Wisata Kuliner Surabaya dari Pagi Sampai Malam, Ini Daftarnya!


Mau wisata kuliner Surabaya dari pagi sampai malam? Simak daftarnya!
*
Setelah tinggal di Surabaya selama kurang lebih 5 tahun, aku paling nggak bisa hidup tanpa kulinernya. Pernah waktu magang di Jogja selama 2 bulan, aku homesick karena merindukan kuliner Surabaya. Level sambal pun nggak ada yang rasanya mirip dengan sambal-sambal di Surabaya! 😂

Kuliner di Surabaya itu citarasanya khas, cenderung gurih, dan hampir selalu ada sambal sebagai pendampingnya. Maklum mayoritas orang Surabaya merupakan penggemar makanan pedas.

Setiap ada teman luar kota yang ingin berkunjung ke Surabaya, mereka tuh cukup sering nanya rekomendasi kuliner khas Surabaya untuk dicoba. Nah daripada capek balesin ngetik satu-satu, mending aku bikin blogpost sendiri deh. Biar kalo ada yang nanya lagi tinggal kasih link-nya. 😁#bloggerlyfe

Daftar kulinernya aku bagi sesuai jam makan ya biar cucok.

Sarapan Pagi
Pecel Semanggi
Area Taman Bungkul
(Mangkal sejak pagi hingga siang, bahkan kadang sampai sore.)

semanggi suroboyo
https://www.instagram.com/gnfi/
Pecel semanggi ini sesuai namanya ya menggunakan daun semanggi. Daun semanggi banyak tumbuh di daerah Benowo, Surabaya. Bumbu pecelnya merupakan campuran kacang, ketela, dan petis. Disajikan dengan kerupuk puli hmm nikmatnya. Kadang suamiku cuma jajan kerupuk sama bumbu pecelnya kalo lagi nongkrong di Taman Bungkul.

Jajan
Es Dawet
Pasar Blauran

es dawet blauran
https://www.instagram.com/happysuhadi/
Udah sarapan etapi masih laper? Tenang… bisa banget melipir ke Pasar Blauran. Di dalemnya rame orang jualan es dawet. Aku belom pernah beli tapi di sini tuh gak pernah sepi! Emang enak dan diliat aja menggoda banget dawetnya. Kapan-kapan yuk aku ajakin ke sini!

Makan Siang
Soto Cak Har
Jalan Arief Rachman Hakim, Keputih, Sukolilo, Keputih, Sukolilo, Kota SBY, Jawa Timur 60111

soto lamongan cak har
https://www.instagram.com/asliwenaktok/
Soto terenak di lidahku ya soto Jawa Timur-an macam ini! Yah, Soto Cak Har ini standar soto enak versiku. Soto yang enak ya yang rasanya kayak Soto Cak Har! Hahaha.

Suamiku paling demen ama Soto Cak Har karena bisa nambah koya sepuasnya. Hayooo pecinta koya mana suaranya? 😁

Bebek Palupi – Rungkut Asri
Jalan Rungkut Asri Tengah No.10, Rungkut Kidul, Rungkut, Rungkut Kidul, Rungkut, Kota SBY, Jawa Timur 60293

bebek palupi surabaya
https://www.instagram.com/ericekos/
Ini rumah makan bebek yang pas jam makan siang/malam, diliat aja bikin stress. 😂 Saking ramenya ya Allah. Favorit suamiku soalnya bebek Palupi tuh krispi sekaligus empuk. Citarasanya gurih dan harganya cukup terjangkau.

Rujak Cingur Ahmad Jais
Jl. Achmad Jais No.40, Peneleh, Genteng, Kota SBY, Jawa Timur 60274

rujak cingur ahmad jais
https://www.instagram.com/laparlagimakanlagi/
Well, ini salah satu warung rujak cingur yang terkenal dan cukup sering di-review di Instagram. Buat yang belum tahu, cingur itu hidung sapi. Kalo kamu jijay makan hidung sapi, bisa request ganti krecek aja hehe. Rujak cingur yang mantep menurutku yang bumbu petisnya nendang. Siapa nih penggemar petis kayak aku?

Lontong Balap Pak Gendut
Jl. Mayjen Prof. Dr. Moestopo No.11, Pacar Keling, Tambaksari, Kota SBY, Jawa Timur 60131

https://www.instagram.com/surabayafoodies/
Kalo kepengen yang seger-seger di siang hari, paling pas ya menyantap lontong balap. The best part are.. lento dan sate kerang! Lento tuh kayak bala-bala tapi terbuat dari kacang tolo. Sate kerang sebetulnya nggak wajib dalam menu sepiring lontong balap. Tapi kalo ada di depan mata, sayang banget untuk dilewatkan. 😁

Oya, Lontong Balap Pak Gendut yang asli ada di alamat ini ya gengs. Yang di sekitar Blauran itu abal-abal. Karena dulunya memang bertempat di situ namun kena gusur. Eh malah nama dagangnya dicaplok PKL di sekitar situ.

