Kangen Main Air di Hawai Waterpark - Malang

Kangen Main Air di Hawai Waterpark - Malang

Brace yourself, hari ini tanggal merah terakhir sampai menjelang Desember. Siapkan diri kalian untuk kemarau panjang! Kemarau tanggal merah maksudnya. :v

Di tanggal merah kali ini aku enggak liburan ke mana-mana. Sebagai anak kuliahan 24 sks, kesempatan kayak gini bagus buat istirahat dan memanjakan diri. Kan susah bener tuh buat leyeh-leyeh ato nyempetin maskeran di hari biasa. Lagipula masih ada stok cerita liburan yang belum aku posting di sini. Yaitu sambungan cerita honeymoon di Malang tahun lalu! šŸ˜

Sebelumnya, aku udah posting keseruan hari pertama dengan jalan-jalan ampe puyeng di Jatim Park 2. Nah di hari kedua, aku dan Muffin main air sepuasnya di Hawai Waterpark Malang!

Baca: Penginapan Murah Memuaskan di Batu - Adam's Apple Guesthouse
Baca: Berlibur ke Batu Secret Zoo + Museum Satwa

Ya, di Malang. Bukan di Batu. Tepatnya di kawasan Singosari. Yah bisa ditempuh sekitar 15 - 20 menitan dari wilayah kampus-kampus Malang. Aku agak lupa arah jalannya, yang paling aku inget sih Hawai Waterpark Malang ini lokasinya ada di dalam perumahan yang nggak terlalu ramai. Kalo ragu, bisa tanya security yang menjaga gerbang perumahan. Orangnya ramah kok. ^^

Berhubung kami berangkat dari Batu, waktu tempuhnya kira-kira 1 jam-an. Kami berangkat lebih pagi untuk menghindari macet. Setengah jam sebelum Hawai Waterpark Malang buka, kami telah tiba dan itu udah banyak pula yang dateng. Didominasi oleh rombongan anak sekolah beserta guru pendampingnya. šŸ˜†' Oya, waterpark ini buka pukul 10:00 WIB.

Waktu itu saking sepinya, nggak ada satu pun minimarket yang berdiri di deket situ. Eh iya lupa ding, ini kan di dalem perumahan. Jadilah aku dan Muffin melipir ke jalan raya nyari minimarket buat ngeganjal perut. Pukul 10 tet balik ke waterpark dan bener aja orang-orang udah pada sibuk ngantre. Oke fain, kami pepotoan dulu sembari nunggu jalur antrean rada sepi.


Puas pepotoan, kami pun membeli tiket masuk. Berikut informasi penting yang perlu kamu tau sebelum liburan ke Hawai Waterpark Malang:

šŸ‘‰ Harga tiket masuk di hari biasa (Senin - Jumat) Rp 75.000,- dan hari libur (Sabtu Minggu dan high season) Rp 100.000,-. Untuk anak-anak yang tingginya > 85 cm harganya juga segitu. Yang di bawahnya, bebas biaya masuk.

šŸ‘‰ Menerima pembayaran non-tunai tapi nggak ada merchant BCA. Paling enak sih nasabah Mandiri, soalnya ada mesin tarik tunainya juga di situ.

šŸ‘‰ Dilarang membawa makanan dan minuman dari luar. Tas kita bakal bener-bener digeledah. Kalo kamu terlanjur bawa makanan/minuman, bisa dititipin di situ. Sekalipun hanya air mineral kemasan.



šŸ‘‰ Saat pembelian tiket masuk itu, kami mendapat 1 handband yang berfungsi sebagai alat transaksi non-tunai di area waterpark. Seperti menyewa perlengkapan atau membeli makanan dan minuman, transaksinya melalui handband ini. Kayaknya handband ini berteknologi NFC menurut analisis sotoyku. Soalnya sewaktu transaksi tinggal nempelin handband ke detektornya.

šŸ‘‰ Saldo pada rekening handband dapat diisi di konter harga tiket. Untuk di area waterpark, kamu juga bisa top up saldo di konter pengisian yang satu area dengan ruang loker. Untuk amannya sih, siapkan dana saldo Rp 100.000,- per orang, karena setiap kita menyewa barang akan dikenakan uang jaminan.

