Sunday, June 21, 2015

Tentang Kuliah Broadcasting

Tentang Kuliah Broadcasting

Uhuy, nggak kerasa ya udah menjelang akhir Juni aja. *padahal aslinya mah kerasa bangeeeet sampe desperate berbulan-bulan. :3 Sekarang aku lagi sibuk-sibuknya persiapan tugas akhir. Huhuhu cepatlaaaah cepatlah tanggal 10 Juli terus liburan dan BHAY! Nggak deng, abis liburan balik ngampus lagi buat ngurus tetek-bengek yang aku juga nggak tau apa aja. Siapa tau aku kena remidi kan sampe harus ngambil kuliah pendek selama sebulan? No, I won’t.

Well, ada yang bertanya-tanyakah selama ini aku kuliah di mana? Kali aja kalian seperhatian itu padakuuuu #eaaak. But I hope you didn’t. :D Jadi udah hampir dua tahun ini aku menempuh studi di bidang broadcasting. Mau dibilang kuliah aneh aja sih soalnya kalo lulus nggak dapet gelar. Dibilang kursus juga errr… mending dibilang kuliah aja deh haha.

Terlepas dari kontroversi tempat kuliahku, di sini aku mau membagikan pengetahuan tentang perkuliahan broadcasting. Jadi kalau selama ini kamu bertanya-tanya: kuliah di broadcasting itu ngapain aja sih? Semoga bisa menjawab rasa penasaranmu selama ini ya. :)

What broadcasting exactly do?

Menurut J.B. Wahyudi (1996), broadcasting adalah proses komunikasi suatu titik ke audiens, yaitu suatu proses pengiriman informasi dari seseorang atau produser (profesi) kepada masyarakat melalui proses pemancaran elektromagnetik atau gelombang lebih tinggi. Selanjutnya dalam ilmu komunikasi, broadcasting merupakan sub disiplin ilmu komunikasi terapan yang khusus mempelajari pengemasan pesan melalui media massa elektronik seperti televisi, radio, dan internet.

Perfilman juga termasuk broadcasting karena pada hakikatnya film adalah seni mengemas pesan dalam bentuk audio visual yang memiliki jalan cerita.

Nah, selanjutnya apa sih yang dipelajari selama kuliah broadcasting?

Banyaaaaak. Tergantung jurusan masing-masing, fokusnya mempelajari apa. Walau begitu, setiap peserta didik harus menguasai ilmu-ilmu dasar seperti mengerti gambar yang baik. Harus tahu aturan dalam mengambil gambar, seperti gambar tidak boleh shaking (bergoyang), seimbang komposisinya, dan warna pencahayaan yang pas.

Secara general, jurusan broadcasting terbagi menjadi 3, yakni:

1. Manajemen Pemberitaan. Di tempatku populer disebut news. Jurusan ini diperuntukkan bagi mereka yang ingin menjadi penyiar berita, penulis naskah berita, reporter, presenter, dan lain sebagainya. Di sini kamu akan mempelajari public speaking, TV performance, menulis naskah berita, menyusun bulletin berita, meliput berita, dan lain sebagainya.

2. Manajemen Produksi. Di tempatku populer disingkat manpro biar enak pelafalannya. Jurusan ini cocok untuk mereka yang ingin menjadi produser, sutradara, penulis skenario, tim kreatif, dan lain sebagainya. Yang dipelajari secara intim pada jurusan ini adalah cara-cara mengambil gambar yang baik, menyusun program acara, memahami dunia televisi, menulis naskah program maupun skenario, dan lain sebagainya.

Ya ini sih jurusan yang aku ambil karena dulunya kepengen jadi penulis skenario. Eh ternyata aku kepincut jadi blogger, nyesel kenapa gak pilih masuk pemberitaan aja. Lagipula aku ngerasa ketipu. Di tempatku, mata kuliah penulisan naskahnya nggak intens. -___-

3. Teknik Produksi. Yang populer disingkat tekpro. Jurusan ini ya untuk mereka yang mau kerja di bagian teknik, seperti kameramen, editor, soundman, lightingman, dan lain sebagainya. Yang dipelajari adalah soal teknik mengambil gambar yang baik, konsep tata cahaya, tata suara, editing gambar, editing grafis, dan lain sebagainya. Banyak yah. :D

Terus tugas kuliahnya disuruh ngapain?

Untuk anak pemberitaan biasanya dapat PR untuk membikin video siaran berita, reportase, wawancara atau vox-pop. Selain itu juga PR menulis naskah berita sampai membuat rundown bulletin berita.

