaan: apa solusinya bagi pemilik mata monolid supaya matanya tampak lebih lebar tanpa keliatan berlebihan untuk make up look ini?

Jawaban Kak Robby:
1. Aplikasikan eyeshadow sampai ke atas alias bagian crease
2. Buat wing liner namun gak usah terlalu panjang ya ekornya. Yang penting cukup mengesankan ekor mata yang lebih 'naik'.

Selanjutnya, PIXY menantang para blogger untuk membentuk tim yang terdiri dari 3 orang untuk mempresentasikan 3 hint warna lipcream terbaru PIXY: pink, brown, dan orange. Jadi tiap orang dalam satu team harus memulas lipcream varian terbaru yang berbeda warna.

Aku satu tim dengan Mbak Fani dan Ce Chelsea. Aku mewakili warna orange dengan shade 12 Mild Peach, Mbak Fani memilih pink dengan 07 Vintage Rose, dan Ce Chelsea yang kecoklatan dengan 09 Glam Coral.

Sayang kami belum beruntung karena challenge ini dimenangkan oleh Ce Mindy, Olin, dan Mbak Nesya. Bahkan Olin pun menyabet gelar best dress di event ini. No wonder sih dia emang tampil komplit dengan 2 warna sekaligus. Sementara itu Mbak Fani masih beruntung karena memenangkan kompetisi live Instagram post bersama Mbak Vika. Seluruhnya berhak atas voucher belanja Sodexo senilai 200 ribu. 😻


Gak kerasa 2 jam lebih kami seru-seruan di atrium Royal Plaza. Acara pun ditutup dengan foto bersama di panggung. Ow yeah we had so much fun!

Kelar acara, kami bisa mampir ke booth PIXY. Dengan berbelanja senilai nominal tertentu, kita berkesempatan nyobain VR games, berfoto di Purikura, memenangkan lucky draw, hingga meet & greet dengan Mikha Tambayong. Mana produk PIXY banyak yang diskon 20% pula. Wow wow, it's a jackpot!

Kiri: becermin di meja rias segede gaban | Kanan: bermain VR

In the end, thank you so much PIXY Indonesia yang telah memberiku kesempatan menghadiri event beauty super kece ini. Terima kasih juga untuk segambreng goodie boxes-nya! Mulai dari skincare, produk make up, sampe 6 varian baru PIXY Matte Lipcream.. KOMPLIT!

Sebagai bentuk terima kasihku kepada PIXY, aku bikinkan one brand make up tutorial deh. Sekaligus untuk re-create Japan Natural Makeup Look, siapa tau temen-temen ada yang berniat mempraktikkan. Soalnya ini mudah banget lho! Cuss tonton video tutorial ala aku di bawah ini!



Again, arigatou gozaimasu PIXY maluvv~

Chu chu,
-Hilda Ikka-

6 comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Wah lipcream pixy ngeluarin shades baru ya,aku suka warna mild peachnya,tp kaykny di aku kurang cocok deh warnanya.

    ReplyDelete
  3. Aku belum pernah ikutan event,pingin banget tau sayang,selalu pindah di kota kecil huhuhu...
    Dian pelangiiiiii,eh..ikaaaa,makin memesona ^_^

    ReplyDelete
  4. Sumpah terniaaaat beli semua hahaha... aku blm pernah seniat itu... duh bilangin pixy donk suruh bikin event di jogja

    ReplyDelete
  5. woooww semua bernuansa pastel, aku adem banget baca postingan ini

    ReplyDelete
  6. Aku suka banget sama shade lipstick pixy ini, keren - keren

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Tinggalkan komentar yang baik dan sopan ya. Maaf untuk link hidup akan otomatis terhapus. :)

I love to read all comments from you all, but sorry if I can't answer all. :)

Sexy Red Lips