Wednesday, September 30, 2015

#OOTDAlaAku: Sulap Baju Lama Tampak Penuh Pesona

#OOTDAlaAku: Sulap Baju Lama Tampak Penuh Pesona

Sebenernya postingan ini udah lama mau aku publish. Eh lhakok kebetulan nemu giveaway-nya Bunda Dhia, langsung balik draft lagi deh wkwkwk. Pas banget gitu loh! Temanya tentang OOTD. Kan gue bangeeet tapi jarang dilakoni.

Kalo ditanya OOTD favorit, jujur aja aku hobi banget mix n match pakaian lama. Karena ada tantangan tersendiri gitu loh untuk menyulapnya jadi memesona. Pokoknya sampe orang yang ngeliat nggak nyangka deh kalo ini outfit lawas! Apalagi kalo dapet pujian, ‘Ih, modis abis!”. Padahal modalnya cuma dari lemari BHAHAHAHA.

Pakaian-pakaian lama ini kudapatkan berkat hobi bongkar isi lemari tapi nggak dirapiin lagi. Rasanya hepi deh kalo nemu pakaian lama yang masih bisa dipake lagi. Berasa langsung dicap brilian. *lol Sekaligus nambah koleksi tanpa keluar duit. *catet!

Nah, salah satu outfit lama andalanku adalah Crème Vintage Blazer yang notabene milik tanteku sewaktu jaman masih muda. Dulunya merupakan setelan blazer dan rok A-line. Tapi entahlah, yang kutemukan hanyalah sepotong blazer ini. Aku senang mengenakan outfit ini di saat malas mix n match pakaian. Karena kalau sudah begitu aku bakal cenderung mengenakan warna hitam. Yah, biar gak dikira orang pergi ngelayat, maka aku membutuhkan blazer ini sebagai pemanis.

Look at detail!

Tau sendiri lah yaw kalau pakaian beraliran vintage trennya bersifat timeless. Jadi kalau awet pun bisa diturunin ke anak cucu hihi.

Ditilik dari desainnya, Crème Vintage Blazer ini terkesan classy, classic, dan sedikit formal. Liat aja detail kancingnya, era 80 – 90an banget. Jadi aku cuma pake outfit ini pas ada acara semi formal maupun buat jalan-jalan ke mall.

Pas hang out di Pancious

Sotoy aja sih, kalo aku pake baju ini berasa kayak perempuan berkelas. #preeeet Yakali ada yang ngira aku ini orang elit, diaminin aja lah. Padahal aslinya mah BPJS alias budget pas-pasan jiwa sosialita. xD

Sebagai padu padanan Crème Vintage Blazer ini, aku mengenakan busana serba hitam. Mulai dari inner shirt,gold waist pants, hingga pashmina rawis. Seharusnya untuk inner aku pakai yang terbuat dari kain katun ya, bukan kain kaos untuk menyamakan kesan formalnya. Tapi tak apalah, karena all in black jadinya nggak terlihat jelas kainnya.


FYI,  gold waist pants ini merupakan barang temuan di lemari juga. Ya ampun, lemari udah kayak ladang harta karun baru aja haha. Kalo ini dulunya celana ibuku sewaktu umur 20an. Sekarang umurku juga 20an sih, tapi bodi kayak ibu umur 25an. xD Andai kau tahu, aku nggak bisa narik retsleting celana ini full sampe ke atas! Lol

Sebagai penanda identitas jadulnya celana ini, tengok deh detailnya. That’s a gold waist. Temen-temenku sampe heran ini celana keluaran taun kapan kok modelnya gini wkwkwk. Tapi selama aku memadu padankannya untuk outfit semi formal, celana ini nggak bakal keliatan old.


Selanjutnya karena Crème Vintage Blazer ini cenderung berwarna cokelat, aku pasangkan dengan flatshoes berwarna cokelat terang. Meski warnanya nggak ngeplek sama blazer, buatku udah lumayan senada kok.

