Review: Emina Sun Protection SPF 30 PA+++

Tuesday, August 7, 2018

Review: Emina Sun Protection SPF 30 PA+++

Hai sobat cantique-ku! Kali ini aku mau review sunscreen sejuta umat, Emina Sun Protection SPF 30 PA+++! Banyak dicinta karena murce dan oke kualitasnya. Ini produk sunscreen kedua yang aku coba. Sebelumnya sih pakai Wardah, namun rupanya kurang suka.

Awalnya aku cobain ini karena menang giveaway dari @iwearup, brand sepatunya Diana Rikasari. Hadiahnya tuh sepaket produk Emina. Setelah produknya habis kupakai, baru tergerak bikin review LOL. Padahal udah aku foto dari dulu sejak zaman belom punya kamera. Jadi, maafkan kualitas fotonya yak. :(

EMINA SUN PROTECTION SPF 30 PA+++

Isi:
60 ml

Klaim:
Emina Sun Protection dengan SPF 30 dan PA+++ memiliki tekstur ringan membantu melindungi kulitmu dari sinar UV di hari yang aktif. Diperkaya dengan Aloe Vera extract dan emollient untuk memberikan kelembaban ekstra pada kulit.

Ingredients:
Aqua, Ethanol, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Glyceryl Stearate, Diethylamino Hydroxybenzoyl Hexyl Benzoate, Dimethicone, Butylene Glycol, Phenoxyethanol, Triethanolamine, Propylene Glycol, Panthenol, Polyvinyl Alcohol, Aloe Barbadensis (Aloe Vera) Leaf Extract, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Fragrance, Hydrolized Wheat Protein/PVP Crosspolymer, BHT, Disodium EDTA, Ethylhexyglycerin, Xanthan Gum, Potassium Sorbate, EDTA, Sodium Benzoate.


Whoa, alkoholnya berada di urutan kedua. Kalo kulitmu sensitif/bermasalah dengan kandungan alkohol, lebih hindari produk ini ya.

Oya, aku sendiri bingung Emina Sun Protection ini masuk jenis sunscreen apa ya? Chemical or physical? Karena aku nggak nemuin salah satu ingredient berikut ini:

Chemical sunscreen: Octylcrylene, Avobenzone, Octinoxate, Octisalate, Oxybenzone, Homosalate, Helioplex, 4-MBC, Mexoryl SX and XL, Tinosorb S and M, Uvinul T 150, Uvinul A Plus.

Physical sunscreen: Titanium dioxide, Zinc oxide.

Barangkali ada yang ngeh turunannya, komen di kolom komentar ya. Aku mah nggak paham huhu.

Emang ada apa dengan jenis chemical/physical? Well, jenis chemical lebih unggul sih buat dipakein makeup setelahnya. Karena teksturnya cenderung tipis, cair, dan nggak banyak white cast (lapisan putih pada kulit). Tapi buat yang kulit wajahnya sensitif, lebih disarankan pake physical sunscreen.

Packaging:
Nggak ada yang istimewa kecuali desain grafisnya sih, anak muda banget!

Produk dikemas dalam wadah tube yang handy—nyaman digenggam. Kualitas wadahnya juga oke, nggak ringkih maupun gampang moncrot. Oya, ada segelnya juga jadi isi produk terjaga.


Semua keterangan tercantum lengkap di kemasan. Keterangan tanggal kedaluwarsa pun dicetak timbul, jadi nggak kuatir bakal ilang tulisannya.

Tekstur & Aroma:
Lumayan encer dan sedikit berbau. Tapi bukan berbau yang gimana gitu, yah mirip aroma-aroma lotion pada umumnya. Lagipula nggak ganggu sama sekali dan aromanya hilang ketika produk selesai diaplikasikan.


Warna aslinya sedikit kehijauan, tapi nggak meninggalkan bekas di wajah. Produknya meresap sempurna dan nggak meninggalkan white cast.

Pemakaian:
Berdasarkan anjuran yang tertera di kemasan, kita perlu mengaplikasikan Emina Sun Protection SPF 30 PA+++ 15 menit sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan. Ini beneran kudu dipatuhi supaya produk terserap maksimal dan bekerja secara baik. Kalo enggak, ya mubazir. Hampir kayak tidak pakai sunscreen gitu kata rangorang. :(

Aku senengnya produk ini tuh enak banget dibaurnya. Lumayan cepet ngeresap juga. Ada sensasi lengketnya sebentar tapi gak bikin gengges. Begitu udah diserap kulit, udah ready ditumpuk makeup.

