Konsep Pernikahan Impian: Nostalgia Bareng Anime dan Kartun Generasi 90an

Sunday, May 31, 2015

credit: http://s1.bwallpapers.com/wallpapers/2014/03/18/
nobita-shizuka-wedding_062509803.jpg
Konsep Pernikahan Impian: Nostalgia Bareng Anime dan Kartun Generasi 90an

Sejak menjadi blogger, aku punya satu keinginan besar tentang resepsi pernikahan. Yaitu dimodalin pake biaya sponsor. Wkwkwk, muluk banget yak. Padahal dapet endorse aja belum pernah. *saknooo* Yah namanya juga impian. Kalau kata Bung Karno, “Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang.” Tapi kalau kata emak, “Jika engkau jatuh, remuk tuh badan. Susah mijetnya.”

Bicara tentang sponsor, tentunya mereka mau sesuatu yang fantastis sehingga bersedia untuk mengucurkan dana pada yang bersangkutan. Kalo nikahannya cuma akad dan resepsi biasa sambil ngundang orkesan, udah terlalu mainstream bok. Coba deh kalo nikahan ngundang Power Ranger dan bikin atraksi, barangkali pihak sponsor bakal tertarik.

Berhubung aku terlahir dan Muffin besar di era 90an, tentunya kita berdua lekat banget ama kenangan di masa-masa itu. Masa di mana Joshua, Tasya, dan Trio Kwek-Kwek populer membawakan lagu anak. Masa di mana uang 500 rupiah bisa buat jajan segambreng. Sekaligus masa yang dipenuhi banyak acara kartun menyenangkan di layar kaca.

Untuk itu aku pengen ngebawa nuansa nostalgia di era tersebut melalui anime dan kartun yang populer bagi generasi 90an. Lagipula temen-temen yang bakal kita undang kebanyakan dari generasi yang sama, jadi mereka bakal terhibur BANGET mengenang masa yang udah kelewat jauh itu.

Pengen gitu pas tamu dateng di resepsi pernikahanku mereka bakal ngucapin hal-hal kayak gini:

“Ya ampun Dragon Ball. Tiap hari Minggu dulu mah aku gak pernah absen nonton itu.”

“Wow, pengantinnya jadi ngingetin aku sama kartun Wedding Peach.”

“Jiaaah, Doraemon kagak ada matinya ya.”

Buatku menyenangkan banget loh bisa berhasil membangkitkan kenangan indah di masa lalu. Because the past is the place we can’t live in, but we can visit it. :)

Selanjutnya kalian ingin tahu seperti apa penerapan konsepnya?

1. Undangan
Aku sih maunya ngedesain sendiri dengan bantuan Muffin. Untuk desain pastinya belum tau sih kayak apa, tapi yang pasti nih ada ilustrasi grafis aku dan Muffin yang lagi cosplay mengenakan kostum Digimon. Hahaha kayaknya seru banget. Contoh gambarnya kayak ini nih, Muffin yang lagi cosplay kostum naga. :”3

Muffin ^^
ilustrated by Hery Sis
Kayaknya lucu ya kalo cosplay kostum ini dalam bentuk grafis? :D

Selain itu, aku mau bentuk undangannya tuh kayak pigura paper craft. Jadinya kan bermanfaat gitu, gak berakhir di tong sampah. Tau kan piguranya? Kayak yang biasanya kita foto di booth potret langsung jadi. Kayak gini nih:


Pasti lah bisaaaa undangan dibentuk seperti itu. :)))

2. Dekorasi
Soal tempat, aku lebih seneng indoor soalnya aman dari hujan dan bisa ngadeeeem. Aku pernah dateng ke resepsi nikahan yang digelar outdoor itu rasanya sumuk bin sumpek bikin kzl. Soal dekorasi, maunya dibikin agak ke-Jepang-an gitu dengan hiasan pohon Sakura. Jujur aku ngefans banget ama bunga Sakura yang lagi bermekaran di pohon, indaaaah banget. Terus lantainya dilapisi ama rumput sintetis. Jadi mari kita buat suasana outdoor secara indoor. :D

Untuk pelaminan, maunya kayak altar yang di anime gitu. Desainnya modern minimalis dan vintage. Kuadenya gak usah neko-neko, yang penting hiasan belakangnya kayak gapura yang di altar dengan hiasan kembang-kembang. Untuk jalanan menuju pelaminan, digelari karpet khusus. Trus bagian atasnya kayak dikasih atap yang terbuat dari lilitan tanaman merambat trus dikasih foto-foto yang bergelantungan kayak di video klip-nya Taylor Swift. Itu foto-foto kenanganku sama Muffin gituuu.