Untuk hijabnya, dari awal aku prefer pakai pashmina karena lebih kekinian. Kalau mau pake square hijab, bagus yang ada motif/hiasannya. Atau satin! Kurasa itu pun nggak kalah cakep.

Btw sebenernya aku pake tas loh… Sling bag chain ala Coco Chanel. Tapi nggak keliatan. T^T Berhubung itu tas minjem, yaudalah gapapa. xD

Kalo gini keliatan kan? :D

Another Cool Style
Mungkin di lain waktu aku pengen memvariasikan padu padan Crème Vintage Blazer ini. Setelah nyari referensi di Pinterest, keknya ini yang mendekati ekspektasiku. Tinggal mengubah paduan warna dan mengganti celana dengan rok span. Hmm… brilian!


Tips Tampil Memesona dengan Pakaian Lama
Nah, kini tiba saatnya aku meracuni kalian semua untuk mix n match pakaian lama. Masa gak mau sih? Kapan lagi bisa tampil gaya tanpa harus keluar banyak biaya hahaha. Mungkin sebagian dari kamu emang kepingin, tapi nggak tau harus mulai dari mana? Tenang, Madam Hilda bakal ngebagiin tipsnya berdasarkan pengalaman pribadi.

*ah elah pake dipanggil Madam, berasa tua* *emang penting ya xD

OKE LANJUT!

Pilih outfit yang bersifat timeless
Dari sekian harta karun yang kamu temukan, terkadang gak semuanya bisa dipake. Pilah dong mana yang sekiranya bisa dipake di seluruh tingkatan jaman, maupun balik ngetren lagi saat ini. Biasanya sih fashion item yang nggak lekang oleh waktu contohnya sweater, denim pants, vintage dress, dan lain sebagainya. Untuk referensi, kamu bisa contek outfit andalan Audrey Hepburn!


Cek kondisi pakaian dengan teliti
Ya kali kamu pake mini dress brokat eh ternyata bolong. Atau mau maksain diri buat make atasan bermerek tapi udah terlihat lusuh? Pikir deh, kita boleh aja pake pakaian murah tapi jangan sampe dong keliatan murahan.

Padu padankan dengan outfit terkini
Misalnya nih kamu nemu plain cardigan panjang milik ibumu, pasangin deh ama atasan bermotif monochrome yang sedang in. Tentu nggak ada yang ngira kalo cardigannya koleksi lama, kan? Atau kalau kebetulan outfitnya polos, bisa kamu rangkai dengan tambahan aksesoris. Biar makin chic!

Yang penting, pede aja lagi!
Apalah arti pakaian bagus kalo yang make malah gak pede. Malahan banyak tuh orang yang pakaiannya biasa aja tapi karena pede jatohnya keliatan bagus. Macam akuuuu~ #kemudianditabok

Designed by me! | Sticker by LINE, background from Pixabay

Oke begitulah posting OOTD-ku! Sebelum kuakhiri perjumpaan ini, ijinkanlah aku untuk mengakui bahwasanya blazerku tadi kekecilan! Ngooook. :v Makanya aku semangat banget ikutan giveaway ini, syukur-syukur nyantol ama blazer kekinian dari bajukoreawanita.com . Cakep kan. ^^


Hihi yaudalah, kalo diterusin makin absurd. Mau berkomentar atau pun ngasih saran, boleh banget yaaa.

Salam dari yang udah jarang posting OOTD karena postur tubuh mengembang,
-Hilda Ikka-


34 comments :

  1. Huuaaaaaa yg selalu punya ulasan keren, ya mbak hilda ika !! Cantikkk (´ε` )♡

    ReplyDelete
  2. Huuaaaaaa yg selalu punya ulasan keren, ya mbak hilda ika !! Cantikkk (´ε` )♡

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mbak Qiah.. Seneng kalo dibilang keren ama fashionista macam Mbak Qiah :D

      Delete
  3. Sukaaaak dengan ide dan gaya Ika ;)

    ReplyDelete
  4. Mbak, rombakin baju2 lama aku juga dooonk, punya baju selemari tapi rasanya udah nggak ada yang bisa dipakai lagi.. *women

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahaha ayo mix n match dulu lalu upload di blog. Nanti teman-teman bisa kasih saran kan. ^^

      Delete
  5. keren banget ikka...selalu nggak mati gaya ya...