šŸ‘‰ Enaknya, kalo kita pengen keluar waterpark untuk keperluan salat Jumat misalnya, diperbolehkan balik lagi tanpa dipungut biaya. Karena sebelum memasuki waterpark, telapak tangan kita dicap stempel. Entahlah itu stempel apaan ya, pokoknya diliat pake senter seingetku.

šŸ‘‰ Untuk bermain di wahana, wajib mengenakan pakaian khusus renang. Ini bukan untuk gaya-gayaan ya, melainkan keamanan. Soalnya kain pakaian renang kan bahannya lebih licin sehingga memudahkan meluncur di perosotan. Kalo non-pakaian renang ditakutkan nyangkut di tengah-tengah perosotan.

šŸ‘‰ Dilarang membawa tongsis juga sewaktu menjajal wahana.

Setelah urusan pembayaran selesai, kami pun bergegas menuju ruang loker. Ada 2 tipe loker, single dan family. Kami pilih tipe family yang muat untuk 2 ransel besar. Kunci lokernya disertai karet gelang sehingga kita bisa membawanya pergi berenang. Kami pun berganti baju di ruang ganti + toilet yang satu wilayah dengan ruang loker. Kemudian kami menyewa ban double dan siap menerjang air!

Daftar harga sewa - uang deposit akan dikembalikan bila barangnya dikembalikan
Sebelum memulai, mari kita peluk ban lebih dulu
Di sampingnya ada tempat menitipkan ban

Sebelum mulai bermain, kami mau minum-minum dulu. Kami pun membeli minuman di stan terdekat. Well, stan makanan-minuman ini cukup banyak tersebar di berbagai penjuru. Jadi kalo haus/lapar sewaktu-waktu nggak perlu berjalan jauh.

Selanjutnya, ini dia wahana-wahana yang kami cicipi... JENG JENG!

šŸ’¦ Ekolu Slide

Jangan berharap ada perosotan biasa ala anak TK yang bentuknya lurus ke depan. Minimal seperti di Ekolu Slide ini, yang bentuknya bergelombang. Ada 3 jalur perosotan yang dapat dipakai bersamaan.


Aku dan Muffin meluncur barengan. Omaygad.. aku masih inget bener gimana rasanya. Tepat di lekukan terakhir, tubuhku ini mencelat! Secara gak langsung aku meloncat! Ya Allah.. siapa yang gak jejeritan cobaaa. šŸ˜‚

šŸ’¦ Wailele Slide

Kalo yang ini kami berdua gak berani nyoba sih. Masih pengen hidup lebih lama soalnya LOL. Iyaloh, ini lebih ekstrem dibanding Ekolu Slide. Kalo di Ekolu Slide kita bagai dilempar secara meliuk-liuk, di Wailele ini kita akan terlempar langsung ke bawah. Tingginya gak tanggung-tanggung, 23 meter! SEREM!!


Tapi kalo ada kesempatan ke sini lagi, kayaknya aku mau coba deh. šŸ˜‚

šŸ’¦ Hula Hula Slide

Kalo tadi perosotannya meliuk-liuk dan terjun bebas, kali ini berkelok-kelok panjang. Menurutku perosotan ini jauh lebih aman dibanding 2 perosotan sebelumnya, tapi nggak kalah seru. Ada 2 macam perosotan dengan warna yang berbeda. Perosotan biru harus menggunakan ban, sedang perosotan pink untuk meluncur seorang diri.


Aku sempet punya pengalaman nggak enak setelah mencoba perosotan pink. Gara-garanya baru keluar dari perosotan, gak lama kemudian ditabrak oleh Muffin yang meluncur setelahku. Ya salahku sih soalnya kurang jauh menyingkir. Tapi saat itu aku emang masih otewe ke pinggir kolam. Eh udah ditabrak aja. :(

šŸ’¦ Waimea Steam River

Ini tuh kolam air yang dibuat menyerupai sungai, mengelilingi area Hawai Waterpark. Akses masuk keluar kolamnya disebar ke beberapa titik, jadi kalo keburu mentas pun gampang. Betewe kolam ini memiliki arus buatan lho. Jadi kita gak perlu capek mendayung, tinggal leyeh-leyeh aja di ban. Palingan sekitar 15 menit udah kelar 1 keliling.

Maaf cuma punya foto seadanya, ngeblur pisan :(

Sayangnya kita nggak diperbolehkan bawa snack ato minuman buat dinikmati di atas ban. Wajar sih, pasti untuk mencegah kolam cepat kotor. Apalagi kalo snack, pasti gampang kececernya. Yaudalah, keliling Waimea Steam River ini dinikmatin dengan bersandar manjah di perut Muffin aja hahaha.