Sedangkan untuk anak manpro, tugasnya ya disuruh bikin naskah program, naskah skenario, naskah desain program dan naskah ini-itu.

Kalau anak tekpro, tugas paling sering ya editing. Edit video, grafis, suara sampai praktik penataan cahaya gitu.

Udah gitu doang?

Ya kagak. Masih ada lagi tugas besar yang menggabungkan seluruh jurusan yang dinamakan: praktikum bersama.

Praktikum bersama itu ya kayak bikin projek. Projek tiap semester berbeda-beda, dimulai dari hal paling simpel kayak bikin video klip. Lalu acara musik studio menggunakan multikamera. Selanjutnya sudah ke level yang lebih sulit, yaitu produksi berbagai program mulai dari features, dokumenter, dokudrama (dokumenter drama), film pendek, dan seterusnya. Kalo di tempatku, tugas akhirnya sih bikin projek terserah. Dan puncaknya setelah tugas akhir kelar adalah simulasi siaran.

Simulasi siaran itu ya kayak percobaan siaran. Jadi kita kayak punya stasiun televisi sendiri dan nayangin program acara baik live maupun taping. Sekarang aku ada di fase ini dan aku bertugas sebagai produser iklan layanan masyarakat. Omaigad, kita cuma dikasih 3 minggu dan itu udah bikin kalang-kabut mempersiapkannya. Semuanya sibuk dan kebagian tugas, nggak ada yang bisa leyeh-leyeh sambil sibuk ngemil keripik kentang. .__.

Kesulitannya jelas pada produksi acara live. Karena itu butuh peralatan yang memadai, kru yang siap lahir batin, dan suasana yang mendukung. Hh… doakan semoga berhasil ya. ;)

Intinya, untuk kuliah broadcasting ini selain dibutuhkan tekad yang kuat, setidaknya sudah punya skill yang memadai dan tahan banting. Soalnya tugasnya berat-berat bro! haha.

Oya soal gelar, nggak semua instansi memberlakukan non-gelar kayak di tempatku. Masih ada IKJ, MMTC (Yogyakarta), yang D4 kalau nggak salah.

Gimana, tertarik mempelajari broadcasting? Kalo mau tanya-tanya feel free mention me @newHildaIkka ;)

Much love, 
-Hilda Ikka-

61 comments :

  1. dulu pas kuliah Desain pernah sesekali disuruh bikin vid. clip, film documenter sama iklan TV, hahahaha ingat masa2 kuliah dulu :)

    ReplyDelete
  2. Ikkaaaaa...
    Duh, broadcasting itu lagi happening banget lah jaman sekarang ini soalnya lagi bermunculan itu yang namanya tv swasta...
    jaman aku kuliah dulu kayaknya bisang ini kurang dilirik deh...
    Kayaknya seru banget sih kuliahmu ituuuh...ayoh ceritain lagi yang lebih detail yah!
    *emang kepo anaknya*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha iya Mbak Erry... karena udah mau lulus jadinya aku punya bekal cukup untuk dibagi di sini. Insya Allah setiap hari Minggu aku mau bagi-bagi knowledge tentang skill dan interest-ku ^^

      Delete
  3. Mbaaakk Ikaaaa, karena postinganmu inii, aku jadi tertarik buat nulis perkuliahan jurnalis, hahhaha gak papa kan yayyayya, nanti tak cantumin sumber ideku dari mana hahhaha



    uwuuwuwuuwu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uhuuuy, ayo Mbak Ay, tunjukkan jati dirimu sebagai anak jurnalis! wekekekek

      Delete
  4. aku bukan anak brodcast,, tapi kayanya susah juga ya -_-
    semangat projectnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah.. kalo gak ada bakat dan kemauan emang susah :D

      Delete
  5. Ihhhhh.....ternyata anak broadcast ya? Pantesan. Hihihihi.
    Cucok deh!
    Dulu aku juga pengen lho dek masuk jurusan ini. Tapi mikir2 lagi aku kan orangnya kurang humoris *emang ada hubungannya??*

    Eeeehhh..tapi Allah baik hati lho sama aku. Hehehe. setahun pernah ikut UKM broadcast ya setidaknya sedikit tahu. Tapi kamu kereeeennn banget kok dek, cucok deh jadi anak broadcast.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi gak ada hubungannya ama humoris Mbak. :D Tapi kalo mau jadi presenter dan masuk jurusan news, emang kudu bisa humoris dikit sih Mbak. :)

      Makasih, semoga ilmu yang kudapat barokah ya Mbak :))