Kira-kira seperti ini kuade-nya
credit: http://fc00.deviantart.net/fs71/f/2012/204/2/e/background
__canterlot_wedding_altar_by_90sigma-d589wg5.png
Gantungan foto ^^

3. Busana
Setelah munyer mikirin kostum yang pas, akhirnya pilihan jatuh kepada serial anime Wedding Peach! Itu loh yang ceritanya kayak Sailor Moon, cuma mereka kalo berubah pake kostum wedding dress. Ntar aku mau pake dua kostum. Kostum asli pernikahan mereka dan kostum sewaktu berubah melawan penjahat. Gimana, asik kaaan?

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/en/7/7e/Wedding_Peach_Cast.jpg
credit: youtube.com

Untuk ortu dan mertuaku, yang pastinya menolak hal yang aneh-aneh, dikasih kostum yang simpel aja. Aku cari di serial anime Cardcaptor Sakura dan nemu! Ada yang lumayan masuk akal bagi mereka. kostum couple nuansa China ala Sakura dan Li. ^^

credit: http://fullhdwp.com/images/wallpapers/Card-Captor-Sakura-
Syaoran-Li-Wallpaper.jpg

Untuk sodara-sodara dan kerabat, dipakein kostum Sailor Moon aja deh ya. Kan modelnya seragam banget tuh dan untuk cowok jadi terlihat keren dengan setelan tuksedo. ;)

Credit: http://vignette1.wikia.nocookie.net/sailormoonphilippines/images/e/ed/
Sailor-Moon-Characters-anime-16820770-720-267.gif/revision/latest?cb=20130410021135
credit: http://piro-cos.weebly.com/uploads/2/3/4/2/2342988/1878662_orig.jpg

Gak ketinggalan juga nih untuk panitia catering yang punya posisi penting. Jadi sebagai bentuk apresiasi, aku mau mereka ikutan pake kostum juga. Dari serial anime Tokyo Mew-Mew. Selain pas dengan karakter aslinya yang mengelola sebuah café, pastinya keliatan imut gitu mereka pake bando telinga kucing di kepala. So cute kaaaan. :3

credit: http://www.absoluteanime.com/tokyo_mew_mew/index.jpg

4. Pengisi Hiburan
I WANT VIERRATALE!!! Impianku sejak jaman baheula kalo nikah didatengin Kevin Aprilio beserta band kondangnya itu. Lagipula tema resepsiku ini cocok banget ama mereka karena si bos suka ama hal berbau Jepang. Tuh liat aja di video klip “Faith” mereka macak cosplay. Tapi kalo di acaraku nanti, aku maunya mereka cosplay karakter Detective Conan. Kevin jadi Shinichi Kudo, Widy jadi Ran Mouri, Raka bisa jadi Kogoro Mouri, dan Tryan boleh jadi Inspektur Megure (ato Profesor Agasa? :D).

Vierratale kalo cosplay total nih :))

Gak cuma itu, aku juga pengen banget datengin Eka Gustinawa plus Nadya Rafika. Karena berkat mereka lah nostalgia anime dan kartun 90an muncul di permukaan. Racikan supernya bikin lagu-lagu opening dan ending kartun itu berasa lebih elegan dan very touching. :’)) Jadi terharu keinget masa lalu gitu. Coba deh kamu lihat video mashup-nya.



Nah, aku mau mereka nyanyiin lagu-lagu anime gitu. Pasti bakalan keren banget. :D

5. Hidangan
Untuk menu makannya sih disesuaikan aja ya sama menu pesta pada umumnya. Namun tetap ada sentuhan berbeda demi menyemarakkan konsep anime dan kartun 90an ini. Yaitu kita sediakan menu-menu dessert yang ada korelasinya dengan beberapa karakter anime. Get ready for Dorayaki yang identik sama Doraemon! Terus aku pengen ada Puding Bola Naga yang terinspirasi dari Dragon Ball. Jadi di dalem pudingnya tuh ada potongan agar-agar yang udah dipotong berbentuk bintang. Selain itu ada cupcake dengan topping berupa karakter anime Hamtaro dan kawan-kawannya. Lucu banget kaaan, pasti ntar kalian bakal ngerasa sayang buat ngemakan. xD

Bola Naga
credit: http://2.bp.blogspot.com/_yHn651chi0w/TOyDBOGHUxI/
AAAAAAAAAHU/xZqXznvk1Lg/s1600/yy.jpg
Bayangkan wajah-wajah lucu ini menghiasi cupcake kalian :'))
credit: https://s-media-cache-ak0.pinimg.com/236x/2f/fb/36/
2ffb36c7712e7b0a1c093e87098f7056.jpg

Ada lagi nih yang gak kalah seru. Meski gak ada hubungannya dengan anime, tapi ini berkaitan dengan masa kecil kita. Yakni aku pengen ngundang penjaja jajanan yang hits di era 90an kayak lekker pisang, rangin, kembang gula yang dicetak, sampai es gabus yang aku kangen banget (dan udah gak pernah tau ada yang jual :(( ). Terus ntar para undangan ini udah dikasih kupon untuk ditukarkan di stand khusus penjaja tersebut.