    ReplyDelete
  6. vintage bener2 memberikan efek terang karena yg lainnya serba hitam :) manis deh padu padannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah bener, makanya aku demen koleksi vintage item :D

      Delete
  7. baguuus OOTDnyaaaa...aku suka tergoda posting OOTD tapi ngg sempet-sempeeet hehehehe...good luck :)

    ReplyDelete
  8. sama aku juga baju dilemari 60:40 lah 60% beli sendiri 40% warisan hahhaa...memanfaatkan apa yang ada ya, di mix n match aja biar disangka pakaiannya baru terus padahal mah itu lagi itu lagi XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pinterrrr, emang betchul harus begitu xD

      Delete
  9. ulalala,, cetar membahana nih...
    lengkap binggo tips mix and matchnya...nah saatnya bongkar-bongkar pakaian biar bisa cantik macam madam hilda ,, hahaa

    ReplyDelete
  10. Wah keren banget kak mix n match-nya aku juga suka ngelakuin hal itu tapi kadang susah karna badanku yang nambah ndut #curhatdikitgaapaapayakak

    ReplyDelete
  11. Seru banget nih berkreasi dengan pakaian lama kita

    ReplyDelete
  12. tos dulu mbk ika, aku jg suka shopping di lemari ibuk, berburu baju lawas yg sekiranya masih oke,lumayaann,hemat coy :)

    ReplyDelete
  13. Cantik mba....aku juga punya baju numpuk di lemari tapi blum ada ide mau di pakai kayak gimana....

    ReplyDelete
  14. Lengkap bangeeeeeeeeeeeeeeeet :)

    ReplyDelete
  15. Yang paling bener sih memang harus pede ya biar asyik aja xD
    People gonna stare, make it worth they while ;)

    ReplyDelete
  16. keren2....^o^... aku sndiri kurang kreatif kalo hal madu padan baju2 lama gini mba.. apalagi kbnyakan baju2 yg udh lbh dr 6 bln g aku pake, lgs aku sumbangin k org2.. apalagi yg vintage2 , udh nth kemana :D

    ReplyDelete
  17. saya juga suka nyari baju ayah sama ibu saya yang muat buat dipakai kuliah :D .. ga jarang saya pakai kemeja ayah saya kebetulan badannya dulu sama kaya saya sekarang . terus pake jeans dan sepatu yang lagi kekinian . kan jatohnya kemejanya juga ga keliatan udah jadul :D

    ReplyDelete
  18. kyuuut... hari gini emang enaknya cari outfit yang bisa mix n match.

    sukses GA-nya ya mba :)

    ReplyDelete
  19. kece banget sih mbak, kayanya saya perlu belajar sama mbak hilda nih buat mix and match baju sehari-hari, soale saya mesti pakenya gaya casual melulu

    ReplyDelete
  20. Iiiiih, aku ntar mau dong belajar mix and match sama Madam Hilda. :D

    Makasih ya udah ikutan GAku. goodluck.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak Win, thanks for the opportunity! ^^

      Delete
  21. Ish, cakep banget itu blazer-nyaaaaa. <3 <3
    Btw, selamat ya, menang GA-nya Mbak Uwien, nih! :)))

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah mau berkunjung dan membaca, terlebih turut meninggalkan komentar. ^o^ Mohon berkomentar secara sopan dan plisss jangan tinggalkan link hidup dan pasti langsung aku hapus. Okey? ;)

Sekali lagi terima kasih pembaca-pembaca setiaku. Tanpa kalian, apalah arti aku dan tulisanku ini. Semoga menginspirasi. :))