      Delete
  6. wow ternyata Hilda ini broadcaster yak hahaha, keren :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena kuliah hampir selesei, akhirnya aku membuka jati diri #eaaak

      Delete
  7. Baru tau kalau jurusan broadcasting dibagi lagi jadi tiga spesialisasi gitu, selamat ya bentar lagi udah selesai kuliah :D

    ReplyDelete
  8. Itu keluarnya jadi penyiar radio Kak? *bingung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung jurusannya Dek, peluang kerjanya apa. Tergantung juga setelah lulus kamu mau ngelamar kerja apa. :))

      Delete
  9. ternyata jurusan broadcasting seru yah

    ReplyDelete
  10. tapi kalau memang suka pasti semangat kan ngerjainnya..? :D soalnya kayaknya seru tuh bikin acara tv sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, butuh teamwork yang solid juga :)

      Delete
  11. Lulus nggak dapet gelar?
    Terus setelah lulus, jadi apa, kak? *masih bingung*

    ReplyDelete
  12. Wihi broadcasting menarik juga ilmunya, selain bisa dapet ilmu, nanti magangnya bisa kerja di tipi :v

    ReplyDelete
  13. Tertarik banget kaaakk.. pengen ngambil yg news deh :)) eh, kalo misalnya ada kuliah/ kursus online broadcasting, kabarin aku ya kak. Ini cp aku : intankamala@gmail.com

    ReplyDelete
  14. Jadi tertarik juga dengan kuliah broadcasting :)
    siapa tau bisa jadi reporter berita haha :D

    ReplyDelete
  15. Saya dulu juga kuliah ngambil konsentrasi broadcasting televisi tapi sering gak masuknya wkwkkwk...terus tugas akhirnya bikin film cinta2an kayak FTV hahaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya susah banget tuh kalo udah disuruh nugas bikin film Mbak :3

      Delete
  16. semoga tugas akhir lancar ya mba, mm jadi inget perjuangan dulu...

    ReplyDelete
  17. sangat tertarik kuliah Broadcasting tapi........

    ReplyDelete
  18. trus..truus.. udah lulus dong yaaah... uda ngelamar kemana ajaa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru mau lulus Mbak.. Mungkin abis lebaran baru naruh lamaran :D

      Delete
  19. Semoga nantinya sering melihatmu bikin reportase di layar kaca ya :D

    ReplyDelete
  20. dunia boradcast kian menyenangkan saja, ya.
    Duluuu sekali, saya pernah kerja di radio sbg penyiar, penulis script dan reporter hehe ...
    Tapi radio zaman dulu beda dgn sekarang yg sudah serba komputer
    Eh ya ... salam kenal, neng cantik

    ReplyDelete
  21. seru ya kayanya kuliah jurusan broadcasting :)

    ReplyDelete
  22. Wah seru ternyata jurusan broadcasting...
    Btw, folbek blog aku di www.niaharyanto.com dong, Mak. Aku sudah follow blognya. Fakir follower nih.:D

    ReplyDelete
  23. saya paling suka ngedit video, grafis :D

    ReplyDelete
  24. ternyata anda broadcaster ya, saya tunggu liputan nya ya

    ReplyDelete
  25. kebanyakan yang kuliah di broadcast sih masuknya berita. jadi pembaca berita gituh..

    ReplyDelete
  26. Ka ika aku mau tanya.. aku kan disuruh kuliah ambil jurusan broadcasting.. tpi di ikj ..kira2 ambil fakultas apa dan jurusan nya apa? Masih bingung ..tolong bntuannya ya ka..terimakasih ka.

    ReplyDelete
  27. kak cokelat gosong hahhaha

    aku tertarik dengan jurusan ini tapi masih bingung mau milih bidang yang mana cocok untuk aku tekuni mohon kasih pencerahan nya kak?

    makasih

    adebae488@gmail.com
    7ECB66BB

    ReplyDelete
  28. Makasih banget infonya kak hehe. kak mau minta kontaknya boleh? (bbm,line atau yg lain juga boleh) aku mau tanya tanya lebih lanjut lagi soalnya masih belum mantep nih

    ReplyDelete
  29. Jadi terbersit dibenak kenapa 2010 lalu gw ambil jurusan manajemen ya bukan brodcasting sedih bhahahaha

    ReplyDelete
  30. Mba aku mau nanya yaaa...
    Kalau jurusan broadcast gni harus punya kamera gak sih?terutama yang untuk tekpro?terimaasih mba..
    Sukses terus ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bantu menjawab aja, sebenarnya tidak harus, karena biasanya pihak kampus akan meminjamkan (cuma mungkin bakal antri karena terbatas) tapi kalo punya akan membantu kamu dan teman2mu yg mau meminjam kelak, itu akan jadi ladang amal buat hamu hehehehe :D
      harusnya kamera DSLR yg bisa buat ngerekam video hasilnya udah bagus koq

      Delete
  31. mbak ikaa keren sekali postingannya... makasih yaa..skarang kurang lebih aku jadi tau gimana jurusan broadcasting itu.. insyaallah aku mau ambil jurusan ini juga :)) sukses trus buat mb ikaa.. thanks.

