Platter - Rungkut Madya (Surabaya)

Platter - Rungkut Madya (Surabaya)

Seiring berjalannya waktu, bisnis kuliner kian marak dan ketat. Salah satu tren bisnis kuliner yang aku rasakan dalam 2 tahun belakangan ini adalah banyak bermunculan tempat makan fancy dengan harga terjangkau. Fancy dalam artian ya konsep restonya lumayan modern dan menunya disesuaikan dengan minat konsumen terkini. Salah satunya yang pernah aku review yaitu Moru-Moru.

Baca: Nongkrong di Kedai Unyu - Moru Moru (Nginden)

Nggak cuma itu, terkadang menu makanan bisnis kuliner 'terjangkau' ini merupakan versi murah dari menu-menu yang biasa tersedia di resto mahal. Contoh, menu hotplate rice-nya Pepper Lunch. Bagi kamu yang demen ama Pepper Lunch pasti tau deh kalo harganya cukup mencekik rakyat jelata. Sekitar 75 ribu ke atas per porsinya. Kalo mau makan versi murahnya, kita bisa berkunjung ke Platter.

Aku nggak tau awal mula Platter ini didirikan di mana. Yang aku tau Platter udah punya banyak cabang di beberapa kota, seperti Surabaya, Sidoarjo, Malang, Riau, Balikpapan, Makassar, Bali, dan akan menyusul di Kediri. Di Surabaya sendiri aja ada di 3 tempat, yang terbaru ya di Rungkut. Deket ama rumah hahay.

Di Rungkut, Platter menempati bangunan bekas usaha "Mina Mart". Lokasinya nggak jauh kok dari McD Rungkut, so watch out jangan sampe kebablasan. Waktu itu aku ke Platter sama Muffin untuk makan malam.

Begitu memasuki ruangan yang adem ber-AC, kami disambut ramah oleh karyawannya. Banyak meja kosong sehingga aku dan Muffin nggak kesulitan memilih tempat duduk (mungkin faktor baru dibuka ya). Order menu dilakukan di meja kasir dan langsung bayar saat itu juga.

 
Well, here's the menu we ordered.

Chicken Cheese
Rp 20.000,- (exclude tax)


Tumben banget loh Muffin pesen menu ayam. Dia kan demennya ama daging sapi. Gara-gara dia juga demen keju jadinya pesen ini deh. Soalnya nggak ada pilihan menu beef cheese. :3

Yang tersaji dalam hot plate ala Platter yakni nasi putih dengan taburan daun bawang, telor ceplok setengah matang, potongan danging ayam yang dimasak minimalis, bulir jangung, dan irisan bawang bombay. Saus kejunya disajikan secara terpisah. Kayaknya semua udah dimasak sempurna kecuali telor yang diceplok sewaktu hot plate dipanaskan.

Aku incip sesendok nasi + ayam yang udah disiram saus keju = hmmm, enak! Racikan saus kejunya Platter nggak pasaran. Kalo berdasarkan analisis sotoyku, ini ada campuran mayonesnya. Jadi gurih dan nggak eneg.

Beef Chilli Grill
Rp 27.000,- (exclude tax)


Secara deskriptif, gambarannya sama persis dengan menu Chicken Cheese. Yang membedakan cuma jenis daging (yaiyalah, kan aku beef) dan sausnya. Aku kurang cocok dengan sausnya. Gatau ya, ini tuh kayak campuran sambal uleg dengan sambal artifisial sehingga cita rasanya di tengah-tengah. Bisa bayangin gak? Pokoknya gitu deh!

Dan IMHO, daging sapi kurang cocok dipadukan dengan saus semacam ini. :3

Aniwei, tekstur daging sapinya sendiri aku suka loh! Pas banget, nggak alot. Dan untungnya meski dimasak minimalis, bumbunya udah mayan meresap.

Milo dan Lemon Tea
Rp 5.000,- (exclude tax) / drink



Hmmm dua-duanya oke, sesuai antara ekspektasi dengan realita.

Summary:
Rasa & kualitas: secara keseluruhan, aku cocok kok dengan racikan menunya Platter (kecuali saus chilli). Porsinya juga nggak pelit. Eugh, beneran bikin kenyang!

Harga: beneran terjangkau dan ikhlas buat bayar segitu. Sepadan banget lah! Total yang kami berdua bayar sekitar 62 ribuan.

Klik untuk detail gambar/memperbesar

Pelayanan: aku suka kok karyawan Platter pada ramah. Cuma untuk nunggu pesanan tiba di meja emang butuh waktu agak lama ya, sekitar 15 - 20 menit.

Fasilitas: hmmm, cuma ruangan ber-AC. Aku nggak yakin soal toilet, ada ato enggak aku gak ngecek. Wifi nggak tersedia. Baby chair juga nggak ada, so agak rempong kalo bawa baby ke sini.


Soal meja, fasilitasnya ada bubuk cabe, sendok garpu, tisu dan tusuk gigi (kalo bener).

Tempat: enak kok buat group meal karena tempatnya luas dan nggak berdesakan antara satu meja dengan yang lain. Selain itu tempatnya juga eye-pleasing dengan art-wall yang kece dan lumayan oke buat pepotoan. Soal parkiran, agak tricky bagi yang membawa mobil. Jangan lupa sediain duit buat tukang parkir.

Overall:
8 out of 10

Bakal balik lagi ke sini untuk acara kumpul-kumpul ato makan rame-rame. ;)
Kalo di tempatmu, ada juga nggak kuliner semacam Platter gini?

Stay hungry,
-Hilda Ikka-


*
PlatterJl. Rungkut Madya No.85, Rungkut Kidul, Rungkut, Kota SBY, Jawa Timur 60293
Open daily 10 am.
www.instagram.com/platteridn

12 comments

  1. Yang di rungkut instagenic banget, di Sidoarjo polosan aja, huhu. Tapi beneran worth it lah makan di sini, 20 ribu udah lengkap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oua? Beruntung dong ini udah desain terbaru hihi

      Delete
  2. Wah, di Surabaya masih ada minum 5ribuan, aku emejing Mbak :))
    Lagi in ya menu seperti ini, porsinya padat juga kelihatannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih kok Mbak di beberapa tempat yang terjangkau harganya ^^

      Delete
  3. siang-siang makan ini bikin lapaaaaar. Duh, menggoda iman. Ayam nasi disiram saus keju duuh. Tempatnyaa bagus juga mbak (y)

    ReplyDelete
  4. Porsinya mantab dgn harga yg terjangkau pula. Pernah dgr juga yg di Malang tpi blm pernah nyobain sih

    ReplyDelete
  5. Harganya mayan terjangkau ya buat ukuran surabaya.. kayanya enaaak kesalahan baca ini pas lagi puasa��

    ReplyDelete
  6. Tampilannya sama aja ya mba yang chiken sama beef. jadi kayak polosan gtu?

    ReplyDelete
  7. harganya cukup murah ya mbak ... terjangkau untuk kalangan menengah

    ReplyDelete
  8. murah bgt 20rb dpt segala macem tp kyknya menunya itu monoton ya? Nasi+telur+daging+sayur, gitu, apa karena yg lain belum direview? hihi

    ReplyDelete
  9. Minuman Milo 5000? murah amat, mana sudah dapat tempat keren begitu. apa tidak rugi tuh? btw, tempatnya bagus tuh buat kaula muda.

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah berkunjung dan membaca! Tinggalkan komentar yang baik dan sopan ya. Maaf untuk link hidup akan otomatis terhapus. :)

I love to read all comments from you all, but sorry if I can't answer all. :)

Sexy Red Lips