6. Photobooth dan Videobooth
Yeaaah seru banget pastinya dan sekalian dibikin kontes Instagram berhadiah gitu. #eaaa Booth untuk foto dan video dibedakan nih biar antrinya gak memanjang banget. Propertinya sih tetep dari anime. Kayak topinya Luffy di One Piece, tongkat Cardcaptornya Sakura, baling-baling bambunya Doraemon, dan masiiiih banyak lagi. Nah hasil foto di booth ini bisa dipajang pake pigura paper craft dari undanganku tadi.

Booth untuk foto pasti lebih laku dibanding video. Tapi aku harap ada lah yaw yang berpartisipasi di booth video dengan edisi paling gokil biar berkesan gituuu. #ApaPerluDibikinkanKuisnyaSekalian xD

7. Souvenir
Soal souvenir, aku tetep mikirin hal-hal bermanfaat buat para undanganku. Tapi yang masih ada hubungannya sama tema resepsi. AHA! Aku bisa kasih mereka termometer analog. Benda yang teramat berguna dan masih belum terlalu mainstream di beberapa kalangan. Terus apa hubungannya??? ADA. Tuh serial anime Dr. Black Jack. Tau? Aku sendiri dikasih tau Muffin. xD Biar para undangan ngeh, ntar orang yang bertugas ngasih souvenir cosplay berkostum Dr. Black Jack ini. Sementara penerima tamu dll yang biasanya satu meja sama souvenir, berkostum sama cuma berwarna-warni aja gitu. *sedikit nyeleneh* *biarin*

credit: luvjapan.net

Konsepku ini bener-bener jauh berbeda ya sama impian banyak orang yang biasanya ingin lebih privat dengan undangan yang minim. Kalau aku jujur aja sih, gak bisa milih-milih orang buat berbagi kebahagiaan. Dari temen SD sampe kuliah gitu, pengennya kuundang semua. Soalnya kan aku ngabisin masa-masa sekolah bareng mereka, nyiptain kenangan bareng mereka juga. Belum lagi teman-teman di organisasi, komunitas, yang berperan penting dalam perkembangan minat bakatku. Rasanya gak etis gitu kalo aku gak ngerayain momen bahagia bersama mereka juga.

Selain itu aku harap resepsiku ini jadi viral banget di jagat dunia maya. Bukan untuk menyombong, tapi untuk menyenangkan pihak sponsor. Syukur-syukur bisa diliput media. Asal bukan koran Lampu Merah atopun ditayangin seharian penuh di salah satu channel tivi. *dilirikin Raffi – Nagita* xD

Nah, itu dia konsep pernikahan impianku. Ada yang berminat mensponsori? :D

39 comments

  1. Ceritanya nih impian kembali ke jaman bahela alias dahulu kala gitu. Boleh juga, sekali menghadirkan kembali kenangan masa kecil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah, apalagi sekarang lagi in hal-hal berbau 90an. ^^

      Delete
  2. Aduhh liat wedding peach langsung flash back banget ke zaman dulu.. wah samaan nih kitaa.. generasi 90'an.. jadi kangen waktu kecilll. Makasih ya Mbak udah ikuan GA aku. Salam kenal ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Mbak Tetty... makasih udah ngijinin aku ikutan GA yang menarik ini... ^^
      Iya Mbak, kangen banget sama masa kecil dulu :')

      Delete
  3. Ikkaaaa...
    Semoga tercapai impianmu dan beneran ada yang mau sponsorin yaaah hehehe...
    Aniwei dulu aku termasuk yang suka nongkrong di minggu pagi nonton si goku mencari 9 bola naga sama si jin kura-kura lhooo...panjaaang banget kagak tamat2.. bhahaha..
    Sekarang udah dapet belum yah bola naganya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin Mbak erry... makasih ya :* Meski konsepnya ntar gak terlaksana, moga beneran ada yang sponsorin yaa *ngarep xD