šŸ’¦ Rainbow Fall

Uji nyali di wahana satu ini cukup menegangkan. Pasalnya, kita akan meluncur di terowongan gelap lalu meloncat keluar di perosotan. Posisi meluncurnya pun tengkurap, dengan tangan lurus ke depan menggenggam papan seluncur. Sewaktu bersiap di starting point, aku rapal doa-doa yang aku tau. Sumpah takut banget! *tapi penasaran* šŸ˜‚


Tiba saatnya meluncur, aku menjerit sekeras-kerasnya. Kepala aku dongakkan tinggi-tinggi biar gak kemasukan air pas mangap. Terowongannya udah gelap, muter-muter kayak gerakan obok-obok. Begitu terlihat secercah cahaya, ternyata ini bagian klimaksnya. Jeritanku makin melengking. Tubuhku terbang laksana ikan pindang Indosiar, kemudian sukses mendarat di perosotan.

Menyadari jasmaniku nggak kurang suatu apa pun, rasanya lega pwooool! šŸ˜‚ Gila serem abis! šŸ˜‚šŸ˜‚

šŸ’¦ Wakiki Beach

Terakhir, ini wahana terfavorit versi Muffin. Di Wakiki Beach, kita dapat merasakan sensasi diterjang ombang tsunami. Wahana ini memiliki jam khusus. Pas weekdays cuma ada 2 sesi, yaitu pukul 2 siang dan 4 sore. Tiap sesi, ombak dimainkan 5 kali. Pas weekend/high season malah jadi 5 sesi.

Tuh liat ekspresi hepinya dia

Bagi anak-anak atau orang yang takut tenggelam, tersedia life jacket dalam jumlah terbatas. Kalo menurutku sih kolamnya nggak dalem-dalem amat, masih bisa digapai kaki kok. Oya, ini 5 ombak nggak langsung dimainkan sekaligus ya, ada jedanya. Selama menanti jeda habis ombak di Wakiki Beach, kita dapat menikmati hiburan di panggung atau videotron.

Wahana ini emang paling rame dan gede antusiasnya. Yah namanya juga dinikmati beramai-ramai ya. Tiap ombak akan datang, pemandu dari atas panggung akan memberi aba-aba untuk kita bersiap-siap. Begitu ombak datang, BYARRRRR. Rasakan air yang masuk paksa melalui hidung dan telinga dan tubuh yang terombang-ambing tak tau arah.

Sebuah kiriman dibagikan oleh Hilda Ikka • my messy feed (@newhildaikka) pada

Setelah ombak mulai stabil, baru deh bisa celingak-celinguk untuk melihat posisi. Aku paling takut pas menyadari posisiku ada di tengah kolam, dekat dengan mesin listriknya. Takut banget keseret trus kesetrum, na'udzubillah! Untung lifeguard di sana sigap, begitu ada pengunjung yang berada di deket batas, langsung di tarik ke zona aman.

Kelar mencoba seluruh wahana, kami berdua pun makan siang di food court. Bok, sudah kuduga harganya pasti fantastis bombastis. Setelah bingung memilih menu, akhirnya kami berdua memutuskan makan fried chicken yang harganya 20 ribu dengan porsi yang masuk akal kenyangnya. Trus aku sempet nyobain minuman fancy yang harganya 25 ribuan. Ealah rugi, rasanya biasa aja. :3


20 ribu
25 ribu

Overall:

Main air di Hawai Waterpark itu sepadan ama harganya! Puas dengan keseluruhan wahana dan pelayanannya. Secara fasilitas pun oke banget. Toilet nggak cuma ada di satu tempat. Lokasi musola nggak jauh. Ruang ganti dan ruang shower jumlahnya banyak, nggak perlu antre lama.


Yang aku suka dan salut banget dari Hawai Waterpark adalah sistem keamanan yang dijaga betul. Aku liat banyak banget lifeguard yang berjaga di sekitar wahana. Dari start point perosotan pun dipasang layar LCD yang menampilkan tayangan CCTV di end point perosotan. Jadi lifeguard dapat memastikan bahwa pengunjung tersebut telah mendarat dengan aman.

