FAQ Kuliah Broadcasting (Batch 2)

FAQ Kuliah Broadcasting (Batch 2)

Halooooo, ada yang udah lama menantikan topik broadcasting? *pede amat*

Oke mungkin bukan kamu, tapi banyak loh peselancar dunia maya yang super urgent membutuhkan informasi seperti ini. Sejak nerbitin 3 postingan tentang broadcasting, udah nggak terhitung banyaknya email masuk yang menanyakan ini-itu soal jurusan satu ini. Mulai dari email gak jelas yang to the point macem chattingan, sampe yang isinya panjang lebar kayak surat wasiat. Bahkan DM Instagram dan mentionan di Twitter pun gak luput kebanjiran. Alhamdulillah ya bermanfaat, banyak yang baca. 😊

Nggak semuanya aku bales sih karena seringnya apa yang mereka pertanyakan itu ya udah aku bahas di blog. πŸ˜‘ Kadang juga bikin aku pengen bertapa di goa Maharani gegara saking terbatasnya pengetahuanku buat ngejawab. But most of the time, nggak aku bales karena nggak sempet (mikir untuk ngejawab) sih.

So, aku bikinlah FAQ ronde kedua ini. Semoga bisa membantu mencerahkan teman-teman yang sedang membutuhkan!

1. Kalau kuliah broadcasting D3, bisa lanjut ke S1 nggak?
Berdasarkan pengalamanku, itu tergantung kebijakan akademik masing-masing. Di tempatku dulu sebenernya ya nggak bisa lanjut. Tapi pihak akademik menjalin kerjasama dengan salah satu kampus swasta di Surabaya. Jadilah kami yang pengen lanjut jenjang S1 Ilmu Komunikasi, ya kuliah di situ.

Aku sih enggak ngelanjutin, tapi MULAI DARI NOL. Alias kuliah S1 di kampus lain. Soalnya kampus swasta yang memfasilitasi lanjut jenjang ini tuh standar banget, kayak gak niat malah. Kek cuma buat ngejar ijazah. Udah gitu kelasnya masuk Sabtu-Minggu pula (yang biasanya banyak event menarik ato acara blogger bertebaran). Sementara aku kan butuh ilmunya beneran dan pengen merasakan kuliah yang sesungguhnya hiksss. 😭

2. Kuliah broadcasting di mana aja? Kuliah di kampus XXX bagus, nggak?
Waduh maaf ya aku nggak terlalu peduli dengan kampus broadcasting lain. Tapi setauku banyak banget kok kampus yang punya jurusan ini. Kayak BINUS, Universitas Esa Unggul, Universitas Multimedia Nusantara, dan masih banyak lagi. Coba kamu googling yah. πŸ˜‰

Kalo bagus enggaknya sebuah kampus, aku mah mana ngerti. :v Kalo aku bilang yang bagus IKJ, emang kamu sanggup? 😜

3. Kalo kuliah broadcasting, apa harus punya alat?
Nggak harus kok, karena pihak akademik biasanya ((( BIASANYA ))) udah punya inventaris alat-alat praktikum. Tapi kadang terbatas sih ya dan bukan nggak mungkin berbenturan dengan kelas/kelompok lain jadinya rebutan.

Jadi ada baiknya kamu mulai investasi alat juga (kalo kamu bener-bener butuh sampe di kemudian hari). Kayak tripod, audio mic, LED light, dan lain sebagainya.

4. Kalo kuliah broadcasting, apa harus bisa editing?
Maksudnya, sebelum kuliah gitu? Nggak harus kok, kan nanti bisa dipelajari. Aku pun di kampus belajar editing dari nol. Dan biasanya ada temen yang udah jago, jadi sesekali minta diajarin juga biar makin paham.

5. Susah nggak kuliahnya?
Susah enggaknya kuliah itu kan tergantung yang menjalani. Kalo kamu enjoy kuliah, niatnya gede, gak mudah putus asa… ya in syaa Allah segalanya dimudahkan.

Tapi emang sih kuliah broadcasting ini berat di praktek. Tugasnya produksi melulu. Yang film lah, dokumenter lah, berita lah, macem-macem. Jadi siapkan daya tahan dan fisik yang kuat yaa.

6. Dulu kuliah di mana? Gimana fasilitas dan biayanya di sana?
Aku dulu kuliah di ABE a.k.a. Airlangga Broadcast Education dan alhamdulillah sekarang tutup karena kekurangan peminat LOL :v :v

Biaya masuknya (tahun 2013) sekitar 7 juta. SPP-nya kira-kira 2 juta per 4 bulan. Jadi setahun aku ngabisin 6 juta. :O Itu belom termasuk biaya praktek tugas. :3 Biasanya aku patungan 100 - 200 ribu per tugas praktek.

7. Untuk TekPro (Teknik Produksi), apakah harus punya kamera/PC/laptop?
Lagi-lagi, nggak harus sihhh… Tapi akan lebih mudah kalo punya sendiri. Lebih mandiri giu loh, nggak mengandalkan peralatan kampus yang kemungkinan spec-nya udah jadul dan nggak kompeten. 😫

Contohnya aja jamanku dulu, masa lab komputer lemotnya minta ampun. Entah itu Pentium berapa, lha kok pake Adobe Premiere CS3 leletnya nggak ketulungan. 😫😫 Helloooow, CS3? Waktu itu yang terbaru udah CS5 ato CS6 gitu, lha kok CS3 aja komputernya udah mau sekarat. -___-

8. Boleh nggak ngobrol/chat/minta pin BBM buat tanya-tanya lebih lanjut?

ENGGAK BOLEH.

Maaf banget ya, untuk email aja aku bales sesempetku. Apalagi kalo kamu chat, bakal aku read doang mah. Trus ntar kamu bete, gondok, nyerang aku dengan chat bertubi-tubi. OH NO, enggak deh makasih.

Mungkin ada baiknya kalo kamu survey tiap kampus yang punya jurusan broadcasting. Trus tanyain deh yang kuliah di situ, pasti jawabannya lebih relevan dengan kebutuhan kamu sekarang. Kalo tanya aku melulu lah takutnya basi, lhawong udah lulus 1,5 tahun lalu. :v

Kalo masih pengen tau lebih banyak soal dunia broadcasting, ayo baca postinganku yang lain. Tinggal klik link berikut ini yha.


Kalo mau tanya sesuatu, mention aja di twitter ya! And please please… budayakan googling/membaca sebelum bertanya. Biar nggak tanya suatu hal yang udah ada jawabannya. Okey? ;)

Keep sharing and inspiring,
-Hilda Ikka-

3 comments

  1. Kayaknya anak broadcast klo urusan komunikasi aman ya ka, maksudnya anake grapyak grapyak huhu
    Beda ma anak ekonomi, contohe aku, yang kalem #kalempit2 hahaa
    Sppnya lumayan juga ternyata...secara prakteknya banyak ya


    ReplyDelete
  2. waktu smk saja ini jurusan paling ribet mba.. hehe
    tapi kalau dunianya pasti mengasyikan deh.

    ReplyDelete
  3. Biaya kuliah sekarang mihil banget ya...apa kabar anakku yang dua tahun lagi akan kuliah? *pucing pala mamak

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah mau berkunjung dan membaca, terlebih turut meninggalkan komentar. ^o^ Mohon berkomentar secara sopan dan plisss jangan tinggalkan link hidup dan pasti langsung aku hapus. Okey? ;)

Sekali lagi terima kasih pembaca-pembaca setiaku. Tanpa kalian, apalah arti aku dan tulisanku ini. Semoga menginspirasi. :))