Selama aku pake ini, makeup-ku pun oke-oke aja. Nggak gampang bleber ato apa. So, should I say this one is more likely ‘chemical sunscreen’?

Overall:
Aku cocok pake Emina Sun Protection SPF 30 PA+++ ini! Nggak ada breakout, nggak ngerusak makeup, ringan, pokoknya oke deh! Nggak bikin wajah makin berminyak juga, menurutku loh ya.

Soalnya kalo pun berminyak, emang dari dulu udah berminyak ehehe.


💖
+ Tekstur cair, mudah dibaurkan
+ Ringan dan cepat meresap
+ SPF 30 dan PA+++
+ Harga terjangkau

💔
- Banyak kandungan alkohol

9 out of 10

Harga:
Rp23.000,-

Banyak lah dijual di aneka konter kosmetik dan marketplace.
Aku sih langganan di Shopee @jelitacosmetic (domisili Surabaya).

Repurchase?
YES lah! Udah beli lagi, nih. 😁
*

Kalo kamu, pakai sunscreen apa? Udah cobain Emina Sun Protection SPF 30 PA+++ ini dan merek lain? Lebih suka yang mana? Share, dong!

Stay gorjes,
-Hilda Ikka-

42 comments

  1. Aku perlu sunscreen karena sering keluar dan kalau udah diving pasti seharian. But I need the strong one

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku rekomen innisfree triple care sunblock deh,, bagus seriusan soalnya dia pake bahan alami gitu jadi aman untuk semua jenis kulit, terus dia waterproof juga jadi lebih tahan lama dibandingkan yg lain (in my opini)

      Delete
  2. Aku juga pakai ini, sudah beli untuk kedua kalinya :D

    ReplyDelete
  3. Aku pake produk cetaphil utk sunscreen. Sbnrnya krn aku kerja kebanyakan di dlm ruangan, malah bisa dibilang ga prnh kena matahari, pergi pagi2 buta, pulang malam, tp tetep sih sunscreen perlu. Soalnya dr yg aku baca, sinar uv itu bisa menembus ruangan :(. Tp mungkin spf yg aku butuhin ga ush yg gede ya, krn ga pernah kluar juga :D

    ReplyDelete
  4. WEIIIIIIT!!!

    Ini yang begini ini tadi kayaknya ada deh di pouch make up pacar saya. Terus kami debat kalau SPF itu bacanya Es Pi Aif atau Es Pe Ef.

    INI KENAPA SAYA KOMENNYA BEGINI YAAAA. MAAP ._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. SPF dibaca EsPiEf (English). EsPeEf (Bahasa Indonesia). Imho:-o

      Delete
  5. Habis pake ini apa boleh pake bedak?

    ReplyDelete
  6. Habis pake ini boleh pake bb cream ga ka?

    ReplyDelete
  7. Kalo pake bb cream yang sudah ada SPF 30 & PA +++ nya, apa masih perlu pake ini ?

    ReplyDelete
  8. Mau nanya nih ka, pakai pelembab dulu baru sunscreen atau sebaliknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. first , facial foam , lanjut Exfoliant toner - hydrating toner -kalo ada ( essence atau serum ) lanjut pelembab/moisturazer , sunscreen, selesai dah , kalo mau make up an , tinggal lanjut primer - bb cream /foundation dsb,...

      Delete
    2. Aku pernah baca review an orang, katanya produk ini udh melembabkan. Jadi g perlu pake pelembab lagi

      Delete
    3. Hai Rania, menurutku sih walau melembapkan tapi itu bukan fungsi utama sunscreen. Jadi tetep perlu pake pelembap.

      Delete
  9. Mau nanya nih kalo udah pake sunscreen boleh gak langsung pake bb cream?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh kok , langsung bedak juga bisa , kalo mau hasilnya lebih better , habis sunscreen , primer dulu , baru lanjut bb cream , concealer dll ...

      Delete
  10. Kulitku hypersensi banget kak, bahkan face wash aja ga ada yg cocok di wajah aku. Tp aku butuh sun protection, apakah ini aman buat kulit wajah aku?:’) makasih sebelumnya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jawab, cara tau aman engga nya buat kulit km, dengan di coba sendiri. Kakak Hilda ini udah baik banget kasih review detail dan bagus :) tinggal kita sendiri yang coba, buat tau gimana kulit kita reaksi sama produk, karena kulit masing" individu unik,your mileage may vary.

