4 Cara Cermat Memilih Sepatu Wedges yang Tepat

4 Cara Cermat Memilih Sepatu Wedges yang Tepat

Siapa nih di antara kalian yang suka pakai sepatu wedges? Gak harus suka sih, minimal punya lah. 😁

Memang ya, sepatu wedges wanita cenderung lebih digemari dibandingkan dengan jenis sepatu hak tinggi lainnya. Bukannya apa-apa, hak yang merata di permukaan sol secara tidak langsung memberikan rasa aman bagi penggunanya.

Aku pun waktu awal-awal belajar menggunakan sepatu hak tinggi, aku memilih jenis wedges. Selain lebih nyaman, aku juga merasa wedges dapat meminimalisir risiko kaki keselip atau keplicuk lah istilahnya dalam bahasa Jawa.

Segitu cocoknya aku dengan sepatu wedges, maka aku mengoleksi lebih dari satu. Sejauh ini aku merasa puas dengan sepatu wedges yang aku beli. Makanya, kali ini aku pengen berbagi kiat membeli/memilih sepatu wedges yang tepat.

Pssst, separuh dari koleksi sepatu wedgesku aku beli secara online, lho!

👠#1 Kenali Kebutuhan
Mau beli sepatu wedges untuk apa? Untuk biar punya aja kah? Untuk special occasion kah? Atau butuhnya untuk style apa? Casual? Formal? Bohemian? Dan seterusnya.

Penting banget untuk tahu sepatu wedges ini bakal dipake untuk apa. Jangan sampe asal beli karena lagi diskon aja atau gelap mata, eh ujung-ujungnya gak kepake.

Kalo beli sepatu wedges untuk sekadar punya, saranku sih pilih yang warnanya netral seperti putih, hitam, cream, leather brown, dan semacamnya. Karena bakal lebih mudah untuk memadupadankannya dengan outfit di lemari kita.

Pic from https://mm-imgs.mataharimall.co/p/2017/01/20/04/
wedges_sepatukubaru-dana-wedges---hitam_1411825_2_62803.jpeg

Membeli sepatu wedges untuk acara/style tertentu pun perlu dipertimbangkan. Sepatu wedges untuk acara formal tentu berbeda dengan kebutuhan gaya casual. Kita bisa memilih sepatu wedges yang didesain lebih ‘wah’ dan eksklusif untuk gaya formal atau acara pesta. Sementara sepatu wedges bergaya casual biasanya didesain simple but girly.

Selain itu yang enggak kalah penting, pilih bentuk hak nyaman dengan kaki kita. Kan sepatu wedges wanita ada 2 jenis haknya; rata semua atau meruncing ke dalam. Kalau kamu orangnya insecure dengan hak yang tipis/kecil/sempit, sebaiknya hindari jenis yang meruncing ke dalam.

Lebih amannya lagi bagi pemula, pilih sepatu wedges yang ada tali/pengaitnya. Dengan model begini, sepatu wedges jadi tidak gampang terlepas dan meminimalisir risiko kaki terselip/tergelincir.

👠#2 Kenali Bahan
Well, aku kurang paham sih dengan jenis dan nama bahan yang digunakan untuk membuat sepatu. Namun sewaktu aku mampir ke toko/gerai sepatu, aku selalu menyempatkan mampir untuk melihat-lihat koleksinya.

Dari situ kan aku bisa pegang dan rasain, oh sepatu yang permukaan/bahannya begini rasanya seperti ini. Jadi ketika ingin berbelanja sepatu wedges secara online dan melihat gambarnya, aku bisa mengira-ngira bahannya.

Mengetahui jenis bahan itu penting untuk mengetahui bagaimana perawatannya nanti.

Bahan kulit yang biasa digunakan untuk sepatu boots membutuhkan perawatan ekstra. Bahan suede bila terkena noda tidak bisa dibersihkan sembarangan. Bahan karet/kulit yang tahan air akan lebih mudah dibersihkan bila terkena noda.

Wedges berbahan suede
Pic from https://mm-imgs.mataharimall.co/p/2017/02/27/18/
vavoom-bamako-wedges-mocca_2592289_1_93908.jpg

Bagi perempuan yang ke mana-mana naik sepeda motor sepertiku pasti menghindari banget sepatu wedges berbahan suede. Karena besarnya peluang untuk kecipratan air kubangan saat berkendara. 😂

👠#3 Ukur Telapak Kaki
Sama seperti kaos, kita pun tidak bisa menyamaratakan ukuran sepatu kita. Misal pada merk A, ukuran sepatuku nomor 39. Namun di merk B, ukuran sepatuku nomor 40.

Makanya selalu cari detail ukuran sepatu dalam bentuk cm.

Kalo nggak tercantum keterangannya di deskripsi produk, jangan segan bertanya. Karena itu penting sekali. Jangan sampai ibarat membeli ayam dalam karung.


Oya, gimana cara mengukur telapak kaki kita?

Kalo aku sih, dari ujung jari kaki yang paling tinggi sampe batas terluar tumit.

👠#4 Berbelanja di Lapak yang Terpercaya
Ah kalo ini harus ya, kan. Banyak marketplace yang menyediakan sepatu wedges wanita seperti mataharimall.com. Atau langsung belanja di web brand sepatu tersebut, seperti IWEARUP milik fashion blogger Diana Rikasari.

Pic by iwearup.com
Jadi begitulah kiat-kiat yang aku lakoni dalam berbelanja online sepatu wedges. Kalo kamu, punya koleksi berapa buah sepatu wedges? Share your favorite one, please!

Stay gorgeous,
-Hilda Ikka-

No comments

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Tinggalkan komentar yang baik dan sopan ya. Maaf untuk link hidup akan otomatis terhapus. :)

I love to read all comments from you all, but sorry if I can't answer all. :)

Sexy Red Lips