Ngidam yang Terpenuhi di Fish & Co - Tunjungan Plaza (Surabaya)

Ngidam yang Terpenuhi di Fish & Co - Tunjungan Plaza (Surabaya)

Gara-gara jaman abege suka main game Cooking Academy (hayoo siapa juga nih?), aku jadi ngerti beberapa nama kuliner yang belom hits di Indonesia pada saat itu. Contohnya onion rings dan fish & chips. Yah palingan cuma ada di restoran mahal ato cafe eksklusif. Coba sekarang, kedua menu ini nggak susah ditemuin di beberapa cafe/tempat makan ekonomis.

Khusus fish & chips, aku sih mendambakan bisa makan di Fish & Co. Gak kehitung berapa kali aku melintas di depan gerainya dan cuma bisa ngiler. Pernah sekali ngepoin buku menunya di gerai Sutos, langsung mendelik dan pengen kejang-kejang. Harganya mahal banget ya tuhaaaan. Untuk menu seporsi aja bisa setara uang jajanku 3 - 4 hari (jaman kuliah).

Yah, jadinya cuma bisa sabar menanti keajaiban supaya bisa makan di sana. *elus dada suami* *lah*

Lalu suatu ketika, ada promo best deal Fish & Co di Dealjava! Yayyyy!

*Dealjava itu situs penawaran semacam Groupon (yang sekarang berubah menjadi Fave) yang menjual berbagai voucher promosi kebutuhan gaya hidup*

Jadi ada voucher seharga 50 ribu rupiah untuk 1 porsi Fish & Chips yang (katanya) harga normalnya 105 ribu rupiah. Dan voucher Seafood Platter seharga 120 ribu yang (katanya) harga normalnya 211 ribu rupiah.

Kok KATANYA?

Iyah soalnya aku baru nyadar pas nulis ini, aku cek lagi antara harga yang tercantum di voucher dengan buku menu yang telah aku potret. Hasilnya, DI-MARK UP MEEEEEN! *kzl*

Sebel banget ga sih? Sebel lah, #girlsproblem banget ini. Aku merasa dibohongi. 😩

Ya mungkin harga yang dimaksud udah termasuk pajak. Tapi kalo aku itung-itung pun harusnya gak sampe segitu lah. Huuuh.

Oke cukup curcolnya, lanjut ke review.

Gerai Fish & Co yang kami kunjungi berada di Tunjungan Plaza 5 lantai 5. Kalo nggak salah sih, sebelumnya gerai ini bertempat di Tunjungan Plaza 4. Meski cuma pindah beberapa blok, tapi konsep dekorasinya ikut berganti. Suka banget dengan desain interiornya yang sekarang, minimalis namun tetap terlihat ikonik.


Di gerai ini, nggak ada tembok tinggi. Desain ruangannya terbuka sehingga terkesan sebagai tempat makan yang casual dan santai gitu. Suasananya cukup berisik karena banyaknya pengunjung malam itu.

Berhubung kami voucher kami cuma berupa main course, untuk minuman ya kudu beli sendiri. So, ini dia yang terhidang di meja kami.

Danish Fish & Chips
Rp 89.000,- (exclude tax)

Kalo aku liat di buku menu, kebanyakan tipikal fish & chipsnya kayak gini (yang harganya paling murah). Jadi review menu satu ini cukup mewakili lah ya.

Aniwei, piring sajinya Fish & Co cukup unik loh. Berupa tatakan piring berbentuk ikan yang terbuat dari kayu. Lalu piring sajinya semacam pan aluminium gitu.


Menu Danish Fish & Chips terdiri dari sepotong fillet besar ikan dori yang digoreng berbalut tepung dengan lelehan keju dan herbs di atasnya. Dilengkapi dengan french fries, irisan lemon, dan semangkuk kecil mayones. Terlihat simple tapi ini porsinya cukup gede lho.

Sesuai ekspektasiku, ikan dori yang juicy berbalut tepung crispy is the best ever deh! Kentang gorengnya pun nggak kalah dengan punya Mekdi yang so far jadi favoritku. Mayonesnya buat aku sih kurang banyak. Andaikan boleh nambah mayones ya. Sayang aku gak berani minta lhawong makan aja pake voucher. :v

Karena aku bukan penggemar sensasi kecut, irisan lemonnya nggak berguna. Sebenernya untuk diperas di atas dori crispy-nya.

Seafood Platter for 1
Rp 179.000,- (exclude tax)

Kalo membaca deskripsi di buku menu, platter ini terdiri dari fish & chips, calamari, udang panggang, dan nasi paella. Berdasarkan hasil googling, paella adalah kuliner asal Spanyol berupa nasi yang diberi bumbu rempah dan diberi campuran hasil laut (seperti udang atau kerang).