Sate Klopo Ondomohen Bu Asih
Jl. Walikota Mustajab No.36, Ketabang, Genteng, Kota SBY, Jawa Timur 60272

https://www.instagram.com/noniicha/
Siapa sangka sate ayam yang dipanggang dengan parutan kelapa menghasilkan citarasa yang lebih nikmat dibanding sate biasa. Apalagi kalo metode pemanggangannya masih manual, alias dikipas-kipas pake tangan. 😁 Gak heran depot satu ini selalu bikin macet jalan raya di depannya. Para seleb ibukota juga demen nyempetin mampir kemari lho!

Makan Malam
Tahu Telor Pak Jayen – Dharmahusada
Jl. Dharmahusada No.112, Mojo, Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur 60115

https://www.instagram.com/duniakulinersurabaya/
Temenku ada yang demen banget sama tahu telor satu ini. Kalo aku sih biasa beli di abang-abang yang saban malam lewat depan rumah. 😂 Bumbu tahu telor atau biasa juga disebut tahu tek ini perpaduan dari kacang + petis.

Tahu Campur Pak Gito – Kapasari
Jl. Kapasari Blok D-11 No.95, Kapasan, Simokerto, Surabaya City, East Java 60141

https://www.instagram.com/photoexplorerid/
Sebetulnya banyak review Tahu Campur Kalasan, namun akhir-akhir ini reviewnya jelek. Jadi aku rekomendasiin yang ini. Aku sendiri belum nyobain ini karena selama ini belinya di pedagang keliling hehe. But it’s worth to try, bagus-bagus reviewnya!

Rawon Setan – Embong Malang
Jl. Embong Malang No.78/I, Genteng, Kota SBY, Jawa Timur 60261

https://www.instagram.com/gilang.fradana/
Paling enak makan rawon di malam hari emang. Nah depot rawon satu ini bukanya sampe menjelang subuh lho! Jadi kalo mau makan rawon pukul 10 malam ke atas nggak khawatir deh.

Sego Sambel Mak Yeye – Jagir Wonokromo
Jl. Jagir Wonokromo Wetan No.10, RT.005/RW.06, Jagir, Wonokromo, Kota SBY, Jawa Timur 60244

https://www.instagram.com/mgdalenaf/
Surabaya gudangnya manusia pecinta sambel. Nggak heran warung penyetan dan sego sambel laku di setiap sudut. Yang paling laris sih Sego Sambel Mak Yeye ini. Selalu rame dan bukanya dari malam hingga dini hari.

Kalo kamu pengen berlibur dan berburu kuliner khas Surabaya di atas, aku punya rekomendasi hotel di Surabaya nih. Yaitu Nite & Day Hotel Kedungdoro. Lokasinya sangat strategis di pusat kota, dekat dengan Tunjungan Plaza. Bahkan deket banget dengan Pasar Blauran.

www.cewealpukat.com / @cewealpukat
www.cewealpukat.com / @cewealpukat
Jadi enak banget kalo nginep di sini, ke mana-mana deket dengan tujuan wisata. Bahkan ke stasiun Gubeng cuma sekitar 15 menitan. Untuk ukuran hotel murah pun desain interiornya cakep, tempatnya nyaman, cozy, bahkan beberapa spot cukup Instagram-able. Hotel terbaik untuk kamu yang punya bujet ngepas.

Mau nginep di Nite & Day, paling enak booking-nya lewat pegipegi.com karena banyak diskonnya. Barusan aku cek, harga mulai cuma 200 ribuan lho! Yok, kalo temen-temen main ke Surabaya boleh lah kita wisata kuliner bareng. 😁

Jadi, kapan kamu ke Surabaya?

Rek ayo rek,
-Hilda Ikka-

4 comments

  1. Lha kemarin aku ke surabaya gak mbok ajak kulineran eh :"D

    ReplyDelete
  2. Koq gak ada harganya ya mba Ika, itu harganya penting juga tuh, buat ukur2 budget. Pernah beberapa tahun lalu ke Sby, tp gk tw rekomendasi makanan buat wisata kulinernya, jadinya "tersesat" deh.

    Wajib masuk bookmark nih :)

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Tinggalkan komentar yang baik dan sopan ya. Maaf untuk link hidup akan otomatis terhapus. :)

I love to read all comments from you all, but sorry if I can't answer all. :)

Sexy Red Lips