Di Wakiki Beach juga lifeguard-nya pada sigap menarik tubuh para pengunjung supaya nggak terseret ke arah mesin listrik. Selain itu wahana permainannya pun nggak ada yang terasa mengkhawatirkan. Semua masih berfungsi dengan baik. Semoga benar ya manajemen Hawai Waterpark selalu rutin melakukan pemeliharaan.

Pun dengan sistem manajemennya yang jempolan. Paling sederhana bisa dilihat dari penggunaan handband sebagai media transaksi apa pun di Hawai Waterpark. Sehingga kita nggak perlu repot membawa uang fisik dalam kondisi basah-basahan. Kita nggak perlu bolak-balik ke loker untuk mengambil uang selama saldo masih mencukupi. Yap, mending isi saldo semaksimal mungkin, toh sisanya bakal balik ke kita.


Sebagai catatan, pengalaman ini aku tulis berdasarkan kunjungan di bulan Mei 2016. Untuk info dan harga sewa dapat berubah sewaktu-waktu. Aniwei, setauku Hawai Waterpark telah melakukan ekspansi wahana dengan mendirikan Malang Night Paradise. Ada juga pelatihan scuba bagi yang berminat. Untuk lebih lengkapnya, bisa kamu cek pada website-nya (aku sertakan di akhir postingan).

Tuh kan, kelar nulis ini jadi gak sabar buat balik ke Hawai Waterpark. Kebetulan aku juga ada janji buat ngajak adek-adekku ke sana. Doakan semoga rezekiku cepet mencukupi biar makin cepat ke sana. šŸ˜€

Buat kamu warga Jawa Timur, ada yang pernah ke sini? Boleh dong cerita keseruannya di kolom komentar! ^^

Cheers,
-Hilda Ikka-
*

Hawai Waterpark Malang
Open daily 10:00 - 17:00 WIB
Jl. Graha Kencana Raya, Banjararum, Singosari, Malang, Jawa Timur 65126, Indonesia
Call. 0341-4351797
Email. hello@hawaiwaterpark.com
www.hawaiwaterpark.com

12 comments

  1. Malang memang kota liburan yaaa..
    pengen banged kesana semoga jadii deh nanti hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, tapi paling banyak di Batu sih. Cocok buat wisata keluarga hihi

      Delete
  2. Yup! Kalo maen di wahana gini nih, safety first kalo aku. Kalo sekilas kurang meyakinkan, mending NO NO dah...drpd drpd hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahh hahaha kan biasanya di Indo itu ala kadarnya. Nah ini serius dirawat šŸ˜

      Delete
  3. ini sih anak2 pastinya suka banget main air

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, wahana buat anak-anak banyak juga ^^

      Delete
  4. waaahhh, aku malah belum pernah ke sini pas siang. Pernahnya pas malam hari karena di tempat yang sama juga ada Malang Night Paradise gitu deh. Sama-sama seruuunyaaaa!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo gitu abis renang bisa langsung cuss ke Malang Night Paradise-nya ya šŸ˜

      Delete
  5. Aku gak terlalu tertarik ke sini soalnya percuma, aku penakut.. naik perahu ontang anting ae nangis, wkwk. Pengen ke Malang Night Paradisenya aja, entan kapan.. padahal deket banget dari rumah mertuaku :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku dulu pas abege pemberani, lah sekarang kok makin penakut haha tapi sok berani šŸ˜‚
      Waaah enak banget, mayan Mbak family time šŸ˜

      Delete
  6. Mbaaa huahahahaha.. Aku mupeeeeeeeng bacanyaaa.. Secara yaaaa aku kan pecinta wahana extreme bginiiii :p. Ini kok kyknya lbh seru drpd di waterbom jakarta :D. Yg slide kamu ga berani coba, itu ingetin aku ama waterpark di dubai kalo ga salah. Tercuram sedunia kayaknya. Aku udh planning mau ksana nyobain wahananya. Tp swpertinya mau jajal yg di malang dulu deh hahahaha.. Kalo di malang ga kuat, di dubai apalagi hueheheh

    ReplyDelete
  7. wahh waterpark malang seru juga, tempatnya sangat luas dan menarik..

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Tinggalkan komentar yang baik dan sopan ya. Maaf untuk link hidup akan otomatis terhapus. :)

I love to read all comments from you all, but sorry if I can't answer all. :)

Sexy Red Lips