    ReplyDelete
  32. Sama, hehe saya juga mahasiswa broadcast mbak. Semester 2 dan sekarang lagi sibuk bikin drama multicam.

    Salam kenal. Sesekali mampir yooo

    ReplyDelete
  33. Salam kenal kak, aku masih kelas 2 SMK kak, pingin banget nantinya kuliah ngambil jurusan broadcasting, dan kebetulan ada ekstra broadcasting di sekolah, aku tertarik banget jadi script writer sama editor kak, sukses ya kak buat tugas akhirnya

    ReplyDelete
  34. Kaaaakk.. kalo jurusan ips masuk kuliah jurusan broadcast itu bisa kah?

    ReplyDelete
  35. Kak emang harus ada bakat yaaa? Kalo bakat nya kurang gimana? Tapi tetep usaha dan ikhtiyar terus ko :)

    ReplyDelete
  36. Kakk atau siapapun yang bisa bantu jawab, aku baru lulus nih trus tertarik sm broadcast karena gatau knp tertarik kalo kerja di tv atau radio gt, tp masalah aku buta bgt soal kamera,editing komputer dll itu nanti dipelajarin gak sih? Apa emg harus tau dasar2nya dulu? Malu gak sih kalo terlalu gaptek trus masuk sana? Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hal seperti itu emang bakal dipelajarin, tapi kalo kamu nggak ngerti basicnya sama sekali bakal agak sulit buat ngikutin.

      Bukan soal malu. Cuma dalam lingkup pergaulan kamu bisa gabung ama yang udah tinggi skill nya dan pengen bikin projek sendiri.

      Delete
    2. aku jg kuliah di jurusan broadcasting, dan pas awal masuk dulu jg aku ga terlalu paham tentang kamera, apalagi editing-editing.. tapi walaupun ga tau dasarnya sama sekali, nnti pasti diajarkan sm dosennya. dosen jg kan ga mungkin kasih materi yg ga dipahami mahasiswanya.. yg penting niat.. kalo ada niat, pasti cepet paham ilmunya. biar bisa nyusul yg udh pada pinter.. good luck!! ^^

      Delete
  37. Coba pakai prinsi saitama "yg nanti dipikirkan nanti aja" kalau emng suka dengan alasan/gtw kenapa suka yg penting masuk aja dlu, sama kyk saya gtw pemgenya broadcast aja padahal lebih menonjol di desain, sampe sampe ortu ragu masukin gw kuliah "ni anak ada tujuanya gk sih milih broadcast" #itukataemakgw

    ReplyDelete
  38. Ka kalo mai kuliah jurusan broadcast itu di universitas mna aja ka?

    ReplyDelete
  39. Dari Ceritanya keliatan kompak kalau lagi produksi!! bisa ceritakan lebih detail lagi pada saat produksi Film?

    ReplyDelete
  40. kak pengen tanya dong...kalo kisa pengen masuk jurusan broadcast kita harus masuk smk atau sma dan masuk jurusan apa di smk agar bisa masuk jurusan broadcast?

    ReplyDelete
  41. kak pengen tanya dong...kalo kisa pengen masuk jurusan broadcast kita harus masuk smk atau sma dan masuk jurusan apa di smk agar bisa masuk jurusan broadcast?

    ReplyDelete
  42. Halo kak, salam kenal. Aku kelas 11 nih jurusannya ipa, broadcast itu termasuk ilmu komunikasi kan ya? Dan itu ips gimana dong :'D dari dulu mau banget kerja di belakang layar, tertarik manpro aku. Kira kira haeus gimana ka?masuk apa dan kemana? Boleh minta sarannya? Terimakasihh

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah mau berkunjung dan membaca, terlebih turut meninggalkan komentar. ^o^ Mohon berkomentar secara sopan dan plisss jangan tinggalkan link hidup dan pasti langsung aku hapus. Okey? ;)

Sekali lagi terima kasih pembaca-pembaca setiaku. Tanpa kalian, apalah arti aku dan tulisanku ini. Semoga menginspirasi. :))