      Buahahaha, aku mah udah lost banget kalo soal Dragon Ball :D

      Delete
  4. hahaha kreatif... semoga bisa terlaksana... amiiiin :)

    ReplyDelete
  5. konsep yang unik, semoga impiannya bisa terlaksana :)

    ReplyDelete
  6. whuaaa... please banget undang aku!!! nanti aku ikutan cosplay juga boleh deh ;)
    Semoga ini dilirik sponsor ya ^^
    Btw, ini impianku juga pesta pernikahan dengan tema cosplay party :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uwawaw cosplay emang banyak penggemarnya ya ^^

      Amin Mbak Dwi Nanoki :D Semoga impian Mbak terwujud juga yah :)

      Delete
  7. Wedding peach aku suka bangetttt. Ga mau ada gambar2 Mak Iritsnya gitu di pestamu nanti? Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jiahaha sekalian aja cosplay keluarga Mak Irits Mbak Rahmiiii :D

      Delete
  8. intinya ingin bertema anime dan bertema zaman dahulu yah mba,.
    semoga bisa terwujud impiannya :)

    ReplyDelete
  9. Bagus idenya asal nggak boros hahahaha
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
  10. salah satu scene yang disuka dari anime2 ya pernikahan ini :D

    ReplyDelete
  11. wow pengisi hiburannya :D engga penyanyi dangdut mba?

    ReplyDelete
  12. wahahaha, gile. unik banget ya ide pernikahannya...
    itu ada dragon ball segala lagi.

    ReplyDelete
  13. itu yang di video kalo ga salah fil Hachi yanh lebah itu yah mba??

    ReplyDelete
  14. wah mesti unik ya kalau wedding dibikin kayak cosplay gitu, apalagi kalau undangannya dibikin dresscode juga hihi...makin mirip dikartun2 itu deh...

    ReplyDelete
  15. wah aku doain semoga bisa ya mba :)

    ReplyDelete
  16. Konsepnya unik ya :)

    Ya semoga tercapai impiannya nih :D

    ReplyDelete
  17. waaaaa keren banget... smoga bisa dapet sponsor yah :D

    ReplyDelete
  18. kereeennnn...mudah2an bisa tercapai yak impiannya :D

    ReplyDelete
  19. Aih, konsepnya kekartunan Hilda,,semoga tercapai dan semoga ada sponsornya ya...jgn lupa undang dakuh...hehehe

    ReplyDelete
  20. hihihihi mantaaap..sukaa..semoga menang ikka, dan semoga terwujud aamiin..

    ReplyDelete
  21. kalo konsepnya dari anime jadul brarti gaun pengantinnya pake adat orang jepang dong mba ga pake adat sendiri

    ReplyDelete
  22. Semoga bisa terwujud mba impiannya :)

    ReplyDelete
  23. semoga tercapai konsep pernikahan impiannya ya mak...

    ReplyDelete
  24. konsep pernikahannya ok juga, semoga terwujud :)

    ReplyDelete
  25. Waallaahhh..baca postingan tentang konsep pernikahannya jadi membawa saya terlempar ke nostalgia pas zaman kartunnya masih ok bgt ^_^

    ReplyDelete
  26. Seru banget konsep pernikahannya ^_^ Gimana? Menang nggak?
    Ah aku cinta Pahlawan Bertopeeeng! :P

    ReplyDelete
  27. Konsep pernikahannya oke banget, mbak! Seru banget ya bisa menghadiri pesta nikahan sambil nostalgia :') kangen masa keciiill

    ReplyDelete
  28. Keceeee bin seruuuu...
    Cosplay an..
    Aku kagome aja deh,

    ReplyDelete
  29. ckckckc

    aku pernah kepikiran konsep yang sama... semua tamu dan yang nikah pada pake kostum dari anime semua. jadi konsepnya pernikahan cosplay.

    tapi itu unik tuh makanannya... nggak kepikiran sama puding dragon ball

    pasti lucu ya, liat panitiannya pake costum maid semua

    ReplyDelete
  30. There are other vital points of interest to utilizing advanced storyboards versus the more out dated paper storyboards. With a program, for example, Storyboard Artist, you can send out your completed storyboards into realistic records, and you can also make a Flash motion picture of your work! have a peek at these guys

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Tinggalkan komentar yang baik dan sopan ya. Untuk saat ini, komentar saya moderasi dulu ya. Saya suka baca komentar kalian namun mohon maaf saya tidak selalu dapat membalasnya. Untuk berinteraksi atau butuh jawaban cepat, sapa saya di Twitter @hildaikka_ saja!