Dari segi rasa, fillet ikannya nggak jauh beda dengan menu fish & chips sebelumnya. Cuma beda ukuran, ini lebih kecil dikit. Udang panggang nggak begitu favorit karena aku nggak bisa berdamai dengan kulit udang yang mengganggu. Nasi paella-nya kayak semacam nasi kuning berbumbu tapi nggak bersantan/mengandung ketan. Cocok disantap dengan calamari yang berbumbu coklat pekat.

Untuk rasa, platter ini standar aja deh di lidahku. Mungkin karena cita rasanya yang lembut ya, jadi nggak bikin nagih. Tapi beneran, kenyang bangeeeet.

Chockie Junkie
Rp 39.000,- (exclude tax)

Minuman coklat blend dengan whipped cream dan cherry sebagai topping-nya. Enak kok coklat dan manisnya pas. Sesuai ama harganya yang bikin nyesek.


Chocolate Exxxtasy
Rp 39.000,- (exclude tax)

Kalo ini menurutku kayak milkshake berbahan dasar milo deh. *sotoy* Lah toppingnya aja bubuk coklat yang rasanya mirip milo. Yang fantastis, ukuran gelasnya hampir 2 kali lipatnya Chockie Junkie!

Sebagai perbandingan
Soal rasa ya nggak jauh beda lah dengan milo milkshake pada umumnya. Tapi yang aku suka kerasa banget kok milonya, nggak terlalu encer. Plus kemasan jumbonya yang mantap!

Summary:
Rasa & kualitas: memuaskan! Soalnya memenuhi ekspektasi sih, the best fish & chips I've ever tried. Porsinya pun banyak beneran bikin kenyang.

Harga: bikin dompet nangis 7 hari 7 malam. Lah itu, minuman blended aja hampir 50 ribu! *setelah kena pajak* kan mahal kan. Per orang bujetnya > 100 ribu nih.

Pelayanan: pegawainya cukup ramah dan cekatan. Sejauh ini nggak ada yang mengecewakan.

Fasilitas: ada baby chair seingetku. Colokan nggak ada sepertinya. Ato aku yang nggak tau?

Tempat: cocok buat hangout ato ngajak gebetan ke sini. Buat keluarga juga oke apalagi yang punya anak kicik suka lari-lari, cocok nih. Nggak cocok buat ngajak partner bisnis ke sini kecuali kalo emang lagi sepi.

Overall:
8,5 out of 10
(mahal bet sih...)

Meski udah keturutan buat nyobain fish & chips, tetep gak bakal nolak kalo diajakin ke sini lagi (secara gratis) hihi.

Ada yang penggemar fish & chips seperti aku gak nih?

Nom nom,
-Hilda Ikka-


*

Fish & Co
Tunjungan Plaza 5 lantai 5
Jl. Basuki Rahmat no. 8 - 12, Kedungdoro, Surabaya
(031) 5346305

9 comments

  1. Ikan dorinya enak kayanya ya. Apalagi kalau crispy. Aku soalnua suka makanan kriuk

    ReplyDelete
  2. haish mahalnyaaa .... brb ngandok nasi goreng xD

    ReplyDelete
  3. aku kesini kalo lagi ada promoan kartu kredit heuheuheu lumayan kadang diskon 40% tanpa di mark up :D

    ReplyDelete
  4. mehong bener ya, haha. Tp porsinya gede gak heran sih.

    ReplyDelete
  5. Pertamakali makan di fish and co, yg di pacific place jkt tuh. Aku shock ama gelas minumannya yg guede bgt itu hahahahahaha.. Mana kita pesen 2. Kalo tau segede gaban kan pesen 1 aja :p. Makanannya enak sih yaaa, tp memang krn mehong ya cyiiin, ga bga sering2 ksana hahahaha.

    Tp untungnya mba, di jkt ada duplikat fish and co, namanya streat fish, di daerah tebet. Kabarnya niiiih, chefnya dulu pernah kerja di fish and co :p. Nth bwner ato ga, tp rasanya memang mendekati :) yg paling ptg, hrgnya jauh lbh murah.

    ReplyDelete
  6. Belum pernah ke fish and co, cuman sering denger nama ini, familiar
    Harganya lumayan yak, kalau aku mikir-mikir juga sih mau makan disini, biasa lah medit.. hahahaha
    Uang segitu mending aku pakai beli skincare, terus sisanya buat beli nasi padang lauk rendang, hahaha

    ReplyDelete
  7. aku juga pemain cooking academy hahaha.
    oiya di mekdi ada juga lho, versi mini hahah dan tentunya murah.

    ReplyDelete
  8. ikaaaaa, kamu tengah malam begini bikin lapeeeer :(
    pgen itu yg seafood :D

    ReplyDelete
  9. Kok bisa mahal yaak. Padahal di Inggris ini makanan rakyat dan dijualnya pake kertas hahaha.

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Tinggalkan komentar yang baik dan sopan ya. Maaf untuk link hidup akan otomatis terhapus. :)

I love to read all comments from you all, but sorry if I can't answer all. :)

Sexy Red Lips