      Delete
  11. Dia pake chemical sunscreen model baru semua, sy juga kaget sunscreen lokal murah banget pake bahan yg udah advanced. Diethylamino hydroxybenzoyl hexyl benzoate itu nama lain dari Uvinul A Plus, sedangkan yg Octyl methoxycinnamate or ethylhexyl methoxycinnamate itu Tinosorb OMC. Salut.

    ReplyDelete
  12. Pertama pakai besoknya koq kulit aku jadi ngelupas2 gtu ya kak. Pertama pake di wajah berasa cekit2 gtu. Trus g berani lanjut pake di wajah. Dtubuh aja haha

    ReplyDelete
  13. Halo mbak hilda.. Aku suka penjelasannya. Mudah dipahami untuk orang awam seperti saya.

    Btw, saya izin ambil gambarnya mbak.

    Terimakasih

    ReplyDelete
  14. Gmna cara pake ny ka klau pake skincare. Baik nya sesudah pa seblom pake cream skincare ka? Atau gmna ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertama kamu bisa pakai micellar water dulu, baru cuci muka, toner, pelembab dan sunscreen setelah itu kmu bisa lgsg pakai bedak atau bb bb cream atau cushion atau apapun itu

      Delete
  15. Umur 14 thn blh ga si yah?
    Soal ada yg bilng blh ada yg bilang gaboleh, ada yg bilang ngrwt kulit hrs sedini mungkin, ada yg bilng kulis nya msh muda syng klo pke yg brt2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gapapa banget. Justru pakai produk perlindungan UV gini harus sedini mungkin.

      Delete
  16. Kak kan aku pake aloe vera nih,nah pake sunscreen nya sesudah pake aloe vera apa sebelum ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sunscreen dipakai pada tahap skincare paling terakhir ^^

      Delete
  17. Menurut review yang aku lihat dari kebanyakan orang emina ini masuk ke chemical sunscreen kak. Tapi ada juga yang bilang kalau si emmina ini seimbang di antara chemical dan pyscical.. Kalau menurut saya sih ke chemical ya kak. Hmmm sunscreen aman yang menurut saya pyscical itu punyanye inisfree... worth it SPF 50 PA+++++ mehong sih kak di official resminya aja 250.000 :( sedih

    ReplyDelete
  18. Kalo pake sunscreen ini tapi gak pake pelembab dulu boleh gak kak?

    ReplyDelete
  19. Untuk umur 11thn bisa gak yaa?

    ReplyDelete
  20. Kulit sya LG jerawat ni kk emg bleh pke sunscreen ni,,
    Takut ny makin bnyk jerawat ny,,
    Tp pengen nyoba

    ReplyDelete
  21. Kak mau nanyak, skincare spf 30+++ itu makeknya cuman pas mau beraktivitas aja yh kak?? Atau bisa di pakel malam juga..😅

    ReplyDelete
  22. Kak ini boleh dipake sama cowo ngga?

    ReplyDelete
  23. Pake ini mukaku ttp belang trs Kaka"ku jg nglarang make ini katanya bikin gosong

    ReplyDelete
  24. emang bagus sunscreennya emnina nih. adekku juga pake, katanya cepet nyerepnya di kulit. cocok di dia

    ReplyDelete
  25. Mau tanya nihh ka ini untuk umur dari berapa?

    ReplyDelete
  26. Di aku enak bgt.. Sejuk. Apa itu brti cocok ya kak?

    ReplyDelete
  27. Kalo dimuka berminyak cocok ga sih mau nyobain tapi takut ga cocok :)

    ReplyDelete
  28. Thank you for sharing kak Hilda! Kebetulan kita juga baru saja review sunscreen Emina ini dari kolaborasi 3 tipe kulit yang berbeda. Boleh di cek ya kak!

    ReplyDelete
  29. kayaknya aku juga perlu coba produk ini, hehe. . terimakasih buat sharingnya kak

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Tinggalkan komentar yang baik dan sopan ya. Untuk saat ini, komentar saya moderasi dulu ya. Saya suka baca komentar kalian namun mohon maaf saya tidak selalu dapat membalasnya. Untuk berinteraksi atau butuh jawaban cepat, sapa saya di Twitter @hildaikka_ saja!